Di situasi pandemi saat ini, hampir semua aspek kehidupan dilakukan dari dalam rumah. Salah satunya adalah proses belajar mengajar.

Untuk menghindari paparan virus, pemerintah menetapkan aturan bahwa proses belajar mengajar harus dilakukan via online. Namun terkadang proses belajar mengajar secara online ini terasa sangat membosankan.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah terobosan baru bagi para guru agar proses belajar mengajar kembali hidup seperti yang sering dilakukan di kelas.

Para guru tersebut dapat mengganti media pembelajaran yang biasanya memanfaatkan WhatsApp grup ataupun platform lainnya dengan platform yang lebih menarik.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah OBS. Aplikasi ini dinilai bisa membantu tenaga pengajar untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran yang lebih bervariasi dan inovatif dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada.

Apa Itu OBS?

Mungkin OBS masih terdengar asing di kalangan orang awam. Namun, aplikasi memiliki manfaat dan kelebihan yang dapat memudahkan tenaga pengajar dalam menciptakan suasana pembelajaran online yang menarik.

OBS merupakan singkatan dari Open Broadcast Software. OBS Studio ini merupakan sebuah software yang bisa digunakan untuk perekaman video ataupun live streaming.

Software ini bersifat open source sehingga siapa saja bisa menggunakannya untuk memudahkan kegiatannya. Umumnya OBS digunakan oleh sebagian besar youtuber gaming yang biasanya digunakan untuk menyiarkan kegiatannya.

Sifatnya yang open source inilah yang membuat OBS telah dilengkapi dengan source code yang terbuka untuk semua orang. Semua orang juga dapat berkontribusi dalam proses pengembangan aplikasi ini.

Jika kamu berniat untuk mendownload dan mengunjungi OBS, langsung saja buka link website obsproject.com. Di sana kamu bisa mendownload software ini dan dapat mengetahui segala hal yang berhubungan dengan OBS ini.

OBS ini juga sudah dapat digunakan pada banyak jenis sistem operasi seperti Linux, Windows ataupun Mac. Hal inilah yang membuat pengguna OBS ini semakin bertambah.

Adapun fitur yang biasanya disediakan oleh OBS adalah fitur yang digunakan untuk capture layar, encoding, recording, scene composition dan juga broadcasting.

Hal inilah yang menyebabkan OBS sangatlah cocok apabila digunakan sebagai salah satu media untuk proses belajar mengajar secara online.

OBS menggunakan prinsip transmisi data secara real time menggunakan protokol RTMP (Real Time Messaging Protocol). Dengan menggunakan protokol ini, OBS dapat digunakan untuk keperluan streaming situs web seperti Facebook, YouTube, ataupun Twitch.tv.

Hampir semua format gambar ataupun video bisa digunakan pada OBS. Baik itu berbentuk foto ataupun webcam. Bahkan OBS juga bisa dugunakan plugin untuk browser dengan hanya mengetikkan alamat website yang akan dimasukkan.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh OBS Studio.  Salah satu kelebihan yang membuat banyak orang menggunakan OBS ini adalah software ini dapat melakukan perekaman hingga resolusi tinggi sekalipun.

OBS juga memiliki suatu mode yang disebut dengan mode studio yang membuat video kamu lebih terlihat profesional. Dengan demikian, kualitas video yang dibuat menjadi lebih baik dan berkelas.

Manfaat OBS

Ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh OBS ini. Tak heran software ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk keperluan video dan juga live streaming.

Banyaknya fitur yang disediakan membuat proses membuat video menjadi lebih mudah. Beberapa manfaat dari OBS antara lain adalah:

1. Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran secara online saat ini sudah sangat sering dilakukan. Dengan menerapkan mode pembelajaran secara online, proses belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Apalagi di musim pandemi seperti ini, proses pembelajaran online dipilih sebagai mode pembelajaran utama saat ini. Hal ini dikarenakan proses belajar mengajar secara langsung dapat meningkatkan resiko penularan virus.

