Tips Menghemat Kuota Internet dan Mengecek Sisa Paket Data

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, saat ini kita tengah memasuki era digital. Semua hal yang kita lakukan semakin mudah dengan adanya kemudahan akses melalui aplikasi-aplikasi di smartphone Android.

Seperti untuk berbelanja online, internet banking, aplikasi untuk mengetahui waktu ibadah sholat, dan masih banyak lagi. Seakan kebutuhan akan kuota data internet adalah kebutuhan primer seperti halnya kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut tentu tidaklah gratis karena kita membutuhkan yang namanya kuota internet. Jika kita tidak pandai-pandai dalam menggunakan kuota internet, bisa jadi kita akan lebih boros untuk pengeluaran kuota internet tiap bulannya.

Tips Jitu Agar Kuota Internetmu Lebih Hemat

Berikut ini beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar lebih hemat kuota internet, di antaranya adalah:

1. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Setiap HP Android memiliki fitur Data Usage Warning dan Limit System yang mana dengan menggunakan fitur ini maka kita akan mendapatkan peringatan saat pemakaian data yang sudah melampaui batas.

Cara menggunakannya adalah dengan klik Settings > Data Usage > Celular Data > Set Celuller Data Limit dan tap untuk mengaktifkannya.

2. Batasi Update Aplikasi Hanya Jika Terhubung dengan Wi-Fi

Secara otomatis HP Android akan meng-update aplikasi yang terinstal di Google Play Store dan memakan kuota yang sangat besar. Sangat disarankan untuk mengaktifkan opsi Wi-Fi only.

Sehingga apikasi tersebut akan terupdate datanya jika terkoneksi Wi-Fi saja. Cara menggunakannya dengan masuk ke Play Store pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over Wi-Fi only.

Bagi anda yang suka menonton youtube tidak ada salahnya pada saat terkoneksi dengan Wi-Fi anda lebih dahulu mengunduhnya dibandingkan streaming menggunakan paket data seluler.

3. Gunakan Browser Hemat Untuk Browsing Seperti Fitur Chrome Data Saver

Fitur Data Saver ini bisa digunakan untuk memotong penggunaan kuota data. Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan klik menu Settings > Data Saver > ON. Dengan menggunakan fitur ini, kuota data yang digunakan dapat dikompres hingga 50% sehingga sangat membantu untuk mengurangi pemakaian kuota data di HP Android.

4. Menon-Aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diperlukan

Beberapa akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak dipakai secara terus menerus lebih baik dinon-aktifkan. Cara menggunakannya dengan klik menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan. Aplikasi ini secara otomatis akan HP Android tidak akan tersambung ke internet.

5. Batasi Penggunaan Mobile Data di Background (Restrick Background Data)

Dengan menghentikan penggunaan data di background, maka kuota dapat dihemat. Cara membatasinya dengan klik menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict Background Data > OK. Aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background dapat dipotong walaupun notifikasi akan datang terlambat.

6. Identifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Aplikasi yang dibuat untuk memudahkan koneksi ke internet seringkali memakan banyak data. Maka dari itu kita perlu mengecek aplikasi apa saja yang menyedot banyak kuota data.

Baca juga : 7 Aplikasi Edit Video Android Terbaik untuk Para Vlogger dan Pengguna Instagram

Cara menggunakannya dengan mengunjungi Settings > Data Usage > Scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang terlalu memakan banyak kuota. Jika aplikasi tidak terlalu penting sebaiknya di uninstall agar kuota data tidak boros.

7. Batasi Penggunaan Data pada Masing-masing Aplikasi

Kita bisa membatasi penggunaan data aplikasi dengan memilih aplikasi yang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Cara mengaksesnya melalui menu Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data di masing-masing aplikasi.

Cek Kuota Internet Mudah dan Lengkap

Berikut ini cara untuk cek kuota internet beberapa jaringan provider secara mudah dan lengkap:

1. Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati

Cek kuota via SMS dengan cara mengetik UL (spasi) INFO lalu kirim ke 3636. Layanan ini tidak dikenakan biaya dan jika format ini tidak kunjung mendapat balasan maka bisa menggunakan format Flash (spasi) infov2 kirim ke 3636.

Cek kuota via menu dial dengan cara ketik *888# lalu tekan call kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
– Pilih reply dan ketik angka 3 (cek kuota) pada dialogue box.
– Ketik angka 2 (cek kuota internet) pada dialogue box.
– Info lengkap mengenai jumlah kuota internet yang masih tersisa pun akan dikirm melalui SMS dengan nomor operator 3636.

