Saya rasa kebanyakan programmer yang menguasai Visual Basic 6.0 tahu kalau program yang dibuat dengan Visual Basic 6.0 agar dapat berjalan membutuhkan sebuah file library yaitu MSVBVM60.DLL.
Sebenarnya tulisan ini bukan menunjukkan cara agar program buatan Visual Basic 6.0 tidak membutuhkan file MSVBVM60.DLL, tetapi hanya memanipulasi namanya saja agar tidak terlihat program buatan Visual Basic 6.0.
Yang kita butuhkan adalah sebuah Hex Editor, disini saya menggunakan HxDen, silakan tanyakan pada Google untuk mendapatkan software ini.
Jika sudah mempunyai HxDen, buka program buatan Visual Basic 6.0 yang akan dijadikan eksperimen dengan klik menu File-Open.

Setelah program termuat, kemudian cari teks “MSVBVM60.DLL“, kemudian blok tulisan tersebut (drag) seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah terblok dengan benar, langsung ketik nama lain yang kamu inginkan, maka otomatis tulisan tersebut akan diganti, sebagai contoh saya ganti tulisan MSVBVM60.DLL menjadi TERSERAH.GUE seperti gambar dibawah ini

Kemudian klik tombol Save dan keluar dari HxDen.

Sekarang coba jalankan program yang tadi kita modif, maka akan keluar pesan error seperti ini

Pesan error tersebut dikarenakan program tidak menemukan file library yang dibutuhkan, yaitu “TERSERAH.GUE“.

Sebenarnya file yang dimaksud adalah MSVBVM60.DLL yang tadi saya ganti, maka dari itu copy file MSVBVM60.DLL yang terletak di C:WINDOWSSystem32msvbvm60.dll kemudian taruh di folder yang sama dengan program tersebut, kemudian ganti nama file tersebut menjadi “TERSERAG.GUE” maka program tersebut akan berjalan dengan normal.