Dengan menggunakan OBS Studio, proses belajar mengajar online tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Ada banyak sekali fitur yang dapat membantu tenaga pengajar untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Selain itu, sifatnya yang open source membuat siapa saja bisa menggunakan software ini secara gratis, kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, OBS sangatlah cocok apabila digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh secara online.

2. Sebagai Media Live Streaming Kajian Islam

Di masa pandemi ini, larangan untuk berkumpul dan berkerumun sangatlah ditekankan oleh pemerintah. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan juga menjadi terkena imbasnya.

Salah satu kegiatan keagamaan yang ikut terkena imbas dampak pandemi ini adalah kajian islam. Kajian islam yang biasanya dilakukan secara rutin haruslah ditiadakan karena adanya larangan berkumpul.

Namun sebenarnya kajian islam tersebut tetap dapat dilakukan selama masa pandemi ini, dengan tetap patuh pada larangan untuk berkumpul. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan kajian islam secara online.

Kajian islam secara online biasanya dilakukan dengan cara streaming. Hal ini dilakukan agar suasana kajian online terasa sama dengan kajian biasanya yang dilakukan secara langsung.

Salah satu software yang biasanya dipilih untuk melakukan kajian secara online adalah OBS. Alasan penggunaan OBS ini adalah cara penggunaan yang mudah dan juga gratis.

3. Sebagai Media Untuk Video Tutorial yang Membutuhkan Perekaman Layar

OBS Studio juga bisanya digunakan sebagai media untuk membuat video tutorial yang membutuhkan perekaman layar. Hal ini dikarenakan OBS memiliki fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan seperti itu.

Selain itu, penggunaannya juga mudah dan tidak rumit. Video tutorial yang menyertakan perekaman layar memang sedang banyak bermunculan saat ini. Hal ini dinilai dapat membuat video tutorial menjadi lebih jelas dan informatif.

Biasanya video tutorial jenis ini berisi penjelasan mengenai cara menjalankan suatu aplikasi pada komputer. Penonton video ini tentu saja ingin melihat kamu melakukan sesuatu yang diarahkan secara langsung pada aplikasi komputer tersebut.

Dengan demikian, penonton menjadi lebih cepat mengerti. Selain gratis, alasan banyak orang menggunakan OBS untuk proses pembuatan video tutorial adalah hasil videonya.

Hasil video yang direkam menggunakan OBS Studio sangatlah berkualitas dan memiliki resolusi yang baik.

4. Sebagai Media Untuk Pembuatan Video Saat Bermain Game

OBS paling banyak digunakan oleh para Youtuber gaming untuk membuat video bermain game. Biasanya isi video tersebut adalah tampilan layar saat Youtuber tersebut bermain game dan juga rekaman dirinya saat bermain game.

Untuk membuat video dengan model seperti itu, dibutuhkan sebuah software dengan resolusi perekaman yang baik. Hal ini dikarenakan resolusi dan kualitas video merupakan salah satu poin yang diperhatikan oleh para viewers.

Tuntutan seperti itulah yang membuat para Youtuber tersebut mencari sebuah software yang mampu menciptakan video dengan resolusi baik dan gratis. Resolusi perekaman layar yang baik tersebutlah yang membuat para Youtuber tersebut memilih OBS.

Resolusi perekaman yang baik membuat hasil video menjadi jernih dan memiliki kualitas yang baik. Dengan menggunakan OBS, kualitas video yang dibuat menjadi sangat baik, sehingga terlihat profesional.

Tips Menggunakan OBS

Video yang dibuat ataupun proses streaming haruslah berkualitas Oleh karena itu, penting bagi streamer untuk membuat video dengan kualitas yang bagus agar video atau proses streaming terlihat profesional.

Selain itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan terkait pengaruh OBS Studio terhadap kinerja Komputer dan beban CPU yang digunakan. Beberapa tips dalam menggunakan OBS antara lain adalah:

1. Menggunakan Audio yang Berbeda Untuk Streamer dan Viewers

Terkadang audio yang didengar oleh streamer dan viewers merupakan audio yang sama. Namun, ternyata streamer dapat menambahkan musik latar belakang pada video streaming yang hanya dapat didengar oleh para viewers.

