Saat masih single kebutuhan dan pengeluaran rutin yang harus dipenuhi memang tidak cukup banyak dan gaji cenderung utuh, hal ini sangat jauh berbeda dengan mereka yang sudah berkeluarga.
Apa saja pengeluaran rutin si single? Bagaimana cara terbaik mengelola keuangannya? Lalu bagaimana dengan yang sudah berkeluarga?
Bagaimana cara terbaik mengelola pengeluaran rutin dan membuat kesehatan keuangannya tetap terjaga? Berikut ulasannya

Pengeluaran Rutin si Single

Saat seseorang masih bujang pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan memang tidak teralu banyak. Berikut beberapa pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan saat masih bujang:

1. Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data merupakan salah satu pengeluaran rutin bagi si single. Besaran dana yang dialokasikan terhadap kebutuhan pulsa dan paket data ini tidaklah sama antara satu orang dengan yang lainnya.
Hal yang membedakan antara satu orang dengan yang lainnya yaitu keberadaan keluarga dan orang tersayang serta jenis pekerjaan.
Baca juga: Inilah 7 Buku Wajib Baca bagi Calon Pengusaha dan Pengusaha Pemula
Jika keluarga atau kekasih berada jauh dari si single tentu saja biaya pulsa dapat lebih besar dibanding dengan si single yang memiliki orang tua atau kekasih yang berada di lokasi yang dekat dengannya.
Demikian juga pekerjaan, bagi si single yang memiliki pekerjaan berbasis IT, pekerja lepas yang harus sering mengakses internet, wartawan, atau forex trader yang hampir selalu terkoneksi dengan internet tentu membutuhkan paket data yang lebih banyak dibanding dengan mereka yang memiliki pekerjaan yang tidak mengharuskan mereka terkoneksi secara terus-menerus dengan internet

2. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi merupakan kebutuhan pokok semua orang baik yang masih single atau yang sudah menikah. Hanya saja pengeluaran rutin untuk perlengkapan mandi bagi si single tidak sebanyak mereka yang telah berkeluarga.

3. Kosmetik

Bagi pria maupun wanita saat ini, kosmetik merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan. Jika pada pria peralatan kosmetik yang dibutuhkan hanya berupa sabun pembersih wajah, krim pencukur rambut dan minyak rambut, lain halnya dengan para wanita.
Para wanita membutuhkan berbagai macam kosmetik untuk menunjang penampilannya seperti sabun pembersih wajah, toner, krim pagi, tabir surya, alas bedak, bedak, krim malam, serum, lipstik, eye shadow, maskara, blush on, dan pensil alis.

4. Makan

Bagi si Single yang hidup jauh dari orang tua, biaya makan tentu ditanggung oleh dirinya sendiri. Biaya makan bagi si single juga tidak terlalu besar karena hanya perlu menuruti selera pribadi saja.
Baca juga: Software Perencanaan Keuangan untuk Komputer dan Ponsel Pintar
Saat masih single merupakan saat terbaik untuk menabung sebanyak-banyaknya untuk investasi di masa depan. Jadi menggunakan gaji dan pendapatan secara bijak sejak masih bujang merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan keuangan Anda.

Pengeluaran Rutin Bagi yang Sudah Berkeluarga

Bagi Anda yang baru saja berkeluarga tentu pengeluaran rutin yang harus Anda keluarkan sudah jauh berbeda dengan pengeluaran rutin yang harus Anda bayar saat Anda masih membujang.
Berikut beberapa daftar pengeluaran rutin bagi yang sudah berkeluarga:

1. Kebutuhan Rumah Tangga

Kebutuhan rumah tangga meliputi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi seperti sembako (Sembilan bahan pokok), biaya belanja sayur dan lauk-pauk setiap hari dan biaya untuk membeli gas, listrik, dan air.

2. Kebutuhan Tempat Tinggal

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, kebutuhan terhadap tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan penting. Bagi mereka yang memiliki cukup uang untuk membayar Dp (Down payment) rumah bisa mengajukan KPR dan membayar cicilannya setiap bulan.
Baca juga: Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk Pemula
Bagi mereka yang belum memiliki cukup dana untuk membeli rumah, biasanya menyewa rumah atau indekos. Tentu saja ada biaya sewa atau indekos yang harus dibayar.

3. Kebutuhan Transportasi

Saat masih bujang mungkin Anda bisa saja dengan santai menggunakan transportasi umum untuk pergi kemana saja, tetapi saat Anda telah berkeluarga semuanya jauh berbeda.
Baca juga: Pentingnya Dana Darurat dan Tips untuk Mempersiapkannya dari Sekarang
Anda perlu mengantarkan istri Anda ke tempat kerja atau mengantar anak ke sekolah dan Anda membutuhkan transportasi yang memudahkan tugas Anda.

4. Kebutuhan Bayi atau Calon Bayi

Bagi mereka yang baru saja menikah mungkin kebutuhannya tidak sebanyak mereka yang telah memiliki anak. Pengeluaran rutin bagi mereka yang baru saja menikah dan hamil adlaah memenuhi kebutuhan calon bayi dan ibunya.
Biaya memeriksakan diri ke dokter, membeli susu kehamilan, membeli vitamin untuk ibu hamil merupakan beberapa pengeluaran rutin yang harus dibayar.
Bagi mereka yang sudah memiliki anak biaya untuk memenuhi kebutuhan anak juga tidak kalah banyak seperti pampers, susu, baju, dan lain sebagainya.

5. Pulsa dan Paket Data

Di era modern saat ini tidak hanya si bujang yang membutuhakn pulsa dan paket data. Bagi mereka yang telah berkeluarga, pulsa dan paket data juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran pekerjaan dan komunikasi dengan rekan maupun keluarga.

6. Kebutuhan untuk Biaya Sekolah Anak

Biaya sekolah anak merupakan biaya rutin yang harus dikeluarkan oleh para orang tua.
Biaya sekolah anak setiap tahunnya semakin meningkat, oleh karena itu penting untuk melakukan investasi agar Anda dapat terus membayar biaya sekolah anak dengan lancar hingga lulus dari bangku kuliah.
Salah satu instrumen investasi yang cukup aman adalah dengan menyimpan emas batangan.
Bagi Anda yang sudah berkeluarga berikut beberapa tips untuk mengelola keuangan Anda:

  1. Buat anggaran belanja bulanan
  2. Catat semua pemasukan dan pengeluaran
  3. Lakukan evaluasi arus kas
  4. Sisihkan sebagian pendapatan untuk investasi dan dana darurat

Demikian ulasan tentang pengeluaran rutin bagi yang masih bujang dengan mereka yang sudah berkeluarga. Semoga bermanfaat