Pada artikel ini saya ingin membagikan pengalaman rapid antigen yang dilakukan secara drive thru di Buperta, Jakarta Timur. Ini pengalaman pertama kalinya saya di test untuk rapid antigen, kedua kalinya di kantor, dan semoga itu yang terakhir kalinya.

Awal mula melakukan tes ini lantaran dari salah satu rekan kerja ada yang terinfeksi covid. Sehingga beberapa orang yang sempat berinteraksi secara intens oleh kantor diwajibkan untuk mengikuti PCR Swab Tes, sedangkan yang tidak ada interaksi hanya rapid antigen.

Mengapa lebih memilih drive thru ketimbang ke rumah sakit atau klinik? Saya menyarankan bagi mereka yang merasa sehat artinya tidak ada keluhan penyakit apa pun dan merasa bahwa kondisi tubuh memang sehat, sebaiknya rapid antigen drive thru lebih aman.

Setidaknya dengan drive thru kamu tidak bercampur dengan mereka yang sudah terinfeksi covid, seperti di rumah sakit atau klinik. Saya menggunakan layanan dari Halodoc untuk booking jadwal rapid antigen di Buperta.

Posisinya memang di dalam Buperta, sehingga kamu harus membayar tiket masuk untuk mobil dan per orang. Jika kamu sendirian berarti Rp. 15.000,- untuk mobil dan Rp. 10.000,- untuk umum per orang. Total tiket masuk Buperta yaitu Rp. 25.000,-.

Daftar harga tiket masuk buperta, cibubur untuk melakukan rapid antigen dan swab tes Halo Doc.
Daftar harga tiket masuk buperta, cibubur untuk melakukan rapid antigen dan swab tes Halo Doc via Facebook

Cara Daftar Rapid Antigen Melalui Halodoc

Salah satu kelebihan rapid antigen melalui Halodoc yaitu fleksibilitas dalam memilih jadwal dan drive thru lebih aman karena lebih private. Langkah awal yaitu mendaftarkan diri melalui aplikasi Halodoc tersedia untuk smartphone Android dan iOS.

  1. Lakukan pendaftaran pada aplikasi Haldoc
    Klik pada tombol pada halaman utama yang bertuliskan Tes Covid-19

    Pilih layanan test covid-19 pada tampilan utama dari aplikasi Halodoc

  2. Pilih mekanisme test covid-19
    Kamu bisa memilih rangkaian test yang sekiranya dibutuhkan apakah PCR, Swab Antigen, Rapid, dst. Pada contoh kali ini saya memilih untuk Swab Antigen. Klik tombol, Buat Janji.

    Pilih test covid-19 yang diinginkan apakah rapidtest, rapid antigen, atau PCR

  3. Cara memilih jadwal Swab Test Antigen
    Kamu bisa memilih waktu yang tersedia untuk jadwal Swab Test Antigen (Drive Thru). Jika sudah memilih jadwal, proses berikutnya yaitu klik tombol Buat Janji.

    Pilih jadwal untuk melakukan rapid antigen test

  4. Pilih nama pasien yang hendak mengikuti Swab Test Antigen

    Dari satu kali pendaftaran pada aplikasi Halodoc sebenarnya kamu bisa mendaftarkan beberapa anggota keluarga yang lain. Misalnya anak, adik, kaka, orangtua, dst. Saya memilih untuk saya pribadi.Pilih pasien yang akan menjalani swab test antigen

  5. Lengkapi dokumen legal

    Pada saat mengklik tombol lanjut di poin keempat, kamu perlu mengkonfirmasi identitas diri dengan melengkapi dokumen legal seperti KTP, SIM, dan atau Passport untuk verifikasi identitas, bisa berupa gambar foto atau hasil scan.Verifikasi data diri untuk melanjutkan proses

  6. Proses Terakhir Adalah Pembayaran

    Kamu bisa membayar menggunakan kartu kredit / debit maupun saldo yang ada pada akun Go-Pay.Metode pembayaran

  7. Datang lebih awal untuk menghindari antrian

    Datanglah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah kamu pilih sebelumnya. Petugas akan mendatangi dari mobil ke mobil untuk melakukan verifikasi identitas diri, setelah terkonfirmasi bahwa kamu adalah pasien yang akan melakukan Swab Test Antigen, petugas akan memberikan alat yang nantinya akan dipergunakan untuk test oleh dokter.Alat Swab Test Antigen yang akan digunakan saat test drive thru

  8. Lokasi Swab Test Di Buperta

    Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar utama, dari pintu masuk lurus sedikit hingga menemukan perempatan pertama, belok kiri, dan lurus terus. Nanti akan ada banyak umbul-umbul kamu ikuti saja arahannya.Lokasi tempat Swab Test di  Buperta

  9. Antrian Di Lokasi Swab Test Buperta

    Dokter akan melakukan swab test dengan menggunakan alat yang sebelumnya telah diberikan oleh petugas Halodoc.Antrian pada saat melakukan swab test di Buperta

  10. Menunggu hasil Swab Test

    Setelah proses di atas telah kamu lalui, kamu akan mendapatkan notifikasi SMS apabila hasil swab telah keluar. Kamu juga bisa melihat hasilnya melalui aplikasi Halodoc. Pilih menu Riwayat Transaksi > Status Order > Lihat Hasil Tes.Hasil swab test melalui aplikasi Halodoc

Proses hingga mendapatkan hasil ini, menurut saya yang paling bikin hati gundah gulana. Bagaimana sakit ga dicolok-colok? Hm, lumayan sakit sih menurut saya, kasian aja kalau anak kecil harus ikut test semacam ini.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Mohon bantu sebarkan ke yang lain juga ya. Yuk, sharing di kotak komentar di bawah artikel ini pengalaman kamu saat swab?

Semoga Allah azza wa jalla senantiasa menjaga kita semua dari berbagai macam musibah, bahaya, penyakit, dan segala sesuatu yang menyempitkan hati ini. Aamiin.

Selalu ingat aman, imun, iman ya guys!

Baca juga artikel berikut ini: