Kategori: Tips Tekno

Panduan Cara Menggunakan Google Translate di Semua Fitur yang Tersedia

Berikut ini cara menggunakan Google Translate untuk semua fitur yang tersedia, baik versi website maupun aplikasi untuk smartphone.

Saat ini, dengan kemajuan teknologi kamu dapat menerjemahkan bahasa asing dengan mudah.

Ada banyak sekali alat bantu penerjemah yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa asing. Salah satu jenis alat bantu tersebut adalah Google Translate.

Dengan menggunakan Google Translate, kamubisa menerjemahkan hampir semua bahasa yang ada di dunia ini.

Apa Itu Google Translate?

Google translate merupakan salah satu produk yang paling banyak digunakan oleh netizen dari berbagai penjuru dunia.

Google Translate mulai diluncurkan pertama kali pada April 2006 dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang.

Saat ini, Google Translate sudah mampu menerjemahkan hingga 109 bahasa asing. Bahkan kamu juga dapat menemukan bahasa daerah di dalam Google Translate ini.

Beberapa contoh bahasa daerah yang dapat ditemui adalah Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Sejak kemunculannya hingga sekarang, jumlah pengguna yang sudah menggunakan fitur ini berjumlah lebih dari 500 juta pengguna.

Google Translate ini juga mengklaim bahwa jumlah kata yang diterjemahkan mencapai 100 miliar kata setiap harinya.

Awalnya Google Translate ini merupakan layanan yang bekerja sebagai layanan penerjemah mesin statistik.

Cara kerjanya adalah dengan menerjemahkan setiap kata yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa inggris terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah terjemahan inggris tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.

Pada tahun 2010 barulah pihak Google memperkenalkan Google Translate sebagai aplikasi penerjemah portable yang dapat digunakan melalui Android dan juga iOS.

Selain itu, Google Translate juga mulai diintegrasikan ke dalam browser-browser yang juga berfungsi sebagai penerjemah portable pribadi.

Google Translate Menggantikan Kamus

Kemudian sejak 2016, terjadi transisi metode penerjemahan pada Google Translate. Metode penerjemahan yang digunakan sejak saat itu hingga sekarang adalah metode Neural Network. Metode ini dipilih karena dinilai memiliki tingkat akurasi terjemahan yang lebih tinggi.

Kemudahan yang diberikan Google Translate dalam menerjemahkan berbagai macam bahasa lama kelamaan menggantikan peran kamus.

Tanpa repot membolak-balikkan halaman kamus, kamu sudah dapat menerjemahkan kata yang diinginkan.

Untuk menggunakan fitur Google Translate ini, dapat memanfaatkan browser ataupun dengan mengunduh aplikasi Google Translate yang sudah tersedia di Play Store dan iTunes.

Dengan cara seperti ini, proses penerjemahan kata dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Semakin berkembangnya zaman, perkembangan fitur yang ada pada Google Translate semakin dikembangkan.

Selain mengetikkan kata yang akan diterjemahkan, kamu juga dapat menerjemahkan kata hanya dengan menggunakan suara saja. Tinggal menyebutkan kata apa yang akan diterjemahkan.

Selain itu, Google Translate juga dapat menerjemahkan kata dengan cara melihat gambar dari tulisan kata tersebut.

Kamu hanya perlu memfoto kata yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa tertentu, lalu Google Translate akan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan.

Masih banyak fitur lainnya yang bisa dinikmati ketika menggunakan Google Translate. Fitur tersebut tentu saja dapat memudahkan kamu dalam segala aktivitas yang membutuhkan alat bantu penerjemah bahasa asing.

Fitur-fitur tersebutlah yang membuat banyak orang menyukai alat bantu penerjemah ini. Selain itu, tampilannya yang simple membuat para pengguna baru langsung mengerti dan dapat langsung menggunakan Google Translate untuk membantu menerjemahkan berbagai macam bahasa asing.

Apa Manfaat Google Translate?

Ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh Google Translate. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai fitur dari Google ini. Google Translate menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para penggunanya.

Beberapa manfaat dari Google Translate antara lain adalah:

1. Berfungsi Sebagai Alat Penerjemah

Tentu saja fungsi utama dari Google Translate adalah sebagai alat penerjemah ke berbagai macam bahasa lainnya. Dengan menggunakan Google Translate, proses penerjemahan dapat dilakukan dengan mudah.

Menggunakan Google Translate ini, kamu dapat menerjemahkan lebih dari satu kata bahkan banyak paragraf sekaligus.

Hal ini tentu saja dapat menghemat waktu karena proses penerjemahan dapat dilakukan sekaligus dalam satu waktu, hitungan detik.

