Pencurian uang melalui virus komputer sekarang ini sudah banyak terjadi, modusnya pun beraneka ragam. Saya ingin berbagi tips untuk Anda yang sering melakukan transaksi melalui komputer agar terhindar dari kejahatan yang satu ini.

Kelihatannya masyarakat Indonesia sudah mulai cenderung menggunakan fasilitas internet banking guna menunjang pembayaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti transfer pembelian produk barang online, pembayaran tagihan listrik, telepon, beli pulsa, dan seterusnya.

Artinya peranan dari ATM sudah berkurang dengan pemanfaatan dari fasilitas internet banking. Mungkin dari pihak bank mendorong nasabahnya untuk menggunakan internet banking agar pemanfaatan ATM bisa diminimalisir.

Pertama, apabila seorang nasabah menggunakan internet banking, maka ia bisa menghemat waktu untuk pergi ATM dan mengantri di sana. Kedua, apabila seorang nasabah menggunakan internet banking, maka pihak bank bisa meminimalisir pengadaan ATM baru.

Ketiga, seiring meningkatnya penjualan smart phone dan sarana prasana pendukung internet, maka pihak bank ingin memaksimalkan potensi tersebut guna menunjang fasilitas dan pelayanan internet banking mereka.

Lalu bagaimana dengan pencurian uang melaluli virus komputer tadi? Kita akan bahas hal tersebut, serta bagaimana cara mencegah hal tersebut agar tidak terjadi pada diri dan keluarga Anda.

Kita juga akan membahas bagaimana caranya apabila Anda sudah menjadi korban dari teknik pencurian uang melalui virus komputer ini.

Oh ya, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat sekali, tidak ada salahnya untuk membagikan link tulisan ini ke teman-teman Anda di sosial media agar mereka juga menjadi tahu modus kejahatan pencurian uang melalui virus komputer ini.

1. Gunakan Sistem Operasi Original/Resmi

cara mencegah virus komputer

Cara mencegah virus komputer via burung-net.blogspot.com

Saat ini linux nampaknya sudah mendunia melebihi sistem operasi lain yang berbayar. Jika Anda baru membeli komputer atau laptop namun merasa harga sistem operasi yang berbayar itu mahal.

Maka tidak ada salahnya Anda menggunakan yang gratisan seperti linux. Gratisan kualitasnya bagaimana? Tenang walaupun linux gratisan, sistem operasi ini tidak kalah saing dengan sistem operasi yang berbayar kok.

Ada beberapa alasan mengapa lebih baik Anda menggunakan sistem operasi linux yang gratis dibandingkan menggunakan sistem operasi yang berbayar namun tidak original.

Pertama, sistem operasi asli namun tidak original alias sudah di-patch atau di-crack sangat rentan sekali terhadap penyusupan program-program jahat di sistem operasi tersebut!

Bahkan beberapa fitur keamanan yang penting seperti firewall, update sistem operasi, dan fitur-fitur keamanan yang lainnya di disable kan oleh program patch atau crack tersebut.

Alhasil pengguna sendiri yang harus menanggung resiko keamanan data di komputernya. So, jika Anda menggunakan sistem operasi asli namun tidak original maka lebih baik Anda berhati-hati dalam mempergunakannya sebagai media untuk transaksi internet banking.

Bisa jadi akun internet banking Anda diintip oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang telah menginstallkan program-program jahat mereka ke komputer Anda, yang Anda sendiri instal sistem operasi bajakan tersebut.

Perlu diingat sistem operasi bajakan tidak ada dukungan sama sekali dari tim pengembang sistem operasinya. Sehingga keamanan data Anda, meskipun Anda install firewall atau antivirus sekalipun masih bisa tetap tembus.

