Belum lama saya berkesempatan untuk menghadiri acara seminar bisnis di Jakarta dan menjadi salah satu bagian dari kepanitian acara tersebut. Acaranya berlangsung dan bertempat di Integrity Convention Centre.
Mungkin sebagian pembaca ada yang tau acaranya? Namanya yaitu Mega Seminar Creative Business. Adapun pembicara yang hadir, yaitu Kang Dewa Eka Prayoga, Bapak Laksita Utama Suhud, Bapak Whempy Dykota Koto, dan Bapak Ahmad Zaky. Hayo tebak keempat pembicara itu CEO dari perusahaan apa?
Ya, tentunya Anda juga sudah familiar dengan nama-nama di atas bukan? Baik, kita lanjutkan pembicaraan kita mengenai mengapa pelatihan bisnis itu diperlukan bagi pemula?
Pelatihan bisnis ditujukan guna meningkatkan kemampuan (skill) dari peserta pelatihan bisnis. Karena awalnya peserta pelatihan bisnis belum memiliki pengalaman dan ilmu pengetahuan yang cukup tentang dunia bisnis. Maka cara tercepat untuk belajar tentang proses bisnis yaitu ada pada pelatihan bisnis.
Ketika Anda sudah memahami alur dari proses bisnis yang Anda jalankan. Itu lebih memudahkan Anda untuk melakukan eksplorasi bisnis lebih jauh kedepan. Dan akan sulit bagi Anda untuk berkembang, apabila Anda sendiri tidak mengetahui bagaimana proses bisnis yang Anda saat ini sedang jalankan.
Apakah belajar sendiri bisa? Ya memang bisa, namun akan terlalu banyak buku yang harus Anda baca, lalu trial and error dalam menjalankan bisnis, dan rata-rata pebisnis pemula yang menjalankan bisnis tanpa ilmu pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Biasanya itu bulatup (Buka langsung Tutup).
Dan ketika Anda berhitung, trial and error di atas ternyata memakan biaya dan waktu yang lebih mahal sekali ketimbang Anda mengikuti pelatihan bisnis. Memang ikut pelatihan bisnispun tidak menutup kemungkinan Anda untuk gagal juga, namun meminimalisir resiko kegagalan. Itulah yang terpenting.
Kedua, ketika Anda mengikuti pelatihan bisnis. Anda akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai macam daerah dan lintas profesi/bisnis di Indonesia. Pada acara tersebut hadir sekitar 2.500 orang lebih! Wow, bisa Anda bayangkan kalau Anda memiliki jaringan pertemanan bisnis sebanyak itu.
Anda bisa membangun kemitraan kerja atau kemitraan bisnis dengan mereka. Sebelumnya soal business relationship kita telah membahas pada tulisan saya sebelumnya tentang Manfaat Silaturahmi Dalam Dunia Bisnis dan Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Mudah.
Keduanya sama-sama memerlukan yang namanya Networking. Semakin banyak relasi pertemanan Anda di industri yang saat ini sedang Anda jalankan. Maka akan lebih mudah untuk Anda berkembang bersama-sama dengan mereka. Jadi, sukses tidak bisa sendirian kan?
Ketiga, pada pelatihan bisnis yang dihadiri oleh banyak orang, baik yang bersifat umum maupun private class. Itulah momen di mana Anda dapat mempromosikan bisnis Anda ke khalayak ramai. Siapa tau dari sekian puluh atau ratus orang yang hadir pada acara tersebut. Ada calon klien/pelanggan potensial Anda. Ketika tukar kartu nama(berkenalan), jangan sungkan untuk menceritakan apa pekerjaan Anda dan bisnis yang saat ini Anda kerjakan ke mereka.
Apapun profesi Anda, apapun bisnis yang saat ini Anda jalankan. Selama itu halal dan tidak merugikan orang lain. PD lah! Jangan malu-malu atau ragu menjelaskan kepada orang yang baru Anda kenal pada forum atau pelatihan bisnis yang Anda ikuti, tentang bisnis atau pekerjaan yang Anda jalani saat ini.

Yup ketiga hal di atas adalah beberapa contoh dari manfaat mengikuti kegiatan pelatihan bisnis. Menurut Anda sendiri, apakah pelatihan bisnis itu penting? Share pengalaman Anda di kotak komentar di bawah artikel ini.
Dan bagikan juga tulisan ini via Facebook, Twitter, Google Plus, WhatsApp, dan Line ke teman-teman Anda yang saat ini sedang merintis bisnis ya. Semoga bermanfaat. 🙂