Apa itu SEO website? SEO merupakan singkatan dari search engine optimization atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu pengoptimalan mesin pencarian.

SEO merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat website anda sehingga nantinya bisa muncul di halaman depan atau teraras mesin pencarian.

Contohnya ketika anda mengetik salah satu kata kunci pada mesin pencarian Google atau Bing maka akan muncul banyak laman website terkait, hasil pencarian yang berada di halaman satu dan berada di urutan pertama merupakan laman website dengan rating SEO tertinggi (walaupun terkadang aja juga situs yang “isinya kok cuma begini”).

Pengoptimalan mesin pencarian atau SEO sendiri dapat dilakukan melalui banyak cara. Diantaranya adalah dengan memiliki banyak pengunjung laman website, memberikan tags, memiliki ulasan, struktur tulisan yang rapi, pengulangan keyword dan masih banyak lagi.

Meningkatkan SEO laman website memang tidak mudah, bahkan seseorang harus memiliki kemampuan tersendiri untuk dapat melakukan hal tersebut. Hal ini karena memang ada prosedur-prosedur tersendiri yang harus diketahui dalam melakukan pengoptimalan laman website pada mesin pencarian.

Biasanya apabila seseorang tidak memiliki kemampuan tersendiri dalam mengelola laman website, maka mereka akan menggunakan jasa seo.

Hati-hati Menggunakan Jasa SEO

Jasa SEO memang sangat mudah ditemukan, namun kini sudah banyak yang terjebak dengan menggunakan jasa SEO. Dengan penawaran harga pasar yang sangat bersaing, terkadang fasilitas atau fitur yang diberikan masih sangat kurang.

Maka dari itu tips memilih jasa SEO adalah pertama-tama mengetahui kekurangan dari laman website untuk menelusuri apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh laman website anda.

Kemudian pilihlah jasa SEO yang menawarkan jasanya sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk senantiasa melihat review dari jasa SEO tersebut untuk memastikan tingkat terpecayanya.

Karena salah memilih jasa optimasi SEO, bisa-bisa website anda terkena penalti karena dianggap melakukan kegiatan spamming. Hindari menggunakan teknik black SEO untuk meningkatkan SEO situs website anda.

Tujuan dari SEO itu sendiri adalah yang utama yaitu memiliki posisi yang diperhitungkan pada mesin pencarian. Selain itu, adapun tujuan lain dari meningkatkan SEO yaitu mengetahui traffic laman website, mengumpulkan database pengunjung, meningkatkan kualitas konten dan meningkatkan popularitas serta mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Setiap mesin pencarian memiliki cara serta standar yang berbeda beda-dalam menentukan rating SEO laman website. Misalnya Google dan Bing yang memiliki standar berbeda. Namun anda bisa melihat pedoman webmaster terlebih dahulu dalam mesin pencarian sehingga anda bisa mengetahui standar yang diberikan oleh setiap mesin pencarian.

Jenis SEO Website

SEO website ternyata terdiri dari dua yaitu SEO on Page dan SEO off Page. Keduanya cukup jauh berbeda mulai dari cara pengoptimalan hingga konten yang terkandung. Kedua jenis  ini merupakan jenis SEO laman website secara umum.

SEO on page merupakan cara pengoptimalan yang dilakukan langsung pada laman website tersebut. Biasanya SEO on Page yaitu memperbaiki konten dari website tersebut. Jenis seo ini yang paling sering dilakukan oleh para blogger karena tanpa membutuhkan keahlian yang khusus.

SEO on Page meliputi hal-hal berikut ini:

