Tips Mempercepat Loading Blog WordPress untuk Pemula

Mudah dan cepat. Itulah alasan orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Sebagai salah satu sumber informasi di internet, sebuah blog juga dituntut untuk bisa diakses dengan cepat.

Blog yang sulit diakses akan ditinggalkan. Itulah sebabnya, para blogger harus mencari cara untuk mempercepat loading blog agar tak ditinggalkan pengunjung.

Mengapa Loading Blog Harus Cepat?

Semua pemilik blog pasti ingin blognya ramai dikunjungi. Faktor terpenting yang membuat orang mau mengunjungi sebuah blog adalah kecepatan loadingnya.

Sebagus apa pun isi blognya, jika susah diakses, orang akan memilih untuk mencari sumber lain. Ingat, ada banyak blog atau website lain yang membahas satu topik yang sama.

Sebaliknya, loading yang cepat akan membuat orang betah berlama-lama mengunjungi blog. Hal ini memberikan pengalaman baik kepada pengunjung dan menjadi feedback positif bagi search engine.

Peringkat blog pun akan naik. Kecepatan loading juga memengaruhi kecepatan proses indeks blog oleh mesin pencari, kinerja server hosting, dan pemakaian kuota bandwidth.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Mengingat besarnya pengaruh kecepatan loading, terutama terhadap performa SEO blog, maka loading yang lambat harus dihindari dan diatas. Namun sebelum mencari solusinya, Anda harus mengetahui lebih dulu penyebab lambatnya akses sebuah blog.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan loading blog, yaitu:

  • Spesifikasi hosting yang digunakan tidak sesuai kebutuhan dan tujuan dibuatnya blog.
  • Ukuran gambar yang di-upload terlalu besar.
  • Terlalu banyak menggunakan widgets yang tidak dibutuhkan.
  • Terlalu banyak iklan atau ads yang dipasang di blog.
  • Theme yang digunakan terlalu banyak memiliki efek dan plugin.

Untuk mengetahui kecepatan loading blog, lakukan pengecekan dengan Google PageSpeed. Anda tidak hanya akan mengetahui berapa kecepatan loading blog, tapi juga mendapat saran bagian mana yang harus dioptimasi untuk mempercepat loading blog. Jika ternyata kecepatan loading blog Anda rendah, lakukan langkah-langkah berikut untuk mempercepat loading blog:

1. Selektif Memilih Hosting

Pilih hosting lokal terbaik untuk mendapatkan kecepatan blog yang lebih maksimal

Karena hosting merupakan ‘rumah’ yang sangat menentukan performa blog, maka berhati-hatilah ketika memilih hosting. Kecepatan loading harus menjadi salah satu kriteria dalam menentukan hosting yang tepat.

Sebuah layanan hosting dikatakan bagus jika blog bisa diakses dengan cepat dari negara mana pun.

2. Memilih Theme yang Ringan

Theme wordpress yang terbaik untuk seo itu yang ringan, rapih secara codingnya, dan dirawat secara berkala oleh developernya.

WordPress memiliki banyak sekali pilihan theme, baik gratis maupun berbayar. Namun, jangan sampai memilih theme hanya karena tampilan dan fiturnya menarik. Pilihlah theme yang ringan sehingga loading blog menjadi lebih cepat.

Selain ringan, pilih juga desain blog yang responsif karena berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Template responsif akan menyesuaikan tampilan dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses blog. Misalnya, jika diakses melalui perangkat mobile, ukuran gambar akan diperkecil sehingga loading blog tetap cepat.

3. Memasang Plugin Khusus

Gunakan plugin wordpress sesusai kebutuhan anda dalam melayanani customer segmen dari website anda sendiri

Plugin pada WordPress tidak hanya berfungsi untuk mengoptimasi konten agar lebih SEO friendly. Ada beberapa plugin yang dibuat untuk mempercepat loading blog, seperti Autoptimize, WP Super Cache, dan W3 Total Cache. Dengan memasang salah satu plugin ini, kecepatan loading blog dapat ditingkatkan.

