Situasi pandemi saat ini membuat semua kegiatan harus dibatasi. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Saat ini, kegiatan belajar mengajar harus dialihkan di rumah, dimana pembelajaran dilakukan secara online.

Pembelajaran secara online ini haruslah menggunakan perantara sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lancar walaupun dilakukan secara online. Salah satu perantara yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Translate.

Ada banyak sekali fitur dari Google Classroom yang bisa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu, kemudahan dalam penggunaannya juga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih aplikasi ini.

Apa Itu Google Classroom?

Seperti namanya, Google Classroom merupakan sebuah ruang yang disediakan oleh Google yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang kelas online. Aplikasi ini dapat digunakan sepuasnya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Google Classroom ini merupakan bagian dari G Suite for Education. Agar bisa menggunakan layanan ini dan saling terhubung, baik tenaga pelajar ataupun peserta didik haruslah memiliki akun Google terlebih dahulu.

Google Classroom ini dibuat dengan tujuan untuk membantu semua orang yang berada dalam lingkup pendidikan. Dengan adanya Google Classroom ini, proses pembelajaran terutama yang dilakukan secara online dapat dilakukan dengan mudah.

Karena tersedia secara online, maka peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pembelajaran, mempelajari materi yang diberikan, dan proses pembelajaran lainnya tanpa harus datang ke kelas.

Peserta didik tersebut hanya tinggal masuk ke dalam ruang kelas yang telah dibuat oleh guru bersangkutan. Tenaga pengajar bebas membuat kelasnya sendiri di dalam Google Classroom.

Nantinya kelas tersebut akan memiliki kode dan guru tersebutlah yang akan memberikan kode tersebut kepada peserta didiknya.

Peserta didik yang akan bergabung ke kelas harus memasukkan kode kelas. Setelah memasukkan kode kelas, barulah peserta didik tersebut bisa mengikuti kelas yang dibuat oleh tenaga pengajar.

Melalui Google Classroom, proses pembagian file pembelajaran, pengumpulan tugas peserta didik, kegiatan komunikasi dan penjadwalan dapat dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan aplikasi ini memiliki proses yang hampir sama dengan proses pembelajaran secara offline.

Tenaga pelajar dapat memberikan materi pembelajaran dan juga tugas kepada peserta didik. Saat peserta didik mengumpulkan tugasnya, para tenaga pelajar masih dapat memberikan feedback kepada tugas yang telah dikumpulkan melalui kolom komentar yang tersedia.

Google Classroom Terintegrasi dengan Banyak Layanan

Google Classroom Terintegrasi dengan Banyak Produk Google Lainnya

Semua proses pemberian materi dan pengumpulan tugas ini didukung oleh google drive sebagai media penyimpanannya. Bahkan google drive ini juga bisa menyimpan file dalam bentuk PDF, video YouTube dan juga hasil dari Google Formulir.

Beberapa jenis materi yang dapat diakses peserta didik adalah silabus pembelajaran, sheet pendaftaran, teks materi ataupun video pembelajaran. Melalui Google Classroom ini, peserta didik juga dapat melihat apa saja tugas yang akan diberikan pada waktu mendatang dari kalender.

Semua kemudahan tersebut didapatkan karena Google Classroom terintegrasi dengan beberapa layanan G Suite lainnya seperti, hangouts meet, sheets, slide, docs, Gmail, drive, calender, dan juga form. Semua layanan tersebut dapat digunakan di Google Classroom untuk membantu proses pengajaran.

Proses pemberian nilai kepada peserta didik melalui Google Classroom dapat dilakukan secara real time. Tenaga pelajar dapat segera tahu siapa saja yang mengumpulkan tugas dan belum mengumpulkan tugas dengan mudah melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan. Bahkan kamu dapat dengan mudah mengunduh dan menginstall aplikasi ini melalui perangkat Android ataupun iOS.

Tidak perlu khawatir mengenai keamanan aplikasi ini. Semua privasi dan keamanan data akan terjamin, karena aplikasi ini berada dalam naungan Google Inc.