  1. Judul : judul yang diberikan pada laman website harus menarik dalam artian tidak bisa semata-mata hanya keyword. Anda perlu menambahkan beberapa tambahan kata yang menarik pembaca. Selain itu karakter dalam judul juga perlu diperhatikan.
  2. Heading : heading terdiri dari judul dan sub judul. Satu artikel harus memiliki judul serta sub judul. Semakin panjang tulisan maka semakin banyak heading. Fungsi dari heading untuk mengkategorikan tulisan, untuk itu mengapa heading sangat penting sehingga struktur tulisan menjadi lebih baik.
  3. Isi : ketiga adalah isi atau konten dari laman website pun tidak boleh semata-mata hanya tulisan. Konten harus memiliki target pembaca dan isinya harus informatif. Cara penulisan pun dibutuhkan yang mengalir agar tidak mengurangi minat para pembaca untuk membaca laman website.
  4. Link: setiap tulisan atau konten dari laman website biasnya disertai oleh link. Link bisa berasal dari luar atau link external atau bisa juga berasal dari satu domain website yaitu internal link. Fungsi dari link ini agar semakin besar kesempatan orang untuk mengunjungi website anda apabila anda yang mengaitkan dengan link anda.
  5. Gambar : keberadaan gambar mungkin terasa biasa saja, namun tahukah anda bahwa gambar juga memiliki posisi yang menguntungkan. Selain untuk membuat laman website tidak monotone, anda juga bisa menambah poin SEO anda dengan menggunakan gambar. Namun gambar yang bisa di upload adalah yang berhubungan pasti dengan isi dari konten tersebut..
  6. Meta deskripsi : meta deskripsi merupakan penjelasan secara singkat mengenai isi dari laman website anda. Biasanya meta deskripsi yang muncul pada laman pencarian google di bawah judul. Meta deskripsi memiliki posisi yang penting karena untuk menarik para pembaca agar datang dan mengunjungi laman website tersebut. Buatlah meta deskripsi yang singkat, padat dan jelas.
  7. Looping keyword : pengulangan keyword ternyata penting juga untuk meningkatkan rating laman website. Namun kini semakin canggih teknologi, mesin pencarian justru lebih memilih looping keyword yang memang terlihat natural atau mengalir bersama tulisan.

Selain SEO on Page ada juga jenis SEO yang kedua yaitu SEO off Page. Apabila SEO on Page merupakan metode pengoptimalan dari laman website, maka SEO off Page dari luar laman website. SEO off Page bisanya berupa backlink atau tautan balik.

Backlink adalah ketika laman website anda dikaitkan pada laman website orang meskipun bukan dari satu domain website yang sama. Misalnya ada salah satu laman website yang mengaitkan link website anda pada tulisannya sehingga ketika orang mengunjungi website tersebut maka mereka juga ada kemungkinan akan mengunjungi website anda.

Menurut para expertise, jenis backlink yang dapat digunakan adalah jenis backlink sosial media seperti Facebook, Twitter maupun Youtube. Kedua yaitu website seperti WordPress, Weebly, Blogspot. Ketiga adalah forum seperti Kaskus, Detik. Keempat adalah sosial bookmark. Kelima yaitu menyisipkan backlink melalui kolom komentar.

Semakin tinggi dan bagus reputasi dari sebuah situs web, backlink yang dihasilkan bisa meningkatkan SEO blog anda jika bisa mendapatkan backlink dari situs-situs besar tersebut.

Pentingnya SEO Website untuk laman WordPress

Semua orang mungkin bertanya tanya tentang apa sebenarnya pentingnya meningkatkan SEO untuk laman website wordpress. Selain memiliki tunjuan dan manfaat seperti apa yang telah dijabarkan diatas, keberadaan SEO untuk membuat laman website mampu bersaing dengan laman website lainnya di zaman yang semakin canggih dan kompetitif ini.

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan dari tahun 2000 hingga 2016 menunjukan bahwa perhatian manusia telah berkurang dari 12 detik ke 7 detik. Hal ini menandakan bahwa manusia semakin cepat bosan dengan suatu hal.

Misalnya untuk berada disatu laman website apabila sebelumnya manusia bisa bertahan untuk beberapa detik, kali ini tidak lagi. Maka dari itu dibutuhkan SEO untuk menata kembali atau merapikan laman website sehingga semakin menarik.

Menggunakan SEO pada laman website WordPress juga membantu kualitas traffic. Biasanya server atau domain akan down apabila trafficnya meningkat namun dengan pengaplikasian SEO yang baik dan benar maka traffic berkualitas pun dapat anda hasilkan pada website anda.

Kerugian besar bisa anda alami apabila website anda tidak memiliki traffic yang memadai. Bahkan studi kasus strange loop menunjukan bahwa 1 detik delay bisa menyebabkan 7% kerugian. Maka dengan sendirinya pengunjung serta pundi rupiah anda semakin berkurang dan dapat berlaku berkelanjutan.

