Yuk Menjadi Pengusaha Paling Produktif Sepanjang Masa

Kalau dipikir-pikir benda apa yang paling mahal di dunia menurut Anda? Emas? Intan? Atau sebuah mobil supercar yang bertabur intan dan emas? Atau sebuah pesawat jet pribadi atau yacht mewah?

Benda-benda yang saya sebutkan tadi memang bernilai ratusan miliar atau bahkan ada yang triliunan rupiah. Tapi tahukah Anda bahwa ada sesuatu yang lebih mahal daripada itu semua. Coba tebak apa itu?

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Kartu Kredit

Sesuatu yang lebih mahal dari benda-benda di atas adalah waktu. Waktu adalah kado terbaik yang Allah berikan kepada umat manusia. Namun tidak sedikit orang yang menyia-nyiakan waktu.

Kali ini kita akan membahas bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar menjadi seorang pengusaha paling produktif sepanjang masa. Yuk kita optimalkan waktu yang kita miliki saat ini.

Lakukan Hal-hal Berikut Ini untuk Menjadi Pengusaha Paling Produktif

1. Bangkitkan Kekuatan “The Power of Now”

Sebagai seorang pengusaha biasakan melakukan hal berikut ini:

  • Lakukan sekarang juga (do it now)
  • Putuskan sekarang juga (decide it now)
  • Mulai sekarang juga (start it now)
  • Selesaikan sekarang juga (finish it now)
  • Nikmati sekarang juga (enjoy it now)
  • Delegasikan sekarang juga (delegate it now)

2. Fokus pada Satu Kegiatan, Stop Berpikir Anda bisa melakukan Multi-tasking

Kegiatan multi-tasking sebenarnya tidak benar-benar ada, yang ada adalah kecepatan otak manusia melakukan proses switching. Seperti Anda sedang mematikan dan menyalakan sebuah lampu dengan tombol sakelar.

Otak manusia memiliki kemampuan untuk melakukan proses switching yang sangat cepat sekali. Sehingga seperti Anda sedang melakukan kegiatan multi-tasking sebenarnya tidak seperti itu.

Proses switching yang terlampau cepat malah membuat otak menjadi cepat lelah. Akibatnya seseorang menjadi mudah stress, marah, pusing, dan efek negatif lainnya.

Pada saat menjalankan aktivitas produktif apapun itu, pastikan Anda fokus pada satu kegiatan saja hingga pekerjaan utama selesai. Hindari hal-hal yang sekiranya dapat memecah fokus Anda.

Tidak sedikit perusahaan saat ini, yang melarang karyawan mereka untuk bermain smartphone di jam-jam tertentu atau kegiatan lain seperti mengecek email pada waktu-waktu tertentu.

Tujuannya satu agar mereka dapat lebih fokus pada satu pekerjaan saja.

3. Belajar untuk Membuat Suatu Keputusan yang Bijaksana

Tidak semua keputusan harus dibuat sekarang juga, kalau Anda berpikir dengan menunda sebuah keputusan dapat meningkatkan kualitas dari keputusan yang Anda buat.

Baca juga: 7 Cara Investasi Emas Batangan

Tidak ada salahnya jika Anda menunda suatu keputusan tertentu. Karena memang keputusan-keputusan tertentu membutuhkan banyak sekali informasi, data, analisa, perhitungan, dan berbagai pertimbangan.

4. Lakukan Hal yang Paling Anda “Takuti” Terlebih Dahulu

Sebagai seorang pengusaha terkadang ada beberapa tantangan yang membuat kita “takut” melakukan hal-hal tertentu. Mungkin terkait apakah harus memutuskan menambah atau mengurangi karyawan yang ada saat ini.

Keputusan berat lainnya mungkin terkait apakah harus mengikuti sebuah proyek dari tender pemerintah ataukah harus melakukan ekspansi pasar ke luar negeri, atau harus menutup sebuah cabang, dan masih banyak permasalahan lainnya.

Pengusaha paling produktif akan memulai hari mereka dengan menyelesaikan permasalahan yang dirasa paling “menakutkan” terlebih dahulu agar hari-hari berikutnya ia dapat mengerahkan sisa-sisa energi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang dirasa lebih mudah untuk dilakukan.

5. Pertimbangkan antara Effort, Value, dan Resources

Rumus sederhana jika Anda menginginkan sesuatu yang bernilai tinggi bagi perusahaan, dengan sumberdaya yang mencukupi, dan usaha yang besar juga. Sekiranya pada kondisi seperti ini tugas Anda adalah do it now.

Baca juga: Aplikasi Ponsel Pintar untuk Update Harga Emas Terkini

Tetapi jika kondisinya yaitu Anda menginginkan sesuatu yang bernilai tinggi bagi perusahaan dengan sumber daya yang tidak mencukupi dan usaha yang besar juga. Sekiranya pada kondisi seperti ini tugas Anda, yaitu delay it now.

6. Lakukan Sebuah Peningkatan Kecil Setiap Hari

Ini harus menjadi prinsip utama bagi seorang pengusaha paling produktif sepanjang masa, yaitu menjadi lebih baik daripada hari kemarin.

Progress itu bisa beranekaragam bisa bertambahnya mitra strategis dari usaha Anda, bertambahnya database klien, peningkatan omset, bertambahnya feedback positif dari pelanggan, dan intinya Anda harus melakukan sebuah peningkatan dari waktu ke waktu apapun itu.

7. Pelajari Hal-hal yang Sekiranya Merugikan dan Jangan Gantungkan Hal yang Merugikan Terlalu Lama

Jika Anda mengetahui bahwa sebuah produk, atau sebuah strategi bisnis, atau bisa juga sebuah kerjasama, atau seseorang yang dapat berpengaruh negatif dan tidak sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.
Segera buat keputusan di awal dan jangan menunda untuk hal ini. Lebih baik pahit di awal dengan rugi minimun daripada mengalami kerugian yang begitu besar di akhir apabila ditunda-tunda.

8. Sabar dalam Berusaha dan Sempurnakan Ikhtiar dengan Doa

Kalau Anda sudah membuat perencanaan strategis dengan mempertimbangkan dari tiga aspek, yaitu perencanaan berdasarkan pengalaman atau hasil evaluasi sebelumnya, perencanaan berdasarkan pihak eksternal seperti saran dari konsultan atau ahli, maupun gabungan dari keduanya.

Baca juga: 9 Cara Menjual Kembali Emas Perhiasan

Tugas Anda yaitu melaksanakan apa yang sudah direncanakan dengan sabar dan tekun. Jangan lupa pada saat sebelum, saat ini, dan yang setelahnya ditutup dengan doa. Manusia bisa berencana tapi keputusan akhir tetap dipegang oleh Allah SWT.

9. Berlatih Komitmen dan Konsisten dengan Diri Anda dan Tim

Berusahalah tepat waktu menyelesaikan apa yang sudah anda katakan dan lakukan.  Komitmen dan konsistensi perlu dilatih dari waktu ke waktu. Semakin sering di asah kemampuan tersebut semakin kuat keduanya.

Sama seperti pembentukan otot, di awal seseorang ketika baru pertama kali olahraga yang dirasakan badan sakit-sakit semua, setelahnya terbiasa, baru setelah sekian lama berolahraga otot terbentuk.

Kita sebelumnya pernah membahas juga mengenai otot. Pembahasan mengenai muscle memory yang intinya anda perlu meningkatkan kualitas kemampuan otak dan juga tubuh.

Tim yang terbiasa dengan komitmen dan konsistensi yang tinggi akan lebih mudah belajar arti integritas yang sesungguhnya. Sehingga mental yang terbentuk adalah mental pemenang bukan pecundang.

10. Selalu Belajar dari Kehidupan Baik pada Saat Sukses Maupun Gagal

Ketika Anda mengalami masa-masa indah pada posisi atau level sukses menurut Anda, maupun pada saat di level terendah dalam hidup Anda. Coba tanyakan ke diri Anda mengenai, “apa pelajaran penting yang bisa saya ambil dari pengalaman ini semua?

11. Selalu Hadir Dimanapun Anda Berada

Pengusaha paling produktif sepanjang masa selalu hadir di manapun diri mereka berada. Kalau saat ini Anda sedang meeting membahas suatu proyek, jangan pikirkan lagi soal anak-anak di rumah.

Kalau sudah di rumah, jangan lagi pikirkan soal proyek yang dibahas pada saat meeting. Kalau lagi di kampus, jangan lagi mikirin urusan bisnis. Kalau lagi bisnis, jangan lagi mikirin tugas-tugas yang dikasih dosen.

Baca juga: Mengungkap Peluang Tersembunyi Dibalik Kelebihan Perak Dibandingkan Emas

Fokus pada apa yang anda sedang kerjakan dan selalu lakukan yang terbaik. Pada saat menjadi CEO jadilah 100% CEO, pada saat menjadi seorang ayah di rumah jadilah 100% seorang ayah bagi anak-anak dan istri.

Tidak mudah memang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda hanya butuh sedikit latihan untuk poin terakhir ini. Yup, semoga sebelas poin di atas bisa membuat diri Anda dan saya menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Bantu sebarkan tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang saat ini sedang merintis bisnis atau yang akan menjalankan suatu usaha. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk mereka.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap ada tulisan terbaru Anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui alamat email yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Gratis!