Berburu Perhiasan Emas Murah Pada Saat Pameran

Di kota-kota di Indonesia saat ini sangat mudah sekali dijumpai pameran-pameran, baik yang skala kecil, menengah, hingga besar. Skala kecil biasanya diselenggarakan di mall, universitas, atau lapangan olahraga.

Saat ini sudah banyak orang yang akrab dengan yang namanya pameran. Pameran mulai dari makanan, pameran perhiasan emas, pameran otomotif, pameran hasil seni dan budaya, pameran teknologi, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Inilah cara membuat uang bekerja untuk Anda

Venue atau tempat yang digunakan untuk pameran skala nasional maupun internasional di Jakarta dan sekitarnya, yaitu Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta International Expo (JIExpo), Indonesia Convention Exhibition (ICE), Sentul International Convention Center (SICC), dan Aula Simfonia Jakarta.

Informasi mengenai acara-acara pameran dapat Anda ketahui melalui website resmi dari setiap venue. Berikut ini adalah daftar website resmi venue yang sering diselenggarakan acara-acara pameran skala nasional dan internasional:

  1. Jakarta Convention Center (JCC)
  2. Jakarta International Expo
  3. Indonesia Convention Exhibition (ICE)
  4. Sentul International Convention Center (SICC)
  5. Aula Simfonia Jakarta

Berikut ini adalah pengetahuan dasar yang perlu Anda ketahui tentang penyelenggaraan suatu pameran, terutama pada pembahasan kita kali ini, yaitu pameran perhiasan emas:

1. Perhitungkan Jarak Lokasi Venue Penyelenggaraan Pameran Perhiasan Emas yang Dekat dengan Lokasi Anda

Pertimbangkan lokasi venue dengan lokasi tempat Anda tinggal atau bertempat via otomotifmagz.com

Pertimbangkan lokasi venue dengan lokasi tempat Anda tinggal atau bertempat via otomotifmagz.com

Lokasi venue pameran tempat diselenggarakan pameran perhiasan emas dengan lokasi Anda tinggal atau bertempat sementara, perlu menjadi bahan pertimbangan. Berbicara Kota Jakarta kita tidak bisa hanya menghitung jarak dari satu kota ke kota lainnya, tanpa menghitung perkiraan macet, banjir, dan akses transportasi kendaraan umum.

Ketika musim hujan, Anda perlu mengetahui titik-titik rawan banjir yang akan Anda lalui untuk sampai di lokasi pameran. Sebenarnya ada aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengetahui lokasi tempat rawan terjadinya banjir, titik-titik lokasi banjir, serta ketinggian banjir.

Anda bisa membuka situs PetaJakarta.org untuk mengetahui beberapa hal yang saya sebutkan barusan melalui peta digital pada website mereka. Kalau untuk mengetahui lokasi yang sering macet, mungkin Anda bisa menggunakan Google Maps atau Waze.

Baca juga: Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kartu kredit

Sedangkan akses transportasi kendaraan umum, saya belum mengetahui apakah ada aplikasi yang memberikan report misalnya Trans Jakarta atau KRL sedang penuh atau kosong. Setau saya sampai saat ini belum ada aplikasi yang dapat memberikan report terkait informasi demikian.

Saya menyarankan jika Anda menggunakan kendaraan umum, terutama Trans Jakarta misalnya untuk pergi ke Jakarta Convention Center (JCC) dengan kendaraan umum Trans Jakarta. Pengalaman saya yang lalu-lalu, saya harus menunggu sekitar 2-3 jam. Setelah dapat bis Trans Jakarta, itu sudah penuh dan sesak.

Hal-hal seperti ini perlu menjadi bahan pertimbangan Anda. Jangan coba-coba pergi ke tempat pameran pada saat jam istirahat kantor. Karena saya yakin tidak akan cukup waktu untuk keliling seluruh hall, waktu perjalanan (movement) transportasi, dan waktu istirahat.

Baca juga: Temukan peranan dan manfaat emas bagi kehidupan manusia di sini

Paling enak setelah jam kantor selesai, Anda bisa lebih leluasa. Atau bisa juga ketika weekend di hari sabtu-minggu. Pameran skala nasional atau internasional durasi penyelenggaraan waktu berkisar antara lima sampai tujuh hari. Dan tentunya mereka menargetkan waktu pengunjung terbanyak di hari akhir pekan.

