Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana saat ini sudah tidak lagi sulit untuk membeli hosting dari luar negeri dengan bantuan dari VCN Bank Bank Negara Indonesia (BNI) dan VbV dari Bank Mandiri.Nah bagi Anda seorang blogger yang tidak ingin ribet mengurusi websitenya dengan berbagai konfigurasi pada halaman dapur (backend). Mungkin paket hosting wordpress Godaddy ini bisa jadi solusi bagi Anda. Pada paket hosting wordpress dari Godaddy ini, Anda tidak perlu repot mengurusi hal-hal yang ada di Cpanel.

Bagi yang belum memiliki hosting di Godaddy, coba lihat panduan membeli hosting godaddy dengan VCN dari Bank BNI. Selain memudahkan dalam hal pengelolaan situs berbasis wordpress. Godaddy juga menawarkan pada paket hosting wordpress ini fitur untuk menjaga keamanan dari website Anda agar terhidar dari plugin atau themes yang tidak aman. Plugin yang termasuk dalam daftar blacklist dari Godaddy secara otomatis tidak akan bisa di-install pada wordpress Anda.

Selain itu juga pada paket hosting wordpress pada Godaddy dilengkapi fitur-fitur seperti DDOS Protection, Pendeteksian malware, Secure FTP, 1000 themes dan plugins, serta Nightly backups. Adapun dari paket yang disediakan bisa disesuaikan dengan karakteristik dari website wordpress Anda. Dimulai dari tingkat kunjungan visitor 25.000 visitor setiap hari, 250.000 visitor setiap hari, hingga jutaan visitor setiap hari. Setiap paket hanya dibedakan melalui kapasitas penyimpanannya saja. Adapun paket yang ditawarkan ada tiga yaitu: Starter, Business, dan Pro.

Migrasi WP ke Paket WordPress Godaddy bisa Anda lakukan lebih cepat bahkan dibandingkan Anda mematikan laptop Anda. Adapun proses migrasi yang diperlukan membutuhkan waktu kisaran 2-3 menit saja untuk proses konfigurasinya. Teknisi dari Godaddy-lah yang akan melakukannya untuk Anda. Anda hanya perlu mempersiapkan dua data berikut ini untuk melakukan migrasi wordpress Anda ke paket hosting wordpress dari Godaddy.

1. Persiapkan akun FTP hosting Anda

Persiapkan akun ftp pada hosting lama Anda via kevind.co.uk

Persiapkan akun ftp pada hosting lama Anda via kevind.co.uk

Pertama, yang perlu Anda lakukan untuk proses migrasi adalah sediakan akun ftp untuk website Anda, aku dari ftp harus mengarah kepada direktori dari wordpress Anda. Jika Anda menggunakan proxy semacam cloudflare, maka ada baiknya untuk Anda menyertakan informasi mengenai IP dari server hosting lama Anda. Karena apabila Anda menggunakan cloudflare, port 21 tidak bisa diakses langsung melalui browser. Akun ftp dan password tersebut akan dipergunakan oleh tim dari Godaddy untuk memindahkan data-data website Anda dari server hosting lama ke hosting mereka. Lamanya migrasi files ini tergantung berapa banyak jumlah files yang ada pada website wordpress Anda.

Semakin banyak files seperti gambar, audio, dan video maka biasanya akan semakin lama. Oh ya, perlu diingat juga, walaupun dikatakan oleh Godaddy bahwa pada hosting Pro unlimited storage (Penyimpanan tidak terbatas) namun apabila dalam penggunaan resource server pada website Anda tinggi, maka tim akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan VPS. Jadi jangan mentang-mentang dibilang unlimited storage jadi Anda bisa membuat situs untuk upload dan download secara masal untuk publik. Pasti yang seperti itu akan jadi sasaran untuk dibanned oleh Godaddy. Hehe 😀

2. Persiapkan akun Admin & Password WordPress

Persiapkan akun Admin & Password WordPress Anda via 9to5mac.com

Persiapkan akun Admin & Password WordPress Anda via 9to5mac.com

Jika akun ftp dan passwordnya sudah jadi. Langkah berikutnya adalah Anda perlu menyiapkan akun Admin dan password untuk wordpress Anda. Anda bisa membuat akun yang baru atau Anda bisa menggunakan akun admin yang saat ini Anda pergunakan pada wordpress Anda. Tujuannya adalah agar wordpress Anda dapat dirawat oleh tim dari Godaddy secara berkala. Ingat, hak akses untuk pengguna yang diberikan kepada Godaddy harus administrator ya, bukan yang lain.

Proses migrasi biasanya memakan waktu beberapa jam, jika Anda sudah bisa mengakses website wordpress Anda dengan tampilan yang baik, maka bisa dibilang proses migrasi sudah berjalan dengan baik. Anda diperkenakan untuk melakukan perubahan pada phpmyadmin, namun Anda tidak diperkenankan untuk mengelola file wordpress Anda melalui file manager pada Cpanel. Kekurangan dari layanan paket hosting wordpress di Godaddy adalah Anda tidak bisa mengelola file secara leluasa. Proses pengelolaan file masih tetap bisa dilakukan namun melalui akun ftp Anda yang berada di Godaddy.

Hosting wordpress di Godaddy cukup terbilang murah dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Godaddy. Jika Anda tertarik mencobanya, siapkan dana berkisar antara 3 hingga 4 dollar untuk paket starter. Menurut saya, paket ini sangat cocok sekali bagi Anda yang baru memiliki website. Pada tahapan advance biasanya dibutuhkan pengelolaan file seperti file manager untuk mengatur kode pemrograman website. Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang ingin mengaktifkan SSL pada paket hosting wordpress Godaddy. Maka Anda perlu membeli SSL dari mereka. Godaddy tidak mengijinkan penggunaan SSL dari pihak lain, setelah Anda membeli SSL dari mereka. Maka wordpress Anda sudah mendukung SSL tanpa perlu lagi membeli dedicated IP. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. XD