Apa itu error 525: SSL handshake failed Cloudflare? Ini adalah error yang mengindikasikan bahwa antara SSL Cloudflare dengan SSL server kamu tidak dapat saling terhubung, terpisahkan jarak, dan waktu.

Yup definisi ngaco di atas jangan dibawa serius guys. Wkwk. Umumnya error 525 ini terjadi pada pengaturan SSL pada mode Full atau Full Strict di dashboard Cloudflare. Bagaimana cara memperbaiki error 525 ini?

Cara Memperbaiki Error 525 Cloudflare

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbiaki error 525: SSL handshake failed Cloudflare ini. Kita mulai dari yang paling absurd hingga yang paling rada serius sedikit ya.

1. Report ke Pengelola Website

Kalau yang rusak itu bukan website kamu, yang bisa kamu lakukan adalah memberitahukan ke pengelola website tersebut. Kalau situsnya tidak bisa diakses dengan normal, muncul tampilan error 525 Cloudflare.

Bagaimana cara menghubungi pihak pengelola website? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi mereka melalui sosial media, atau email umum seperti [email protected], [email protected], dst.

Atau kalau kamu kenal dengan pemilik website dan memiliki kontak WA mereka, akan lebih cepat masalah ini diselesaikan.

2. Pastikan Website Memiliki SSL yang Valid

Buat pemilik website yang ingin menggunakan fitur Full dan Full Strict SSL dari Cloudflare. Pastikan di server kamu memiliki SSL yang valid, SSL bisa beli yang premium seperti dari Symantec, GeoTrust, Comodo, DigiCert, Thawte, GoDaddy, Network Solutions, dst.

Atau bisa juga menggunakan SSL gratisan dari letsencrypt, buat yang suka gratisan seperti saya bisa menggunakan situs sslforfree. Atau bisa juga menggunakan SSL dari Cloudflare, yaitu melalui Origin CA certificates. Sertifikat dari Cloudflare ini bisa digunakan juga pada mode Full Strict. 

Origin CA Certificate Cloudflare hanya bisa digunakan pada mode proxy saja ya, dalam kata lain kamu harus menggunakan proxy Cloudflare. Jika tidak, akan ada ada pesan error yang baru, yaitu certificate is not trusted.

3. Matikan Proxy Cloudflare

Coba matikan proxy Cloudflare, ubah dari pengaturan proxied menjadi DNS only. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara mematikan proxy Cloudflare. Namun agar situs web tetap menggunakan https, pastikan SSL sudah dikonfigurasikan di server kamu sebelumnya.

Setelah dinonaktifkan proxy Cloudflare. Apakah masih muncul error atau situs dapat diakses dengan baik tanpa Cloudflare? Error di atas bisa juga disebabkan karena port 443 yang ditutup.

Kalau menggunakan sharedhosting hal ini bisa ditanyakan langsung ke penyedia hosting. Sedangkan yang menggunakan VPS, bisa melihat port yang terbuka menggunakan tools seperti netstat.

4. Chiper Suite Tidak Didukung Oleh Cloudflare

Cipher suite pada server dan yang didukung oleh Cloudflare tidak sesuai, berikut ini adalah SSL cipher yang didukung oleh Cloudflare untuk TLS 1.3, TLS 1.2, dan versi TLS sebelumnya ketika menghubungkan ke server web asal kamu melalui HTTPS:

TLS 1.2 and earlier TLS versions:

  • ECDHE-ECDSA-AES128-GCM-SHA256
  • ECDHE-RSA-AES128-GCM-SHA256
  • ECDHE-RSA-AES128-SHA
  • AES128-GCM-SHA256
  • AES128-SHA
  • ECDHE-RSA-AES256-SHA384
  • AES256-SHA
  • DES-CBC3-SHA
  • ECDHE-RSA-AES256-GCM-SHA384

TLS 1.3:

Cipher Suite Name (IANA)

Cipher Suite (Octal Value)

TLS_AES_128_GCM_SHA256

{0x13,0x01}

TLS_AES_256_GCM_SHA384

{0x13,0x02}

TLS_CHACHA20_POLY1305_SHA256

{0x13,0x03}

5. Pelajari Log Error untuk Memperbaiki Error 525

Apabila ada masalah yang berkaitan dengan hosting, kamu bisa tanyakan ke sysadmin atau pihak penyedia layanan hosting untuk melakukan pengecekan pada server.

Melakukan review pada access/error log bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Dari kelima cara di atas, kamu bisa memperbaiki error 525: SSL Handshake Failed Cloudflare.

Jika kamu punya solusi lain, silahkan share cara memperbaiki error 525 lainnya di kotak komentar di bawah artikel ini ya.

0 0 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...