Cara Mengoptimalkan Kinerja Halaman WordPress untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan dalam bidang teknologi yang sangat cepat memberikan efek atau dampak positif yang saat ini bisa dirasakan oleh setiap kalangan masyarakat.

Salah satu produk dari proses perkembangan teknologi adalah tersedianya jaringan internet yang memungkinkan kemunculan beragam fitur yang memudahkan kehidupan manusia.

Salah satu jenis fitur yang paling banyak diminati dan hampir digunakan oleh seluruh pengguna internet adalah fitur yang menyediakan pembuatan website pribadi secara gratis, salah satunya adalah WordPress.

Perlu anda ketahui bahwa hingga saat ini selama 15 tahun perkembangannya, WordPress masih mempertahankan predikat sebagai salah satu situs blogging yang paling banyak dipergunakan di dunia.

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini WordPress telah menjadi salah satu fitur yang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.

WordPress sendiri pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003 oleh dua orang pendiri utamanya yakni Matt Mullenweg dan Mike Little yang mendedikasikan WordPress sebagai salah satu sistem blogging dengan basis open source yang dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis dan mudah.

Pada awal perkembangan WordPress, sistem blogging ini saat itu lebih banyak digunakan oleh kalangan pemula sebagai sarana untuk menuliskan artikel atau blog pribadi.

Namun seperti yang kita ketahui saat ini WordPress sudah banyak berkembang dan menyediakan berbagai macam fitur atau plugin tambahan, sehingga WordPress lebih banyak digunakan oleh kalangan profesional.

Salah satu hal yang saat ini sedang menjadi trend dan berkembang dengan pesat adalah bisnis yang dijalankan secara online.

Dimana hampir keseluruhan pemilik toko online baik dalam skala kecil maupun skala besar lebih memilih untuk memanfaatkan fitur blogging seperti WordPress.

Karena dengan begitu para pemilik toko mampu untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari para customer karena dianggap telah mampu untuk menjalankan usaha online secara profesional dengan memiliki platform pribadi.

Oleh karena itu saat ini WordPress telah banyak mengembangkan berbagai fitur seperti tema dan plugin yang sebagian besar berbayar semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pemiliki website.

Cara Mengetahui Kecepatan Halaman WordPress Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini WordPress telah banyak digunakan sebagai salah satu fitur blogging untuk tujuan komersial seperti misalnya bisnis online.

Oleh karena itu penggunaan fitur-fitur gratis yang disediakan oleh WordPress tidak dapat anda pergunakan lagi karena pada faktanya fitur dan plugin tersebut justru akan memperlambat performa WordPress anda.

Tetapi sayangnya sampai saat ini masih banyak pengguna WordPress yang tidak menyadari bahwa kinerja WordPress yang buruk dan lambat dapat menurunkan omset usaha online yang sedang anda jalankan pada halaman WordPress anda.

Jika anda kurang mempercayai hal tersebut mari kita simak beberapa fakta yang didapatkan melalui penelitian berbasis survey yang mengangkat tema mengenai kinerja halaman WordPress yang buruk.

Beberapa fakta menarik sekaligus mengejutkan ini didapatkan melalui sebuah penelitian StrangeLoop yang melibatkan platform besar seperti Amazon, Google, Walmart, dan lain-lain.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa keterlambatan loading halaman WordPress selama satu detik saja dapat memberikan tiga dampak buruk pada platform anda diantaranya adalah penurunan kepuasan pelanggan sebanyak 16%, penurunan traffic viewers sebanyak 11%, dan penurunan pendapatan sebanyak 7%.

Sementara itu studi lainnya juga dilakukan untuk mengetahui tingkat atensi manusia semakin lama semakin menurun.

Pada studi kasus yang dilakukan dari tahun 2000 hingga 2016 didapatkan fakta bahwa ketertarikan atensi manusia menurun hingga tujuh detik dari 12 detik.

Dengan begitu anda hanya memiliki waktu maksimal selama tujuh detik agar para viewers yang berkunjung ke platform anda tertarik dan melanjutkan kunjungannya.

Oleh karena itu memiliki platform dengan kinerja yang baik dan cepat merupakan hal terpenting yang harus anda lakukan agar bisnis anda dapat berjalan dengan stabil dan terus mengalami peningkatan.

Sebenarnya saat ini beberapa search engine seperti Google, Opera, dan Chrome memiliki fitur yang secara otomatis dapat mempercepat proses reload ke halaman WordPress.

Namun pada faktanya beragam mesin pencari tersebut tidak dapat dinikmati oleh pengguna internet dikarenakan adanya kebijakan pemerintahan yang berbeda pada masing-masing negara khususnya dalam hal teknologi informasi dan komunikasi.

Oleh karena itu saat ini anda dapat memanfaatkan fitur tes kecepatan platform yang disediakan secara gratis, salah satunya adalah Pingdom.

Perlu diingat bahwa halaman WordPress yang memiliki kinerja yang baik hanya memerlukan waktu selama dua detik untuk dapat diakses.

3 Tipe Pengaturan Untuk Mempercepat Kinerja WordPress

cara mempercepat loading wordpress

Setelah mengetahui kegunaan WordPress dan kerugian yang akan anda alami ketika WordPress yang anda jalankan bekerja dengan lamban.

Maka sekarang saatnya anda memahami mengenai beberapa tipe atau jenis pengaturan serta penyesuaian yang dapat anda terapkan pada halaman WordPress anda dengan satu tujuan yang sama yakni untuk mengoptimalkan kinerja platform anda.

Namun sebelum mengetahui beragam pengaturan yang dapat anda terapkan maka ada baiknya jika anda mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memperburuk kinerja halaman WordPress anda.

Berikut beberapa hal yang dapat memperburuk kinerja WordPress anda :

  • Web Hosting. Hosting sendiri memiliki arti sebagai “tuan rumah” dimana platform anda terletak pada suatu hosting tertentu yang memiliki server tersendiri. Sehingga ketika anda salah menggunakan sebuah web hosting maka hal tersebut justru akan memperburuk kinerja halaman WordPress anda.
  • Page Size. Pada bagian ini banyak sekali pengguna yang salah mengupload ukuran foto atau video pada halaman anda. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidaksesuaian antara ukuran halaman website anda dengan ukuran konten di dalamnya. Sehingga hal tersebut tentunya dapat memperburuk kinerja WordPress anda.
  • WordPress Configuration. Tidak dapat dipungkiri jika melakukan tahapan konfigurasi bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu bagi anda pemilik halaman WordPress maka mempelajari konfigurasi adalah tahapan yang harus anda lalui. Sebab konfigurasi yang kurang atau berlebih justru akan memperlambat kinerja homepage anda.
  • Plugin Yang Buruk. Plugin sendiri merupakan salah satu fitur tambahan dimana tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja atau tampilan WordPress anda. Namun plugin yang tidak sesuai dan berlebihan justru akan memperburuk kinerja platform yang anda miliki.
  • Skrip Eksternal. Yang dimaksud dengan skrip eksternal adalah tambahan konten pada homepage WordPress anda seperti iklan, seni font, dan lain-lain. Penggunaan skrip eksternal yang berlebihan juga berpotensi memperlambat loading homepage anda.

Oleh karena itu berikut beberapa tipe pengaturan yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kinerja WordPress yang buruk, diantaranya :

  • Pengaturan Sederhana, dimana pengaturan ini sangat sesuai bagi anda sebagai pemula di dalam dunia WordPress. Sebab anda tidak perlu mempelajari tahapan tertentu karena saat ini telah tersedian beberapa plugin yang memiliki fungsi melakukan perbaikan secara otomatis.
  • Pengaturan Lanjutan, dimana ragam pengaturan yang masuk ke dalam tipe ini sudah dipastikan dapat memberikan efek terbaik untuk memperbaiki kinerja halaman WordPress yang buruk. Oleh karena itu untuk melakukan pengaturan jenis ini anda butuh beberapa waktu untuk memahami langkah-langkah pengaturannya karena tidak dapat dijalankan secara otomatis.
  • Pengaturan Tingkat Tinggi, sesuai dengan namanya tipe pengaturan ini hanya dapat dilakukan oleh profesional saja. Karena biasanya akan diperlukan pengaturan dalam skala besar yang menyangkut hosting dan server.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai 25 cara yang dapat anda coba dan terapkan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja halaman WordPress anda.

Ragam Tips Yang Bisa Anda Coba Untuk Mengoptimalkan Kinerja Halaman WordPress

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki atau mengoptimalkan kinerja halaman WordPress anda.

Berikut 25 cara yang mungkin dapat anda coba :

1. Menginstal Plugin Yang Sesuai Dengan Tema WordPress.

Pilih wordpress yang ringan, cepat, dan aman

Salah satu plugin yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja WordPress anda disebut dengan caching plugin.

Tetapi pada faktanya saat ini tidak semua pengguna platform ini memahami mengapa plugin tersebut sangat diperlukan.

Secara mudah sekarang anda bayangkan platform yang anda miliki sebagai sebuah “tempat persinggahan umum”.

Hal tersebut berarti siapa saja dapat berkunjung dan mengakses platform yang anda miliki.

Ketika seseorang atau beberapa orang berkunjung maka tentunya anda harus menyediakan beragam informasi yang dimiliki oleh platform anda.

Dimana setiap orang yang berkunjung harus bisa mengakses keseluruhan informasi pada satu waktu yang sama.

Setelah mengetahui kinerja dasar tersebut maka sekarang tentunya anda dapat memahami bahwa platform anda akan menjalankan pekerjaan yang sangat berat jika orang yang berkunjung ke website anda jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan pada waktu yang sama.

