Salah satu keuntungan membuat blog dengan platform WordPress adalah bisa menambahkan plugin tertentu untuk mengembangkan kemampuan blog.

WordPress menyediakan banyak jenis plugin, termasuk plugin WordPress yang berfungsi untuk meningkatkan optimasi blog di mesin pencari, atau lazim disebut plugin SEO.

Definisi Plugin WordPress dan Fungsinya

Plugin adalah sebuah program komputer yang memiliki kegunaan untuk memperluas fungsi program utama. Jadi, plugin WordPress dapat diartikan sebagai program atau perangkat lunak tambahan yang memiliki fungsi tertentu dan dapat diintegrasikan dengan WordPress. Penambahan plugin akan memperluas fungsi blog sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Plugin memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

  • Memperluas atau menambah fungsi fitur pada blog WordPress
  • Mendukung fitur yang belum terlihat
  • Mengurangi ukuran aplikasi WordPress, baik dari sisi kapasitas, kebutuhan band with, dan sebagainya.

Plugin WordPress terdiri dari bermacam kegunaan: meningkatkan SEO, mempercepat loading, memblokir komentar spam, membagikan artikel, menampilkan icon media sosial, dan lain-lain.

Salah satu jenis plugin WordPress yang sangat penting bagi para blogger adalah plugin SEO.

Plugin WordPress yang Wajib Dipasang untuk Optimasi SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah metode agar mesin pencari seperti Google dapat mengindeks sebuah blog di internet. Tujuannya adalah agar blog tersebut ditampilkan di halaman pertama setiap kali ada proses pencarian dengan keyword yang sesuai.

Bagi sebuah blog, SEO merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan atau mempromosikan blog. Sebuah blog tidak bisa dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan oleh search engine, karena hampir semua pencarian informasi dilakukan melalui mesin pencari, terutama Google.

Tampil di halaman pertama Google adalah impian semua pemilik blog. Tak heran jika para blogger berlomba-lomba mengoptimalkan blognya dengan berbagai cara.

Misalnya, memilih domain dan kata kunci yang tepat, menulis konten yang unik dan berkualitas, konsisten menulis, dan sebagainya. Pada blog WordPress, optimasi SEO dapat dibantu dengan memasang plugin.

Ada banyak plugin SEO yang bisa dipasang pada blog WordPress. Berikut ini tujuh di antaranya:

1. Yoast SEO

Hingga saat ini, Yoast SEO masih menjadi plugin SEO WordPress terbaik dan terpopuler. Selain setting-nya mudah dipelajari dan dikerjakan, menunya juga lengkap.

Hampir semua kebutuhan SEO bisa dilakukan dengan Yoast SEO. Plugin ini juga terintegrasi dengan fitur XML Sitemaps sehingga tidak perlu menginstal plugin sitemaps secara terpisah.

Saat menulis, plugin ini menjadi wadah untuk menempatkan kata kunci, judul, deskripsi, dan mengukur tingkat SEO tulisan setelah dipublikasikan.

Yoast SEO akan mengukur tingkat penggunaan kata kunci sehingga tulisan bisa dibuat lebih SEO friendly. Plugin ini juga bisa digunakan untuk menambahkan SEO title, meta description dan meta keyword.

2. All in One SEO Pack

Sesuai namanya, All in One SEO Pack memiliki banyak fitur untuk menaikkan peringkat blog di mesin pencari, seperti optimasi judul, meta tag, pengaturan meta description, sitemap XML, dan lainnya. Yang menarik, plugin ini terintegrasi dengan Google Analytics sehingga traffic blog dapat terus dipantau.

3. SEO Ultimate

Walaupun tidak sepopuler Yoast SEO atau All in One SEO Pack, fitur pada plugin SEO Ultimate juga tidak kalah lengkap. Salah satu keunggulannya adalah mampu mengedit title tag, keywords, dan description dari banyak artikel atau halaman, hanya dari satu halaman setting saja.

4. Scribe

Plugin lain yang fokus pada keyword artikel adalah Scribe. Tak hanya berguna untuk optimasi, plugin ini juga memiliki fitur riset dengan cara membantu memilih keyword yang banyak dicari orang. Menarik, bukan?

5. SEO Content Helper

Dari namanya, sudah jelas plugin ini membantu optimasi SEO melalui konten blog. SEO Content Helper membantu menentukan focus keyword dan menilai kualitas artikel dengan menghitung persentase focus keyword tersebut dalam artikel yang sedang ditulis. Kelebihannya, plugin ini dapat memantau dua focus keyword sekaligus dalam satu artikel.

6. SEO Friendly Images

Tak hanya tulisan, Google juga banyak digunakan untuk mencari gambar melalui Google Images. Gambar yang memiliki ALT Image dan Title memiliki kesempatan lebih besar untuk muncul di halaman pertama pencarian.

Saat di-klik, gambar akan mengarah ke blog yang memuat gambar tersebut. Karena itu, plugin ini wajib dipasang oleh blogger yang hobi menulis artikel berbentuk listicle dengan banyak gambar pendukung.

SEO Friendly Images akan mengoptimasi penggunaan gambar karena secara otomatis menambahkan ALT Image dan Title pada setiap gambar.

7. All in One Schema.org Rich Snippets

Kelebihan plugin ini adalah dapat meningkatkan SEO blog dengan cara membuat ringkasan artikel blog. Search engine akan menampilkan informasi utama dari sebuah artikel, seperti gambar, rating bintang, harga, dan penulis. Namun, berhati-hatilah jangan sampai menambahkan rating bintang pada artikel yang tidak sesuai.

Selain melalui tulisan, ada juga plugin yang meningkatkan peringkat SEO blog WordPress dengan cara mengindeks blog di mesin pencari dan meningkatkan kecepatan blog.

Contohnya adalah plugin Google XML Sitemaps yang akan membantu search engine mengindeks blog dengan lebih baik serta memberikan informasi kepada mesin pencari setiap ada postingan baru.

Kecepatan loading juga sangat menentukan peringkat blog pada mesin pencari. Robot Google menjadi lebih cepat memeriksa konten blog dan pengunjung juga betah berlama-lama berada di blog.

Kedua hal ini akan menaikkan peringkat blog. Kecepatan loading blog bisa ditingkatkan dengan memasang beberapa plugin seperti Autoptimize, WP Super Cache, dan W3 Total Cache.

Meskipun banyak plugin WordPress yang menarik, pilihlah yang benar-benar diperlukan saja. Jangan memasang terlalu banyak plugin karena dapat mengakibatkan blog terlalu berat, bahkan error.