Kenapa ya Seseorang Menggunakan VPN? Situasi Seperti Apa Sebaiknya Menggunakan Virtual Private Network Ini?

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan VPN? Dengan program ini, Anda bisa membuat koneksi internet yang lebih aman di komputer dan ponsel Anda.

Coba Anda bayangkan, ketika Andaakan membuka Facebook di laptop namun yang muncul di layar adalah keterangan bahwa Facebook tidak dapat dibuka. Padahal, Anda terhubung dengan koneksi internet.

Apa yang akan Anda lakukan? Tentunya, Anda akan mencoba mencari solusi masalah tersebut di Google. Namun sayangnya terkadang solusi tersebut tidak berhasil.

Kemudian Anda akan mencoba solusi lainnya seperti bertanya pada teman yang mahir dalam hal IT. Sayangnya, ternyata dia juga tidak mampu menanganinya.

Baca juga : Cara Melindungi Anak dari Pornografi dan Serangan Siber Selama Ia Berselancar di Dunia Maya

Bahkan Gmail pun juga tidak bisa dibuka meskipun Anda menggunakan koneksi internet. Kondisi tersebut bukanlah sebuah cerita fiktif belaka.

Itu adalah kenyataan menyedihkan di China, di mana layanan seperti Gmail, Facebook, Twitter, dan YouTube diblokir. Hal inilah yang menjadi salah satu fungsi VPN, membuka situs yang diblokir.

VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network”. VPN adalah teknologi yang menciptakan koneksi yang aman dan terenkripsi melalui jaringan yang kurang aman, seperti internet.

Baca juga : 7 Penyebab Kuota Internet di Android Cepat Habis

Teknologi VPN dikembangkan sebagai cara untuk memungkinkan pengguna jarak jauh dan kantor cabang mengakses aplikasi korporat dan sumber daya lainnya secara aman.

Pengguna VPN harus menggunakan metode otentikasi seperti password, token, dan metode identifikasi unik lainnya untuk mendapatkan akses ke VPN. Berikut ini adalah sembilan situasi sehari-hari, di mana VPN akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Situasi 1: Sensor Politik

Adanya sensor konten internet dari pemerintah

Jika Anda akan bepergian ke China dan menginap di sana selama beberapa saat, maka Anda akan sangat membutuhkan VPN. Di China, banyak sekali layanan dan konten yang diblokir karena alasan politik.

Jika Anda ingin tetap bisa mengakses layanan seperti Facebook, Gmail, dan Youtube selama berada di China, maka VPN adalah jalan keluarnya.

Situasi 2: Ketika Anda Sedang Menggunakan Open Hotspot atau Wi-Fi Publik

Roaming data sangatlah mahal. Itu sebabnya Anda akan memilih menggunakan koneksi Wi-Fi yang ditawarkan di hotel, restoran, atau tempat lain untuk menghemat pengeluaran.

Baca juga : Pengalaman Internetan dengan MyRepublic

Masalahnya adalah Wi-Fi menggunakan hotspot yang terbuka atau tidak dienkripsi. Dengan VPN, semua data Anda akan dienkripsi dan terjamin keamanannya sekali pun sedang menggunakan Wi-Fi publik.

Situasi 3: Pembatasan Media

Pernahkah Anda mencoba menonton siaran TV di luar negeri? Terkadang Anda akan mendapati tulisan bahwa konten tersebut tidak tersedia untuk negara Anda.

Hal ini terkait dengan lisensi di mana film, serial, atau siaran dibeli. Dengan VPN, Anda dapat memilih dari ratusan server di seluruh dunia dan masuk ke internet di negara yang memiliki konten media yang Anda inginkan.

Situasi 4: Diskriminasi Harga Tiket Pesawat Terbang

Menggunakan VPN untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah

Kebijakan harga tiap maskapai penerbangan tentunya tidak akan diberitahukan secara gamblang. Faktanya adalah biaya penerbangan dari tempat yang sama ke tujuan yang sama, akan berbeda bergantung pada tempat di mana Anda memesan tiket tersebut.