Penggunaan musik latar belakang ini dapat membuat proses streaming menjadi lebih menarik dan viewers tidak akan merasa bosan. Hal ini tentu saja dapat menjadi daya tarik bagi video streaming tersebut.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan musik latar belakang tersebut adalah dengan mengunduh dan menginstall virtual audio device.

Kemudian siapkan virtual audio device tersebut pada OBS.Live dengan cara mengarahkan virtual audio tersebut pada output melalui pengaturan.

2. Mengatur Suara Apa Saja yang dapat Direkam Oleh Mikrofon

Pada saat streaming berlangsung seringkali beberapa suara selain streamer terekam dan terdengar oleh viewers. Hal ini tentu saja membuat video menjadi berisik dan terlihat tidak profesional.

Hal tersebut dapat dicegah dengan mengatur noise gate pada pengaturan OBS.Live. Kamu dapat mengatur ambang batas suara yang akan direkam.

Suara yang akan masuk ke dalam rekaman adalah suara yang memiliki audio yang lebih besar dibandingkan dengan ambang batas yang telah diatur.

Oleh karena itu, streamer dapat mengatur suara apa saja yang dapat terekam oleh mikrofon. Klik kanan pada Audio Input Capture, lalu klik kanan dan pilih Filters, selanjutnya klik tanda tambah, lalu pilih Noise Gate.

Suara yang menggangu atau noise bisa kamu cut dengan fitur Noise Gate ini.

3. Gunakan Filter Untuk Menyesuaikan Tampilan Web Cam

Cara Menggunakan OBS Studio Chroma Key

Terkadang pencahayaan dan warna antara Web Cam dan layar monitor terlihat berbeda. Oleh karena itu, perlu penyesuaian terhadap tampilan Web Cam tersebut agar video terlihat lebih seimbang.

Cara yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan tampilan tersebut adalah dengan menggunakan filter koreksi warna. Filter yang biasanya digunakan adalah Chroma Key filter.

4. Mengurangi Penggunaan CPU dengan Menggunakan Graphics Card

Salah satu malah yang sering disebabkan oleh penggunaan OBS adalah beban CPU yang digunakan cukup besar. Namun, kamu tak perlu khawatir karena beban CPU tersebut bisa dikurangi.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi beban penggunaan CPU adalah dengan menggunakan graphic card. Graphic card ini nantinya akan digunakan untuk proses encoding sehingga tidak perlu dibebankan pada CPU lagi.

Cara penggunaan graphic card untuk proses encoding ini pun cukup mudah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuka menu pengaturan hardware yang ada pada OBS.

Kamu hanya perlu pergi ke menu hardware (NVENC) -> output -> streaming.

5. Menyesuaikan Video Bitrate

Menyesuaikan bitrate Video di OBS Studio

Besarnya video bitrate juga dapat mempengaruhi beban dari CPU yang digunakan. Jika menggunakan ukuran bitrate yang kecil pada saat streaming, maka beban CPU akan menjadi kecil juga.

Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui yaitu semakin kecil video bitrate maka kualitas dari pixel video pun akan semakin kecil. Hal ini tentu saja mempengaruhi kualitas dan kejernihan video.

Oleh karena itu, janganlah mengatur video bitrate dengan ukuran yang sangat rendah. Usahakan video bitrate tidak lebih kecil dari 2000. Video dengan bitrate kurang dari dua ribu memiliki kualitas yang kurang bagus.

Kamu bisa mengatur video bitrate dengan mudah pada OBS Studio. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan kemudian output dan dilanjutkan dengan mengklik menu streaming.

6. Mengurangi Beban CPU dengan Memuat Overlay dari Satu Sumber Browser

Beban CPU pada saat streaming dapat dikurangi dengan cara memuat overlay dari satu sumber browser saja. Hal ini terbukti dapat mengurangi beban CPU pada saat proses streaming sedang berjalan.

Hal ini dikarenakan CPU hanya perlu memuat satu sumber browser saja dan tidak perlu memuat beberapa sumber yang nantinya akan menambah beban CPU. Selain dapat mengurangi beban CPU. cara ini pun dinilai lebih sederhana.

