Ini Dia Daftar Paket Internet Unlimited untuk Rumahan

Saat ini, internet bukan lagi kebutuhan sekunder. Tak hanya untuk keperluan kantor saja, kebutuhan akan internet sudah merambah pada hampir semua aspek kehidupan.

Karena itu, tak mengherankan jika internet juga diperlukan di rumah. Meski demikian, kita tentu harus tetap memperhatikan anggaran keluarga. Karena itu, memilih paket internet unlimited yang terjangkau sangat disarankan.

Ada beragam kebutuhan rumah tangga yang saat ini bisa dipenuhi dengan bantuan internet. Sebut saja memesan jasa laundry, cleaning service, hingga memesan makanan ke restoran favorit, bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga : Bahaya Internet untuk Anak dan Tips Mengatasinya yang Semua Orangtua Harus Mengetahuinya

Aneka aplikasi smartphone yang terkoneksi dengan internet, memungkinkan pelanggan bertemu dengan penyedia jasa yang akan memenuhi kebutuhan tersebut dengan biaya murah.

Umumnya penyedia jasa memiliki beberapa pilihan layanan, mulai dari nirkabel (wifi) hingga yang menggunakan kabel. Semuanya dilengkapi dengan pilihan paket data. Untuk paket internet rumahan, penyedia biasanya melengkapinya dengan fasilitas TV kabel.

Untuk Anda yang berniat memasang internet di rumah, berikut perbandingan beberapa penyedia untuk bahan pertimbangan.

1. Paket Internet Indihome

Pilihan paket internet dari indihome

Dulu, kita mengenalnya dengan sebutan Speedy Internet. Layanan ini merupakan milik PT Telkomsel Indonesia, Tbk. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air, tak mengherankan jika jangkauan Indihome paling luas dibanding kompetitornya. Pelanggan bisa memilih aneka paket yang menarik.

Sejak 2015 yang lalu, Indihome resmi menggantikan posisi Speedy Internet. PT Telkomsel, Tbk. mengklaim layanan ini memiliki koneksi internet yang lebih stabil, karena menggunakan teknologi fiber optik.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Akun Internet Banking Anda di Hack

Sebagai contoh, untuk paket rumahan Indihome membanderol kecepatan hingga 10 Mbps. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemberlakuan fair usage.

Hingga batas 300 GB, pelanggan masih bisa menikmati kecepatan 10 Mbps. Setelah itu, kecepatan akan turun menjadi 75 persen dari kecepatan awal. Angka ini akan menurun kembali menjadi 50 persen, ketika melewati fair usage 400 GB.

2. First Media

Berlangganan paket internet unlimited firstmedia

Layanan ini adalah besutan PT Safira Ananda. Serupa dengan Indihome, First Media juga memberikan layanan Triple Play kepada pelanggannya.

First Media mengklaim sebagai salah satu penyedia layanan internet broadband unlimited dengan akses cepat dan murah yang bisa dipergunakan selama 24 jam nonstop.

First Media menjadi provider pertama yang menawarkan kecepatan internet hingga 100 Mbps sejak 2013 yang lalu. Dengan teknologi kabel fiber-coaxial hybrid, First Media menjanjikan layanan prima bagi para pelanggannya.

Teknologi ini memungkinkan pelanggan menikmati koneksi internet yang relatif stabil, cocok untuk Anda yang hobi berselancar.

Baca juga : 7 Penyebab Kuota Internet di Android Cepat Habis

Nah, bagi Anda yang menyukai hiburan dari TV kabel, First Media juga menawarkan fasilitas yang tampaknya sulit ditolak. Bagaimana tidak? Ada lebih dari 160 channel lokal dan internasional dengan kualitas audio-visual yang mumpuni, yang bisa diakses kapan saja.

Tentu saja ada beragam acara untuk anak-anak, orang tua dan juga keluarga. Ada beberapa paket internet rumahan yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk pemula, bisa memilih paket dengan kecepatan standard. Sedangkan untuk Anda yang aktif streaming, bermain game, atau mengakses video bisa, memilih paket data yang lebih besar.

3. Paket Internet Unlimited MNC Play

Paket internet unilited dari MNC Play

Menggandeng ZTE, MNC Play memberikan pilihan paket internet dengan akses kecepatan hingga 200 Mbps. Selain itu, penyedia juga melengkapinya dengan teknologi Fiber to the home (FTTH) yang mampu menyambungkan hingga 2 juta rumah pengguna di 10 kota besar se-Indonesia, dengan kabel fiber optik khusus.

Berbeda dengan penyedia jasa internet rumahan lainnya yang rata-rata masih menggunakan kabel tembaga sebagai media penghantar, dengan teknologi FTTH ini MNC Play mampu menyediakan jaringan dengan kapasitas hingga 2.5 Gbps. Hal ini masih didukung dengan kecepatan internet hingga 1 Gbps.

4. Paket Internet Unlimited Biznet

Paket internet unlimited dari Biznet untuk rumahan

Penyedia jasa internet ini terkenal dengan area layanan yang cukup luas. Tersedia di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia, Biznet menyediakan dua pilihan layanan yakni paket combo internet dan TV kabel, atau paket internet saja. Biznet juga menawarkan kecepatan maksimal hingga 100 Mbps, dengan harga yang relatif terjangkau.

Paket combo ditawarkan mulai dari Rp400.000,00 hingga Rp1.150.000,00 per bulan. Harga tersebut sudah termasuk layanan internet unlimited, tetapi di luar biaya pemasangan dan perangkat yang jumlahnya bisa mencapai sekitar Rp1.650.000,00. Meski begitu, harap diperhatikan bahwa kecepatan akses yang ditawarkan relatif lebih lamba dibandingkan kompetitornya.

5. Paket Internet Unlimited MyRepublic

Paket internet unlimited dari Myrepublic

Penyedia layanan internet yang dulu bernama Innovate Indonesia ini menawarkan harga dan kecepatan internet yang cukup kompetitif. Dengan tawaran mulai dari Rp279.000,00-Rp999.000,00 per bulan, MyRepublic memberikan kecepatan hingga 300 Mbps. Untuk para gamer, penyedia ini memiliki paket khusus yang memungkinkan Anda bermain tanpa gangguan.

Sebagai salah satu perusahaan yang telah memiliki cabang di beberapa negara, MyRepublic menawarkan fitur andalannya yakni streaming lancar tanpa buffering, kemampuan mengunggah dan mengunduh tanpa batas, fasilitas game online tanpa lag, dan pengalaman internet fiber terbaik.

Beberapa paket yang bisa dipilih antara lain paket fast, gamerz, nova, dan supernova. Sayangnya, layanan bonafit ini belum memiliki jangkauan yang luas.

Baca juga : Cara Mudah Transfer File dari Smartphone ke PC atau Sebaliknya Tanpa Kabel USB

Hal ini tentu saja menjadi titik kelemahannya jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Nah, bagi Anda yang kebetulan tinggal di luar kota, sebaiknya mempertimbangkan hal ini.

Demikian review singkat tentang beberapa pilihan paket internet unlimited rumahan yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Selain harga, tentu saja kualitas layanan dan jangkauan coverage provider harus menjadi prioritas dalam menentukan paket yang akan dibeli.

Hal ini terutama jika Anda berada di luar kota, supaya harga yang dibayarkan sesuai dengan fasilitas yang diterima. Selamat hunting ya!