Mengenal Bitcoin si Mata Uang Digital Modern

Selain e-money yang semakin marak sebagai pengaruh era internet dan digital dalam dunia transaksi kegiatan ekonomi, ada satu inovasi lain yang mungkin masih agak asing bagi sebagian masyarakat. Namanya BitCoin. Anda pernah medengarnya?

BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang hanya terdapat di dunia digital dan dapat digunakan untuk keperluan transaksi online. Karena hanya ada di dunia digital, tidak ada wujud fisiknya yang dapat kita amati apalagi sentuh.

Bentuknya hanyalah sebuah fail–seperti pada umumnya fail dalam dunia digital–yang terenkripsi atas susunan kode-kode unik.

Menariknya lagi, seperti karakteristik fail secara umum, BitCoin juga dapat disimpan di media penyimpanan seperi flash disk, HDD external, atau software BitCoin Digital Wallet. Tidak ketinggalan, BitCoin juga dapat disimpan di cloud network.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Anda Perlu Berinvestasi Koin Perak Dirham

Pada dasarnya BitCoin bukanlah suatu mata uang resmi dari sebuah negara (tidak ada negara yang mengakui BitCoin sebagai mata uang resminya) dan sifatnya desentralisasi alias tidak diatur oleh negara mana pun.

Oleh karena itu, bisa jadi Anda akan dikenakan pajak ketika menggunakan BitCoin di suatu negara sesuai aturan negara tesebut. Dan tentu, Anda harus mematuhi regulasi yang dikeluarkan oleh regulator atau pemerintah negara tersebut.

Sebagai informasi, nilai 1 BTC setara dengan ± Rp 7.533.818,84. Untuk menggunakan BitCoin, Anda harus menginstal terlebih dahulu dompet BitCoin. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengakses https://bitcoin.org/id/cara-kerja.

Bagaimana Awal Mula Munculnya BitCoin?

Berdasarkan beberapa sumber, BitCoin yang mulai muncul di ranah internet digagas sejak tahun 2007 oleh seorang ahli komputer bernama samaran Satoshi Nakamoto. Pria asal Jepang tersebut mencoba mengembangkan sistem mata uang yang bebas dari ikatan pihak atau otoritas mana pun.

Dua tahun kemudian, BitCoin mulai meluncur di dunia internet yang tidak mengenal batas. Di Indonesia sendiri, bitcoin.co.id baru muncul sekitar tiga tahun yang lalu, tepatnya Mei 2013.

Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, bitcoin.co.id sudah memiliki lebih dari lima puluh ribu member dan berhasil menjadi BitCoin Marketplace yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan BitCoin?

BitCoin tidak akan begitu luas penggunaannya, baik oleh pengguna bisnis maupun individu di seluruh duna, jika tidak memiliki keuntungan bagi para penggunanya. Adapun beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan BitCoin seperti berikut ini.

1. Transaksi yang sederhana, bebas, dan praktis

Hanya Anda sebagai pemilik akun yang dapat menggunakan BitCoin untuk melakukan transaksi di dunia dgital. Anda dapat mengirim atau menerima uang dengan cepat tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu. Di mana pun dan kapan pun, Anda dapat menggunakannya.

2. Tingkat risiko yang rendah bagi penjual

Karena setiap transaksi BitCoin tidak dapat dibatalkan, aman, dan tidak mengandung informasi yang bersifat pribadi dari pelanggan, penjual tentu akan terlindungi dari risiko penipuan atau kecurangan chargeback yang akan membuatnya rugi.

Baca juga: Ingin menjalankan bisnis bersama teman, perhatikan hal-hal berikut ini dulu!

Penjual tidak perlu khawatir untuk melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas, bahkan akan sangat mungkin untuk wilayah yang tidak tersedia kartu kredit atau angka penipuan tinggi.

Selain memiliki pasar lebih luas dan aman, penjual juka tidak perlu melakukan penyesuaian PCI dan pengeluaran administratif lebih sedikit.

3. Biaya transaksi yang rendah

Biaya transaksi yang dikenakan saat menggunakan BitCoin adalah sangat rendah bahkan mendekati nol, tidak seperti jenis transaksi yang seperti biasa kita gunakan dalam menggunakan layanan e-banking.

Bisa saja Anda menambahkan biaya tambahan jika ingin mendapat prioritas pemesanan sehingga konfirmasi transaksi akan lebih cepat.

4. Transaksi dijamin aman

Anda sebagai pemilik adalah satu-satunya pihak yang dapat mengendalikan penggunaan BitCoin Anda. Anda tidak perlu menyertakan identitas pribadi untuk melakukan pembayaran yang dilakukan menggunakan BitCoin sehingga lebih aman dan terlindungi dari ancaman pencuri identitas. Selain itu, untuk melindungi uang Anda, BitCoin selalu melakukan enkripsi.

Adakah Kelemahan Menggunakan BitCoin?

BitCoin merupakan suatu inovasi yang masih dalam proses pengembangan dan tentu memiliki risiko. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan lebih lanjut beberapa kelemahan BitCoin.

1. Masih dalam Tahap Pengembangan

Di usianya yang bahkan belum menginjak satu dekade, BitCoin sudah meluas dan menjadi kegemaran baru masyarakat dunia dalam bertransaksi di dunia digital.

Kendati demikian, BitCoin masih dalam tahap pengembangan. Fitur-fitur pada versi beta BitCoin masih belum lengkap.
Perangkat dan layanan baru juga masih terus dikembangkan untuk membuat BitCoin lebih aman dan mudah diakses.

2. Masih Cukup Asing bagi Sebagian Orang

Sebagai konsep baru, masih cukup banyak juga pihak-pihak yang asing dengan keberadaan BitCoin. Biasanya hanya orang-orang yang bergelut dalam bisnis dan up-to-date dengan perkembangan teknologi yang mengerti soal BitCoin.

3. Nilai yang Cenderung Berubah-ubah

Nilai BitCoin hingga saat ini masih cenderung belum stabil. Hal ini dikarenakan jumlah pelaku bisnis yang menggunakan BitCoin masih tidak sebanyak dari yang seharusnya sehingga nilai BitCoin dipengaruhi oleh kegiatan bisnis atau transaksi yang terjadi.

Baca juga: Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Emas

Bagaimana pun, hingga saat ini, BitCoin masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. Walaupun tingkat penggunaan BitCoin semakin hari semakin tinggi dan matang, tidak ada jaminan pasti apa yang akan terjadi di masa depan.

Untuk itu, alangkah lebih bijak jika Anda sebelum berinvestasi pada BitCoin mengetahui juga perihal halal atau haramnya Bitcoin ini. Nah, itulah sedikit informasi dasar mengenai BitCoin.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat langsung mengakses ke situs resmi BitCoin Indonesia di www.bitcoin.co.id. Selamat berkenalan dengan BitCoin!

Gabung bersama ribuan pembaca di blog.situstarget.com dengan cara mendaftarkan nama lengkap dan alamat email yang Anda pergunakan di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini.

Lakukan konfirmasi pendaftaran, cek email Anda usai proses pendaftaran. Keuntungannya Anda akan mendapatkan prioritas utama untuk pemberitahuan manakala blog ini di-update setiap harinya!

Suka dengan artikel di atas? Bantu sebarkan tulisan tersebut melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda. Atau klik tanda bintang 5 jika Anda menyukai tulisan di atas.