2. Cari Tahu Siapa Penyelenggara (Professional Event Organizer) Pameran Perhiasan Emas yang Kredibel dan Profesional

Ikuti pameran-pameran yang diselenggarakan oleh perusahaan PEO terbaik di Indonesia

Ikuti pameran-pameran yang diselenggarakan oleh perusahaan PEO terbaik di Indonesia

Professional Event Organizer merekalah ibaranya yang punya acara pameran. Mereka yang meng-create suatu kegiatan pameran. Kalau dulu disebutnya sebagai EO atau Event Organizer. Saat ini ditambah P di depan kata EO menjadi PEO (Professional Event Organizer).

Perusahaan PEO di Indonesia ada ratusan bahkan ribuan. Tapi hanya sedikit mungkin yang Anda hapal karya-karya dari suatu pameran buatan mereka. Sebelum Anda pergi ke suatu acara pameran, pastikan terlebih dahulu pameran yang Anda kunjungi di-handle oleh PEO kenamaan yang kredibel dan profesional.
Baca juga: Tips memilih sdb yang nyaman dan aman

Ada loh PEO yang hanya sekedar nama profesional, tetapi pada saat penyelenggaraan mulai dari opening hingga penutupan acara pameran, ternyata tidak memuaskan pengunjung dan peserta pameran. Acara pameran tidak berjalan semulus tagline dan iklan yang digembar-gemborkan.

Mungkin penyebabnya karena pameran baru pertama kali diselenggarakan, mungkin karena perusahaan PEO masih baru dan belum memiliki pengalaman untuk meng-handle event berskala nasional, mungkin karena kurang promosi, mungkin karena hal-hal lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

3. Kunjungi Pameran Perhiasan Emas yang Sudah Tiga Hingga Empat Kali Lebih Diselenggarakan Berulang

Nuansa seperti gambar ini sering dijumpai pada saat bongkar muatan (loading) pada saat pameran

Nuansa seperti gambar ini sering dijumpai pada saat bongkar muatan (loading) pada saat pameran

Salah satu ciri pameran yang berhasil, yaitu kegiatan acara dari pameran tersebut telah diselenggarakan sebanyak tiga hingga empat kali ke atas. Jadi berulang entah setiap enam bulan, per satu tahun, per tiga tahun, per lima tahun. Semakin besar atau akbar dari acara pameran, biasanya berkisar antara per satu tahun ke atas.

Kalau skalanya kecil mungkin bisa per tiga hingga enam bulan sekali di adakan kegiatan acara pameran serupa. Semakin rutin diselenggarakan acara pameran, biasanya pameran tersebut di anggap telah berhasil atau sukses. Tapi kalau misalnya baru sekali dua kali diselenggarakan, lalu tidak ada kabarnya lagi.

Baca juga: 9 cara menjual lembali emas perhiasan dengan harga yang tinggi

Berarti Anda sudah mengetahui apa yang terjadi dengan acara pameran tersebut. Pameran-pameran yang “tua” terkadang jika Anda ingin mendaftar sebagai peserta pameran (exhibitor), Anda perlu masuk daftar calon peserta terlebih dahulu atau di posisi cadangan (waiting list).

Pameran-pameran besar yang sudah lama diselenggarakan memiliki peserta pameran yang loyal, target pasar yang telah teredukasi dengan baik, kualitas barang atau jasa yang terjaga dengan baik, dan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat. Kegiatan pembukaan pameran biasanya diisi oleh pejabat pemerintah bisa presiden, wakil presiden, dan para menteri yang terkait dengan tema atau kegiatan dari acara pameran.

4. Pilih Pameran Perhiasan Emas dengan Peserta Pameran (Exhibitors) yang Diikuti oleh Perusahaan-perusahaan Besar

Perusahaan-perusahaan besar biasanya hanya mengikuti pameran yang ternama dan terbaik saja

Perusahaan-perusahaan besar biasanya hanya mengikuti pameran yang ternama dan terbaik saja

Kunci keberhasilan dari suatu penyelenggaraan pameran, yaitu kegiatan acara pameran didukung atau diikuti oleh peserta pameran yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan besar sebelum mengikuti suatu kegiatan pameran tertentu biasanya mereka akan mencocokan terlebih dahulu dengan segmentasi pasar mereka.