Jumlah karakter maksimal yang dapat diterjemahkan oleh Google Translate adalah 5.000 karakter.

Penggunaan alat penerjemah ini tidak dikenakan biaya sehingga dapat digunakan kapan saja tanpa perlu khawatir mengenai biaya penggunaan.

2. Berfungsi Sebagai Kamus Online

Selain menerjemahkan kata ke dalam berbagai bahasa, ternyata Google Translate juga dapat berfungsi sebagai kamus online.

Jika mengetikkan satu kata untuk diterjemahkan, maka kata yang keluar tidak hanya berjumlah satu. Ada beberapa pilihan kata yang memiliki arti sama yang bisa dipilih (berupa sinonim).

Dengan demikian, cara kerja Google Translate ini hampir sama dengan kamus. Ketika mencari satu kata dalam bahasa asing, maka akan muncul beberapa pilihan kata dalam bahasa asing yang dapat dipilih dan dinilai tepat.

3. Dapat Mengetahui Sinonim dan Kelas dari Suatu Kata

Jika mengetikkan suatu kata untuk diterjemahkan, maka biasanya akan muncul sinonim kata lainnya dari bahasa yang telah diterjemahkan. Kemudian, kelas dari kata tersebut juga akan diberitahukan.

Dengan menggunakan Google Translate, kamu dapat memperkaya pengetahuan mengenai kata, sinonim dan kelas katanya dalam berbagai bahasa.

Dengan demikian, selain memudahkan pekerjaan, Google Translate juga dapat membuat kemampuan berbahasa menjadi semakin meningkat.

4. Dapat Memeriksa Ejaan Kata

Google Translate juga memiliki manfaat dalam memeriksa ejaan kata. Kita sering tidak mengetahui ejaan beberapa kata dalam bahasa asing.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini Google Translate sudah dapat memeriksa ejaan kata secara otomatis.

Jika ada yang salah pengetikkan ejaan suatu kata, maka secara otomatis Google Translate akan memberikan rekomendasi mengenai kata yang memiliki ejaan yang benar.

Dengan demikian, kamu dapat mengetahui ejaan suatu kata yang tidak diketahui sebelumnya melalui Google Translate.

5. Bermanfaat Dalam Proses Belajar Pronunciation

Kamu juga dapat memanfaatkan Google Translate sebagai alat bantu dalam proses belajar bahasa asing. Hal ini dilakukan dengan menggunakan fitur listen untuk mendengarkan bagaimana cara pengucapan suatu kata dalam bahasa tertentu.

Banyak sekali orang-orang yang menggunakan Google Translate hanya untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat ke dalam bahasa tertentu.

Padahal melalui Google Translate, juga dapat mengetahui bagaimana mengucapkan kata tersebut dengan benar.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari bagaimana cara mengucapkan suatu bahasa dengan baik dan benar. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk kursus dan belajar pengucapan suatu bahasa. ðŸĪŠ

Melalui fitur listen yang ada pada Google Translate, kamu sudah dapat belajar melafalkan kata-kata bahasa asing dengan mudah dan gratis.

Fitur ini tentu saja membuat penggunanya dapat belajar pengucapan bahasa tertentu kapan saja dan dimana saja.

6. Dapat Mengetahui Intonasi Bacaan yang Sesuai

Google Translate juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui bagaimana intonasi yang baik dalam membaca kumpulan kalimat dalam suatu bahasa.

Sama seperti proses pembelajaran pronunciation, kamu juga dapat memanfaatkan fitur listen untuk mempelajari bagaimana intonasi dari suatu bacaan.

Tnggal menuliskan kalimat yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa tertentu. Setelah kalimat tersebut selesai diterjemahkan, klik simbol audio yang ada di pojok kiri bawah. Setelah itu, dengarkan bagaimana intonasi dari pembacaan kalimat tersebut.

Cara ini sangatlah membantu bagi mereka yang sedang mencari cara bagaimana membaca suatu kalimat dalam bahasa tertentu menggunakan intonasi yang baik dan benar.

Dengan menggunakan Google Translate, proses pembelajaran intonasi bacaan menjadi lebih mudah dilakukan.

7. Dapat Membantu Dalam Menerjemahkan Situs Website

Menggunakan Google Translate, juga dapat menerjemahkan situs website yang tidak dimengerti bahasanya.

Hal ini tentu saja dapat mempermudah kamu dalam mencari berbagai informasi yang sedang diperlukan.

Adapun cara menerjemahkan situs website ke dalam bahasa tertentu adalah dengan memasukkan halaman website yang ingin diterjemahkan ke dalam Google Translate.

