Sharing cerita sedikit ketika saya baru mengenal namanya dunia komputer. Waktu itu saya sekolah di pondok pesantren di daerah Kuningan, Jawa Barat. Awal belajar komputer pertama kali mengenai microsoft office. Lebih tepatnya yaitu microsoft word. Sebagian pembaca, apalagi anak jaman sekarang pasti sudah sangat mahir ya? Nah waktu itu saya sempet setiap ngetik harus liat keyboard dan nyariin hurufnya satu per satu.

Alhasil ngetik beberapa lembar aja bisa dua jam sendirian di lab komputer. Hehe. Sekarang alhamdulillah sudah bisa mengetik dengan 10 jari. Sebenarnya caranya sederhana si hanya pembiasaan diri aja. Oleh karena itu, saya mau berbagi tips nih tentang cara meningkatkan kemampuan mengetik 10 Jari di keyboard komputer. Klo pas sekolah dulu jama SMP yang bisa ngetik 10 jari itu kece. Klo sekarang mah sudah biasa mungkin ya?

Tapi tidak apa-apa, bagi yang belum bisa jangan berkecil hati. Tidak ada kata untuk terlambat kok. Ada banyak cara untuk bisa mengetik dengan sepuluh jari. Sebenarnya ga semua jari aktif si. Klo dulu saya dengan cara menghafal deretan yang ada di keyboard. Misalnya QWERTYUIOP, ASDF, GHJKL. Nah bagian yang bawahnya ga perlu diinget nanti juga inget sendiri klo kita membiasakan diri mengetik. Kok bisa gitu? Ya karena jumlahnya lebih sedikit hanya tujuh huruf saja, yaitu ZXCVBNM.

Tapi cara itu jadul ya. Perlu nginget-nginget segala. Ribet. Gampangnya si mulailah untuk membiasakan diri mengetik di keyboard saja. Ngetik apa? Ngetik apa aja. Misalnya nyalin buku catetan tugas sekolah atau kampus, bisa juga bikin rangkuman catetan materi sekolah atau kampus, bisa juga dengan cara memanfaatkan aplikasi secara online. Ya ada game online yang akan meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari kita. Anda bisa mencobanya pada website berikut ini> http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian/