Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Sampai saat ini versi terakhir visual studio adalah Microsoft Visual Studio 2010.

Microsoft Visual Studio 2010 Express Edition merupakan versi gratis dari Microsoft Visual Studio 2010 yang meliputi:

  1. Microsoft Visual C# 2010 Express
  2. Microsoft Visual Basic 2010 Express
  3. Microsoft Visual C++ 2010 Express
  4. Microsoft Visual Web Developer 2010 Express

Walaupun Microsoft Visual Studio 2010 Express Edition diberikan Microsoft secara gratis, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan aplikasi secara penuh, apabila registrasi tidak dilakukan maka Visual Studio hanya bisa digunakan selama 30 hari. Tapi tenang, registrasinya mudah, cepat, dan gratis kok. Dan yang terpenting gak akan berpengaruh walaupun memakai windows bajakan.

Catatan
IDE tersebut hanya bertujuan agar kamu bisa belajar Visual Studio 2010 dengan gratis, namun perlu diketahui bahwa tidak ada compiler pada IDE ini.

Download disini (693 MB)
http://download.microsoft.com/download/1/E/5/1E5F1C0A-0D5B-426A-A603-1798B951DDAE/VS2010Express1.iso

Setelah download selanjutnya tinggal kamu bakar ke CD memakai software burner yang mendukung pembakaran dari ISO Image.

Selamat mencoba.

Sumber: kaskus.us