Apa Manfaat Google Classroom?

Ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan para pengguna Google Classroom. Manfaat inilah yang membuat Google Classroom memiliki banyak sekali pengguna.

Beberapa manfaat dari Google Classroom adalah:

1. Sebagai Perantara Pembelajaran Online 

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Google Classroom merupakan salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan untuk proses pembelajaran online. Hal ini dikarenakan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Tampilan aplikasi yang simple dan ramah bagi pemula lah yang membuat Google Translate menjadi mudah untuk digunakan. Baik tenaga pengajar ataupun peserta didik sama-sama merasakan kemudahan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online ini.

2. Materi dan Tugas Terjamin Keamanannya

Data Lebih Terjamin di Google Classroom

Semua hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran seperti materi, tugas dan hasil tugas dari peserta didik terjamin keamanannya. Hal ini dikarenakan Google Classroom memiliki sistem penyimpanan yang terpusat.

Google Classroom menggunakan Google Drive sebagai media untuk menyimpan semua berkas-berkas yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Hal ini akan membuat semua berkas yang disimpan menjadi terjamin keamanannya.

Selain itu, berkas-berkas tersebut akan mudah untuk dicari. Semua berkas tersebut akan tersimpan dengan rapi di Google Drive. Baik guru dan siswa tidak perlu khawatir kalau data mereka akan hilang dihapus oleh virus.

Ini yang menjadi salah satu kelebihan dari Google Classroom.

3. Sangat Mudah Untuk Diakses

Tutorial google classroom untuk guru

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan ketika menggunakan Google Classroom adalah kemudahan aksesnya. Google Classroom bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Untuk lebih mempermudah dalam mengaksesnya, kamu dapat mendownload aplikasi Google Classroom ini melalui Play Store ataupun Apple Store. Namun, juga dapat membuka Google Classroom melalui website.

Baik website ataupun aplikasi Google Classroom, semuanya terintegrasi dengan email. Dengan demikian, jika ada pembaharuan seperti pemberian materi baru ataupun tugas dari tenaga pengajar, siswa dan guru akan mendapatkan notifikasi melalui email.

4. Memfasilitasi Pemberian Materi dan Tugas yang Beragam

Google Classroom bisa digunakan untuk berbagai macam jenis tugas

Jika menggunakan Google Classroom, materi ataupun tugas yang diberikan bisa beragam. Google Classroom memfasilitasi pemberian materi ataupun tugas dalam bentuk video, teks, slide, ataupun bentuk lainnya.

Semua materi dan tugas ini nantinya akan terintegrasi dengan Google Drive. Tenaga pengajar dan peserta didik nantinya bisa melihat tugas tersebut melalui aplikasi ataupun langsung membukanya langsung dari Google Drive.

Materi dan tugas ini bisa diunggah atau langsung buat menggunakan Google Sheets, Google Docs, Slides, Drawings dan Forms. Aplikasi tersebut bisa menggantikan aplikasi microsoft office yang berbayar.

Google Sheets bisa menggantikan Microsoft Excel, Google Docs bisa menggantikan Microsoft Word, Google Slides bisa menggantikan Microsoft Powerpoint, dst. Hal ini bisa jadi solusi bagi siswa dan guru yang tidak memiliki Microsoft Office.

5. Semua Fitur yang Ada Dapat Digunakan Secara Gratis

Google Classroom bisa digunakan gratis maupun berbayar

Selain mudah untuk digunakan, semua fitur yang ada pada Google Classroom tersedia secara gratis. Karena itu, Google Classroom menjadi salah satu pilihan aplikasi yang tepat untuk proses pembelajaran.

Apalagi sebagian besar pengguna aplikasi ini adalah para pelajar yang belum memiliki penghasilan. Aplikasi gratis merupakan aplikasi yang paling cocok untuk digunakan oleh para pelajar.

Walaupun gratis, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang tak kalah dari aplikasi berbayar lainnya. Dengan demikian, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi favorit bagi semua orang untuk proses belajar mengajar secara online.

