Masyarakat adalah orang-orang yang berinsteraksi dengan kita baik itu tetangga, tukang sayur, sopir taksi, dan semua orang yang tinggal di lingkungan kita. Akal kita akan mengikat informasi yang didapat dari luar dan disatukan dengan informasi yang sudah tersimpan di alam bawah sadar.

Dengan begitu, proses pembentukan pikiran semakin kuat. Pada interaksi dengan masyarakat inilah seseorang jadi belajar mengenai lingkungan di sekitarnya baik itu norma-norma yang berlaku, nilai-nilai yang dianut, budaya, serta struktur sosial yang ada di dalamnya.

Masyarakat juga memiliki pengaruh terhadap pembentukan pola berpikir seseorang

Masyarakat juga memiliki pengaruh terhadap pembentukan pola berpikir seseorang

Proses tersebut berkaitan erat dengan bagaimana seseorang mempelajari cara-cara hidup, norma dan nilai sosial yang terdapat didalamnya, agar dapat berkembang menjadi pribadi yang bisa diterima masyarakat. Apabila seseorang tidak selaras dengan lingkungan sosialnya maka yang terjadi adalah perilaku yang menyimpang. Oleh karena itu dari ketujuh instrumen memiliki peranan dalam perkembangan proses berpikir seseorang.

Menurut Anda sendiri apa peranan masyarakat bagi proses perkembangan pola berpikir seorang anak? Share komentar Anda di bawah artikel ini (Pengaruh masyatakat terhadap pola pikir seseorang), tentunya masing-masing punya pengalaman yang menarik yang bisa diceritakan kepada orang lain, sehingga bisa menambah wawasan pembaca setia dedeobi.com yang lain. 🙂