Cek Kuota via aplikasi MyTelkomsel dengan cara download aplikasinya melalui app/play store (Android/iOS). Setelah itu buka aplikasinya dan informasi sisa kuota sudah tersedia di halaman awal. Klik rincian untuk penjelasan lebih lengkap dan klik pada ikon untuk kuota internet.

2. Cara Cek Kuota Internet Indosat

Cek kuota via SMS dengan cara ketik “usage” dan kirim ke 363 untuk mengetahui total kuota internet indosat yang masih tersisa.

Cek kuota via menu dial dengan cara sebagai berikut:
– Lakukan panggilan ke *363#
– Pilih menu Internet, Nelp&SMS, ketik 2, reply
– Pilih Status&Info, ketik 8, reply
– Pilih Cek Kuota, ketik 1, reply
– Tunggu SMS konfirmasi yang akan memberitahu sisa kuota

Cek kuota via aplikasi pada iOS dengan cara download aplikasi MyIM3 pada AppStore dan lakukan sign-in atau sign-up jika belum daftar. Lanjut ke menu home yang akan menunjukkan sisa kuota yang dimiliki serta informasi lain terkait kartu yang dimiliki.

Cek kuota via aplikasi android dengan cara unduh aplikasi myCare Indosat pada Google play kemudian masuk pada akun pribadi dan pada menu aplikasi akan terlihat sisa kuota yang dimiliki.

Cek kuota via website yang bisa dilakukan melalui PC dengan cara kunjungi situs resmi indosate myim3.indosatooredoo.com lalu login dan informasi terkait kartu termasuk sisa kuota akan muncul di dalamnya.

3. Cek Kuota Kartu 3

Cek kuota kartu 3 via SMS dengan cara ketik info (spasi) data kirim ke 234. Semua informasi terkait total sisa kuota dalam kartu 3 akun dikirim melalui SMS.

Cek kuota via dial telpon dengan cara sebagai berikut:
– Lakukan panggilan ke *111#
– Pilih menu cek kuota, ketik 4, SEND
– Pilih kuota Data 2, SEND
– Pilih Cek Kuota, ketik 1, SEND
– Pilih jenis kuota sesuai dengan paket internet yang dipilih

Cek kuota via aplikasi android dan iOS dengan cara download terlebih dahulu aplikasi BimaTri di App Store dan semua informasi terkait kartu prabayar 3 dapat dilihat pada aplikasi tersebut.

Pada tampilan awal, masukkan nomor 3 beserta password, apabila belum memiliki akun maka daftar terlebih dahulu di bima.tri.co.id. Lalu login kemudian pada kolom profil akan muncul informasi mengenai sisa kuota pada kartu 3.

Cek kuoa via website dengan cara kunjungi website resmi www.internet.tri.co.id lalu lakukan login dan setelah itu akan muncul berapa sisa kuota yang dimiliki di tampilan website tersebut.

4. Cara cek kuota internet kartu XL

Cek kuota via SMS dengan cara sebagai berikut:

  • Ketik *123# lalu tekan call setelah itu akan muncul pemberitahuan jumlah pulsa dan pilihan paket internet
  • Pilih nomor 7 PKT PROMO/XL INFO dan tekan SEND
  • Pilih nomor 5 Cek Kuota, dan tekan SEND
  • Akan muncul pilihan cek kuota dan pilih sesuai paket yang digunakan
  • Terakhir klik OK setelah muncul informasi mengenai sisa kuota

Cek kuota via aplikasi android dan iOS dengan cara sebagai berikut:
– Download MyXL: Layanan Personalku
– Buka aplikasi MyXL: Layanan Personalku lalu pilih Quota Check
– Pilih kuota yang akan dicek misalnya HOTROD 15GB,
– Tekan ADD QUOTA
– Klik OK setelah informasi mengenai sisa kuota muncul

Cek kuota via situs resmi dengan cara buka browser dari ponsel dengan ketik my.xl.co.id, lalu registrasi agar memiliki akun myXL, setelah itu login dan tidak lama kemudian akan muncul informasi terkait kartu XL.

Nah, semoga informasi mengenai cara menghemat kuota internet dan cara cek kuota internet ini bisa bermanfaat. Gunakan sebaik-baiknya kuota internet kamu jangan sampai sia-sia memakan kuota data. Tips mengenai cara menghemat baterai android juga pernah kita bahas loh.