Fungsi caching plugin disini adalah untuk menyediakan salinan informasi yang paling banyak diakses oleh pengunjung website anda.

Sehingga halaman WordPress anda tidak perlu menjalankan keseluruhan proses untuk menyediakan informasi lengkap yang ada.

Jika halaman WordPress anda tidak menggunakan plugin ini maka platform anda diharuskan melakukan tahapan-tahapan penyediaan informasi secara lengkap yang dilakukan berulang-ulang kali pada satu waktu yang sama.

Dimana sebenarnya ketika seseorang mengakses halaman website anda maka halaman WordPress anda yang dibangun berdasarkan PHP akan mengambil informasi yang disediakan oleh MySQL database dan file PHP.

Informasi yang didapatkan selanjutnya akan diletakkan dalam satu wadah yang disebut dengan HTML.

Informasi pada HTML tersebut yang akan diperlihatkan kepada setiap pengunjung di website anda.

Tentunya anda menyadari bahwa proses tersebut bukanlah proses yang singkat meskipun waktu yang dibutuhkan server untuk menyelesaikannya hanya sepersekian detik.

Ketika proses tersebut tidak anda fasilitasi dengan infrastruktur yang memadai dalam hal ini caching plugin maka suatu saat kinerja WordPress anda akan semakin menurun karena terlalu lelah melakukan seluruh rangkaian proses berulang kali dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk segera menginstal plugin ini.

Salah satu plugin yang dapat anda instal dan gunakan dengan mudah adalah WP Super Cache Plugin.

Menggunakan WP Super Cache Plugin sangatlah mudah karena plugin ini dapat anda manfaatkan secara gratis.

Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk memperbaiki kinerja WordPress yang buruk dalam hal penyediaan informasi.

Sehingga fokus utamanya adalah untuk mempercepat proses tersebut. Selain itu plugin ini juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan traffic viewer yang masuk ke dalam website anda.

Keseimbangan traffic viewer yang buruk akan memperbesar potensi crash atau kerusakan pada website anda sehingga beberapa pengunjung gagal untuk mengaksesnya.

2. Mengoptimalisasi Tampilan Grafis Halaman WordPress Anda

Jangan lupa optimasi gambar wordpress dengan bantuan plugin

Dapat dipastikan bahwa sebagian besar orang akan setuju jika sesuatu yang berwarna lebih menarik daripada sesuatu yang buram.

Ternyata hal tersebut juga berlaku bagi anda selaku pemilik platform WordPress dan juga berlaku bagi para pengunjung platform anda.

Sebab dalam suatu studi sudah terbukti bahwa platform dengan variasi warna yang menarik 80% akan lebih mudah disukai oleh pengunjung.

Sehingga hal tersebut akan memperbesar kemungkinan setiap pengunjung untuk berada lebih lama dan melakukan surfing pada platform WordPress yang anda miliki.

Tidak dapat dipungkiri jika salah satu hal utama yang harus anda capai ketika memiliki sebuah platform bisnis online adalah ketertarikan pengunjung.

Bayangkan saja jika anda tidak menerapkan tampilan grafis yang unik, menarik, dan user friendly pada platform anda.

Tentunya pengunjung tidak akan betah untuk berlama-lama menjelajahi website yang anda miliki.

Sehingga salah satu cara yang paling umum digunakan oleh pemula yang memiliki platform WordPress adalah dengan mengupload beragam foto menarik.

Tentunya hal tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang memang paling mudah dan paling berpengaruh untuk meningkatkan popularitas website yang anda miliki.

Tetapi sayangnya tidak semua pemilik website menyadari bahwa cara tersebut jika tidak didahului dengan tahapan yang benar justru akan menurunkan kinerja halaman WordPress anda.

Sebab sebagian besar foto yang langsung diupload pada halaman WordPress dari smartphone atau jenis device lainnya memiliki ukuran gambar yang sangat besar.

Ukuran gambar yang terlampau besar inilah justru akan memperburuk tampilannya pada halaman website anda sehingga seringkali ditemui kasus gambar “pecah” pada banyak website.

Salah satu cara mudah yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan plugin.

Plugin tersebut secara otomatis dapat memperkecil ukuran gambar yang anda upload pada halaman WordPress anda.

Dimana pada umumnya anda akan mendapatkan kuota resize sebanyak 25MB yang setara dengan 250 gambar.

Namun ketika kebutuhan anda lebih daripada 25 MB, maka anda harus berlangganan untuk mendapatkan kuota tambahan.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena biaya yang ditetapkan sangatlah terjangkau sehingga sangat memudahkan anda sebagai pemula yang baru mengembangkan bisnis secara online.

Pada dasarnya ada dua jenis format gambar yang biasanya digunakan oleh hampir semua devices.

Kedua format umum tersebut yakni PNG dan JPEG. PNG sendiri biasanya disebut sebagai uncompressed format.

Hal tersebut dikarenakan ukuran gambar dengan format PNG cenderung lebih besar dibandingkan dengan JPEG namun menyediakan kualitas gambar yang sangat halus dengan gradasi warna yang sangat tajam.

Sedangkan JPEG biasa disebut dengan compressed format karena ukuran gambar cenderung lebih kecil dibandingkan dengan PNG tetapi kualitas gambar lebih rendah daripada PNG.

Oleh karena itu salah satu trik utamanya adalah anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kedua format tersebut.

Pada dasarnya jika gambar atau foto yang akan anda upload memiliki variasi warna yang beragam maka gunakan format JPEG untuk meminimalkan ukuran gambar.

Tetapi jika variasi warna lebih sederhana seperti gambar yang diperuntukkan untuk background maka anda bisa menggunakan format PNG agar grafisnya lebih menarik.

3. Hapus Media/Tema/Plugin Yang Jarang Anda Gunakan

Hapus gambar, plugin, dan tema wordpress yang tidak dipakai

Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan teknologi yang sangat cepat mau tidak mau juga sangat berpengaruh pada perkembangan WordPress itu sendiri sebagai salah satu platform blogging.

Sehingga saat ini tersedia beragam plugin, tema, dan variasi media yang bertujuan untuk mempercantik tampilan WordPress yang dimiliki oleh setiap penggunanya.

Serasa belum cukup, maka saat ini anda sebagai pemilik platform WordPress dapat dengan mudah mengaplikasikan beragam plugin yang disediakan oleh WordPress secara gratis.

Tentunya hal tersebut sangat menarik bagi anda apalagi tergolong ke dalam pemula di dalam dunia website ini.

Salah satu dampak negatif yang jarang disadari oleh sebagian besar pengguna WordPress adalah keseluruhan plugin tersebut apabila digunakan dengan tidak bijak akan memperburuk kinerja halaman WordPress yang dijalankan.

Lebih mudahnya maka anda bayangkan jika anda memiliki sebuah papan dimana papan tersebut akan kita analogikan sebagai platform anda.

Mengaplikasikan satu atau dua pemanis tentunya dapat meningkatkan daya jual atau daya tarik sebuah papan tersebut.

Namun bayangkan saja jika anda meletakkan berbagai macam hiasan atau benda-benda kecil hingga memenuhi papan tersebut.

Maka yang akan terjadi adalah papan tersebut sudah tidak bersifat user friendly lagi karena mata kita akan terlalu lelah menatap variasi hal yang berlebihan.

Sehingga papan tersebut tentunya akan menjadi lebih berat ketika diangkat dan sudah tidak nyaman untuk dipandang.

Begitu juga halnya dengan sebuah platform WordPress, maka sangat disarankan bagi anda yang pemula dalam hal ini untuk mempergunakan fasilitas yang disediakan secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Karena pada prinsipnya apapun yang berlebihan pasti menghasilkan sesuatu yang tidak baik.

Salah satu dampak negatif dari menumpuknya plugin dan tema pada halaman WordPress anda adalah hal tersebut akan menurunkan kinerja platform anda sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat diakses.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini manusia hanya membutuhkan waktu selama tujuh detik untuk memutuskan apakah ia tertarik atau tidak dengan suatu hal.

Bayangkan saja jika platform toko online yang anda miliki membutuhkan waktu yang lebih lama dari lima detik untuk dapat diakses dengan sempurna.

Maka secara otomatis hal tersebut akan menurunkan minat pengunjung website anda.

Ketika anda belum bisa memutuskan plugin dan tema yang benar-benar anda butuhkan, maka anda bisa menonaktifkan plugin dan tema lainnya sementara waktu.

Selain menghapus plugin dan tema, untuk dapat meningkatkan kinerja halaman WordPress yang anda miliki maka ada hal lainnya yang juga harus anda tata secara berkala.

Salah satunya adalah media atau ragam informasi lama yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk melakukan pekerjaan ini sebenarnya anda bisa menggunakan fasilitas plugin khusus.

Namun jika anda tidak mau terbebani oleh plugin lainnya, maka anda bisa melakukan penghapusan secara manual.

Caranya sangat mudah yakni pilih menu Media lalu pilih menu Library. Selanjutnya klik unattached.

Maka secara otomatis keseluruhan media yang tidak terpakai akan muncul dan anda bisa menjalankan perintah penghapusan dalam satu waktu sekaligus.

4. Pilih Tema Yang Sederhana Namun Tetap Menarik

Pilih tema wordpress yang menarik, cepat, dan memiliki kodingan yang rapih dan bagus

Pada faktanya perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa beragam dampak positif bagi kehidupan manusia.

Salah satunya adalah tersedianya situs blogging seperti WordPress yang dapat kita manfaatkan secara gratis.