Mengetahui Kecepatan WordPress

Sebelum melakukan pengoptimalan laman website, tentunya dibutuhkan sedikit informasi mengenai kecepatan wordpress itu sendiri. Dengan mengetahui kecepatan wordpress maka anda akan mengetahui kapasitas dari laman website anda dan seberapa besar lagi usaha yang anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas laman wordpress itu sendiri.

Mengetahui kecepatan wordpress dapat anda gunakan dengan bantuan website lainnya. Karena sebenarnya anda sendiri juga tidak dapat mengetahui secara jelas kecepatan wordpress anda tanpa bantuan website tersebut. Salah satu domain website yang bisa anda gunakan adalah pingdom.

Pingdom sendiri memiliki performa yang baik untuk membantu dalam meningkatkan kecepatan situs WordPress anda. caranya sangat amat mudah yaitu anda hanya perlu mengunjungi official website dari Pingdom itu sendiri.

Lalu masukan URL anda dari lakukan test from atau pilih lokasi anda. Dengan begitu anda sudah dapat dengan jelas menganalisa hingga mengoptimalkan laman website anda.

Selain pingdom, adapun beberapa list website berikut yang dapat digunakan untuk menganalisa performa website anda:

  1. Free speed test merupakan salah satu situs website yang dapat digunakan untuk melihat performa dari website anda sendiri. Namun free speed test memiliki spesialisasi tersendiri yaitu untuk mengetahui loading time. Dalam artian loading time adalah berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk membuka website. Apakah sudah cukup efektif ataukah masih terbilang lambat?
  2. Google Page Speed Insight merupakan salah satu analisa tools. Di sini anda tidak hanya akan menguji jika dibuka dari PC namun juga melalui mobile. Analisa yang diberikan adalah performa website anda apabila dibuka menggunakan PC ataupun mobile. Google page speed insight akan memberikan skor dari 1 hingga 100. Semakin tinggi skor pertanda semakin tinggi performa web.
  3. GTmetrix merupakan salah satu website yang digunakan untuk menganalisa performa website secara gratis. GT Metrix akan memberikan informasi secara detail sebagai hasil analisanya performa website anda. Apabila anda memiliki dua website, maka anda juga bisa membandingkan melalui situs ini.
  4. Page scoring website speed test merupakan salah satu website yang paling mudah untuk digunakan. Yang perlu anda lakukan hanya lah mengunjungi stus website speed test lalu anda akan diminta untuk memasukan URL laman website anda. Setelah itu anda bisa mencoba untuk start test, maka anda akan menerima laporan kecepatan performa laman website anda.
  5. Web Page Test merupakan salah satu yang dikembangkan serta disponsori oleh Google. Dengan web page test bisa membantu anda mempercepat performa website anda.

Penyebab Lambatnya Blog WordPress

  • CPU dan RAM yang kurang memadai untuk blog WordPress.
  • Terkena serangan DDOS atau Spamming.
  • Kesalahan konfigurasi, baik di sisi webserver atau WordPress
  • Terlal banyak menggunakan plugin.
  • Lokasi server tidak sesuai dengan target pembaca blog
  • Terlalu banyak menggunakan Javascript, CSS, dll untuk tampilan blog
  • Tema WordPress yang berat, umumnya pada tema versi gratisan.

Cara Meningkatkan Performa Laman WordPress

  • Memasang caching plugin seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, WP Rocket.
  • Hindari menggunakan gambar yang di upload di luar blog WordPress anda.
  • Menggunakan Content Delivery Network dan menyusun konfigurasinya
  • Mengatasi masalah link yang rusak

Tips dan Trik Meningkatkan SEO Pada WordPress

  • Pastikan WordPress selalu dalam keadaan up-to-date.
  • Menggunakan excerpts, isi boleh berbeda dengan meta deskripsi.
  • Memisahkan komentar menjadi beberapa laman.
  • Menggunakan tema yang ringan dan mendukung SEO.
  • Menjalankan diagnose kecepatan laman website
  • Menghilangkan media yang tidak digunakan
  • Memperkecil jenis file css atau html
  • Sering Membersihkan database
  • Menyalakan kompres GZIP
  • Memilih hosting plan yang sesuai
  • Mengontrol plugin, pastikan WP tetap minimalis.
  • Memilih iklan yang sesuai
  • Tidak menggunakan tombol sosial media
  • Menggunakan sharing plugin yang sesuai