Fungsi, Manfaat, dan Kelebihan Menggunakan UPS

Bagi sebagian besar masyarakat, komputer telah menjadi salah satu piranti yang tidak bisa ditinggalkan. Tak hanya di kantor, keberadaan komputer di rumah tangga telah menjadi hal yang umum.

Karena perangkat ini bergantung pada listrik sebagai sumber dayanya, maka gangguan listrik bisa berpengaruh buruk. Karena itulah, sebaiknya Anda memasang UPS komputer.

Fungsi utama dari UPS intinya adalah untuk menyediakan cadangan listrik sementara ketika sumber listrik utama terputus. Alat ini memungkinkan komputer tetap menyala hingga beberapa menit ke depan.

Selain itu, UPS juga berfungsi untuk melindungi komputer dari kerusakan akibat tidak stabilnya tegangan listrik dan memberi Anda cukup waktu untuk mem-back up data.

Baca juga : Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Kita tentu akan sangat kesal ketika listrik tiba-tiba mati, sementara pekerjaan belum sempat disimpan, bukan? Ini artinya semua data akan hilang tak berbekas.

Belum lagi potensi kerusakan pada komponen-komponen komputer yang bisa saja terjadi, jika hal seperti ini sering kita alami. Nah, di sinilah letak pentingnya pemakaian UPS alias Uninterruptible Power Supply.

Istilah UPS mungkin masih terbilang cukup asing bagi orang awam. Akan tetapi, jika Anda ingin perangkat komputer lebih awet, sangat disarankan untuk memasang UPS ini, baik di rumah ataupun di kantor.

Tujuh hal di bawah ini adalah manfaat penting dari pemasangan UPS, untuk keselamatan perangkat komputer:

1. Mengantisipasi terjadinya power failure dengan Menggunakan UPS

Yang disebut sebagai power failure adalah kondisi di mana semua beban mengalami pemadaman listrik, alias hilangnya suplai listrik secara menyeluruh dari sumber utama (PLN). Akibatnya, semua peralatan listrik tidak akan berfungsi, termasuk komputer. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Komputer yang tidak dimatikan sesuai prosedur, berpotensi mengalami kerusakan. Misalnya saja hilangnya sebagian atau semua data, hingga terjadinya kerusakan total akibat pemadaman mendadak yang terjadi berulang kali. Selain itu, juga bisa menyebabkan corruption pada file atau hard disk dan dan koneksi ISDN.

2. Meminimalkan kerusakan akibat SAG dengan Memanfaatkan UPS

SAG adalah kondisi di mana terjadi penurunan tegangan listrik hingga 80 persen di bawah normal. SAG biasa terjadi dari beberapa milidetik hingga beberapa detik. Faktor umum yang menjadi penyebabnya adala karena penyalaan listrik yang terlalu besar atau justru suplai tenaga yang terlalu kecil.

Baca juga : 7 Cara Mendinginkan Laptop yang Selalu Panas

Meski hanya berlangsung sangat singkat, SAG bisa berpotensi merusak komputer Anda. Akibatnya, Anda bisa kehilangan data, terjadi error pada data corruption pada disk dan sistem operasi, system crashes, hingga kerusakan total pada perangkat alias komputer tidak bisa dinyalakan kembali.

3. Melindungi komputer dari kerusakan akibat power surge/spike dengan Memasang UPS

Power surge/spike adalah naiknya tegangan listrik secara drastis hingga mencapai 110 persen dari kondisi normal. Hal ini biasa terjadi secara singkat, yakni dalam hitungan mikrodetik saja. Power surge ini mirip dengan SAG, namun jauh lebih kuat karena bisa mencapai hingga ribuan volts.

Melonjaknya tegangan listrik secara drastis ini sangat berbahaya bagi komputer. Tidak saja berpotensi membuat hilangnya data atau rusaknya peralatan listrik, power surge/spike ini juga bisa mengakibatkan komputer terbakar. Dengan memasang UPS, hal ini bisa dicegah atau paling tidak diminimalisir.

4. Mencegah kerusakan akibat overvoltage

Overvoltage adalah keadaan di mana tegangan listrik naik dalam waktu beberapa menit hingga beberapa hari. Penyebabnya bisa jadi karena adanya kesalahan pada peralatan elektronik atau justru pada generator yang dipakai.

Setiap perangkat elektronik, biasanya sudah disetel untuk beroperasi pada tegangan tertentu. Karena itu, lonjakan tegangan yang melebihi standard yang sudah diatur akan menyebabkan kerusakan pada perangkat, termasuk komputer. Tak hanya kerusakan minor, power surge juga bisa menimbulkan kerusakan permanen.

5. Mencegah kerusakan akibat undervoltage

Undervoltage adalah kondisi yang berkebalikan dari overvoltage, yakni turunnya tegangan listrik dalam hitungan menit hingga beberapa hari. Hal ini mungkin saja disebabkan karena ada beban listrik yang sangat berat atau justru sumber tenaga yang terlalu rendah.

Baca juga : Cara Mencari Driver yang Cocok untuk Hardware

Kerusakan yang mungkin terjadi pada komputer antara lain adalah reboot (komputer harus dinyalakan kembali dengan paksa), hang (tidak bisa merespon perintah), hilangnya data, hingga corruption pada hard disk atau sistem operasi. Dua kerusakan yang terakhir ini tentu saja berefek sangat buruk.

6. Mengantisipasi terjadinya electrical line noise

Ini adalah gangguan pada bentuk gelombang voltase. Biasanya, sinyal listrik dari frekuensi tinggi yang tidak diinginkan dan terjadi secara acak dari peralatan lainnya, bisa menyebabkan sulit teridentifikasinya informasi. Hal ini bisa berasal dari pemancar yang buruk, radiasi microwave, atau grounding yang buruk.

Kerusakan yang mungkin saja terjadi adalah hilangnya data, storage loss, kerusakan pada hardware dan yang pasti adalah membuat perangkat komputer lebih cepat rusak. Selain itu, bisa juga berimbas pada buruknya suara pada jaringan komunikasi, peralatan audio dan LAN (Local Area Network) menjadi lebih lambat.

7. Menghindarkan komputer dari kerusakan akibat frequency variation

Frequency variation adalah penyimpangan pada frekuensi nominal (yaitu antata 50 Hz – 60 Hz). Kondisi ini bisa menyebabkan kecepatan motor meningkat atau justru berkurang. Akibatnya, frekuensi yang dihasilkan tidak stabil dengan toleransi yang tinggi. Hal ini bisa terjadi karena sumber listrik yang tidak stabil atau dari generator yang buruk.

Potensi kerusakan yang bisa terjadi akibat kondisi ini antara lain hilangnya data, system crashes, kerusakan program hingga rusaknya komputer secara total. Dengan pemakaian UPS, hal ini bisa dihindari sehingga komputer Anda akan lebih aman.

Ulasan di atas, kiranya memberikan gambaran pentingnya memasang UPS komputer untuk melindungi perangkat penting tersebut dari kerusakan yang tidak diinginkan. Untuk itu, jangan ragu berinvestasi pada UPS agar komputer Anda panjang umur.