Seperti yang sudah dibahas bahwa WordPress merupakan salah satu situs blogging yang baru dirilis secara resmi pada tahun 2003 yang lalu.

Hal tersebut berarti WordPress termasuk sebagai salah satu platform muda karena baru beroperasi selama 15 tahun.

Namun karena saat ini teknologi yang berkembang sangat memadai, hal tersebut memacu pihak developer WordPress untuk selalu menciptakan fasilitas yang baru dan menarik untuk seluruh penggunanya.

Hal tersebut terbukti dengan adanya beragam plugin dan tema yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja platform WordPress yang anda miliki.

Namun satu hal yang selalu harus anda pahami bahwa penggunaan tema yang terlampau eye cacthy justru akan memperburuk serta memperlambat kinerja WordPress anda.

Sayangnya saat ini salah satu anggapan yang berkembang di kalangan pemilik platform ini adalah tema yang serba meriah dan glowing secara otomatis akan menarik perhatian pengunjung.

Dimana hal tersebut dianggap secara otomatis dapat meningkatkan traffic yang masuk ke dalam website yang anda miliki.

Tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut sebenarnya merupakan sebuah bom waktu yang akan “meledakkan” website anda dalam jangka waktu singkat atau lama.

Oleh karena itu dalam mengaplikasikan sebuah tema untuk halaman WordPress yang anda miliki tetaplah berpikir bijak di dalam membuat keputusan.

Prinsip yang harus selalu anda pegang adalah pilih tema dengan paduan warna sederhana namun menarik dan enak dipandang.

Salah satu pilihan tema yang sangat disarankan oleh hampir seluruh pengguna WordPress profesional adalah Elegantthemes.

Salah satu hal penting di dalam menerapkan sebuah tema untuk website anda adalah selalu pilih tema dengan ukuran yang ringan namun dapat dijalanka secar multifungsi.

Dimana Elegantthemes dalam hal ini memfasilitasi tampilan website anda agar lebih menarik namun tetap tidak membebani kinerja dari WordPress yang anda miliki.

Sehingga dapat dipastikan bahwa penggunaan tema ini tidak akan memperlambat halaman website anda.

Justru anda dapat melakukan pengaturan aktifasi dan non-aktifasi pada sejumlah fitur bawaan tema.

Kelebihan lainnya dari Elegant Themes adalah biaya yang dibutuhkan untuk dapat memanfaatkan keseluruhan fiturnya sangatlah murah.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa developer tema besar lainnya rata-rata menerapkan harga yang mahal untuk satu temanya, yakni sekitar $89 per tahun.

Namun jika anda menggunakan GeneratePress maka anda cukup membayar sebesar $249 untuk selama-lamanya.

5. Selalu Kosongkan Tempat Sampah Halaman WordPress Anda

 

Tidak dapat dipungkiri jika anda seorang pemula yang baru belajar menggunakan situs blogging seperti WordPress untuk kepentingan komersial, maka akan ada banyak hal yang harus anda pelajari.

Pada dasarnya hal-hal tersebut memiliki satu tujuan yang sama yakni untuk melakukan perawatan terbaik bagi website yang anda miliki.

Pada prinsipnya hal apapun yang anda miliki di dalam hidup ini baik benda maupun hal non fisik lainnya membutuhkan perawatan agar bisa tetap berjalan dengan baik.

Begitu pula dengan WordPress sebagai sebuah situs yang terletak dalam satu jaringan besar yang dinamakan dengan internet.

Meskipun developer yang mengembangkan situs ini telah melakukan berbagai macam perawatan yang dapat berjalan secara otomatis, anda tetap tidak boleh terkesan acuh akan hal ini.

Sebab tentunya perawatan akan terus meningkat seiring dengan intensitas pemakaian anda.

Sehingga ketika anda menggunakan WordPress sebagai sarana utama dalam hal komersial maka perawatan yang dibutuhkan juga akan semakin kompleks.

Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari kurangnya perawatan berkala terhadap akun anda adalah kinerja WordPress dapat memburuk seiring dengan berjalannya waktu.

Bagi anda yang menggunakan WordPress sebagai platform usaha online, maka traffic viewers yang padat dan selalu ramai merupakan salah satu pencapaian terbesar anda.

Tetapi dibalik hal tersebut, traffic yang padat justru dapat membebani kinerja WordPress anda apabila tidak dirawat dengan benar.

Maka salah satu cara yang paling sederhana dan mudah serta dapat dilakukan oleh siapapun adalah dengan melakukan penghapusan pada konten-konten atau media yang sudah tidak terpakai secara berkala.

Walaupun terkesan sederhana, namun hal tersebut dapat mengurangi beban platform anda secara signifikan sehingga bisa mempercepat kinerjanya.

Pada WordPress dengan versi terbaru, terdapat sebuah fasilitas yang dinamakan dengan trash atau dalam bahasa Indonesia berarti tempat sampah.

Pada dasarnya fungsi trash ini sama dengan recycle bin pada sistem Windows laptop atau komputer anda.

Dimana seluruh data yang anda hapus secara otomatis akan masuk ke dalam wadah tersebut. Sehingga anda tetap bisa mengembalikan data yang secara tidak sengaja terhapus.

Untuk mempercepat kinerja WordPress anda, maka anda perlu melakukan penghapusan tempat sampah ini secara berkala.

Sehingga semua data-data yang ada di dalamnya tidak akan membebani kinerja WordPress anda.

Meskipun secara otomatis WordPress akan menjalankan perintah default untuk melakukan penghapusan setiap 30 hari sekali.

6. Pilih Hosting Yang Tepat

Paket VPS murah di Indonesia dari Hostinger

Bagi anda seorang pemula yang baru saja memiliki halaman WordPress maka tentunya hosting menjadi salah satu kata yang asing ditelinga anda.

Pada dasarnya hosting merupakan sebuah tempat atau wadah khusus pada jaringan internet yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data dari berbagai macam platform yang ada di dalam jaringan internet.

Di dalam sebuah hosting berbagai macam data dapat anda temukan seperti misalnya dokumen, gambar, video, kode, dan lain-lain.

Untuk lebih memudahkan pemahaman anda terhadap hosting maka kali ini akan saya sediakan analogi yang sangat sederhana.

Dalam hal ini berbagai macam variasi data seperti misalnya dokumen, gambar, video, dan lain-lain diibaratkan sebagai sebuah kios.

Sedangkan hosting akan kita ibaratkan sebagai sebuah gedung mall. Pada dasarnya gedung mall menyediakan satu fasilitas utama yakni menyediakan tempat agar para kios di dalamnya dapat beraktifitas.

Dimana pada situasi ini mall juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pengunjung kios-kios yang anda di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa gedung mall dengan kualitas yang baik pastinya juga wajib diiringi dengan manajemen mall yang baik.

Dalam hal ini manajemen mall merupakan perwakilan dari sebuah hosting plan. Manajemen mall tentunya akan melakukan beragam perawatan, strategi pemasaran, dan juga pemeliharaan gedung mall agar selalu dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya kerusakan.

Selain itu manajemen mall juga akan menyiapkan petugas-petugas keamanan untuk mengawasi aktivitas kepadatan pengunjung di dalam gedung.

Pada dasarnya keseluruhan analogi tersebut sama dengan fungsi sebuah hosting. Hakikatnya tidak ada hosting yang buruk atau jelek pada sebuah jaringan internet.

Sebab fungsi utamanya hanyalah sebagai tempat penyimpanan berbagai macam jenis file. Namun yang membedakan kualitas hosting terdapat pada hosting plan yang dijalankan.

Dimana hosting plan bertugas untuk mengatur traffic viewer yang berlangsung pada sebuah platform.

Bayangkan saja jika sebuah hosting plan tidak memiliki kemampuan untuk mempercepat kinerja platform yang anda miliki dalam hal ini WordPress.

Maka halaman website anda akan terus menerus melakukan proses yang panjang hanya untuk menyediakan informasi yang sering diakses oleh pengunjung website anda.

Hambatan tersebut pada umumnya akan anda alami jika anda menggunakan tipe shared hosting.

Dimana berbagai macam platform akan menaruh jutaan data pada satu hosting yang sama.

Oleh karena itu jangan pernah tergiur dengan biaya hosting yang murah karena kualitas merupakan salah satu hal utama yang harus anda pikirkan demi kinerja halaman WordPress anda.

Anda bisa menggunakan layanan VPS maupun dedicated server untuk tahap profesional. Idhostinger menyediakan VPS murah dan berkualitas, mengenai detailnya anda bisa mengaksesnya di sini.

7. Gunakan Plugin Yang Tepat Jika Mengaplikasikan Tombol Sosial Media

Gunakan plugin media sosial di wordpress anda

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu trend yang saat ini sedang berkembang dengan pesat adalah maraknya orang yang membangun bisnis secara online.

Tentunya hal tersebut tidak terjadi tanpa ada suatu hal yang mendukung. Pada dasarnya proses jual beli secara konvensional atau tradisional yang saat ini masih banyak kita temukan memang masih banyak dilakukan.

Sebab proses jual beli dengan bertatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli memiliki banyak keuntungan.

Meskipun tidak dapat ditampik bahwa konsumenlah yang lebih besar mendapatkan keuntungan dibandingkan dengan penjual.

Keuntungan pertama yang akan didapatkan oleh konsumen adalah mereka dapat melihat barang yang dicara secara langsung.

Sehingga dapat melakukan pengamatan apabila barang yang ingin dibeli memiliki kecacatan fisik atau tidak seperti yang diinginkan.

Selain itu konsumen juga dapat melakukan proses tawar menawar harga dengan penjual.

Namun ternyata proses jual beli yang dilakukan secara konvensional ternyata tidak efesien dari segi waktu dan tenaga.

Sebab konsumen harus meluangkan waktu khusus hanya untuk pergi ke pusat perbelanjaan agar kebutuhannya terpenuhi.

Selain itu konsumen juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sarana transportasi menuju ke pusat perbelanjaan tersebut.

Berdasarkan beragam hal tersebut akhirnya saat ini banyak sekali produsen dan konsumen yang lebih menyukai proses jual beli yang dilaksanakan secara online.

Sebab lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga, dan juga biaya. Karena pada dasarnya penjual tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa atau membeli tempat berdagang.

Hal tersebutlah yang menunjang munculnya toko-toko online yang memanfaatkan beragam platform seperti WordPress.

Meskipun kegiatan jual beli secara online sangat disukai dan memiliki banyak peminat, anda harus tetap menerapkan beberapa strategi khusus tertentu untuk mempromosikan toko online anda.

Karena saat ini pada faktanya ribuan bahkan ratusan toko online dapat anda temukan dengan mudah.

Oleh karena itu salah satu strategi yang umumnya digunakan adalah menyertakan tombol social media sharing pada halaman WordPress yang anda miliki.

Sebab tentunya hal tersebut akan meningkatkan traffic pengunjung ke halaman website yang anda miliki.

Tetapi pada faktanya penggunaan ikon sosial media ini justru memperbanyak JavaScript yang anda gunakan pada halaman website anda.

Dimana salah satu dampak yang akan anda rasakan adalah menurunnya kinerja website anda yang ditandai dengan lambannya waktu loading yang dibutuhkan.

Tentunya hal ini bukanlah efek yang anda harapkan, sehingga untuk mengatasinya anda dapat menggunakan plugin tambahan.

Salah satu plugin tambahan yang umum digunakan jika anda ingin mengaplikasikan ikon sosial media pada halaman website anda adalah Social Welfare.

Kelebihan utama dari plugin ini adalah ukurannya yang sangat ringan dan memiliki kemampuan untuk membantu memaksimalkan kinerja halaman WordPress anda.

Oleh karena itu anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan plugin tersebut.

8. Mengaplikasikan Desain Sederhana Pada Halaman WordPress Anda

Salah satu hal yang harus anda pahami sebagai pemula dalam dunia blogging terutama untuk anda yang menggunakan WordPress adalah selalu bijak di dalam memilih desain atau tema yang anda aplikasikan.

Meskipun saat ini telah tersedia beragam tema dan desain yang sangat menarik, namun anda tetap tidak bisa serta merta mengaplikasikannya tanpa mempertimbangkan dampak di masa yang akan mendatang.

Perlu anda ketahui bahwa desain yang terlampau rumit dalam artian mengandung banyak elemen di dalamnya justru akan memberikan dampak yang buruk bagi kelangsung WordPress anda.

Salah satu dampak yang dapat anda rasakan dalam waktu singkat adalah menurunnya kinerja platform anda.

Dimana hal tersebut ditandai dengan lamanya waktu loading yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses keseluruhan ke platform anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa keterlambatan selama satu detik dapat menimbulkan kerugian sebanyak 7% pada sisi pendapatan anda.

Tentunya hal tersebut merupakan dampak yang harus anda hindari guna meminimalisir kerugian pada bisnis online anda.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka anda harus selalu memegang satu prinsip utama yakni halaman utama atau homepage merupakan halaman terpenting dari WordPress anda.

Karena pada umumnya homepage merupakan hal pertama yang akan dilihat dan dicermati oleh setiap pengunjung yang masuk ke website anda.

Oleh karena itu penggunaan desain yang menarik memang menjadi salah satu fokus utama anda.

Namun perlu anda ingat bahwa penggunaan desain yang terlampau kompleks dapat menimbulkan kerugian besar untuk anda.

Selain itu anda harus selalu memahami bahwa fungsi utama homepage adalah sebagai sebuah peta yang akan mengarahkan pengunjung anda pada tempat atau informasi berikutnya.

Oleh karena itu sebelum menentukan desain yang tepat untuk halaman utama WordPress anda, maka anda harus memahami beberapa elemen penting yang wajib ada pada halaman utama tersebut.

Sehingga nantinya anda tidak salah dalam mengambil keputusan. Elemen yang wajib ada di dalam halaman utama adalah tombol khusus atau CTA yang dapat digunakan pengunjung untuk berlangganan pada website anda.

Selain itu anda juga memerluka elemen lainnya seperti selling point, kotak pesan, link menuju halaman penting lainnya seperti about dan resources, link menuju informasi paling populer, dan link menuju informasi yang paling terbaru.

Selain itu jangan lupa untuk selalu mencantumkan kutipan sederhana atau judul pada informasi terbaru anda yang diletakkan di halaman utama.

Tujuannya adalah untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan menuju ke informasi tersebut.

9. Aplikasikan Tipe Loading Foto Dan Video Yang Tepat

Tidak dapat dipungkiri jika salah satu kunci utama kesukseksan halaman WordPress anda adalah ketika anda berhasil menyediakan konten-konten menarik.

Dimana konten-konten tersebut dapat berupa gambar, video, atau informasi. Pada faktanya memang tampilan atau gambar yang menarik dapat mendatangkan traffic view yang lebih besar.

Oleh karena itu saat ini dapat kita jumpai hampir semua pemilik halaman WordPress berusaha menampilkan konten yang paling menarik.

Meskipun mendatangkan keuntungan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha online yang anda jalankan melalui WordPress.

Namun keberagaman gambar atau video yang terdapat di halaman website anda justru bisa menurunkan kinerja WordPress anda.

Pada umumnya salah satu masalah yang akan terjadi adalah halaman WordPress anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat me-loading keseluruhan konten.

Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan bagi anda pemilik WordPress, sebab keterlambatan sepersekian detik dapat menurunkan minat pengunjung anda.

Dimana hal tersebut akhirnya memberikan dampak yang buruk pada sisi pendapatan anda.

Tetapi tenang saja, saat ini sudah tersedia salah satu cara yang dapat berfungsi dengan efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Solusinya adalah anda dapat memilih tipe loading yang tepat untuk konten gambar dan video pada halaman WordPress anda.

Salah satu tipe loading yang sangat umum digunakan saat ini dinamakan dengan lazy loading.

Lazy loading sendiri pada dasarnya merupakan tipe loading tunggal. Dimana pada halaman WordPress anda beberapa foto dan video tidak akan ditampilkan dengan ukuran yang kecil.

Melainkan masing-masing foto atau video akan ditampilkan dengan ukuran maksimal yang sesuai dengan homepage size website anda.

Sehingga hal tersebut akan mengurangi beban website anda karena hanya akan melakukan proses loading pada satu gambar di satu waktu.

Untuk dapat mengaplikasikan fitur tersebut maka anda dapat mendownload WP Rocket terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir jika anda harus menggunakan plug in tambahan untuk memanfaatkan fitur lazy loading.

Karena WP Rocket sendiri tidak akan memberikan dampak pada kecepatan kinerja website anda.

Selain itu untuk mengaktifkan fitur lazy loading melalui WP Rocket sangatlah mudah.

Langkah pertama anda hanya perlu memilih menu Basic, maka secara otomatis jendela atau halaman yang memuat perintah Lazy Load akan dimunculkan.

Selanjutnya klik tombol pilihan Enable for images dan Enable for iframes and videos.

Dengan menyelesaikan langkah mudah tersebut, maka anda sudah bisa memanfaatkan fitur ini pada halaman WordPress yang anda miliki.

10. Pilih Link Iklan Yang Paling Sesuai Untuk WordPress Anda

Iklan merupakan salah satu hal yang penting apabila anda ingin mempromosikan sesuatu.

Dan dalam hal ini hal yang ingin anda promosikan adalah produk ataupun pelayanan yang terdapat pada website anda.

Maka dari itu ketika anda memilih iklan, pilihlah iklan yang paling sesuai dengan situs WordPress anda.

Anda harus sadar ketika memilih tipe iklan yang ingin anda tampilkan di halaman website anda, anda juga memilih nyawa dari media promosi untuk website anda.

Dan salah satu cara yang paling baik dalam mempromosikan produk ataupun layanan di halaman anda adalah dengan memberikan link secara langsung ke page dengan menggunakan tautan maupun gambar yang di optimisasi secara baik dengan website anda.

Dan anda pun dapat menggunakan cara ini dengan satu langkah yang lebih baik, dengan menggunakan text link dibandingkan dengan hanya sekedar menggunakan link saja.

Dengan menggunakan teknik text link maka para pengunjung situs WordPress anda akan lebih mudah mengaksesnya karena tampilannya lebih rapi dan sederhana walaupun memang sedikit susah untuk melakukan teknik tersebut apabila belum terbiasa.

Ketika iklan dapat mendatangkan anda traffic yang lebih baik, itu juga memiliki resiko yang sama.

Apabila anda menggunakan jasa iklan dari pihak ketiga, biasanya akan terdapat masalah.

Seperti misalnya akan membebani server anda dan menambah waktu loading halaman anda akibat dari banyaknya arus data yang masuk dari server di tambahan di luar sana yang dimiliki oleh pihak ketiga tersebut.

Bahkan apabila anda menggunakan skrip khusus untuk meminimalisir data yang masuk, itu akan tetap berpengaruh terhadap kestabilan dari situs anda.