Karena Anda tidak akan pernah tahu pada bagian celah keamanan mana dari sistem operasi yang sudah diotak-atik oleh cracker. Klo keadaannya sudah seperti ini saran saya mendingan instal ulang komputer Anda, lalu gunakan yang gratisan seperti linux. 🙂

2. Gunakan Antivirus dan Firewall

Gunakan firewall dan Antivirus untuk Melindungi Komputer Anda via protegent360.com

Gunakan firewall dan Antivirus untuk Melindungi Komputer Anda via protegent360.com

Sebenarnya apa itu Antivirus dan Firewall? Apakah keduanya memiliki perbedaan? Ya, keduanya memang memiliki peranan yang berbeda dalam mengamankan sistem operasi Anda.

Secara penjelasan singkat, kegunaan dari Antivirus adalah menangkal program-program jahat yang ingin memata-matai Anda. Adapun salah satu fungsi dari Antivirus adalah memperbaiki sistem yang terinfeksi oleh program jahat. Sedangkan firewall lebih kepada penjaga port (koneksi komputer Anda dengan dunia internet).

Apakah jika saya install antivirus perlu juga menginstall firewall? Sebenarnya jika Anda menggunakan program sistem operasi asli dan original dari windows Anda sudah tidak perlu lagi menginstall kedua program tersebut.

Karena windows sudah memberikan perlindungan dengan firewall dan antivirus bawaan dari mereka. Namun apabila Anda install sistem operasi tanpa adanya program firewall dan antivurs, atau Anda ingin mengganti antivirus bawaan dari pengembang sistem operasi dan lebih percaya kepada antivirus dan firewall lain, Anda dapat mencari dan membeli antivirus yang sudah termasuk firewall di dalamnya.

Rata-rata kisaran harga untuk antivirus yang sudah termasuk firewall di dalamnya, sekitar 500-600rb untuk 1-3 lisensi komputer. Saat ini membeli software asli dan original sudah sangat mudah sekali.

Mereka para pengembang antivirus dan firewall pada halaman pembelian mereka juga sudah mendukung pembayaran melalui transfer atau menggunakan debit card.

Jika Anda ingin memasang antivirus dan firewall, saran dari saya adalah gunakan antivirus dan firewall dengan satu pengembang software yang sama. Kadang jika Anda menggunakan antivirus dan firewall dengan pengembang yang berbeda. Aplikasinya terkadang suka sama-sama bentrok satu sama lain.

Rekomendasi dari saya ada 5 antivirus dan firewall sekaligus yang bisa Anda coba secara trial dan apabila memang bagus Anda bisa membelinya di website pengembang dari antivirus tersebut. Adapun top 5 antivirus terbaik tahun 2014 ini menurut perinkat dari saya yaitu adalah:

  1. KasperSky
  2. AVG
  3. Avira
  4. Avast
  5. ZoneAlarm

3. Update Sistem Operasi Anda secara rutin

Selalu update sistem operasi Anda secara teratur via diyrickytlc1985.blogspot.com

Selalu update sistem operasi Anda secara teratur via diyrickytlc1985.blogspot.com

Nah keunggulan dari sistem operasi yang asli dan original adalah Anda mendapatkan dukungan penuh dari tim pengembang sistem operasi tersebut. Bagi yang menggunakan sistem operasi asli namun tidak original.

Maka mohon maaf Anda tidak dapat melakukan update sistem operasi secara rutin. Artinya celah keamanan pada versi sistem operasi yang dipergunakan saat ini, tidak bisa ditambal dengan program yang lebih baru dan lebih aman dari tim pengembang sistem operasi.

Sekali lagi lebih baik menggunakan sistem operasi yang gratis namun mendapatkan dukungan update sistem operasi dibandingkan punya sistem operasi yang asli namun tidak original.

Terus klo misalnya sistem operasinya tidak di update apakah berbahaya? Tentu saja, sangat berbahaya. Apa lagi komputer tersebut akan Anda pergunakan untuk transaksi internet banking bukan? Lebih baik komputer yang dipergunakan untuk berbisnis, menggunakan sistem operasi yang asli dan original.

