Surat Edaran Resmi dari Direktur Keamanan Informasi Yahoo tentang Pemberitahuan Pembobolan Data Pengguna

Bagi Anda yang belum pernah sama sekali mengganti password alamat email Yahoo sejak tahun 2014 yang lalu hingga hari ini. Sebaiknya Anda segera menggantinya karena baru-baru ini surat edaran resmi di keluarkan.

Isinya sebagai himbauan kepada para pengguna email yahoo untuk mengganti password, mengubah pertanyaan keamanan dan jawaban dari email, berhati-hati dengan phising, dan hal-hal lainnya.

Informasi ini berkaitan dengan artikel yang sebelumnya telah dipublikasikan di situstarget.com mengenai peretasan Yahoo pencuri berhasil mendapatkan database dari Yahoo sebanyak 500 juta.

Surat pemberitahuan pembobolan data yahoo ini bisa Anda akses pada saat di halaman login email yahoo itu sendiri. Artinya kalau ini tidak benar-benar serius, tidak mungkin sampai keluar surat pemberitahuan ini.

Surat tersebut diedarkan ke berbagai bahasa, termasuk salah satunya yaitu Bahasa Indonesia. Alamat email perlu mendapatkan perlindungan ekstra.

Karena sebagian dari pembaca mungkin menggunakan email tersebut untuk mendaftar di layanan jejaring sosial seperti Facebook, transaksi perbankan atau keuangan perusahaan, maupun untuk keperluan pribadi.

Baca juga: Situs Dailymotion Diretas, 85 Juta Akun Dicuri

Ambil salah satunya yaitu mendaftar di facebook. Pada saat seseorang berhasil mengakses alamat email tertentu yang terdaftar di Facebook. Secara otomatis ia akan lebih mudah untuk mengambil akun fb yang bersangkutan.

Bagaimana dengan transaksi perbankan dan keuangan? Ini lebih vital dan bahaya lagi. Oleh karena itu segera login ke email yahoo Anda sekarang juga dan lakukan penggantian password.

Setelah itu masukan juga nomor posel dan alamat email yang lain untuk verifikasi dan pengamanan tambahan. Sudah cukup? Belum ternyata. Ganti pertanyaan dan jawaban keamanan dari akun Yahoo Anda.

Aktifkan juga fitur two-step verification, berhati-hati jangan mengunduh file attachment dari orang yang tidak Anda kenali, bisa jadi file tersebut adalah virus atau malware.

Baca juga: Tips Mengamankan Akun Facebook

Tips terakhir yaitu berhati-hatilah dengan setiap komunikasi yang Anda lakukan dengan orang lain, yang mengarah kepada obrolan pribadi (menggali informasi pribadi Anda).

Kepada para pembaca Situstarget.com, mohon sekiranya membantu sebarkan informasi penting ini di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Klik tombol share untuk menyebarkan informasi ini.

Setiap satu share sangat berharga sekali, terutama bagi teman-teman Anda yang menggunakan alamat email dari Yahoo. Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua. Segera bagikan tulisan ini sekarang juga! 🙂