Jika sama atau mendekati sama, kemungkinan mereka mau mengikuti penawaran menjadi peserta dari acara pameran tersebut. Semakin banyak perusahaan besar yang ikut bergabung dan berkolaborasi pada kegiatan pameran, dapat disimpulkan pameran tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

5. Ketahui Jadwal Kapan Penyelenggaraan Pameran Perhiasan Emas dan Pantau Diskon atau Hadiah Menarik yang Mereka Tawarkan

Ketahui jadwal pameran perhiasan emas dan kepoin akun sosmed perusahaan, pedagang, dan toko emas favorit Anda

Ketahui jadwal pameran perhiasan emas dan kepoin akun sosmed perusahaan, pedagang, dan toko emas favorit Anda

Jadwal pameran perhiasan dapat Anda ketahui melalui tautan link yang saya berikan pada website resmi venue tempat penyelenggaraan pameran di paragraf keempat ditulisan awal.

Selain informasi mengenai jadwal pameran, Anda bisa meng-kepoin akun sosial media perusahaan, pedagang, atau toko emas favorit Anda. Mereka biasanya memberikan pengumuman jika mengikuti suatu pameran perhiasan emas tertentu ke follower atau likers mereka di sosmed.

Baca juga: Hati-hati penyebab depresi bisa berasal dari emas perhiasan

Tujuannya ya agar para pembeli atau calon pembeli potensial yang ada di sosmed mereka mengetahui jika mereka membuka stand atau booth pada pameran yang bersangkutan. Tidak hanya info terkait pembukaan stand/booth, mereka juga terkadang menginfokan produk terbaru (launching product), promo, dan diskon harga tertentu untuk perhiasan emas yang mereka jual.

Informasi bisa juga Anda dapatkan melalui iklan di televisi dan radio, tweet di twitter atau status di fanspage facebook mereka, serta selembaran brosur yang mereka bagikan ketika Anda mengunjungi toko/gerai emas mereka. Moment seperti ini yang langka dan perlu Anda maksimalkan, siapa tau harga perhiasan emas bisa miring pake bingit.

Baca juga: Kelebihan investasi emas dalam bentuk perhiasan

Sekarang mari kita bahas bersama-sama mengenai plus dan minus membeli perhiasan emas pada pameran, ternyata ada kelebihan dan kekurangan yang harus kita ketahui agar tidak menyesal di akhir setelah proses pembelian usai.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Perhiasan Emas pada Acara Pameran Perhiasan Emas

Tentunya ada kelebihan dan kekurangan ketika Anda membeli barang baik itu elektronik, perhiasan, handicraft, otomotif, dan barang-barang lainnya di acara pameran tertentu.

Sebagai pembeli yang cerdas tentunya Anda tidak ingin menyesal ketika proses pembelian barang usai. Eh malah meninggalkan luka penyesalan. Bahasanya sedikit dramatis gapapa ya? 😛

Untuk itu Anda perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan membeli barang seperti perhiasan emas di acara pameran. Jika ada poin yang tidak sengaja terlewat atau mungkin Anda ingin menambahkan berdasarkan pengalaman hidup Anda. Silahkan berikan masukan terkait poin pembahasan ini melalui kotak komentar. 🙂

Kelebihan Membeli Barang Seperti Perhiasan Emas di Acara Pameran:

1. Anda bisa Mendapatkan Barang atau Produk Terbaru atau Limited Edition!

Kesempatan besar berburu perhiasan emas limited edition di acara pameran

Kesempatan besar berburu perhiasan emas limited edition di acara pameran

Perusahaan-perusahaan besar biasanya memilih untuk launching product terbaru mereka tidak melalui media promosi seperti televisi atau radio saja. Kebanyakan dari mereka memilih untuk mempromosikan produk terbaru mereka pada acara pameran yang berskala nasional atau bahkan internasional.

Mengapa yang dipilih pameran? Karena di kegiatan pameran inilah pengunjung dapat merasakan secara langsung “aura-nya” ketimbang hanya melihat atau mendengar saja melalui televisi atau radio. Selain itu, perusahaan juga terkadang membuat produk perhiasan emas sesuai dengan tema pameran.

Baca juga: Seni memindahkan uang orang lain

Contoh misalnya ada pameran perhiasan mengangkat tema dengan unsur budaya Jawa Timur. Nuansa peserta pameran pun akan menyesesuaikan dengan tema pameran.

Tidak sedikit dari peserta pameran yang membuat khusus perhiasan yang mengangkat tema yang serupa. Pada tahun berikutnya atau pada pameran berikutnya, produk yang sudah dibuat sebelumnya tidak akan diproduksi lagi. Istilah kerennya yaitu limited edition.

2. Peserta Pameran Terkadang Memberikan Diskon-diskon Istimewa Selama Berlangsungnya Kegiatan Pameran

Banyak potongan diskon di pameran perhiasan emas

Banyak potongan diskon di pameran perhiasan emas

Sebenarnya salah satu manfaat perusahaan ikut pameran, yaitu mereka akan lebih “terlihat” di mata para pelanggan mereka (eksistensi dan bergengsi). Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan feedback langsung dari para pelanggan terkait produk mereka.

Tidak hanya itu, mereka yang total transaksi terbesar pada saat berlangsungnya pameran, lalu desain stand/booth terbaik, biasanya akan diliput secara khusus oleh media partner dari penyelenggara pameran. Memberikan diskon khusus selama periode pameran menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengujung pameran.

Baca juga: 7 Tanda bahwa Anda telah belanja sesuai dengan kebutuhan

Rata-rata mereka yang datang ke acara pameran tertentu dengan tema-tema yang spesifik. Mereka adalah calon pelanggan potensial atau pelanggan setia dari produk/merk tertentu. Jadi kemungkinan mereka membeli lebih besar ketimbang hanya mempromosikan produk tertentu di televisi atau radio.

Walaupun banyak potongan diskon di acara pameran, sebagai pembeli yang cerdas. Anda juga perlu membaca tulisan saya mengenai trik pedagang dalam merancang jebakan diskon.

3. Banyak Undian Berhadiah Besar di Pameran Berskala Nasional dan Internasional

Banyak undian dan hadiah wah pada saat penyelenggaraan pameran

Banyak undian dan hadiah wah pada saat penyelenggaraan pameran

Pernah ga kebayang Anda membeli satu batang sosis, pulang-pulang bawa smartphone terbaru? Saya pernah dahulu bekerja di salah satu perusahaan PEO. Pada saat penyelenggaraan pameran memang banyak sekali undian dan hadiah yang ditawarkan oleh para peserta pameran agar pengunjung membeli produk mereka.

Saya ingat waktu itu ada salah satu stand/booth dari peserta yang menjual sosis daging gitu. Bagi mereka yang membeli sekian porsi sosis, mendapatkan voucher yang diundi untuk mendapatkan satu unit smarphone setiap minggunya. Tidak hanya smartphone pembeli yang beruntung juga bisa membawa satu unit motor atau bahkan mobil.

Baca juga: Berapa harga emas 22 karat?

Tujuan dari perusahaan PEO memberikan hadiah yang fantastis ini tidak lain, guna mendatangkan traffic pengunjung. Karena ada hadiah yang besar, lalu pengunjung hanya membayar beberapa rupiah saja untuk tiket. Di pikiran pengunjung begini: “Ya, semoga aja gara-gara beli tiket ini, bisa dapet hadiah itu…“.

Lantas yang berpikir demikian tidak hanya satu dua orang, melainkan ratusan bahkan ribuan orang. Dan boom! Akhirnya padat merayaplah di dalam hall tempat penyelenggaraan pameran.

Mereka yang berburu perhiasan emas juga mendapatkan kesempatan untuk hadiah yang menarik juga! Selain di pameran jarang rasanya ada penawaran-penawaran dengan bonus atau hadiah yang “besar-besar” kayak tadi.