Tentu akan ada perbedaan pada versi yang berbayar, seperti durasi waktu saat melakukan Google Meet, lalu ada juga storage dari Google Drive, yang berbayar bisa sampai up to 2TB. Pada versi yang gratis ruang penyimpanan hanya 15GB

Kelebihan Google Classroom 

Kelebihan Google Classroom

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Google Classroom ini. Kelebihan inilah yang membuat Google Classroom saat ini dipilih banyak orang sebagai media untuk melakukan pembelajaran online.

Beberapa kelebihan dari Google Classroom bila dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya antara lain adalah:

1. Proses Pembuatan Kelas yang Cepat dan Mudah

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Google Classroom ini adalah proses pembuatan kelasnya yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tenaga pengajar hanya perlu membuat sebuah kelas dan mendapatkan kode kelas yang dibuat.

Untuk memasukkan peserta didik, tenaga pengajar hanya perlu membagikan kode kelas kepada peserta didik. Nantinya peserta didik dapat masuk dan mengakses kelas dengan mengetikkan kode kelas yang diberikan.

Selain proses pembuatan kelas yang cepat dan mudah, Google Classroom juga sangat mudah untuk di setting. Hal ini tentu saja akan memudahkan tenaga pengajar dalam membuat dan menjalankan kelas.

2. Tampilan Interface yang Sederhana

Hal lainnya yang membuat orang-orang banyak memilih menggunakan Google Classroom adalah karena tampilan interface yang sederhana. Tampilan interface sederhana inilah yang membuat Google Classroom menjadi lebih mudah dipahami.

Dengan demikian, orang-orang yang masih awam dengan aplikasi ini pun masih bisa menggunakannya. Terlebih lagi bagi peserta didik yang jarang menggunakan aplikasi sejenis yang tentu saja masih merasa sangat awam.

3. Lebih Efektif dan Efisien

Kelebihan lainnya dari menggunakan Google Classroom adalah lebih efektif dan efisien. Melalui satu aplikasi saja, para tenaga pengajar sudah bisa memberikan materi, memberikan tugas, melakukan penilaian dan juga memberikan evaluasi kepada para peserta didik.

Selain itu penilaian juga dapat dilakukan secara real time dan hasilnya dapat langsung diterima oleh peserta didik. Hal ini tentu saja menghemat waktu sehingga menjadi lebih efisien.

Peserta didik juga dapat merasakan kelebihannya, yaitu dapat menerima materi dan tugas melalui satu aplikasi saja serta dapat langsung mengetahui nilai yang didapatkan setelah mengumpulkan tugas. Hal ini tentu saja sangat efektif bagi pembelajaran secara online.

4. Sistem Penyimpanan Data yang Terpusat

Google classroom memiliki sistem penyimpanan data yang terpusat. Semua data baik itu materi pembelajaran, tugas yang diberikan, dan juga hasil pekerjaan peserta didik akan disimpan di dalam google drive.

Para peserta didik dapat melihat tugas-tugas yang diberikan pada folder tertentu. Semua dokumen yang berhubungan dengan proses pembelajaran tidak akan hilang sehingga peserta didik dan tenaga pengajar tidak perlu merasa khawatir.

5. Dapat Berbagi Sumber Daya Pembelajaran dengan Cepat

Adanya aplikasi Google Classroom ini dapat memudahkan penggunanya dalam berbagi sumber daya pembelajaran. Semua hal itu dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi, baik tenaga pengajar ataupun peserta didik.

Jika tenaga ingin memberikan materi ataupun tugas, maka tinggal upload saja di aplikasi Google Classroom. Nantinya materi atau tugas tersebut akan tersampaikan kepada seluruh peserta didik melalui notifikasi email.

Semua peserta didik dapat menerima pemberitahuan dalam satu waktu secara bersamaan. Dengan demikian, semua peserta didik dapat memperoleh materi atau tugas secara update.

Tenaga pengajar pun tidak perlu memberikan materi ataupun tugas ke peserta didik satu persatu. Hal inilah yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.