Selain itu, plugin dari beberapa penyedia juga ada yang sering bermasalah, seperti misalnya yang populer di kalangan penggunanya iklan adalah Ad Rotation Plugin dari OIO.

Maka dari itulah penting bagi anda untuk dapat mengatur jumlah iklan yang masuk ke dalam situs anda, serta siapa-siapa yang dapat memasang iklan di website anda, selain tadi diawal memilih iklan yang sesuai dengan konten WordPress anda.

Memang, tanpa iklan, situs WordPress anda mungkin tidak akan bertahan lama karena sepi pengunjung.

Maka dari itulah anda harus dapat mengatur secara tepat jumlah iklan yang ada di dalamnya agar tidak mengganggu kecepatan pemuatan halaman anda.

11. Nonaktifkan Fitur-Fitur WordPress Yang Tidak Penting

Seperti yang kita ketahui bahwa WordPress merupakan salah satu situs blogging dengan perkembangan yang sangat cepat.

Oleh karena itu saat ini kita dapat dengan mudah menemukan dan menggunakan berbagai macam fitur yang disediakan oleh WordPress secara gratis.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan terutama bagi para pemula yang baru saja menggunakan WordPress baik dalam tujuan profesional maupun sekedar hobi saja.

Jika anda memanfaatkan WordPress untuk tujuan komersial seperti misalnya sebagai paltform usaha online, maka ada beberapa hal penting yang wajib anda ketahui dan pahami.

Salah satu hal yang harus anda ketahui adalah mengenai status dari fitur-fitur yang ada di halaman WordPress anda.

Sebab pada dasarnya hampir seluruh fitur bawaan WordPress berstatus aktif pada saat pertama anda gunakan.

Tidak dapat dipungkiri jika hal tersebut menguntungkan para pemula yang baru belajar menggunakan WordPress.

Namun ternyata hal tersebut justru menimbulkan dampak negatif baik anda sadari maupun tidak anda sadari.

Pada hakikatnya seluruh fitur yang aktif akan membutuhkan tempat pada database halaman WordPress anda.

Sehingga hal tersebut akan memperlambat kinerja dari website anda.

Oleh karena itu dampak yang sering dirasakan oleh pengunjung website anda adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses yang sempurna ke website anda.

Tentunya hal tersebut menjadi masalah yang cukup serius untuk anda dan harus segera ditangani.

Salah satu solusi yang sangat mudah dan sudah terbukti efektif adalah dengan memanfaatkan fasilitas disable yang disediakan oleh WP Disable.

WP Disable merupakan salah satu plugin yang saat ini umum digunakan oleh hampir seluruh pengguna WordPress.

Sebab selain mudah dalam hal penggunaannya, plugin ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak akan menghambat kinerja website anda.

Ketika anda menggunakan plugin ini maka anda akan mendapati beberapa pilihan menu seperi Request, Tags, Admin, dan Others.

Dimana masing-masing menu tersebut memiliki berbagai macam fitur yang memang umumnya berstatus aktif pada halaman WordPress anda.

Sehingga tugas anda hanyalah menonaktifkan beberapa fitur yang tidak penting untuk meningkatkan kecepatan kinerja halaman WordPress anda.

Beberapa fitur yang tidak memiliki pengaruh berarti untuk halaman WordPress anda salah satunya adalah Emoji dan Google Maps.

Karena kedua fitur tersebut membutuhkan tempat yang cukup besar pada website anda.

Selain itu jika anda menggunakan page builders maka anda dapat menonaktifkan fitur Autosave.

Selain itu anda juga harus mengaplikasikan penataan pada kolom komentar seefektif mungkin agar data-data tersebut tidak membutuhkan space yang terlampau besar.

12. Pastikan WordPress Selalu Update

Seperti yang kita ketahu bahwa WordPress merupakan salah satu situs blogging dengan sifat open source, dimana hal tersebut berarti WordPress dapat diakses oleh siapa saja secara gratis.

Dimana fitur-fitur dan fasilitas di dalam WordPress juga bisa dimanfaatkan tanpa harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Tentunya bagi pengguna fasilitas internet, tawaran tersebut sangat menarik karena WordPress sendiri hingga saat ini menjadi salah satu platform terbaik yang pernah ada.

Bagi anda yang memiliki halaman WordPress pribadi pastinya selalu menginginkan performa yang maksimal dari website yang anda miliki.

Tentunya saat ini hal tersebut sangat mudah untuk didapatkan mengingat berbagai macam developer telah mengembangkan dan menyediakan plugin tambahan yang dapat mengoptimalisasi kinerja halaman WordPress anda.

Sebagai platform dengan sifat open source yang paling banyak digunakan, maka perawatan tidak dapat dijalankan oleh satu pihak saja.

Sehingga perawatan WordPress sampai saat ini memang masih terus dikembangkan oleh tim developer.

Sebab tidak dapat dipungkiri jika perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa dampak negatif seperti maraknya penyebaran virus yang dapat merusak platform tertentu dan mencuri data penting di jaringan internet.

Sehingga untuk meminimalisir hal-hal tersebut hanya ada satu cara yang dapat dilakukan oleh pihak developer.

Salah satu cara utama yang ditempuh untuk melindungi WordPress adalah dengan terus melakukan pembaharuan pada sistem yang berjalan.

Keseluruhan sistem seperti fitur, sistem keamanan, dan kerusakan pada versi sebelumnya akan terus-menerus diperbaiki.

Tujuan utama dari adanya pembaharuan secara berkala adalah untuk meningkatkan sistem keamanan WordPress itu sendiri.

Oleh karena itu salah satu tanggung jawab penting yang harus selalu anda jalankan sebagai pemilik halaman WordPress adalah dengan melakukan pembaharuan secara berkala.

Hal yang perlu anda ingat bahwa pembaharuan tersebut tidak hanya berlaku untuk versi WordPress itu sendiri.

Tetapi juga berlaku untuk keseluruhan aspek pada website anda seperti plugin dan tema yang anda gunakan.

Melakukan pembaharuan secara berkala memang terkesan ringan dan dapat diabaikan.

Namun pada faktanya langkah ini memberikan dampak yang sangat positif bagi website anda jika secara rutin selalu dilaksanakan.

Dampak yang dapat anda rasakan adalah website anda akan lebih “kebal” terhadap berbagai macam ancaman seperti virus / deface.

Selain itu pembaharuan juga akan mempercepat kinerja WordPress yang anda miliki. Oleh karena itu jangan pernah lupa untuk selalu melakukan pembaharuan ketika versi update telah tersedia.

13. Menggunakan Plugin Untuk Mempercepat Tampilan Galeri

Seiring dengan berjalannya waktu maka seluruh aspek kehidupan manusia juga pastinya akan selalu berkembang.

Salah satu hal yang saat ini juga berkembang dengan pesat adalah munculnya ragam variasi lapangan pekerjaan.

Perkembangan yang sangat pesat pada jaringan internet tentunya membawa dampak yang sangat postif dimana banyak sekali lapangan kerja baru yang dapat dimanfaatkan dan dijalankan secara online.

Beberapa lapangan pekerjaan yang dijalankan secara online saat ini diantaranya adalah toko online, website fotografi, website portofolio, dan website desain.

Tidak dapat dipungkiri jika seseorang yang memilih menjalani usaha secara online memang membutuhkan strategi pemasaran yang lebih unik.

Salah satu strategi yang paling umum digunakan adalah dengan mengaplikasikan tampilan bisnis yang semenarik mungkin.

Bagi pengguna WordPress tentunya hal tersebut bukanlah suatu hambatan yang berarti.

Karena saat ini telah tersedia berbagai macam plugin dan juga tema tambahan yang dikembangkan oleh beragam developer yang memang dikhususkan untuk penggunaan WordPress.

Oleh karena itu sebagian besar pengguna WordPress pasti memiliki tampilan tema dan desain halaman yang menarik tetapi ada juga yang berlebihan dalam hal tersebut.

Tidak dapat dipungkiri jika penggunaan gambar, video, tema, dan desain yang menarik memang sangat dibutuhkan sebagai salah satu strategi marketing.

Sebab hal tersebut sudah terbukti dapat menarik minat pengunjung untuk menjelajahi website yang anda miliki. Tetapi tanpa anda sadari hal tersebut juga bisa berdampak buruk bagi kinerja WordPress anda.

Pada faktanya semakin banyak gambar atau konten berwarna yang terdapat pada halaman website anda, maka hal tersebut secara konsisten akan semakin memperlambat kecepatan pemrosesan data website anda.

Oleh karena itu salah satu cara yang dapat anda terapkan adalah dengan menggunakan plugin tambahan untuk mengoptimalkan tampilan galeri pada halaman WordPress yang anda miliki.

Salah satu galeri plugin yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna WordPress adalah Envira Gallery.

Hal tersebut bukanlah tanpa satu alasan yang jelas. Pada faktanya hingga saat ini Envira Galerry merupakan plugin yang memiliki performa paling baik diantara jenis plugin lainnya.

Sebab plugin ini tidak hanya mengoptimalkan tampilan galeri tetapi juga bisa menstabilkan kinerja WordPress anda sehingga tidak akan ada hambatan seperti proses loading gambar yang lama.

Keefektifan Envira Gallery sebagai salah satu plugin memang sudah terbukti sebab plugin ini hanya membutuhkan 1.08 detik untuk dapat menampilkan keseluruhan galeri anda.

Selain itu ukuran halaman yang dibutuhkan juga sangat kecil yakni sekitar 1 MB. Oleh karena itu saat ini anda tidak perlu ragu lagi untuk segera menggunakan plugin ini.

