Cara Mengunci Google Chrome dengan Password Sehingga Orang Lain Tidak Bisa Membuka Browser Anda

Kesalahan yang sering terjadi umumnya seseorang hanya mengunci layar apabila komputer tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu. Fitur lock screen OS memang bermanfaat tapi tidak cukup mengamankan data anda.

Faktanya seseorang masih bisa mengintip akun sosial media, pesan email, bahkan mengetahui password yang tersimpan pada browser, disaat anda sedang meninggalkan komputer anda dalam waktu yang singkat.

Kebanyakan dari pengguna mensetting agar layar komputernya otomatis terkunci apabila komputer tidak digunakan dalam kurun waktu 5-10 menit. Jika dalam waktu 5-10 menit anda pergi meninggalkan komputer anda.

Seseorang bisa dengan mudah mengakses browser anda karena disaat yang sama, komputer anda sedang dalam keadaan tidak terkunci secara otomatis melalui fitur lock screen.

Sekarang mari kita bahas cara mengunci Google Chrome dengan password agar orang lain tidak bisa membukanya. Ada dua cara yang akan kita gunakan, anda bisa mengkombinasikannya nanti.

1. Mengunci Google Chrome dengan Password Melalui Ekstensi Tambahan

cara mengunci browser chrome dengan kata sandi password

Cara pertama yaitu anda bisa mengunci Google Chrome dengan bantuan extentions tambahan yang bisa anda download dan install di link berikut ini:

Setelah proses pemasangan ekstensi usai, anda akan diminta untuk memasukan kata sandi untuk pertama kali. Jangan lupa untuk mengaktifkan ekstensi pada mode incognito dengan cara klik pada bagian allow in incognito.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi untuk membuka Google Chrome yang terkunci? Anda bisa melakukan pemasangan ulang (reinstallbrowser anda. Selain itu anda bisa juga menggunakan Alat Pembersih Chrome.

2. Cara Mengunci Google Chrome Melalui Chrome://flags

 

Cara Mengunci Google Chrome Melalui Chrome://flags

Tahap pertama, yaitu buka aplikasi Google Chrome anda, lalu pada address bar silahkan anda ketik chrome://flags dan tekan enter. Cari tulisan yang New profile management system, lalu ubah dari default menjadi Enabled.

Atau anda bisa juga menggunakan shortcut berikut chrome://flags/#enable-new-profile-management. Setelah melakukan perubahan menjadi enabled. Anda akan diminta untuk menghidupkan ulang Chrome anda.

Baca juga : Percantik Tampilan Google Chrome dengan Momentum

Proses berikutnya yaitu silahkan anda buat profil baru pada settings -> people -> add person. Beri centang pada kotak yang bertuliskan “Control and view the websites this person visits from …”.

Kata sandi yang dipergunakan untuk membuka profil yang terhubung dengan Google Chrome anda adalah kata sandi yang anda gunakan untuk akun Google (Gmail) anda.

Kesimpulan

Anda bisa mengunci Google Chrome anda untuk melindungi data-data sensitif seperti password, cookies, dan akun online yang masih aktif pada browser Chrome anda dengan dua cara di atas.

Kedua cara di atas bisa anda kombinasikan jika anda ingin proteksi yang lebih aman. Selain itu, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan password manager seperti LastPass atau KeePass.

Semoga informasi ini bermanfaat, bagi anda yang memiliki pertanyaan silahkan anda kirimkan pada kotak komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa bagikan tulisan di atas jika anda rasa bermanfaat.