6. Proses Peninjauan Tugas Dapat Dilakukan dengan Mudah

Dari sisi peserta didik, Google Classroom memberikan kemudahan dalam proses peninjauan kembali tugas sebelum dikumpulkan. Google classroom selalu menyediakan fitur untuk meninjau kembali tugas sebelum benar-benar dikirimkan.

Dengan adanya fitur peninjauan kembali ini, para peserta didik dapat mengetahui kekurangan pada tugas yang akan dikumpulkan. Dengan demikian, peserta didik dapat memperbaiki tugasnya terlebih dahulu sebelum dikumpulkan.

7. Bebas Iklan

Iklan merupakan salah satu hal yang paling mengganggu. Iklan akan sangat mengganggu apabila muncul pada saat proses pembelajaran.

Siswa mungkin akan menjadi tidak konsentrasi karena iklan yang terus-terusan muncul. Namun, jika menggunakan aplikasi Google Classroom, iklan tersebut tidak akan pernah muncul.

Google Classroom memberikan fasilitas bebas iklan untuk aplikasinya. Hal ini berlaku juga untuk semua layanan G suite lainnya.

Selain kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan dari Google Classroom. Seperti apa kekurangannya? Berikut beberapa kekurangan dari Google Classroom.

Kekurangan Google Classroom

Kekurangan Google Classroom

Tentu ada beberapa hal yang menjadi kekurangan Google Classroom, ada banyak kekurangan seperti tampilan yang monoton, ruang penyimpanan yang berkaitan dengan Google Drive, dan hal lainnya. 

Berikut ini beberapa hal yang menjadi kekurangan Google Classroom, yang perlu kamu ketahui:

1. Tampilan yang Monoton

Google Classroom masih memiliki tampilan yang cukup monoton sehingga kurang menarik untuk dilihat. Google Classroom hanya memiliki beberapa jenis tampilan saja.

Beberapa tampilan tersebut juga hanya bergambar kartun saja dan tidak ada variasi lainnya. Bagi orang-orang yang senang keindahan, maka tampilan seperti itu akan dianggap sangat membosankan.

2. Tidak Bisa Mengirim File Ketika Google Drive Penuh

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Google Classroom adalah tidak bisa mengirim file ketika Google Drive sudah penuh. Hal ini tentu saja mengganggu bagi peserta didik yang akan mengumpulkan tugasnya.

Untuk mengatasi hal ini, peserta didik tersebut harus membeli drive baru ataupun menginstall penyimpanan cloud yang baru.

Oleh karena itu, sebelum mengumpulkan tugas, pastikan Google Drive kamu masih memiliki space penyimpanan yang cukup, sehingga file yang dikirimkan dapat segera terkirim.

3. Tidak Bisa Restore Data yang Dihapus di Google Classroom

Ketika guru menghapus file yang ada di Google Drive, baik itu sengaja maupun tidak sengaja. Maka file yang dihpuas tidak dapat dikembalikan lagi. Guru bisa menghapus mata pelajaran, materi, atau tugas dari guru yang lain.

Apabila melakukan kesalahan saat mengunggah tugas atau materi, sebaiknya bukan dihapus data yang sudah masuk di Google Classroom, akan tetapi sebaiknya disunting atau diperbiaki saja (edit) lebih baik.

Guru yang menghapus file di Google Classroom juga tidak ketahuan, jadi belum ada sebuah catatan log. Misal si A, telah menghapus file ABCD. Catatan log, seperti ini belum ada di Google Classroom.

Jadi saat ada pengajar si A melakukan kesalahan penghapusan pada materi pelajaran pengajar si B. Kelas owner atau guru, tidak bisa mengetahui kalau yang melakukan kesalahan tersebut adalah si pengajar A.

4. Hapus File di Google Drive Berpengaruh di Google Classroom

Misalnya ketika siswa atau guru menghapus sebuah file di Google Drive, secara otomatis akan berpengaruh pada Google Classroom. Terutama, pada folder khusus Google Classroom yang tedapat di Google Drive.