14. Pertimbangkan Penggunaan Slider Pada WordPress Anda

Mungkin sebagian besar orang sampai saat ini menganggap slide show sebagai salah satu fitur yang sangat menarik.

Sebab fitur ini pada dasarnya tersedia pada seluruh jenis software laptop dan personal computer terutama bagi anda yang menggunakan software Windows.

Banyak sekali aspek yang menjadikan slide show sebagai salah satu fitur grafis yang dianggap memiliki daya tarik tersendiri.

Pada dasarnya fitur ini bekerja dengan sangat sederhana dimana beberapa gambar atau objek dibuat seakan-akan bergerak.

Sebenarnya gambar atau objek yang terlihat tidak benar-benar bergerak melainkan hanya berganti setiap beberapa detik sekali.

Dimana formasi pergantiannya bisa sangat bervariasi dan didesain dengan sealami mungkin.

Oleh karena itu banyak sekali pengguna laptop dan komputer yang masih menggunakan fitur ini.

Karena memiliki banyak penggemar, WordPress sebagai situs blogging terbesar saat ini juga tidak ingin ketinggalan zaman.

Sehingga WordPress menciptakan sebuah fitur yang dinamakan dengan slider yang sama dengan slide show.

Bagi para pemilik platform WordPress yang digunakan untuk kepentingan berbisnis seperti platform toko online, maka slider masih sering digunakan pada halaman utama website.

Slider sendiri sebenarnya memang sangat cocok digunakan oleh para pelaku bisnis online yang menggunakan WordPress untuk menjual berbagai macam barang.

Misalnya saja seperti produk pakaian, produk elektronik, produk rumah tangga, dan lain-lain. Sehingga slider sangat berguna untuk “menampilkan” produk-produk terbaru dari toko anda.

Meskipun fungsinya sangat esensial namun penggunaan slider pada halaman utama WordPress anda bisa memberikan beberapa dampak negatif.

Dampak negatif yang dihasilkan oleh penggnaan slider ini adalah melambatkan kinerja halaman WordPress anda.

Karena pada dasarnya slider yang anda gunakan semakin meningkatkan penggunaan data JavaScript di website anda.

Selain itu slider juga tidak dapat diakses oleh pengunjung yang membuka website anda melalui smartphone.

Oleh karena itu pada dasarnya penggunaan slider tidak direkomendasikan bagi anda yang menggunakan WordPress.

Tetapi jika anda ingin tetap menggunakan slider karena memang bisa menguntungkan dari segi bisnis maka hanya ada satu cara yang dapat anda tempuh.

Solusi yang paling efektif adalah dengan menggunakan plugin untuk meringankan kerja website anda di dalam menjalankan slider.

Plugin yang sangat umum digunakan adalah Solloquy yang memiliki performa yang paling baik dibandingkan dengan empat plugin sejenis lainnya.

Solloquy sebagai plugin yang didesain khusus untuk membantu kinerja slider pada halaman utama WordPress anda hanya membutuhkan 1.34 detik untuk memproses keseluruhan gambar pada slider.

Selain itu Solloquy juga tidak akan menghambat kinerja halaman website anda karena hanya memerlukan space data sebanyak 945 kb saja.

15. Gunakan Plugin Untuk Optimalisasi Tema

Salah satu taktik pemasaran yang dapat anda terapkan pada halaman WordPress anda adalah dengan mengaplikasikan tema yang menarik dan juga nyaman bagi para pengunjung anda.

Tidak dapat dipungkiri jika halaman WordPress yang memiliki tema yang menarik cenderung lebih mudah disukai oleh para pengunjungnya.

Meskipun tidak anda sadari namun pemanfaatan tema yang tepat untuk halaman WordPress anda sangatlah penting apalagi jika website yang anda miliki digunakan untuk tujuan komersial seperti menjalankan sebuah bisnis online.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa WordPress merupakan platform yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa ada batasan usia dan wilayah.

Hal tersebut dikarenakan WordPress merupakan platform open source sehingga lebih mudah untuk diakses.

Dengan mengaplikasikan tema yang menarik pengunjung “random” yang tidak sengaja masuk ke dalam website anda berpotensi menyukai dan tertarik dengan isi website anda.

Sehingga website anda bisa berkembang lebih cepat karena mudah diakses dan nyaman untuk dilihat.

Tetapi saat ini masih banyak pengguna WordPress yang merasa bingung untuk mendapatkan tema yang tepat.

Padahal hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi karena saat ini beragam developer besar telah mengembangkan ratusan bahkan ribuan tema yang bisa anda akses secara gratis maupun berbayar.

Dimana tema-tema tersebut tidak hanya menyediakan keindahan dari segi grafis tetapi juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti desain halaman utama website, templates, tombol tambahan, dan lain-lain.

Meskipun terdengar sangat menarik dan menguntungkan, namun anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakan tema tertentu.

Sebab variasi fitur yang ada dalam tema yang anda gunakan justru akan memperlambat kecepatan loading halaman website anda.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut pada umumnya pengguna WordPress akan memanfaatkan plugin tambahan.

Dari beragam percobaan yang telah dilakukan maka hingga saat ini didapatkan tiga plugin yang mampu mengoptimalkan kinerja tema yang anda gunakan.

Tanpa mengurangi kecepatan kinerja halaman website anda. Beberapa plugin yang bisa anda coba adalah StudioPress, Themify, dan Array Themes.

Dengan menggunakan plugin tersebut anda tidak perlu ragu lagi untuk mengaplikasikan tema yang anda rasa cocok untuk halaman website WordPress yang anda miliki.

16. Mengaplikasikan CDN ( Content Delivery Network )

CDN dapat mempercepat kecepatan wordpress anda saat diakses

WordPress sebagai salah satu paltform besar yang menerapkan sistem open source tentunya memberikan berbagai macam dampak baik bagi para penggunanya maupun pengunjung yang mengakses halaman WordPress milik orang lain.

Sistem open source atau sumber terbuka yang diterapkan oleh platform ini memungkinkan seluruh pengguna internet di dunia dapat mengakses situs ini tanpa dikenakan batasan usia, wilayah, atau biaya berlangganan.

Karena saat ini WordPress dapat diakses melalui berbagai macam search engine yang tersedia.

Karena sistem yang diterapkan tersebut tidak dapat ditampik jika hingga sangat ini WordPress masih menjadi salah satu situs blogging dengan pengguna terbanyak di dunia.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Selain mudah diakses, WordPress juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik, tema yang beragam, dan plugin yang sebagian besar dapat diakses secara gratis tanpa biaya berlangganan.

Hal tersebut tentunya sangat menarik minat pengguna internet di seluruh dunia.

Penerapan berbagai macam sistem dan fasilitas di atas yang berprinsip user friendly tentunya membawa dampak positif lainnya bagi WordPress.

Karena saat ini WordPress telah banyak digunakan oleh para profesional sebagai salah satu sarana untuk menjalankan usaha secara online.

Karena keuntungannya platform para pengusaha tersebut dapat diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Namun ada salah satu hal yang perlu anda perhatikan sebagai pemilik website yakni mengenai aspek wilayah pengunjung anda.

Pada faktanya pengunjung pada website anda bisa saja berasal dari berbagai macam negara.

Sehingga perbedaan wilayah tersebut akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses yang didapatkan oleh setiap pengunjung ke website anda.

Oleh karena itu anda perlu memanfaatkan sebuah sistem yang dinamakan dengan CDN atau Content Delivery Network.

Dimana layanan tersebut akan berusaha mengoptimalkan setiap server yang ada di seluruh dunia untuk mengirimkan data website anda secara cepat ke masing-masing visitor.

Sebab CDN sendiri merupakan sebuah server yang akan menampung file statik yang berupa gambar, video, file, dan lain-lain yang terdapat pada website anda.

Pada dasarnya CDN akan memfasilitasi setiap pengunjung website anda untuk mengakses data melalui server yang paling dekat.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi perbedaan wilayah para pengunjung website anda.

CDN gratis yang powerful yang bisa anda gunakan yaitu Cloudflare.

17. Pisahkan Setiap Kolom Komentar Pada Beberapa Halaman

Komentar yang terlalu banyak akan membuat di wordpress berat untuk dibuka.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu trend yang sedang marak dan berkembang saat ini adalah pemanfaatan beberapa paltform besar pada jaringan internet yang digunakan sebagai marketplace.

Hal tersebut dikarenakan bisnis yang dijalankan secara online lebih efisien terutama dari segi waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan oleh pemilik usaha.

Salah satu platform yang saat ini banyak digunakan sebagai sarana komersial dalam hal ini usaha online adalah WordPress.

Tidak dapat dipungkiri jika usaha yang dijalankan secara online terbukti lebih berdaya atau mampu untuk memotong kebutuhan biaya dalam jumlah yang besar.

Usaha yang didirikan secara online tentunya tidak memerlukan biaya sewa atau beli tempat usaha, transportasi untuk mengangkut barang dagangan, dan tenaga untuk mempercantik lahan usaha.

Apalagi jika anda menggunakan WordPress yang dikenal sebagai salah satu platform dengan sistem open source yang paling mudah digunakan sehingga mendapatkan predikat user friendly.

Selain mudah untuk digunakan dan dijalankan, usaha yang didirikan secara online juga memiliki indikasi yang jelas dapat anda amati.

Indikasi tersebut bisa merujuk pada dua jenis yakni indikasi keberhasilan atau indikasi kegagalan.

Indikasi kegagalan usaha online dapat diamati jika traffic viewer yang masuk ke dalam website anda tidak bertambah dan berkembang selama beberapa bulan.

