Saat mengunggah file PDF di Blog WordPress, yang akan muncul hanya berupa link untuk mengunduh file PDF saja, untuk menampilkan isi materi yang ada di file PDF diperlukan plugin tambahan.

Cara menampilkan PDF di Blog WordPress cukup mudah, pertama instal terlebih dahulu salah satu dari plugin berikut ini PDF Embedder  atau PDF.js Viewer.

Tahap berikutnya yaitu mengunggah file PDF dengan cara klik menu Media > Tambah baru. Unggah file PDF hingga 100%, lalu copy url file ke dalam sebuah artikel / laman.

Jika menggunakan PDF Embedder maka tinggal ganti URL berikut ini dengan URL berkas PDF yang telah di upload sebelumnya: [pdf-embedder url=’https://blog.situstarget.com/wp-content/uploads/2020/08/File-PDF.pdf’]

Tampilan isi PDF menggunakan plugin PDF Embedder

Tampilan isi PDF menggunakan plugin PDF Embedder

Sedangkan untuk PDF.js Viewer shortcode yang digunakan yaitu [pdfjs-viewer url=https://blog.situstarget.com/wp-content/uploads/2020/08/File-PDF.pdf viewer_width=600px viewer_height=700px fullscreen=true download=true print=true].

Tampilan isi PDF dengan menggunakan plugin PDF.js Viewer

Tampilan isi PDF dengan menggunakan plugin PDF.js Viewer

File PDF yang di upload juga pastikan tidak dikunci atau diberikan password ya. Setelah artikel atau laman tersebut dipublikasikan secara otomatis isi file PDF akan ditampilkan di blog WordPress milik kamu.

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat ya!

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...