Tanpa memakan waktu lama, halaman tersebut pun sudah dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.

8. Sebagai Inspirasi Bagi Pengembang Aplikasi Penerjemah

Selain Google Translate, saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi penerjemah yang bermunculan. Namun biasanya fitur yang dimiliki tidaklah selengkap Google Translate.

Dengan adanya Google Translate, para pengembang aplikasi tersebut dapat memperoleh inspirasi untuk mengembangkan aplikasinya.

Dengan demikian, aplikasi yang dikelola tersebut, dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Google Translate

Ada banyak sekali kelebihan dari Google Translate yang membuatnya menjadi aplikasi penerjemah pilihan banyak orang.

Berikut Beberapa Kelebihan Google Translate:

1. Proses penerjemahan kata dilakukan dengan lebih cepat. Keunggulan utama yang membuat banyak orang menyukai Google Translate adalah kecepatannya dalam menerjemahkan kata ataupun kalimat.

Hanya butuh waktu hitungan detik, maka kata yang diketikkan dapat segera diterjemahkan.

Lain halnya dengan aplikasi penerjemah sejenis yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan Google Translate.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih Google Translate dengan alasan kecepatannya.

2. Memiliki database yang lengkap. Saat ini, Google Translate memiliki database yang paling lengkap bila dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya.

Hal ini membuat Google Translate dapat menerjemahkan berbagai macam bahasa yang ada di dunia.

Semua bahasa tersebut berasal dari database yang dimiliki oleh Google Translate.

Saat ini, terhitung sudah lebih dari 100 bahasa yang dapat diterjemahkan oleh Google Translate.

Google translate ini pun bahkan bisa menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam bahasa daerah tertentu.

3. Dapat menerjemahkan halaman website dengan cepat. Kecepatan penerjemahan yang dilakukan oleh Google Translate pun dapat dirasakan ketika kamu ingin menerjemahkan sebuah website. Google Translate dapat diatur hingga bisa terintegrasi dengan sebuah browser.

Dengan demikian, kamu dapat langsung menerjemahkan halaman website yang tidak dimengerti ke dalam bahasa yang diinginkan.

Waktu yang diperlukan pun sangatlah singkat sehingga waktu tidak banyak terbuang.

4. Google Translate mudah digunakan. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Google Translate adalah mudah digunakan. Kamu hanya perlu membuka halaman website dari Google Translate pada browser.

Setelah terbuka, kamu dapat langsung mengatur bahasa apa yang diinginkan, kemudian ketikkan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan.

Dalam hitungan detik, akan muncul terjemahan kata atau kalimat yang diketikkan dalam bahasa yang sudah diatur sebelumnya.

5. Gratis, tidak perlu bayar. Walaupun memiliki banyak pilihan bahasa dan cara aksesnya yang mudah, Google Translate dapat digunakan secara gratis.

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih Google Translate sebagai alat bantu terjemah.

Lain halnya dengan aplikasi terjemah sejenis yang mengharuskan penggunanya membayar sejumlah uang untuk mendapatkan aplikasi yang lebih baik dan bahasa yang lebih lengkap.

Oleh karena itu, Google Translate merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang.

Selain beberapa kelebihan tersebut, ternyata ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Google Translate.

Beberapa Kekurangan Google Translate Adalah:

1. Hasil terjemahan kalimat masih kurang akurat. Google Translate ini sangatlah baik bila digunakan untuk menerjemahkan kosa kata dalam berbagai bahasa.

Namun, jika ingin menerjemahkan sebuah kalimat ke dalam bahasa lain menggunakan Google Translate, terkadang memiliki hasil yang kurang akurat.

Terkadang arti dari kalimat tersebut menjadi berbeda dari pengertian aslinya. Oleh karena itu, sebelum menerjemahkan kalimat dalam Google Translate perhatikan terlebih dahulu apakah kalimat yang diterjemahkan telah sesuai atau belum.

User perlu menuliskan kata sesuai dengan kaidah yang berlaku, misalnya di Indonesia kaidah yang digunakan yaitu SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan), kaidah tersebut tidak berlaku secara global, lain negara berbeda juga kaidah yang dipakai.

Kepenulisan yang baik menghasilkan hasil penerjemahan yang baik. Begitupun sebaliknya.

2. Kurang cocok untuk menerjemahkan karya ilmiah. Karya ilmiah memiliki pilihan bahasa yang agak berbeda dari tulisan biasa. Pilihan katanya pun cenderung lebih ilmiah.

