Tips Menghapus Histori Pencarian Lama di Aplikasi Gmail Android

Setiap hari ada berapa pesan e-mail yang masuk ke alamat email Anda? Semakin banyak pesan yang masuk terkadang kita menjadi kesulitan dalam mensortir pesan e-mail yang bersifat penting dan personal.

Saya sendiri memisahkan beberapa email penting yang bersifat personal dengan nama label pesan yang berbeda. Secara dasar ada 4 label pesan yang ada di akun gmail yaitu Social, Promotions, Updates, dan Forums.

Keempat label tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Karena saking banyaknya pesan yang masuk ke email. Sayangnya tidak semua pesan penting untuk dibaca. Contohnya saja notifikasi dari jejaring sosial.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Gmail Anda Sekarang Juga

Misalnya ada orang yang men-tag nama akun facebook Anda. Lalu dikirimi oleh facebook sebuah pesan. Nah pesan semacam ini tidak perlu langsung kita baca. Ia akan otomatis dimasukan oleh Google ke label Social.

Sehingga pesan email yang masuk pada label atau tab Primary adalah email yang benar-benar penting untuk dibaca oleh pengguna. Begitupun dengan ketiga label lainnya, dikelompokkan berdasarkan sistem dari GMail.

Dari ratusan pesan email yang masuk, terkadang kita suka mencari di kemudian hari beberapa pesan penting yang mungkin saat ini diperlukan untuk dibaca kembali.

Baca juga: Manfaatkan Google Keep untuk Mencatat Jadwal Agenda Penting Anda

Cara mencari pesan tersebut yaitu dengan menggunakan fasilitas kotak pencarian pesan yang ada di aplikasi gmail untuk android. Lalu memasukkan kata kunci yang terkandung pada isi pesan e-mail.

Jika pencarian melalui kotak penelusuran pesan yang ada di aplikasi Gmail terus dilakukan dalam kurun waktu tertentu, akan muncul beberapa histori pencarian lama yang sebelumnya telah pengguna lakukan.

Semakin banyak pencarian lama yang menumpuk di kotak penelusuran pesan. Pada saat yang sama ketika melakukan pencarian dengan kata kunci yang baru. Kata kunci lama akan muncul dan ini cukup menggangu.

Oleh karena itu kita perlu menghapus histori pencarian lama yang ada di kotak penelusuran pesan pada aplikasi gmail android tersebut secara rutin. Berikut ini cara menghapus histori pencarian di Aplikasi Gmail.

  1. Buka aplikasi gmail yang ada di smartphone android
  2. Klik menu yang ada di sebelah kiri, selanjutnya klik Settings.
  3. Klik General Settings, lalu pilih menu titik tiga vertikal
  4. Klik tulisan Clear search history
  5. Muncul pesan clear search history? All the searches you’ve previously performed will be removed. Klik clear.

Setelah tahap kelima. Maka proses penghapusan histori pencarian lama yang ada di kotak penelusuran pesan di aplikasi gmail android telah berhasil Anda lakukan.

Lihat gambar di bawah ini jika Anda masih bingung. Semoga tutorial sederhana kali ini mudah untuk dipraktikan oleh para pembaca Situstarget.com.

Cara Menghapus Histori Pencarian di Aplikasi Gmail Android

Cara Menghapus Histori Pencarian di Aplikasi Gmail Android

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan tulisan ini melalui jejaring sosial yang Anda miliki dengan cara mengklik tombol share dan pilih jejaring sosial yang Anda pergunakan.

Anda bisa bergabung dengan ratusan pembaca Situstarget.com lainnya dengan cara mendaftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di form subscribe yang ada di bawah tulisan ini.