Majalah Time pernah mengutip satu contoh bahwa sebuah penerbangan dari Cartagena ke Bogota pada agen perjalanan termurah di AS berharga $116. Namun hanya $62 saat memesan ke agen perjalanan di Kolombia.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Akun Internet Banking Anda di Hack

Kebanyakan perusahaan penerbangan akan mengenali lokasi Anda melalui IP dan tidak menawarkan tarif rendah yang sesuai.

Terkadang, Anda dapat menyelesaikan masalah ini hanya dengan mengubah pengaturan negara secara manual. Tetapi jika itu tidak berhasil, hanya VPN yang bisa memalsukan IP Anda.

Situasi 5: Net Neutrality

Dalam beberapa kasus, paket data dari panggilan VoIP diperlambat sehingga Anda harus menggunakan koneksi mahal yang disediakan hotel.

Selain itu, beberapa jaringan P2P juga terganggu, sehingga Anda tidak dapat lagi mengunduh file torrents. Dengan menggunakan VPN, masalah-masalah tersebut dapat teratasi.

Yang terpenting adalah VPN bisa mempercepat Internet Anda.

Situasi 6: Mengamankan Data-Data Anda

Anda bisa menggunakan VPN untuk melindungi data-data penting yang bersifat rahasia dari penyadapan

Ada puluhan perusahaan yang menghasilkan uang dengan mencatat data komunikasi Anda, kemudian menjual informasi tersebut ke organisasi atau perusahaan.

Jika Anda menggunakan VPN, maka data-data akan lebih aman. Anda pun tidak perlu khawatir tentang adanya orang tidak bertanggungjawab, yang akan menyalahgunakan data tersebut.

Situasi 7: Mengamankan Pesan Penting (Secure Messaging)

Komunikasi online telah berevolusi dari e-mail berbasis teks sederhana hingga layanan pesan lintas platform seperti WhatsApp, Skype, dan Snapchat.

Masalahnya adalah tidak semua pesan ini dienkripsi, sehingga ada potensi pesan tersebut untuk dibaca oleh orang lain.

Baca juga : Bahaya Internet untuk Anak dan Tips Mengatasinya yang Semua Orangtua Harus Mengetahuinya

Menempatkan layanan perpesanan ini melalui VPN memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan enkripsi yang melekat.

Selain itu percakapan Anda juga akan tersimpan di tempat khusus dan privat, sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain dengan mudah.

Situasi 8: Penelitian Tanpa Meninggalkan Jejak

Jejak digital anda bisa disembunyikan dengan menggunakan VPN

Ada kalanya beberapa penelitian perlu dilakukan tanpa meninggalkan jejak. Misalnya, jika satu perusahaan ingin melihat pekerjaan atau kebijakan yang diterapkan oleh pesaingnya.

Maka akan lebih baik untuk melakukan hal ini tanpa mengungkapkan alamat IP mereka. Terutama jika hal ini dilakukan dari tempat kerja.

VPN adalah jubah yang efektif dalam kasus ini, karena pengguna akan diberi alamat IP yang sama sekali berbeda. Alamat IP pun dapat dipilih secara geografis berbeda untuk elemen keamanan tambahan.

Situasi 9: Saat Bermain Game Online

VPN dapat meningkatkan perlindungan Anda terhadap serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Hal tersebut bukan berarti bahwa kasus seperti ini umum terjadi.

Namun terkadang saingan game dengan niat tertentu, dapat memutuskan untuk mencoba menargetkan koneksi Anda. Tujuannya untuk membuat Anda kalah dalam permainan.

Semoga penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan seputar kebutuhan VPN bagi koneksi internet Anda. Jika ingin menggunakan VPN, Anda dapat menemukan penyedia VPN dengan harga yang beragam di internet secara mudah.

Kira-kira adakah situasi lain yang membuat anda menggunakan VPN? Yuk share pengalaman anda di kotak komentar di bawah artikel ini.

Bagikan juga tulisan di atas jika anda rasa bermanfaat untuk teman-teman anda di sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan LinkedIn dengan cara mengklik tombol shareLet’s discuss about it.