Dengan pemilihan kata yang ilmiah dan gaya bahasa yang sedikit berbeda, membuat proses penerjemahan oleh Google Translate menjadi kurang akurat.

Oleh karena itu, Google Translate kurang cocok bila digunakan untuk menerjemahkan karya-karya ilmiah.

3. Mesin dapat menerjemahkan kata namun bukan makna. Google Translate hanya dapat melakukan penerjemahan ke dalam bentuk bahasa yang lain, bukan menerjemahkan atau menafsirkan hal-hal yang berkaitan dengan konteks, metafora, slogan, idiom.

4. Butuh kecerdasan dari penggunanya. Saat menggunakan Google Translate, pengguna yang melakukan penerjemahan ke bahasa asing perlu memiliki ilmu pengetahuan atau keahlian terkait bahasa asing yang hendak ia terjemahkan.

Hasil dari penerjemahan bisa saja sangat jauh dari konteks yang dimaksud. Sehingga perlu dilakukan editing manual agar hasil terjemahan bisa sesuai dengan konteks yang dimaksud oleh si pengguna.

5. Tidak semua bahasa asing bisa diterjemahkan. Tidak semua bahasa asing bisa diterjemahkan ke dalam bentuk bahasa asing yang lain.

Terkadang pengguna harus mencari referensi padanan kata dari bahasa asing yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bahasa asing tersebut atau dalam kata lain perlu proses transcreation.

Transcreation adalah proses mengadopsi pesan pada saat proses penerjemahan untuk memastikan maksud, gaya, idiom, dan konteks semua tercermin secara akurat.

Setelah mengentahui kekurangan dan kelebihan Google Translate, berikut ini cara menggunakannya.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Translate

Google Translate memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu dalam menerjemahkan beberapa bahasa dengan mudah dan simple. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menggunakan aplikasi Google Translate antara lain adalah:

1. Cara Menerjemahkan Kata Menggunakan Suara

Terkadang kamu merasa malas untuk mengetik kata yang akan diterjemahkan. Sebagai gantinya, Google Translate menyediakan fitur untuk menerjemahkan kata dengan cara mengucapkannya saja.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menerjemahkan kata menggunakan suara antara lain adalah:

  1. Pada halaman Google Translate, klik ikon voice di bagian bawah kotak dialog, sebelumnya pastikan kamu sudah memilih bahasa awal yang hendak diterjemahkan ke bahasa lain.
  2. Kemudian, ucapkan kata yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa tertentu. Agar lebih jelas, dekatkan smartphone ke sumber suara.
  3. Kata yang disebutkan nantinya akan dikonversi menjadi tulisan yang akan tertera pada kota dialog Google Translate.
  4. Dalam hitungan detik, kata yang telah diucapkan akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan. Kata tersebut juga bisa disalin dan digunakan di tempat lain.

2. Cara Menerjemahkan Tulisan Melalui Gambar

Dengan menggunakan Google Translate, juga bisa menerjemahkan tulisan yang ada pada gambar. Adapun caranya adalah:

  1. Klik ikon kamera yang ada di dalam halaman Google Translate.
  2. Setelah kamera berfungsi, arahkan kamera tersebut ke tulisan yang akan diterjemahkan.
  3. Tanpa menunggu lama, Google Translate pun akan menerjemahkan tulisan yang sedang diarahkan ke kamera dengan menggantinya ke bahasa yang diinginkan.
  4. Jika ingin memindai tulisan yang akan diterjemahkan, maka tap opsi scan yang ada pada kamera.
  5. Kemudian pilih select all untuk memindai semua tulisan yang ada di dalam kamera.
  6. Secara otomatis, tulisan yang sedang dipindai akan langsung masuk ke dalam panel utama yang ada pada halaman Google Translate.
  7. Kemudian, hasil terjemahan dari tulisan tersebut pun akan segera muncul di panel lainnya yang ada pada Google Translate.

3. Cara Menerjemahkan Tulisan Tangan

Selain tulisan yang ada pada buku, ternyata kamu juga dapat menerjemahkan tulisan tangan menggunakan Google Translate. Cara yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  1. Tab ikon handwriting yang ada di halaman Google Translate.
  2. Kemudian, kamu akan diarahkan ke sebuah kotak untuk menuliskan kata yang akan diterjemahkan.
  3. Tuliskan kata yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.
  4. Google Translate akan menerjemahkan kata yang ditulis secara real time.

