Modal usaha baiknya gadai emas atau jual emas? Ada pertanyaan menarik lain seputar investasi emas. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kapan waktu terbaik untuk membeli emas. Kali ini pembahasannya lebih kepada bagaimana cara untuk memproduktifitaskan emas yang kita miliki untuk usaha.
Gadai atau jual sebenarnya tergantung dari kondisi yang sedang Anda jalani. Apabila untuk menjalankan usaha hanya memerlukan modal sedikit karena sebelumnya Anda telah memiliki modal tetapi masih perlu ditambah lagi agar cukup. Anda bisa menggunakan opsi gadai.
Namun sebaliknya jika Anda memang benar-benar tidak memiliki uang untuk modal usaha. Anda dapat menjual emas yang Anda miliki. Prinsipnya, jika hal yang Anda lakukan bukan untuk kepentingan konsumtif, tetapi untuk hal-hal produktif. Menjual emas bisa menjadi prioritas utama dibandingkan gadai.
Mengapa gadai tidak menjadi prioritas utama? Karena ada beberapa biaya yang muncul setiap bulannya. Seperti biaya penitipan (Bank Syariah), bunga (Bank Konvensional), dan uang pinjaman. Mengapa pada tulisan di paragraf dua lebih di anjurkan gadai dibandingkan menjual?
Harapannya dengan memproduktifitaskan emas, Anda dapat melahirkan pendapatan baru. Dari pendapatan itu, nantinya bisa digunakan untuk menebus emas. Sebenarnya emas itu hanya sebagai “penjaga aset” dari inflasi, jika Anda ingin mencari untung yang lebih besar, perniagaan (bisnis) adalah jawabannya.

Apakah Anda sendiri memiliki strategi yang lain terkait gadai atau jual emas untuk usaha? Share pengalaman Anda di kotak komentar di bawah artikel ini. Baca juga tulisan menarik lainnya soal: “Tips Menabung Emas untuk Pelajar
Jangan lupa bagikan tulisan ini ke FacebookTwitter, Google Plus, Path, dan WhatsApp agar banyak orang yang berani untuk memproduktivitaskan emas yang mereka miliki!