Setiap pengajar maupun siswa yang tergabung di Google Classroom, pada penyimpanan Google Drive akan ada folder khusus untuk penyimpanan materi yang ada di Google Classroom.

Saat ada materi yang dihapus pada folder Google Classroom (yang berada di Google Drive), secara otomatis file tersebut tidak akan bisa diakses kembali pada Google Classroom, akan ada pemberitahuan file tidak ditemukan atau tidak dapat diakses.

5. Tidak Ada Fitur Absensi

Google Classroom tidak memiliki fitur absensi yang dapat memantau kehadiran siswa, terutama saat kelas online dan tatap muka secara langsung. Karena tidak ada fitur absensi maka guru perlu membuat absensi manual yang menggunakan kertas.

Cara ini cukup efektif untuk mengetahui mana siswa yang mengikuti kelas online dan mana yang tidak. Di beberapa sekolah di Indonesia, tingkat kehadiran siswa di kelas, memiliki bobot nilai tersendiri.

Absensi bisa dilakukan pada saat awal dimulainya Google Meet, pergantian mata pelajaran, dan sebelum jam pulang secara manual seperti di kelas offline.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Classroom

Cara Menggunakan Google Classroom untuk guru dan siswa

Ada banyak sekali fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi Google Classroom ini. Fitur tersebut tentu saja dapat digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar. Beberapa cara menggunakan aplikasi Google Classroom antara lain adalah:

1. Cara Bergabung dan Login ke Google Classroom

Jika kamu pertama kali menggunakan Google Classroom, maka hal yang harus dilakukan adalah login terlebih dahulu. Adapun cara untuk login ke Google Classroom antara lain adalah:

  1. Buka aplikasi Google Classroom yang telah diunduh melalui Play Store ataupun Apple Store. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui website Google Classroom di mesin pencari.
  2. Setelah itu, klik get started kemudian masukkan alamat email yang akan digunakan untuk membuat akun Google Classroom.
  3. Jika sudah memasukkan alamat email, selanjutnya klik ikon + yang ada di pojok kanan jendela Google Classroom.
  4. Kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan yang harus dipilih, yaitu gabung ke kelas yang ada ataupun membuat kelas baru. Pilihlah salah satu sesuai kebutuhan.
  5. Jika memilih untuk bergabung ke sebuah kelas, masukkan kode kelas yang berjumlah tujuh digit. Kode kelas tersebut biasanya dibagikan kepada pemilik ruang kelas (kelas owner) tersebut.
  6. Setelah masuk ke kelas tersebut, kamu dapat melihat materi yang diberikan dan mengerjakan tugas yang telah diberikan.

2. Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Jika kamu merupakan seorang tenaga pengajar (guru) dan ingin membuat kelas demi menunjang proses belajar mengajar secara online maka caranya antara lain adalah:

  1. Masuk ke Google Classroom melalui aplikasi yang ada di smartphone ataupun melalui website Google Classroom.
  2. Setelah masuk ke Google Classroom, klik ikon + di pojok kanan jendela Google Classroom.
  3. Pilihlah create kelas pada dua pilihan yang tersedia.
  4. Kemudian, kamu akan kembali dihadapkan dengan dua pilihan role yaitu sebagai teacher ataupun sebagai student. Pilihlah sesuai dengan role yang dihendaki.
  5. Isilah kolom yang telah disediakan, meliputi nama kelas, subject, room, dan juga section.
  6. Setelah kelas telah rampung dibuat, Google Classroom akan memberikan kode unik yang diperuntukkan untuk masuk ke kelas yang telah dibuat.
  7. Kamu bisa membagikan kode tersebut kepada calon peserta didik yang akan mengikuti kelas tersebut.

3. Cara Memberikan Materi, Tugas dan Kuis

Cara membuat tugas dan berbagi materi di Google Classroom

Setelah semua peserta didik masuk, tentu saja sebagai tenaga pengajar kamu harus memberikan materi, tugas ataupun kuis kepada peserta didik. Jika masih merasa bingung, berikut ini adalah tata caranya.