4. Cara Menerjemahkan Kalimat dari Percakapan Langsung

Kamu juga bisa menerjemahkan kalimat dari percakapan langsung menggunakan Google Translate. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menerjemahkan kalimat melalui percakapan langsung adalah:

  1. Klik ikon conversation pada Google Translate.
  2. Kemudian pilih bahasa asal yang akan diterjemahkan dan jenis bahasa yang akan diterjemahkan.
  3. Setelah itu, arahkan smartphone ke narasumber atau suara yang akan diterjemahkan.
  4. Google translate akan menerjemahkan kalimat yang dikatakan dan hasilnya juga akan diputarkan dalam bentuk suara.

5. Cara Menerjemahkan Dokumen di Google Translate

Google translate juga dapat digunakan untuk menerjemahkan tulisan yang ada di dalam suatu dokumen. Adapun cara yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  1. Gunakan Google Translate toolkit.
  2. Kemudian unggah dokumen yang akan diterjemahkan ke Google Translate.
  3. Tunggulah beberapa saat hingga semua dokumen dapat diterjemahkan semuanya. Pastikan juga koneksi internet stabil agar proses penerjemahan dokumen menjadi lancar.
  4. File yang didukung untuk diunggah yaitu dengan ekstensi berikut ini: .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, atau .xlsx.

Sebagai contoh di gambar atas, saya hendak menerjemahkan dokumen bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

6. Cara Menerjemahkan Situs Website

Jika kamu membuka sebuah website, tetapi website tersebut memiliki tulisan dalam bahasa yang tidak dimengerti, maka Google Translate adalah solusinya.

Saat ini, Google Translate sudah bisa digunakan untuk menerjemahkan website. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Pada kotak terjemahan yang ada pada Google Translate, ketikkan URL website yang akan diterjemahkan. Kamu dapat menyalin URL website tersebut agar lebih mudah.
  2. Setelah itu, pilihlah bahasa yang akan diterjemahkan menggunakan Google Translate tersebut.
  3. Tak lama akan muncul sebuah browser internal yang dapat digunakan untuk membaca tulisan pada website dalam bahasa yang diinginkan.
  4. Klik pada link yang berada di sebelah kanan untuk mengakses halaman website menggunakan versi bahasa Inggris. Sedangkan link originalnya menggunakan bahasa Indonesia.

Hasilnya yang akan muncul dilayar setelah proses penerjemahan, seperti berikut ini:

7. Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

Google Translate juga dapat digunakan secara offline atau tidak perlu koneksi internet saat menerjemahkan ke dalam bahasa asing. Adapun cara yang dapat dilakukan agar Google Translate dapat digunakan secara offline yaitu:

  1. Download Google Translate yang sudah ada di Play Store maupun iTunes (untuk pengguna iPhone & iPad).
  2. Setelah itu, kamu dapat mengunduh beberapa bahasa yang diinginkan pada aplikasi Google Translate. Aplikasi tersebut menyediakan 103 jenis bahasa yang bisa diunduh secara gratis.
  3. Pilih pengaturan > offline translation > klik dan unduh bahasa yang dibutuhkan. Saya menyarankan untuk proses unduh menggunakan Wi-Fi dan smartphone yang digunakan memiliki storage yang besar.
  4. Setelah selesai dilakukan, kamu sudah dapat menggunakan Google Translate dengan menggunakan bahasa yang telah diunduh sebelumnya secara offline tanpa memerlukan koneksi internet lagi.

8. Cara Menyimpan Hasil Terjemahan

Terkadang kamu membutuhkan terjemahan suatu kata lebih dari satu kali, bahkan berulang-ulang. Oleh karena itu, kamu bisa menyimpan hasil terjemahan kata ataupun kalimat yang telah diterjemahkan ke dalam phrasebook.

Adapun cara menyimpan kata atau kalimat di Aplikasi Google Translate adalah:

  1. Setelah kata ataupun kalimat diterjemahkan, klik ikon bintang yang ada di bagian bawah.
  2. Dengan demikian, kata atau kalimat dapat tersimpan.
  3. Jika ingin melihat kembali kata atau kalimat yang ingin disimpan, maka tinggal mengklik ikon bintang yang ada di bagian sudut kanan atas halaman Google Translate.

Google translate merupakan salah satu alat penerjemah yang memiliki banyak sekali peminat. Hal ini tak terlepas dari banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh Google Translate ini. Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan, pekerjaan banyak orang menjadi sangat terbantu.

—

Kalau kamu suka dengan tulisan di atas jangan lupa untuk dibagikan melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan Line. Jangan sungkan jika ingin menanyakan terkait pembahasan di atas melalui kotak komentar di bawah artikel ini ya. 🙂

Berbagi
Dipublikasikan oleh
Robi Erwin Setiawan