Selain plugin untuk mempercepat loading, Anda juga bisa memasang plugin untuk mengoptimasi database blog, misalnya WP-Optmize. Plugin ini akan mengoptimalkan database dengan cara menghapus seluruh komentar spam, posting sampah, pasca-revisi, draft, tabel, dan lain-lain sehingga beban database akan berkurang.

4. Perhatikan Aturan Pemasangan Plugin

Semakin sedikit plugin yang digunakan, semakin bagus dan cepat loading blog wordpress anda

WordPress menawarkan banyak pilihan plugin dengan beragam kegunaan. Namun, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam memasang plugin.

Pertama, pilih plugin yang benar-benar dibutuhkan. Terlalu banyak memasang plugin akan membuat blog menjadi berat sehingga memperlambat loading. Untuk menghemat plugin, pilihlah plugin yang terintegrasi sehingga bisa mengurangi jumlah plugin yang di-install.

Kedua, pilih plugin yang berkualitas. Dari ribuan plugin WordPress, tidak semua didesain dengan kode yang baik. Lakukan sedikit riset atau bacalah review dari orang yang sudah menggunakan plugin yang ingin di-install.

Ketiga, lakukan update plugin secara rutin. Biasanya, plugin versi baru didesain untuk bekerja dengan optimal sehingga loading blog lebih cepat, lebih aman dari serangan hack, dan relatif sedikit mengandung bug.

5. Mengoptimalkan Homepage

Optimasi homepage blog wordpress anda agar tidak terlalu berat pada saat dibuka melalui smartphone / tablet

Homepage merupakan bagian yang penting karena paling sering diakses oleh pengunjung blog. Mengoptimalkan homepage akan mempercepat loading blog. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan homepage.

Pada halaman depan blog, cukup tampilkan kutipan artikel saja, bukan keseluruhan, dan kurangi jumlah postingan. Jangan menambahkan terlalu banyak widget dan plugin yang tidak perlu. Buatlah tampilan yang bersih sehingga selain terlihat bagus, loading juga lebih cepat.

6. Mengoptimalkan Gambar

Jangan gunakan gambar di blog wordpress dengan size yang besar dan tidak dikompress terlebih dahulu

Gambar merupakan salah satu unsur yang menjadi daya tarik sebuah tulisan. Namun, gambar juga biasanya cukup “berat” sehingga memengaruhi kecepatan loading blog.

Karena itu, lakukan optimasi gambar dengan memasang plugin WP-Smush.it. Plugin ini berfungsi untuk mengurangi ukuran gambar yang diupload tanpa mengubah ukuran dan kualitas gambar asli.

7. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Gunakan CDN untuk mempercepat loading blog wordpress anda

Teknologi CDN akan membuat blog tetap dapat diakses dengan cepat dari mana saja tanpa terpengaruh lokasi server. Jaringan CDN ada di seluruh dunia, sehingga di mana pun lokasi server blog, pengunjung akan mendapat informasi dari CDN yang terdekat. Blog yang servernya berada di luar negeri akan tetap dapat diakses dengan cepat dari Indonesia.

8. Membatasi Revisi Postingan

Batasi revisi postingan setiap artikel yang ada di blog wordpress untuk mempercepat load blog anda

Terkadang, Anda merasa tidak puas membaca ulang artikel yang telah dimuat ke dalam blog. Merevisi tulisan boleh-boleh saja, asalkan jangan terlalu sering.

Revisi yang menumpuk merupakan sampah bagi database. Akibatnya, database WordPress membengkak dan membuat kecepatan loading blog turun.

Selain delapan cara di atas, masih banyak cara lain untuk mempercepat loading blog. Supaya efektif, pilihlah cara yang paling tepat, sesuaikan dengan penyebab lambatnya loading blog Anda.