Cara Menghapus Akun Online yang Tidak Lagi Dipergunakan Secara Massal dengan Menggunakan Layanan dari Deseat.me

Ada berbagai macam layanan online dengan berbagai fungsi yang menarik dan bisa digunakan secara cuma-cuma oleh publik atau umum. Contohnya forum online, sosial media, dan layanan online lainnya.

Namun sayangnya terkadang pengguna ada yang secara sadar maupun tidak menyadarinya secara penuh bahwa informasi data pribadinya ia telah unggah melalui layanan gratis tersebut.

Saking banyaknya akun online yang didaftarkan, lupa deh layanan apa saja yang telah ia ikuti. Mungkin hanya 3-5 layanan saja yang masih sering dan aktif dipergunakan sehari-hari. Lainnya bagaimana?

Baca juga: Tips Melindungi Android dari Virus dan Malware

Data tersebut akan tetap ada di internet meskipun Anda tidak menggunakannya lagi. Seseorang bisa saja mencuri data pribadi Anda melalui berbagai layanan online yang sudah tidak aktif tersebut.

Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan berbagai layanan yang sudah tidak aktif dan jarang (cenderung tidak lagi pernah) dipergunakan kembali. Cara termudah menghapus akun online tersebut yaitu menggunakan deseat.me.

Karena ada mungkin lebih dari 10 akun online yang kita miliki atau bahkan lebih. Sulit untuk kita mengingat berbagai macam akun dan nama layanannya. Deseat.me membantu Anda menemukan mereka.

Proses login dan pengelolaan akun Google yang dilakukan oleh deseat.me menggunakan Google OAuth. Sehingga cukup aman dan tidak membutuhkan informasi login dari akun Google Anda.

Layanan deseat.me untuk menghapus berbagai akun online sekaligus

Layanan deseat.me untuk menghapus berbagai akun online sekaligus tanpa ribet

Saat ini layanan deseat.me baru mendukung pengguna akun Google. Layanan besar seperti Yahoo dan Oulook mungkin akan menyusul di kemudian hari atau tidak sama sekali.  😀

Cara memakainya mudah, yaitu klik tombol yang bertuliskan sign in with google. Selanjunya akan muncul halaman login dan permintaan izin berupa tiga hal, yaitu:

  1. Melihat pesan email dan setelan Anda
  2. Mengetahui siapa Anda di Google
  3. Melihat alamat email Anda

Klik pada tombol berwarna biru yang bertuliskan izinkan untuk melanjutkan proses pendaftaran. Setelah itu tunggu beberapa detik untuk proses scanning dan Anda akan mendapati list akun online seperti gambar di atas.

Contoh saya ingin menghapus instagram.com maka yang saya harus lakukan adalah mengklik tulisan add to delete queue 📌  setelah itu dilanjutkan dengan mengklik tulisan delete ⛔️.

Baca juga: Tips Menjaga Privacy Akun Facebook yang Wajib Anda Ketahui

Atau ada opsi lainnya jika Anda ingin agar akun online tersebut tidak dihapus dalam arti masih sering dipergunakan, aktif, dan diperlukan. Tinggal Anda klik saja tulisan keep 📎.

Selanjutnya setelah kedua proses di atas akan ada dua daftar, yaitu satu daftar akun online yang masih aktif dipergunakan (📎 My accounts), satunya lagi yaitu akun online yang akan dinonaktifkan atau dihapus secara permanen (📌 Delete queue).

Beberapa layanan online ada yang bisa dihapus secara mudah dengan hanya sekali klik. Namun ada beberapa layanan lain yang proses penghapusan atau penonaktifan akun online-nya perlu dengan cara manual.

Sekarang Anda bisa lebih mudah dalam menyortir akun online mana yang harus aktif dan yang tidak diperlukan lagi dengan menggunakan layanan dari deseat.me ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!  🙂

Bagikan tulisan di atas ke teman-teman Anda dengan cara mengklik tombol share ke berbagai media sosial yang Anda pakai, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Path, dan lain-lain.

Ingin mendapatkan tulisan terbaru dari Situstarget.com setiap harinya? Gabung dengan ribuan pembaca di blog ini dengan cara mendaftarkan nama lengkap dan alamat email Anda di form subscribe di bawah tulisan ini.

Gratis!