Kecerdasan merupakan salah satu modal untuk mencapai kehidupan yang mapan dan sejahtera. Kamu dapat menciptakan kecerdasan dengan sedikit mengubah gaya hidupmu.

Perubahan gaya hidup yang sederhana ternyata berdampak kepada kecerdasanmu lho. Berikut akan diulas beberapa kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kecerdasan otak kamu.

10 Kebiasaan Baik yang dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

1. Bijaksana dalam Memanfaatkan Waktu Online

Mungkin dari kamu sebagian berpikir bahwa waktu online sangat membuang buang waktu percuma. Namun siapa sangka memanfaatkan waktu online ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Di internet terdapat jutaan ilmu pengetahuan yang sangat berharga untuk perkembanganmu. Variasi dari ilmu pengetahuan akan membuatmu menjadi lebih tahu tentang segala hal.

Gunakanlah waktu luangmu untuk mengambil kursus online, membaca referensi, dan belajar bahasa asing. Hindarilah untuk mengecek jejaring sosial demi peningkatan kapasitas diri.

Perubahan kecil ini akan berdampak kepada peningkatan kecerdasan otakmu. Lakukanlah dan rasakan manfaatnya 2 atau 3 tahun mendatang.

2. Tulislah Segala Hal yang Kamu Pelajari

Tentunya setiap hari kamu akan mendapatkan sesuatu pelajaran di dalam kehidupanmu. Baik melakukan hal yang salah maupun benar merupakan sebuah pelajaran.

Luangkanlah waktu kamu 10 sampai 20 menit per hari sebelum tidur untuk merenungkan setiap pelajaran di hidupmu. Catatlah pada selembar kertas putih dan renungkan tiap pointnya.

Deskripsi tersebut akan bermanfaat untuk pengembangan kamu di masa depan. Perubahan kebiasaan kecil yang akan berdampak panjang untuk hidup.

3. Buatlah Daftar Keberhasilanmu

Biasanya kamu membuat list mengenai segala hal yang ingin dicapai pada 10 hingga 20 tahun yang akan datang. Semua kebaikan akan kamu tulis di kertas kosong untuk memotivasi dirimu.

Lalu kamu akan berusaha mencapainya dengan sekuat tenaga. Kamu akan membuat daftar apa saja yang belum dilakukan untuk mencapai impianmu.

Rubahlah sedikit mengenai pola pikirmu. Mulai biasakanlah menuliskan apa saja yang sudah tercapai di dalam hidupmu dan bukan apa saja yang belum tercapai.

Fokusmu akan berubah menjadi bagaimana menuliskan keberhasilan bukan sebaliknya. Hal itu akan memotivasi dirimu untuk berusaha agar dapat memenuhi buku daftar keberhasilan.

4. Bermain Game yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bermain ternyata merupakan cara yang paling menyenangkan untuk meningkatan kecerdasan otak. Dengan bermain pikiran jadi fresh dan rileks untuk beraktivitas.

Namun pilihlah game yang akan meningkatkan kecerdasan otakmu seperti bridge, scrabble, battleship dan lain sebagainya. Permainan tersebut akan melatih memori otakmu.

Bermainlah tanpa menggunakan bantuan dari buku petunjuk maupun strategi dari internet. Bermain dengan mencari jalan pintas tidak akan meningkatkan kecerdasan otak.

5. Carilah Teman yang Cerdas

Bertemanlah dengan penjual minyak wangi maka kamu akan ikut tertular wangi. Itulah pepatah yang menggambarkan dampak yang terjadi akibat pertemanan.

Mungkin kamu bisa berkata bahwa kamu yang akan mewarnai orang-orang yang berada di sekitarmu. Namun apakah hal tersebut akan jadi kenyataan.

Saurabh Shan, seorang manager di Symphony Teleca berkata bahwa IQ kamu adalah rata-rata dari lima orang terdekat yang bergaul denganmu. Jadi, carilah teman yang cerdas.

Mungkin kata tersebut sangat kasar terhadap dirimu. Namun itulah faktanya, mulailah untuk berteman dengan orang-orang yang cerdas berdasarkan IQ, EQ, dan kesolehan.

Akumulasi interaksi dengan seseorang yang cerdas akan membuat diri kita terpacu untuk menjadi seperti dia. Itulah prinsip logis yang dapat menggambarkan pentingnya memilih teman.

