Aplikasi Mobile Banking Lebih Cepat, Mudah dan Aman

Kalau boleh saya tanya ke Anda mengenai fenomena orang yang suka berlama-lama di ATM. Menurut Anda apa yang ia lakukan sehingga lama sekali menggunakan mesin ATM padahal antrian sudah panjang? Mungkin ada jawaban seperti ini: “iya sedang transfer ke banyak nomor rekening”.

Ada lagi mungkin jawaban lain yang lebih bijak: “Ia sedang belajar menggunakan fitur-fitur yang ada di ATM”. Atau ada sebagian dari Anda yang menjawab, “ia sedang meratapi saldo tabungan yang tertera di mesin ATM”. Wah wah kalau jawaban yang ketiga ini sulit juga. Pasti butuh waktu lama untuk menerung dan meratapi. Hehe. 😆

Baca juga: Tips Membeli Perhiasan Emas Murah Pada Saat Pameran

Waktu yang dibutuhkan seseorang ketika menggunakan mesin ATM pada saat transaksi. Berkisar antara tiga hingga lima menit. Nah belum lagi seperti contoh kasus di atas, mungkin Anda perlu menunggu hingga sepuluh sampai lima belas menit. Lama ya? Sekarang tidak zaman lagi menggunakan ATM.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mebuat Tabungan Joint Account Bersama Pasangan

Jika hari ini Anda menggunakan ponsel pintar. Kenapa tidak menggunakan aplikasi mobile banking saja biar lebih cepat? Pada artikel ini saya akan merangkum beberapa aplikasi mobile banking dari keseluruhan bank yang ada di Indonesia untuk Anda.

Kegiatan seperti cek saldo, bayar tagihan listrik, telepon, beli pulsa, transfer antar bank, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi mobile banking, yang kurang lebih sama dengan fungsi yang ada pada mesin ATM. Kalau ada yang lebih mudah kenapa pilih yang repot?

Daftar Aplikasi Mobile Banking Seluruh Bank yang Ada di Indonesia:

  1. Mandiri Mobile – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.★★★★ 56,473 total
  2. BRI Mobile – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ★★★★ 75,728 total
  3. BNI MBanking – PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. ★★★★ 3,151 total
  4. BCA Mobile – PT Bank Central Asia Tbk. ★★★★ 83,195 total
  5. BSM MBanking – PT Bank Syariah Mandiri ★★★★ 5,406 total
  6. GO MOBILE by CIMB NIAGA – PT. Bank CIMB Niaga Tbk. ★★★★ 10,186 total
  7. D-Mobile – PT Bank Danamon Indonesia Tbk. ★★★★ 5,668 total
  8. PermataMobile – PT Bank Permata Tbk.  ★★★★ 7.268 total
  9. iMobile BTN – PT. Bank Tabungan Negara Tbk. ★★★★ 4.445 total
  10. Maybank SMS+ Banking – PT Bank Maybank Indonesia Tbk. ★★★★ 1,909 total

Proses pendaftaran untuk menggunakan aplikasi mobile banking ada dua cara, yaitu pertama melalui customer service di bank. Jika Anda memiliki banyak waktu silahkan mengurus pendaftaran di sana.
Kedua, bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu karena kesibukan rutinitas sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan mesin ATM untuk mendaftar atau mengaktifkan layanan aplikasi mobile banking Anda.
Anda akan diminta memasukan PIN baru untuk kegiatan transaksi menggunakan mobile banking. Saran saya, Anda buatlah PIN yang berbeda antara PIN mobile banking dengan PIN kartu debit/kredit yang Anda gunakan.
Setelah proses pendaftaran, Anda bisa unduh dan pasang aplikasi mobile banking yang ada pada list di atas ke ponsel pintar Anda. Pada proses pendaftaran aktivasi layanan mobile banking, Anda akan dimintai nomor HP yang aktif.
Baca juga: Kapan Sebaiknya Menggunakan Uang Cash, Kartu Debit, dan Kartu Kredit?
Terakhir saya mencoba mendaftarkan layanan mobile banking dari Bank Mandiri melalui mesin ATM. Anda harus membawa ponsel pintar Anda. Karena setelah proses pendaftaran melalui ATM. Pihak bank akan mengirimkan SMS OTP (One Time Password) dan Anda perlu memasukan kode OTP tadi ke mesin ATM.
Apabila Anda salah memasukan SMS yang berisi kode OTP dari pihak bank sebanyak dua kali. Proses pendaftaran akan gagal dan Anda perlu mengulangi proses pendaftaran yang baru di hari berikutnya.
Proses pengiriman SMS sedikit lama dan membutuhkan waktu. Saya menyarankan agar Anda memilih mesin ATM yang tidak terlalu ramai jika ingin melakukan aktivasi mobile banking dengan menggunakan mesin ATM.
Baca juga: Waspadai Teknik Kejahatan Skimming ATM, Bagi Anda yang Memiliki Kartu Debit Wajib Membaca Artikel Ini
Berikutnya soal keamanan aplikasi mobile banking pada ponsel pintar. Anda perlu mensetting agar layar ponsel pintar Anda otomatis terkunci pada kurun waktu tertentu.
Atau mengkunci tambahan aplikasi mobile banking menggunakan aplikasi pihak ketiga. Biasanya aplikasi antivirus atau aplikasi semacam AppLock, Smart App Protector, Perfect App Protector, Visidon Applock, Smart Lock, dan masih banyak lagi.
Anda bisa pilih dan cari aplikasi pengunci apps untuk ponsel pintar Android maupun IOS. Tujuan utamanya yaitu melindungi aplikasi mobile banking dari “tangan-tangan jahil”, orang yang ingin mencoba mengakses aplikasi tersebut tanpa persetujuan dan izin legal dari Anda.

Beberapa artikel lain yang mungkin Anda suka:

  1. Peran dan Manfaat Emas dalam Berbagai Segi Kehidupan Manusia
  2. Aplikasi Ponsel Pintar untuk Update Harga Emas Terkini
  3. Rupiah, Dollar, atau Emas Untuk Investasi Jangka Panjang?
  4. Safe Deposit Box Bank vs BrankasLM Antam
  5. Berapa Harga Emas 22 Karat?
  6. 9 Cara Menjual Kembali Emas Perhiasan
  7. Harga Sewa Safe Deposit Box Bank BCA
  8. 10 Negara Ini Penghasil Emas Paling Banyak di Dunia
  9. 7 Cara Investasi Emas Batangan
  10. Menyimpan Emas pada Safe Deposit Box Bank Mandiri


Apakah tulisan ini bermanfaat untuk Anda? Jika iya, mohon bantu sebarkan tulisan ini melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda di dunia digital.
Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari TheGold.Asia? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda pada kotak berlangganan artikel di bawah artikel ini.
Setiap minggunya kami akan mengirimkan notifikasi pemberitahuan jika ada tulisan terbaru dari TheGold.Asia. Lakukan konfirmasi pendaftaran setelah proses pendaftaran usai. Mohon Anda cek email Anda setelah proses pendaftaran.

Iklan