Kekurangan Membeli Barang Seperti Perhiasan Emas di Acara Pameran:

1. Tidak Semua Peserta Pameran Berasal dari Perusahaan-perusahaan

Tidak semua peserta pameran berasal dari perusahaan

Tidak semua peserta pameran berasal dari perusahaan

Hal yang perlu Anda sadari pertama kali yaitu tidak semua peserta pameran berasal dari perusahaan atau berbadan hukum. Ada juga individu atau perorangan yang mendaftarkan diri sebagai peserta pameran.

Nah kalau misalnya Anda membeli perhiasan emas, yang kemungkinan besar dari peserta individu. Anda bisa mencaritahu terlebih dahulu atau meminta company profile mereka. Jika tidak ada, kemungkinan mereka adalah peserta perorangan.

Hal ini terkait jaminan kualitas, garansi dari barang yang dibeli, dukungan/support dari layanan purna jual (after-sales service). Jarang jika berasal dari perorangan memikirkan hal-hal seperti ini, kecuali ia berasal dari perusahaan tertentu. Ada standar pelayanan terkait hal-hal semacam ini.

2. Singkatnya Waktu Durasi Pameran Perhiasan Emas

Terbatasnya durasi waktu penyelenggaraan pameran

Terbatasnya durasi waktu penyelenggaraan pameran

Durasi pameran itu paling lama satu bulan, paling cepat jika skala nasional maupun internasional antara lima hingga tujuh hari. Kalau Anda tidak bisa menangkap peluang ini ya diskon-diskon menarik yang tadi saya sebutkan di atas, gagal Anda manfaatkan.

Berbicara durasi juga, karena waktu yang terbatas, lalu juga keramaian pada saat di dalam hall pameran. Terkadang membuat kita kurang teliti pada saat pembelian barang. Ada juga di pameran barang-barang yang kualitasnya kurang bagus tapi tetap dijual oleh pedagang nakal.

Kalau memang Anda tertarik dengan suatu produk tertentu atau Anda ingin membeli perhiasan emas tetapi budget belum mencukupi. Anda bisa minta kontak dari peserta pameran, minta brosur mereka, tanya kapan lagi mereka ikut pameran yang terdekat, lokasi/gerai atau kantor mereka. Siapkan juga kartu nama Anda.

3. Waspadai Copet Keren di Pameran!

Jangan salah di pameran ada banyak copet kece (keren)

Jangan salah di pameran ada banyak copet kece (keren)

Kalau Anda membeli benda-benda berharga, seperti perhiasan emas, barang-barang antik, gadget terbaru, atau apapun itu melalui pameran. Berhati-hatilah. Karena di pameran ada banyak sekali kasus pencopetan/pencurian benda-benda berharga.

Dibandingkan belanja online yang bisa langsung dikirim ke alamat rumah Anda.
Terkadang belanja secara langsung memiliki resiko tersendiri. Anda harus berhati-hati pada saat belanja maupun datang ke pameran. Pengunjung di pameran ada yang berpenampilan super-glamor, kalau bisa Anda tidak mengikuti penampilan seperti itu.

Maling itu ga diundang aja dia dateng, apalagi pake acara ditunjuk-tunjukin emas atau perhiasan yang Anda miliki. Tetap berpenampilan yang anggun, namun sederhana saja. Banyak kasus pencurian/pencopetan pada saat penyelenggaraan pameran, jadi tetap waspada ya. Semoga beberapa hal di atas bermanfaat untuk Anda. 🙂

Bantu sebarkan tulisan di atas jika bermanfaat untuk Anda melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang terhubung di medsos.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Daftarkan diri Anda melalui kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini, dengan cara memasukan nama lengkap dan alamat email Anda.

Setelah proses registrasi jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pendaftaran. Cek email Anda karena sistem kami akan mengirimkan pesan email baru, di dalamnya terdapat link yang perlu Anda klik.

Klik link yang kami berikan melalui email, setelah itu secara rutin setiap minggunya kami akan mengirimkan tulisan-tulisan terbaru dan terbaik dari blog.situstarget.com ke email Anda.

Punya ide dan saran untuk tulisan terbaru dari kami? Kirimkan saran, ide, kritik yang membangun ke tim kami. Melalui halaman hubungi kami, setiap pesan yang masuk akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi kemajuan blog ini.
Kami tunggu ya!