  1. Jika ingin memberikan materi, tugas ataupun kuis, bisa mengklik menu classwork pada Google Classroom.
  2. Agar lebih mudah, materi, tugas ataupun kuis yang diberikan tidak perlu diketik satu persatu-satu. Hanya perlu mengupload file yang berisi materi, tugas ataupun kuis yang akan diberikan. Assignment (tugas harian), Quiz Assignment (ujian, UTS, UAS), Question (pertanyaan umum), Material (berbagi materi pembelajaran), Reuse post (duplikasi tugas)
  3. Jika kamu memberikan tugas ataupun kuis, jangan lupa untuk menetapkan skor maksimal yang harus dicapai dan batas waktu pengumpulan tugas ataupun kuis tersebut.
  4. Setelah semuanya telah dilakukan, klik ask pada Google Classroom.
  5. Materi, tugas, ataupun kuis yang diberikan dapat segera tersampaikan kepada peserta didik yang mengambil kelas tersebut.

4. Cara Mengubah Tema Kelas pada Google Classroom

Cara Mengganti Gambar Tema Kelas di Google Classroom

Terkadang, tema yang itu-itu saja membuat peserta didik bosan dan membutuhkan tema baru pada tampilan Google Classroom. Jika  ingin mengubah tema pada tampilan Google Classroom, berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan.

  1. Jika kamu sudah masuk ke dalam kelas (sebagai owner kelas), klik pilih tema yang ada di bagian bawah gambar
  2. Setelah diklik, akan muncul dua pilihan, yaitu memilih pola ataupun memilih gambar dari galeri. Pilihlah salah satu sesuai dengan keinginan.
  3. Jika kamu memilih pola, maka pilihlah pola dan warna yang diinginkan, lalu klik pilih tema kelas.
  4. Namun, jika kamu memilih gambar dari galeri, maka pilih foto yang akan diupload. Perlu kamu ketahui untuk ukuran tema dari Google Classroom yaitu 1000 x 250 pixel. Sedangkan untuk Google Forms, yaitu 1600 x 400 pixel.
  5. Setelah itu, tarik foto tersebut ke bagian tengah layar, kemudian klik pilih foto dari komputer dan klik buka.
  6. Terakhir, kliklah pilih tema kelas.

5. Cara Mengedit Informasi Kelas Pada Google Classroom

Cara Mengganti Informasi Kelas

Terkadang informasi pada kelas perlu diperbarui ataupun ditambahkan seiring berjalannya waktu. Adapun cara mengedit informasi yang tertera pada kelas antara lain adalah:

  1. Buka Google Classroom terlebih dahulu dengan cara login melalui aplikasinya ataupun melalui website Google Classroom.
  2. Setelah masuk, pilihlah menu lainnya, kemudian klik edit.
  3. Ubahlah informasi ataupun tambahkan infromasi yang kurang mengenai kelas tersebut.
  4. Setelah selesai, tinggal mengklik tombol simpan.
  5. Informasi kelas pun sudah diperbarui.

6. Cara Menyalin Kelas pada Google Classroom

Cara Menyalin Kelas di Aplikasi Google Classroom

Ternyata kamu juga bisa menyalin kelas pada Google Classroom. Hal ini tentu saja sangat membantu bagi kamu yang membuka dua kelas dengan materi yang sama. Adapun cara yang dilakukan untuk menyalin kelas antara lain adalah:

  1. Buka Google Classroom melalui smartphone ataupun komputer.
  2. Pada kelas yang akan disalin, klik menu lainnya, kemudian pilih menu salin.
  3. Kemudian, pada calon kelas yang baru, edit informasi yang mendeskripsikan kelas baru tersebut.
  4. Setelah selesai, klik salin. Secara otomatis, informasi ada pada kelas yang disalin akan dimiliki juga oleh kelas yang baru.

Di tengah situasi pandemi seperti ini, belajar dari rumah secara online merupakan pilihan yang tepat. Google Classroom terbukti sukses membantu proses pembelajaran secara online banyak orang.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pengguna Google Classroom setiap harinya.

5 3 votes
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...