Momen-momen hari besar seperti ramadhan, idul fitri, natal serta musim liburan tentu menjadi momen yang menyenangkan bagi sebagian besar orang karena di momen tersebut kita bisa berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama.

Momen-momen tersebut tidak hanya identik dengan masa liburan bersama keluarga yang menyenangkan tetapi juga identik dengan peningkatan pengeluaran dana.

Tidak sedikit orang yang mengaku kehabisan hampir sebagian besar tabungannya saat melewati musim liburan dan hari besar tersebut.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa di hari-hari besar dan momen liburan, banyak sekali tawaran diskon belanja dan potongan harga paket wisata yang dapat menguras kantong begitu saja.

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik selama musim liburan dan hari besar? Berikut tipsnya.

Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh sebagian umat Islam karena bulan ini merupakan bulan penuh keberkahan. Pada bulan Ramadan hampir seluruh umat Islam melakukan ibadah puasa.

Saat berpuasa keinginan untuk berbuka puasa dengan berbagai hidangan yang lezat tentu begitu menggoda setiap harinya, hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab pemborosan uang di bulan Ramadan.f

Baca juga: Tips 7 Cara Menghindari Jebakan Diskon Akhir Tahun

Selain soal makanan, sebagian besar orang berlomba-lomba untuk belanja pakaian terbaik untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan setelah Ramadan berakhir.

Berikut cara mudah mengelola keuangan di bulan Ramadan agar tidak terjadi pemborosan:

1. Buat Daftar Menu Harian untuk Berbuka Puasa agar Lebih Hemat

Saat bepuasa salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu adalah saat berbuka puasa. Biasanya menu berbuka puasa akan dibuat bervariatif agar seluruh anggota keluarga tidak merasa bosan.

Buat daftar menu harian selama sebulan untuk menentukan menu yang akan dibuat sebagai hidangan berbuka puasa dan sahur beserta besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk menyajikan menu tersebut.

Daftar menu harian dapat memudahkan dalam menyajikan menu sekaligus dapat menjadi pedoman pengeluaran belanja sehingga kita dapat terhindar deri pemborosan saat berbelanja bahan makanan.

2. Buat Daftar Belanja Selama Bulan Ramadhan

Selain daftar menu harian, Anda juga perlu membuat daftar belanja secara umum. Daftar belanja dapat membantu Anda untuk mengalokasikan dana Anda secara tepat.

Buat daftar belanja di awal bulan Ramadan sehingga selama bulan Ramadan risiko untuk berbelanja diluar anggaran dapat lebih ditahan dan terkontrol.

Tips Mengelola Keuangan di Akhir Tahun

Akhir tahun merupakan masa yang cukup dinanti oleh banyak orang karena selain merupakan masa liburan pada masa akhir tahun biasanya banyak diskon besar-besaran.

Diskon akhir tahun tidak hanya berlaku untuk produk fashion saja melainkan juga produk otomotif dan properti. Khusus untuk produk otomotif, di akhir tahun biasanya diskon yang diberikan kepada pembeli mencapai puluhan juta rupiah.

Diskon besar inilah yang kadang menjadi godaan tersendiri, sehingga jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan uang maka bisa saja uang kita teralokasikan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Apalagi di Indonesia setiap tanggal 12 Desember terdapat momen HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) yaitu diskon besar-besaran yang dilakukan oleh banyak marketplace dan toko online di Indonesia.

Momen ini sangat menarik karena diskon yang diberikan lumayan besar dan barang yang ditawarkan sangat bervariasi. Jadi sebelum belanja pastikan Anda melihat rancangan anggaran belanja Anda, apakah barang yang akan Anda beli merupakan barang yang benar-benar Anda butuhkan atau sekedar pemuas keinginan belanja saja.

Tips Mengelola Keuangan di Masa Liburan Kuliah atau Sekolah

Masa liburan sekolah atau kuliah juga merupakan masa yang riskan bagi keuangan. Pada masa liburan biasanya banyak dimanfaatkan untuk berlibur.

Baca juga: Peran dan Manfaat Emas dalam Berbagai Segi Kehidupan Manusia

Berlibur pada masa liburan biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibanding berlibur di hari-hari biasa. Jadi jika Anda ingin melakukan penghematan dana di masa liburan sekolah atau kuliah, cobalah beberapa langkah berikut:

1. Prioritaskan Kebutuhan

Buatlah skala prioritas untuk hal-hal yang perlu anda lakukan. Dahulukan kebutuhan yang bersifat penting mendesak daripada hal-hal yang bersifat rekreatif.

2. Buat Anggaran untuk Berlibur

Jika Anda memang menginginkan berlibur selama masa liburan maka buat anggaran khusus liburan. Siapkan dana khusus beserta rencana penggunaannya.

Pastikan Anda mengikuti rencana keuangan liburan yang sudah Anda buat, agar Anda tidak tergoda untuk membelanjakan uang Anda untuk hal-hal lain yang bersifat konsumtif.

3. Cari Tiket dan Voucher Diskon Jauh Hari sebelum Liburan

Salah satu tips hemat saat liburan adalah dengan melakukan rencana keberangkatan jauh hari sebelumnya. Cari tiket pesawat promo dan beli voucher hotel yang banyak dijual secara online dengan diskon besar untuk mengurangi bujet liburan Anda

Tips Mengelola Keuangan di Waktu Natal atau Lebaran

Saat Natal bagi umat Kristiani dan Lebaran atau Idul Fitri maupun Idul Adha bagi umat Islam merupakan momen istimewa yang sering membuat orang harus mengeluarkan bujet berlebih untuk menyambutnya.

Baca juga: Peluang Investasi Emas, Peluang Investasi Anti Rugi

Momen kebersamaan bersama keluarga dan rekan yang yang lama tidak bersua membuat banyak orang ingin tampil istimewa di hari besar tersebut. Agar keuangan tetap aman selama hari besar tersebut, berikut tips untuk mengelolanya:

  1. Siapkan Dana Khusus Hidangan bagi Tamu. Siapkan dana dengan nominal tertentu untuk membeli atau membuat kue dan snack bagi para tamu yang berkunjung. Usahakan tidak melebihi bujet yang telah ditetapkan.
  2. Siapkan Dana Khusus untuk Angpao. Siapkan dana untuk angpao secara khusus, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Hitung secara cermat berapa banyak yang harus Anda keluarkan dan jangan melebihi nominal yang telah direncanakan.
  3. Batasi Anggaran untuk Pembelian Produk Fashion. Lebaran dan Natal identik dengan baju baru. Jika Anda memang ingin membelinya, belilah satu atau maksimal dua potong pakaian saja.

Demikian tips mudah mengelola keuangan selam masa liburan dan hari besar. Semoga bermanfaat.


Bagikan tulisan ini di sosial media yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda di sana. Semoga ada sedikit nilai kebaikan yang bisa mereka dapatkan dari tulisan ini.

Gabung bersama dengan keluarga besar blog.situstarget.com dengan cara subscribe semua artikel di blog ini, melalui kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Cukup masukan nama lengkap dan alamat email Anda saja.