Di negara-negara Asia adalah target terbesar para pencuri maya untuk melakukan aksi mereka. Mengapa? Karena di negara-negara Asia-lah kesadaran menggunakan sistem operasi asli dan original masih rendah. Sehingga kejahatan-kejahatan cyber terkait dengan pencurian uang melalui virus komputer banyak terjadi.

Yuk bangun kesadaran yang penuh terhadap penggunaan sistem operasi asli dan original. Semakin mudah kok sekarang membeli lisensi sistem operasi.

Berapa harga rata-rata sistem operasi asli dan original? Sekitar 900rb-1,5juta. Murah kan? Atau jika tidak ingin membeli sistem operasi yang berbayar, gunakan saja linux. Tinggal download atau beli dvd-nya 15ribu juga dapet. Hehe 😀

4. Hindari sembarang mengunduh file dari Internet

Hindari sembarang unduh program dari Internet via wallpaperup.com

Hindari sembarang unduh program dari Internet via wallpaperup.com

Jika Anda suka browsing dan download file dari internet. Berhati-hatilah dengan program addon seperti toolbar, aplikasi untuk download file, dan seterusnya. Karena dari aplikasi-aplikasi yang tidak jelas tersebutlah komputer Anda bisa menjadi sasaran target mata-mata.

Terkadang sesudah Anda install program yang terjadi komputer menjadi lambat, sering muncul iklan, tab baru pada browser berubah search engine-nya, dan seterusnya.

Jika sudah menjadi korban dari aplikasi seperti ini lantas bagaimana? Coba Anda unduh aplikasi seperti CCLeaner untuk menghapus program-program yang tidak Anda butuhkan.

Terkadang aplikasi tersebut terinstall pada browser, maka hilangkan aplikasi tersebut melalui setting menu addon pada masing-masing browser Anda. Ingat, jangan sembarang unduh file yang tidak jelas sama sekali asal muasal dari program tersebut!

Biasanya program-program tersebut berasal dari halaman iklan pada website-website yang menyediakan halaman download suatu file atau website-website dengan reputasi WOT (Web Of Trust)-nya rendah.

Salah satu cara menangkal agar Anda tidak salah unduh file yang berbahaya. Coba install pada browser Anda aplikasi addon browser yang bernama WOT (Web Of Trust), Adblock, dan Noscripts.

Aplikasi WOT (Web Of Trust) akan memberikan informasi mengenai Anda tentang reputasi dari suatu halaman website. Jika halaman tersebut aman untuk dikunjungi, indikator pada browser akan berwarna hijau.

Jika website yang dikunjungi diragukan aman oleh WOT maka indikatornya berwarna kuning. Jika website tersebut benar-benar tidak aman. Maka indikatornya akan berwarna merah.

Anda pun direkomendasikan oleh aplikasi untuk tidak mengunjungi website tersebut. Sedangkan aplikasi addon Adblock untuk menutup iklan-iklan yang menggangu Anda selama browsing, dan NoScripts adalah aplikasi yang akan memblok iklan-iklan yang menggunakan media flash.

Terkadang apabila Anda jarang update software Adobe Reader, Adobe Flash, dan seterusnya. Penyerang bisa saja memanfaatkan celah tersebut untuk memata-matai komputer Anda.

Kesimpulan

Menggunakan sistem operasi asli dan original pada saat ini merupakan suatu kewajiban penggguna komputer, karena dengan menggunakan sistem operasi asli dan original maka seseorang bisa meng-update sistem operasinya untuk menutup celah keamanan pada versi OS yang terinstall pada komputer Anda.

Menggunakan antivirus dan firewall merupakan suatu langkah preventif guna menghindari pencurian uang melalui virus komputer. Hindari mengunduh file yang tidak jelas apa tujuan dan manfaat yang diberikannya untuk Anda.

Gunakan aplikasi addon bowser seperti WOT, NoScripts, dan  Adblock untuk menangkal website-website nakal yang akan memata-matai komputer Anda. Perlu adanya kesadaran yang penuh bagi pengguna komputer, yang menggunakan komputer sebagai salah satu media untuk berbisnis.