7. Mencegah Penurunan Kualitas Ketika Menggunakan NVENC

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan beban CPU adalah dengan menggunakan graphic card pada proses encoding. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan NVENC.

Namun kadang kala terjadi penurunan kualitas pada saat encoding tersebut. Untuk mengatasinya, dapat diakali dengan meningkatkan video bitrate.

Dalam meningkatkan video bitrate, tidak perlu meningkatkannya dengan sangat tinggi. Selain justru dapat membebankan CPU, video bitrate yang terlalu tinggi dapat membuat video sulit untuk diunduh oleh sebagian besar orang.

Adapun ukuran video bitrate yang sesuai dan paling sering digunakan oleh banyak orang adalah 3500. Pemilihan ukuran video bitrate dengan besar 3500 tersebut dinilai sudah efektif untuk mengakali penurunan kualitas video pada saat proses encoding dan dapat diunduh dengan mudah walaupun kecepatan pengunduhan tidak terlalu tinggi.

8. Memilih Filter Downscale Bagi Komputer yang Tidak Terlalu Power Full

Jika menggunakan komputer yang tidak terlalu power full untuk streaming, tak ada salahnya untuk melakukan downscale pada resolusi video. Hal ini dilakukan agar CPU tidak memiliki banyak beban penggunaan pada saat streaming berlangsung.

Selain itu pada saat streaming, viewers kamu tidak semuanya memiliki resolusi layar yang besar. Pilihlah resolusi dengan ukuran yang sedang saja saat melakukan streaming.

Ada juga beberapa filter yang dapat dipilih pada OBS. Namun, filter yang sangat cocok digunakan untuk komputer yang tidak terlalu power full adalah Bilinear.

Filter ini sudah dikenal sangat baik karena filter ini tidak akan menghabiskan terlalu banyak sumber daya untuk melakukan downscale.

9. Memilih Ukuran FPS yang Lebih Kecil Untuk Komputer yang Kurang Power Full

Jika ingin beban CPU menjadi lebih kecil pada saat streaming, maka pilihan ukuran FPS yang sesuai. Ukuran FPS tentu saja sangat berpengaruh terhadap beban CPU yang digunakan.

Biasanya ukuran FPS yang digunakan oleh komputer dengan kapasitas CPU yang kurang power full adalah sebesar 30 FPS. Ukuran ini dinilai sangat pas dan kecepatan streamingnya juga masih bisa dimaklumi oleh viewers.

Jenis Plugin Terbaik Untuk OBS-Studio

Seperti yang telah diketahui, OBS merupakan sebuah software untuk proses streaming dan pembuatan video yang bersifat open-source. Hal ini tentu sama membuat siapa saja dapat mengembangkannya.

Bagi seorang streamer sifat open source pada OBS tentu saja menguntungkan, dikarenakan terkadang ada beberapa fungsi yang tidak dimiliki oleh OBS Studio.

Oleh karena itu, biasanya streamer akan menambahkan fungsi lain yang dibutuhkan tersebut ke dalam OBS. Beberapa jenis plugin terbaik dan paling sering ditambahkan streamer ke dalam OBS-Studio antara lain adalah:

1. OBS-NDI

Plugin OBS ini dikembangkan oleh seorang yang bernama Palakis. OBS-NDI ini dapat mengizinkan stream setup dua buah PC tanpa adanya adapter ataupun capture cards.

Plugin ini sangat cocok bagi streamer yang menginginkan peningkatan pada streaming set up game. Cara penggunaanya yang sangat mudah dan aksesnya yang gratis membuat banyak orang menyukai jenis plugin ini.

Plugin ini dapat digunakan pada komputer yang CPU nya sudah mendukung set instruksi Supplemental SSE3 (SSSE3). Jika kamu ingin memeriksa apakah set instruksi ini sudah mendukung CPU, silahkan cek pada CPUworld kemudian cari model CPU dan lihat pada ‘extensions and technologies’

2. VST PLUGINS

Jenis plugin lainnya yang paling banyak digunakan oleh banyak orang adalah VST PLUGINS. Plugin ini menawarkan kualitas audio yang lebih bagus bila dibandingkan dengan kualitas audio original milik OBS Studio.

Kualitas audio merupakan salah satu unsur penting yang diperhatikan oleh banyak orang. Kualitas video yang bagus tidak ada artinya apabila tidak diimbangi dengan kualitas audio yang bagus pula.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih VST PLUGINS karena kualitas audio yang ditawarkan sangat bagus. Jika menggunakan VST PLUGINS, kamu dapat mengatur compression, microphone EQ, control peaking dan control background noise dengan sangat mudah. Dengan demikian, kebersihan dan kualitas audio menjadi meningkat.

3. OBS Websocket (+ Touch Portal)

Jenis plugin lainnya yang sering digunakan oleh banyak orang adalah OBS Websocket. Plugin ini merupakan jenis plugin yang juga dikembangkan oleh Palakis.

Plugin ini memungkinkan streamer untuk mengizinkan program lain dalam mengontrol pemilihan scene, pemilihan sumber dan kegiatan lainnya. Hal ini membuat para streamer dapat memperoleh fungsi yang sama dengan fungsi yang ditawarkan oleh Elgato Stream Deck.

Fungsi tersebut bisa didapatkan dengan mengombinasikan plugin OBS Websocket dengan program yang disebut dengan Touch Portal. Untuk menggunakan plugin ini, streamer hanya perlu menyediakan Android ataupun IOS device yang kompatibel.

Cara Live Streaming Menggunakan OBS dan Castr

Cara Menggunakan Castr untuk Multi Streaming di OBS Studio

Terkadang banyak streamer yang menginginkan kegiatan streaming di dua platform sekaligus. Contoh platform yang biasanya digunakan untuk streaming adalah Facebook dan juga YouTube.

Terdapat cara yang sangat mudah bagi streamer yang ingin melakukan proses streaming di dua platform sekaligus, misalnya pada Facebook dan YouTube. Cara tersebut adalah dengan menggunakan Castr.io.

Castr.io dapat membantu para streamer melakukan streaming dengan mudah di dua platform sekaligus menggunakan OBS. Adapun cara yang dapat dilakukan agar streamer dapat melakukan streaming di dua platform tersebut menggunakan OBS dan Castr.io adalah:

1. Cara Membuat OBS Terhubung dengan Castr.io.

Untuk melakukan streaming di dua platform, streamer harus memastikan OBS pada komputernya terhubung dengan Castr.io. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menghubungkan OBS dengan Castr.io adalah:

  • Buka software OBS.
  • Kemudian bukalah menu pengaturan pada OBS.
  • Pilihlah bagian stream section.
  • Lalu pilih stream type-streaming service.
  • Izinkan untuk memperlihatkan semua service dengan cara enable checkbox “show all service”.
  • Lihat pada service dropdown dan pilih Castr.io.
  • Pilihlah lokasi server yang akan digunakan.
  • Paste stream key yang telah didapatkan kemudian klik OK.
  • Setelah semuanya selesai, proses live stream bisa dilakukan.

2. Cara Set Up Facebook dan YouTube Untuk Proses Multi Streaming

Setelah OBS dan Castr.io terhubung, langkah selanjutnya adalah mengatur Facebook dan YouTube untuk memulai proses multi streaming. Cara yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Setelah memulai streaming dari OBS menggunakan Castr.io, kliklah menu Add Platform pada dashboard Castr.io
  • Pilihlah YouTube dari list platform.
  • Setelah itu, tambahkan YouTube streaming server dan juga stream key yang telah didapatkan.
  • Jika sudah, maka streamer sudah dapat melihat YouTube pada list Published Platform pada Caster.io
  • Lakukan hal yang sama jika kamu ingin menambahkan Facebook untuk kegiatan streaming.

OBS memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu kamu yang ingin melakukan kegiatan streaming. Selain itu, sifatnya yang open-source membuat siapa saja bebas mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

0 0 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...