Sehingga anda perlu strategi pemasaran yang baru seperti misalnya penggunaan tombol subscribe, tombol sosial media, dan mengaplikasikan tema dan desain yang menarik.

Sementara indikasi keberhasilan website WordPress yang anda jalankan dapat dilihat jika traffic viewers yang masuk semakin bertambah dan juga kolom komentar anda dipenuhi dengan tanggapan, saran atau kritik dari para pengunjung website.

Tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri apabila kolom komentar anda penuh terisi, tetapi ternyata hal tersebut justru bisa memperlambat kinerja halaman website anda.

Tetapi anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal itu karena saat ini tersedia solusi mudah yang dapat anda terapkan secara langsung.

Salah satu solusi yang paling efektif yang dapat anda terapkan adalah dengan membagi beberapa komentar ke dalam beberapa halaman.

Caranya sangat mudah yakni anda hanya perlu masuk ke tombol Settings. Kemudian pilih menu Discussions lalu pilih pilihan break comments into pages.

18. Kurangi Permintaan HTTP Eksternal Dan Database Calls

Tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini beragam plugin atau add ons telah dikembangkan oleh developer untuk memaksimalkan kinerja berbagai macam Platform yang tersedia.

Meskipun beberapa platform seperti situs blogging pada dasarnya telah memiliki fitur tersendiri untuk memaksimalkan fungsi dari fasilitas yang ada di dalamnya.

Tetapi nampaknya hal tersebut tidak akan pernah cukup, karena plugin tambahan sendiri bisa sangat berguna untuk memberikan keamanan tambahan pada platform yang anda gunakan.

Bagi anda yang menggunakan WordPress tentunya bukan hal yang aneh lagi jika anda banyak menemukan berbagai macam plugin, tema, web design, dan fasilitas lainnya yang memang hanya diperuntukkan untuk WordPress.

Hal tersebut dikarenakan WordPress hingga saat ini menjadi salah sati situs blogging dengan pengguna terbanyak di dunia.

Tak heran rasanya jika para developer berlomba-lomba untuk menyediakan layanan yang berkualitas.

Meskipun sebagian besar pengguna WordPress menggunakan plugin tambahan namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa di dalam plugin terdapat file tambahan yang secara otomatis akan masuk ke dalam sistem penyimpanan di halaman WordPress anda.

Pada dasarnya plugin ditambahkan pada sebuah website dengan tujuan untuk memberikan keamanan tambahan, melakukan perbaikan otomatis terhadap fitur yang mengalami gangguan, dan mempercepat kinerja halaman website.

Tetapi pada faktanya file-file tambahan di dalam sebuah plugin seperti gambar, stylesheets, dan script yang diakses melalui Google atau Facebook justru akan memperlambat kinerja halaman website anda.

Keseluruhan file tambahan tersebut dalam hal ini disebut dengan HTTP Eksternal.

Dimana anda dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan penyatuan beberapa file atau menonaktifkan fitur yang tidak anda gunakan.

Selain mengurangi HTTP eksternal, anda juga dapat mengurangi database call yang terlampau banyak karena penggunaan tema yang beragam pada halaman WordPress anda.

Database call sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan beragam perintah yang dijalankan oleh halaman website anda dalam satu waktu yang sama.

19. Meminimalisasi File JavaScript Dan CSS

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini WordPress banyak digunakan oleh kalangan profesional sebagai salah satu platform pribadi mereka.

Salah satu penggunaan WordPress yang paling umum adalah untuk tujuan komersial seperti misalnya mendirikan usaha online.

Tentunya untuk mengembangkan bisnis anda, maka diperlukan berbagai macam add ons, tema, dan plugin yang menarik yang dapat menarik minat pengunjung.

Dengan memanfaatkan beragam fasilitas tersebut keberhasilan dari platform WordPress anda akan meningkat setidaknya sebanyak 80%. Karena 80% para pengguna internet menyukai objek dengan variasi warna yang menarik dan nyaman untuk dilihat.

Meskipun memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha online dari segi pendapatan dan prospek bisnis, penggunaan plugin atau tema yang bervariasi justru memberikan dampak negatif tersendiri.

Salah satu dampak yang bisa anda rasakan adalah meningkatnya waktu yang dibutuhkan oleh website anda untuk dapat menampilkan keseluruhan konten yang ada di dalamnya.

Di mana hal tersebut merupakan konsekuensi buruk yang bisa anda alami.

Sebab pada faktanya di dalam plugin atau tema tambahan yang anda gunakan terdapat banyak file JavaScript dan CSS yang sebenarnya tidak terpakai.

Beberapa objek yang tidak terpakai dan memperlambat kinerja WordPress anda diantaranya adalah komentar, blok pembatas, line breaks, identation,dan lain-lain.

Untuk menonaktifkan objek-objek tersebut anda harus melakukan pengaturan tingkat tinggi.

Tetapi anda dapat mengaplikasikan cara mudah lainnya yakni dengan menginstal plugin WP Rocket yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini.

Jika anda menggunakan WP Rocket maka caranya sangat mudah dimana anda hanya perlu untuk mengakses menu Static Files.

Selanjutnya akan muncul jendela yang menunjukkan pilihan Minify files dan Combine files.

Lalu anda hanya perlu untuk mencentang semua kolom yang tersedia.

Dengan begitu secara otomatis WP Rocket akan melakukan minimalisasi terhadap file JavaScript dan CSS pada website anda.

20. Gunakan Bahasa Pemrograman Yang Up To Date

Selalu update php yang digunakan di hosting server anda ke versi yang terbaru

Bahasa pemrograman merupakan salah satu fitur yang secara otomatis tersedia pada WordPress anda tanpa perlu plugin tambahan.

Dimana pada umumnya sistem bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama PHP. Bahasa pemrograman yang selalu update tentunya dapat mengoptimalkan segala macam perintah yang harus dikerjakan oleh website anda.

Oleh karena itu melakukan pembaharuan secara berkala terhadap sistem bahasa pemrograman ini sangatlah penting dan tidak dapat diabaikan begitu saja.

Meskipun melakukan pembaharuan terhadap bahasa pemrograman sangat diperlukan, namun sampai saat ini masih ada beberapa perusahaan hosting yang tidak melakukan pembaharuan ini.

Salah satu alasan yang mendasari hal tersebut adalah beberapa perusahaan tersebut berusaha untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya ketidaksesuaian antara PHP yang baru dengan sistem website anda secara keseluruhan.

Oleh karena itu mau tidak mau anda harus melakukan pembaharuan ini secara manual.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh WPX, PHP versi 7.1 sebagai versi yang paling terbaru dapat meningkatkan kecepatan kinerja halaman WordPress anda hingga 1505 lebih cepat dibandingkan dengan PHP versi 5.6.

Oleh karena itu anda tidak perlu ragu lagi untuk segera memperbaharui sistem bahasa pemrograman pada website anda.

Untuk melakukan pembaharuan secara manual pada dasarnya anda membutuhkan bantuan dari plugin tambahan lainnya.

Dimana plugin yang sangat umum digunakan adalah Display PHP Version. Maka langkah pertama dalam melakukan tahapan update adalah dengan melakukan instalasi pada plug in tersebut.

Setelah proses instal berjalan dengan sempurna maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek versi PHP yang saat ini sedang anda gunakan pada website anda.

Setelah mengetahui versi PHP yang anda gunakan maka selanjutnya gunakan fitur PHP Compatibility Checker yang tersedia di dalam plug in tersebut.

Penggunaan fitur tersebut diperuntukkan untuk melakukan pengecekan apakah tema dan plug in yang anda gunakan sudah kompatibel.

Jika dari hasil pemeriksaan tersebut tidak ada masalah yang anda temukan, maka langkah selanjutnya adalah segera kontak pihak hosting yang anda gunakan dengan menyertakan bukti pengecekan.

Sehingga pihak hosting akan segera melakukan pembaharuan PHP untuk anda.

21. Kurangi Jumlah Post Revision, Draft, Spam, Pingback, Dan Trackback Secara Berkala

Kurangi Jumlah Post Revision, Draft, Spam, Pingback, Dan Trackback Secara Berkala

Salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki oleh seluruh website profesional adalah kecepatan dalam memproses data atau informasi yang diakses oleh pengunjung website tersebut.

Sebagai pengguna platform WordPress tentunya hal tersebut bukanlah hambatan yang berarti.

Sebab saat ini sudah tersedia beragam plugin yang mampu untuk meningkatkan kinerja WordPress anda secara otomatis dengan menonaktifkan atau menghapus sejumlah objek atau fitur yang tidak digunakan.

Tetapi tanpa anda sadari beberapa aktifitas yang anda lakukan pada website anda dapat membebani kinerja dari halaman WordPress anda.

Salah satu aktifitas penyita space data paling banyak adalah revisi pada konten yang anda buat.

Sebagai contoh ketika anda mengerjakan suatu projek dan tidak mampu menyelesaikan secara langsung maka secara otomatis WordPress akan menyimpan setiap data terbaru dalam bentuk file yang baru.

Selain revisi pada postingan yang anda buat, spam atau draf yang terdapat pada halaman website anda juga banyak menyita space data yang akan memperlambat kinerja halaman WordPress anda.

Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan penghapusan revisi post, draf, spam, trackback, dan pingback secara berkala.

Salah satu cara yang saat ini banyak diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan plugin yang memang dikhususkan untuk melakukan penghapusan secara otomatis.

