Pattern Lock vs PIN vs Password Mana yang Lebih Aman untuk Si Android?

Data yang tersimpan pada sebuah smartphone android bisa saja sangat personal. Aktivitas misalnya chatting dengan teman, keluarga, rekan kerja, mitra bisnis, belum lagi foto-foto dan dokumentasi pribadi dan bahkan kegiatan perbankan pun bisa jadi tersimpan di sana.

Pengembang android memberikan proteksi keamanan seperti pattern lock, PIN, dan password untuk melindungi data-data yang tersimpan di smartphone android.

Namun tahu kah Anda bahwa yang paling terlemah dan mudah ditebak itu adalah pattern lock? Sebuah riset menunjukan bahwa 95% pattern lock dapat ditebak.

Pattern lock adalah sebuah cara untuk mengunci smartphone dengan mengingat pola garis tertentu. Kelebihannya dibandingkan PIN dan password yaitu kecepatan dan kemudahan pada saat proses lock dan unlock ponsel pintar android.

Baca juga: Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard

Apabila saat ini smartphone Anda sudah mendukung pemindaian melalui sidik jari maupun mata. Itu jauh lebih baik dibandingkan Anda menggunakan pattern lock.

Namun jika fungsi di atas belum tersempat pada smartphone, Anda bisa menggunakan PIN dan password. PIN jauh lebih aman ketimbang menggunakan pattern lock dengan syarat angka yang dimasukan lebih dari 4 angka.

Misalnya saja 8-16 digit angka untuk PIN yang Anda buat. Level yang lebih amannya di atas PIN yaitu dengan menggunakan password. Kombinasikan antara huruf, angka, dan simbol.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah seandainya smartphone tersebut hilang apakah orang lain masih bisa melihat data-data yang tersimpan di dalamnya? Jawabannya tidak.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Menjual Smartphone

Namun jika Anda menyimpan pada kartu SD tanpa mengenkripsi datanya.Seseorang masih bisa melihat dengan mudah data-data yang tersimpan pada kartu SD tersebut.

Jangan lupa untuk mengatur kunci kartu SIM (simcard) dengan PIN. Meskipun hilang, nomor HP yang Anda pergunakan tidak akan bisa disalahgunakan oleh orang yang menemukan smartphone tersebut/pencuri smartphone Anda.

Cara mengenkripsi kartu SD (SD Card) yaitu dengan mengklik Setting > Layar Kunci dan keamanan > Enkripsi kartu SD. Bagaimana cara mengaktifkan PIN pada kartu SIM (simcard)?

Caranya yaitu klik Setting > Layar Kunci dan keamanan >Pengaturan keamanan lainnya > Atur kunci kartu SIM. Jangan sampai salah memasukan PIN tiga kali atau Anda harus memasukan nomor PUK.