6. Perbanyaklah dalam Membaca

Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kunci untuk membuka jendela tersebut. itulah pepatah yang menggambarkan betapa pentingnya kita untuk membaca.

Membaca akan meningkatkan kecerdasan kita dengan berbagai ilmu yang dipelajari. Peningkatan kecerdasan akan berdampak kepada peningkatan kapasitas diri.

Luangkanlah waktu 20 sampai 30 menit per harinya untuk setidaknya membaca buku. Pilihlah buku yang kamu sukai terlebih dahulu.

Kebiasaan yang dilakukan secara rutin akan menjadi habbit. Apabila membaca sudah menjadi habbit maka persiapkanlah dirimu untuk menjadi orang sukses.

7. Sampaikanlah Walau Satu Ayat

Kamu mungkin pernah membaca atau mendengar kalimat di atas. Ya, itu merupakan sepenggalan ayat suci umat islam yang dapat diterapkan oleh semua orang.

Kapasitas dirimu tidak akan terlihat ketika kamu tidak pernah menyampaikan apapun kepada orang lain. Sampaikanlah sekecil apapun ilmu yang kamu kuasai kepada orang lain.

Penyampaian ilmu kepada orang lain tidak akan mengurangi kapasitas dirimu. Sebaliknya justru akan meningkatkan kapasitas dirimu.

Ketika kamu menyampai suatu ilmu kepada orang lain, ilmu tersebut akan lebih melekat pada ingatan jangka panjangmu (long term memory). Long term memory sulit untuk terlupakan.

Penyampaian informasi kepada orang lain secara benar akan membuat kamu mudah untuk menyerap informasi lainnya. Hidupmu akan semakin berwarna dengan cara ini.

8. Lakukanlah Hal yang Baru

Perubahan merupakan salah satu yang hakiki dan tidak akan pernah berhenti. Untuk itu janganlah sekali kali antipati terhadap hal-hal yang baru.

Biasakanlah dirimu untuk mempelajari dan mencoba berbagai hal yang baru. Hal tersebut akan meningkatkan kapasitas hidupmu.

Antipati terhadap hal yang baru akan membawamu kepada kehancuran. Sentiasa menggunakan pola dan cara yang sama membuatmu akan tertinggal.

Mungkin saat ini hal tersebut belum relevan dengan perubahan zaman. Namun saksikanlah tahun tahun kedepan, mungkin hal tersebut akan berguna untuk kehidupan umat manusia.

9. Pelajari Bahasa Baru untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bahasa merupakan jendela dunia merupakan pepatah yang cukup relevan untuk kehidupan pada saat ini. Bahasa menjadi jembatan kita untuk mengenal ragam suku, budaya, adat dari negara lain.

Melalui bahasa kita juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang di negara lain. Beramah tamah dan saling tegur sapa untuk menjalin relasi.

Perkembangan ekonomi global membuat desakan akan mempelajari hal baru semakin membesar. Kita dituntut untuk kreatif dan adaptif serta mampu menjalin jejaring dengan warga negara lain.

Untuk dapat membuat jejaring maka kita perlu setidaknya belajar bahasa mereka terlebih dahulu. Berkomunikasi aktif dan mempelajari karakteristiknya masing-masing.

Gunakanlah waktu senggangmu untuk sedikit belajar bahasa baru setiap harinya. Luangkanlah sekurang kurangnya 1 jam untuk belajar.

Kamu dapat mendownload materi belajar di berbagai situs secara gratis dan bacalah perlahan untuk meningkatkan kapasitasmu. Perubahan kecerdasan akan kamu rasakan segera.

10. Luangkan Waktu Istirahat

Istirahat merupakan salah satu cara untuk membuat nyaman pikiran setelah bekerja cukup keras. Sedikit membaringkan tubuh akan membuat diri lebih nyaman.

Pejamkan mata sebentar dan berilah ruang untuk tubuh dan pikiran berelaksasi sejenak. Seketika tubuh anda akan terasa lebih fresh dan segar.

Bekerja terlalu keras akan membuat organ bekerja lebih keras hingga 2 sampai 3 kali lipat. Hal tersebut sangat melelahkan, istirahat adalah solusinya.

Merubah sedikit kebiasaaan akan berdampak terhadap peningkatan kecerdasan otak. Kecerdasan merupakan kunci dari kesuskesan, jadi ubahlah kebiasaanmu untuk menjadi orang yang sukses.