Daftar Paket Internet 4G yang Ada di Indonesia

Internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang. Tak hanya orang dewasa, generasi muda pun sangat akrab dengan aneka gawai canggih yang terhubung dengan internet.

Beragam aktivitas bisa dilakukan, mulai dari main game, mengakses Youtube, hingga berselancar di dunia maya. Untuk beragam kebutuhan itu, koneksi internet 4G termurah tentu menjadi incaran.

Siapa sih yang tak ingin mendapatkan akses internet dengan harga super irit? Tentunya semua pelanggan ingin dimanjakan dengan kuota berlimpah dan kualitas layanan maksimal.

Baca juga : Hal-hal yang Perlu Anda Setting di Awal Pada Saat Memiliki Smartphone Baru

Tak heran, pihak operator berlomba-lomba menyediakan paket-paket internet 4G yang paling murah untuk pelanggannya.

Di Indonesia, ada beberapa penyedia jasa internet yang bisa dipilih oleh jutaan pelanggan. Meski pemerintah telah menetapkan standard telekomunikasi, tetap saja masing-masing operator memiliki kualitas jaringan yang berbeda.

Untuk itu, pelanggan harus jeli dalam memilih operator yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja: budget.

Berikut ini perbandingan umum beberapa operator selular ternama di Indonesia yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Paket Internet 4G dari Telkomsel

Operator seluler yang merupakan anak perusahaan dari Telkom ini mengklaim memiliki jaringan paling luar dan stabil di seluruh penjuru tanah air. Dalam situs resminya, Telkomsel merilis 480 kota yang telah ter-cover jaringan 4G yang beroperasi pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz dengan kecepatan unduh hingga 100 Mbps.

Telkomsel juga menawarkan banyak produk bagi pelanggannya. Mulai dari Simpati, KartuAs, Simpati Loop, dan Kartu Halo. Untuk yang terakhir ini, kualitas jaringan dan paket internet yang disediakan lebih nyaman dan memanjakan pelanggannya. Biasanya, pelanggan Kartu Halo memang mendapat prioritas layanan internet.

Baca juga : Tips Mendapatkan Bonus Pulsa Rp. 50.000 dari Telkomsel

Namun, harga paket internet Telkomsel dikenal lebih mahal dibandingkan kompetitornya. Selain itu, ada juga pemberlakuan local data dan jam malam. Konsekuensinya, pelanggan akan dikenakan tarif yang berbeda-beda, tergantung lokasi pengaktifan paket data. Paket unggulan Telkomsel yakni paket internet Flash, mulai Rp52.500,00-Rp155.000,00 per bulan.

2. Paket Internet 4G dari XL

Operator seluler swasta tertua di Indonesia ini adalah salah satu pelopor jaringan 4G. XL Axiata merilis telah memiliki layanan 4G di 330 kota di tanah air. Beberapa di antaranya bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas 4.5G. Sayangnya, layanan ini lebih terpusat di kota-kota besar saja. Kecepatan unggah dan unduhnya juga bervariasi, tergantung lokasi.

Paket XTRA Combo menjadi andalan XL dalam menyediakan layanan internet bagi pelanggannya. Dengan kisaran harga dari Rp59.000,00 hingga Rp239.000,00, pelanggan dimanjakan dengan kuota akses internet berlimpah, plus bonus YouTube dan kuota telepon yang berlaku untuk 30 hari. Selain itu, ada juga paket internet lain seperti Hotrod dan Super Ngebut.

3. Paket Internet 4G dari Indosat Ooredoo

Operator yang kini memakai nama resmi Indosat Ooredoo ini menawarkan paket internet bernama Freedom Combo. Paket ini memiliki pilihan harga dan kuota yang cukup besar serta akses ke layanan streaming musik Spotify dan film Iflix. Indosat mengklaim jaringan Super 4G-LTE miliknya sebagai yang tercepat di Indonesia.

Namun, sebuah survey menunjukkan kecepatan unduh dan unggah yang diklaim Indosat Ooredoo tersebut tak sepenuhnya terbukti. Bahkan di beberapa titik, kecepatan unduhnya berada di bawah kemampuan Telkomsel. Harga paket internet 4G Freedom Combo ini berkisar antara Rp. 59.000-Rp. 199.000 dengan kuota hingga 12 GB per bulan.

Selain paket Freedom Combo, Indosat Ooredoo juga menawarkan paket lain, yakni Freedom Postpaid (Pasca Bayar). Dengan harga mulai Rp99.000,00-Rp299.000,00 saja, pelanggan akan mendapatkan total kuota hingga 80 GB di jaringan 4G. Dengan paket ini, pelanggan tak perlu repot mengisi pulsa dan mengaktifkan paket setiap bulan.

4. Paket Internet 4G dari Tri

Salah satu operator termuda di tanah air ini merupakan anak perusahaan CK Hutchison Holdings, sebuah konglomerasi Hongkong.

Sejak beroperasi tahun 2007 yang lalu, Tri telah merilis 227 kota di seluruh nusantara masuk dalam jaringan layanannya. Tak heran, jumlah pelanggannya juga makin bertambah.

Layanan internet 4G sendiri mulai dilancarkan sejak September 2017 lalu. Pelanggan dimanjakan dengan harga paket yang bersahabat. Performa kecepatan unggah dan unduh, Tri menempati posisi standard.

Baca juga : Cara Mudah Registrasi Kartu SIM Terkait Aturan Baru Kemenkominfo

Namun, layanan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan internet bagi para pelanggan yang sering beraktivitas di luar ruang.

Tri menawarkan paket internet Nonstop 4G sebagai andalannya. Kisaran harganya yakni Rp65.000,00-Rp245.000,00 untuk kuota akses mulai 33 GB hingga 102 GB, plus bonus telepon 30 menit.

Paket internet minimal berlaku selama 30 hari, sedangkan paket terbesar bisa dipergunakan hingga 90 hari. Untuk kuota menelepon, hanya berlaku selama 30 hari saja.

5. Paket Internet 4G dari Smartfren

Paket internet 4G yang ditawarkan oleh Smartfren terbilang cukup sederhana, yakni kuota internet yang berlaku selama 24 jam, serta bonus internet malam yang bisa dipergunakan mulai pukul 01.00-06.59 WIB.

Mengenai harga, cukup bersahabat yaitu mulai Rp60.000,00-Rp150.000,00. Bonus internet malam ini hanya berlaku untuk paket Volume Based/Auto Renewal.

Operator selular milik grup Sinarmas ini sebelumnya mengoperasikan jaringannya dengan teknologi CDMA. Smartfren juga merupakan pioneer layanan 4.5G dengan teknologi Time Division Duplex (TDD) dan Frequency Division Duplex (FDD) yang mampu memberi kecepatan unduh hingga 300 Mbps.

Smartfren bekerja di dua jaringan yakni 850 MHz dan 2.300 MHz. Sayangnya, kecanggihan teknologi ini kurang didukung cakupan layanan yang prima.

Rata-rata, kecepatan unduh yang terbilang cukup spektakuler ini baru bisa dinikmati para pelanggan di pulau Jawa dan sebagian Sumatera. Selain itu, kualitas layanan Smartfren ini juga masih bervariasi di banyak tempat.

Untuk Anda yang mobile, sebaiknya mempertimbangkan hal ini. Demikian kumpulan informasi tentang paket internet 4G termurah di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.