Plugin tersebut dinamakan dengan WP Optimize yang akan memberikan dua keuntungan dimana plugin ini dapat menghapus file-file yang berulang dan juga mengoptimalisasi sistem penyimpanan website anda.

22. Aktifkan Gzip Compression Pada Website Anda

Mungkin bagi pengguna WordPress yang baru saja membuat halaman website tersebut Gzip Compression merupakan salah satu fitur asing lainnya.

Pada dasarnya fitur ini terdapat pada hampir semua plugin penting yang umumnya digunakan untuk mengoptimalkan performa halaman WordPress anda.

Sehingga anda perlu mengetahui fungsi esensial yang dijalankan oleh fitur ini karena dapat membantu anda untuk melakukan perawatan website secara berkala.

Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan perawatan baik dari segi sistem dan tampilan website anda merupakan tanggung jawab yang harus selalu anda jalankan.

Hal tersebut semata-mata untuk menjaga performa website yang anda miliki sehingga semakin hari anda dapat meningkatkan traffic pengunjung yang masuk ke dalam website anda.

Pada dasarnya Gzip Compression bekerja untuk menghapus beragam file atau scripts yang tidak terpakai dari JavaScript dan CSS File.

Seperti yang kita ketahui bahwa objek atau file yang dihasilkan oleh kedua sistem tersebut kebanyakan hanya akan memperlambat kinerja website anda.

Oleh karena itu penting untuk menggunakan kompresi tersebut untuk menjaga kestabilan kinerja WordPress anda.

Untuk mengaktifkan kompresi tersebut dapat anda lakukan melalui beberapa plugin yang dapat anda manfaatkan secara gratis.

Beberapa plugin tersebut adalah WPX Hosting, InMotion Hosting dengan mengaktifkan konten Cpanel, WP Rocket, dan WP Total Cache.

Mengingat pentingnya peran Gzip Compression maka anda tidak perlu lagi untuk mengaplikasikan sistem ini pada halaman WordPress anda.

23. Optimalkan Database WordPress Anda

Cara optimasi database wordpress agar lebih cepat dan ringan

Ketika anda begitu menikmati menggunakan WordPress sebagai salah satu platform utama anda untuk menulis dan menuangkannya ke dalam sebuah bentuk blog.

Namun jangan lupa untuk segera menghapus data-data yang sudah tidak anda perlukan lagi di situs WordPress anda, karena data base wordpress anda akan penuh seiring banyaknya tulisan yang ada di dalamnya.

Dan apabila diibaratkan, maka data base WordPress anda merupakan sebuah tempat pembuangan sampah, server WordPress anda pun akan penuh apabila anda telah menggunakannya selama beberapa waktu.

Informasi-informasi yang biasanya sudah tidak anda perlukan lagi sebaiknya segera di hapus atau di buang agar tidak mengganggung performa database WordPress anda.

Namun sebelum kita lebih jauh lagi, mari kita bahas sedikit tentang apa itu data base? Database merupakan kumpulan dari berbagai jenis informasi yang disimpan di dalam server tertentu sebagai suatu kesatuan secara sistematik dalam sistem komputer.

Dan di dalam WordPress maka hal-hal yang tersimpan di dalamnya bisa dalam bentuk tulisan, komentar, gambar, URL, pengaturan dan lain sebagainya. Dan semakin lama anda memakainya, tentu akan semakin banyak yang ada di dalam database.

Maka dari itu diperlukanlah pengoptimalan database wordbase anda agar performa dari situ WordPress anda tidak terganggu dan lancar ketika dikunjungi oleh para peselancar dunia maya.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan database WordPress anda? Ada dua cara sebenarnya yang dpat dilakukan untuk mengoptimalkan database, bisa secara manual ataupun otomatis dengan menggunakan plugin.

Secara manual anda dapat mengakses phpMyAdmin di hosting yang anda gunakan, lalu setelah itu pilih database anda dan centang semua table yang ada di dalamnya dengan mengklik opsi Check All.

Pastikan tidak ada yang tanpa sengaja anda hilangkan centangnya, agar proses pengoptimalannya berjalan dengan baik.

Lalu pilihlah menu Optimize table yang terdapat di sebelah opsi Check All. Setelah itu tunggulah selama beberapa saat hingga database anda selesai dioptimalkan.

Dan apabila anda tidak ingin repot dengan cara tersebut, anda dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan menggunakan sebuah plugin.

Bagaimana caranya? Yang pertama adalah install dan kemudian aktifkan plugin WP-Optimize, kemudian setelah itu akses menu yang ada di dalamnya di sebelah kiri halaman admin bagian bawah.

Namun ada baiknya apabila anda melakukan proses back-up data terlebih dahulu untuk database anda, sehingga apabila terjadi kesalahan atau anda menginginkan database anda kembali, anda tidak perlu kesusahan.

Kembali ke WP-Optimize, disana anda akan menemukan berbagai macam opsi yang dapat anda centang.

Centang opsi yang anda perlu optimalkan sebanyak yang anda mau, kemudian pilihlah opsi Run all selected optimizations.

Tunggulah beberapa saat dan setelah selesai, maka anda berhasil mengoptimalkan database WordPress anda.

24. Jangan Mengupload Video Secara Langsung Ke Dalam WordPress

Gunakan youtube untuk mengupload video di WordPress anda

WordPress telah menjadi salah satu platform yang amat sangat populer di kalangan para blogger.

Banyak sekali faktornya, selain memiliki komunitas yang besar, WordPress juga banyak memiliki keunggulan lainnya dibandingkan platform menulis lainnya.

Salah satunya adalah anda dapat mengupload video secara langsung ke dalam situs WordPress anda dan akan secara otomatis tersaji di dalamnya dengan format HTML5 player.

Namun tahukah anda apabila anda melakukannya, akan sangat merugikan anda? Mengapa demikian?

Karena apabila anda memasang video di WordPress anda, video tersebut akan memakan bandwidth yang secara tidak langsung, selain itu apabila anda memasang video tersebut di WordPress.

Maka anda akan mendapatkan tagihan dari hosting anda tiap bulannya, bahkan apabila anda menggunakan bandwidth yang unlimited sekaligus.

Dan akan ada resiko penutupan situs anda apabila anda terus menerus menggunakan bandwidth untuk video tersebut.

Selain itu juga, karena video yang terpasang di laman anda, maka akan sulit sekali melakukan backup terhadap laman WordPress anda karena besarnya ukuran backup tersebut.

Dan karena itupula anda akan kesulitan apabila ingin mengoptimalkan situs WordPress anda, karena apabila anda menginginkan performa berjalan baik anda memerlukan optimalisasi tiap waktu.

Dan anda memerlukan backup tiap saat agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, anda memiliki cadangan datanya.

Apabila anda tetap menginginkan adanya sebuah video, anda dapat menggunakan platform video hosting seperti Youtube, Vimeo, ataupun Dailymotion dan membuat link kesana apabila konten anda memang memerlukan sebuah video.

Karena platform seperti mereka memiliki bandwidth yang luar biasa besar dan memang itulah tujuan mereka dari awal.

Selain menggunakan link, anda dapat melakukan penempelan video yang dimiliki oleh WordPress.

Jadi anda dapat sekedar mengcopy paste alamat URLs anda ke dalam tulisan konten anda dan secara otomatis akan tertempel disana. Subscribe juga ya channel Situstarget di Youtube.

25. Nonaktifkan Hotlinking Dan Leeching Setiap Konten Anda

Lindungi gambar di wordpress menggunakan .htaccess

Ketika anda membuat suatu karya, pasti akan lebih melegakan apabila karya anda tidak mudah dicuri atau di copy oleh orang lain.

Karena itu adalah hasil dari keringat anda. Tidak mungkin ada suatu orang di dunia ini menginginkan apabila karyanya dicuri ataupun diambil orang.

Begitu pula dengan anda yang suka menulis di dalam WordPress. Apalagi ketika anda membuat suatu konten yang begitu menarik dan berkualitas untuk WordPress anda.

Anda pasti tidak ingin apabila karya anda diambil begitu saja. Terlebih lagi ini adalah internet, banyak sekali orang yang mengakses berbagai macam alamat secara bebas dan tidak terkontrol.

Sehingga bukanlah hal mustahil apabila ada seseorang yang melihat karya anda dan mencurinya.

Salah satu bentuk pencurian di dalam WordPress adalah ketika website lain menyajikan gambarmu langsung dari URLs yang terdapat di website anda, dan tidak menguploadnya secara langsung ke server mereka.

Sehingga itu dapat mencuri jumlah data hosting anda dari server website kita, tanpa mendapatkan jumlah traffic yang masuk ke dalam website kita.

Dan itu amatlah sangat merugikan. Namun untungnya ada cara untuk dapat menanggulangi tindak pencurian tersebut, dan salah satunya adalah dengan menambahkan kode tertentu ke dalam .httaccess file anda agar dapat menghalangi link tersebut dari situs WordPress anda.

Berikut adalah kode yang dapat anda tambahkan :

#disable hotlinking of images with forbidden or custom image option
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www.)?situstarget.com [NC]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www.)?google.com [NC]
RewriteRule .(jpg|jpeg|png|gif)$ – [NC,F,L]

Dan jangan lupa untuk mengganti situstarget.com di domain anda. Setelah anda memasukkan kode diatas, maka dengan sendirinya situs WordPress anda akan memblok segala macam link yang masuk dari URLs lain ke dalam website anda.

Dan dengan demikian maka anda akan aman dari tindak pencurian traffic ke dalam website anda dan anda tidak akan perlu khawatir lagi tentang konten yang terdapat di WordPress anda untuk dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.