Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan belajar SEO dan ingin mengoptimalkan SEO On Page pada WordPress Anda? Kali ini saya mengulas sedikit tentang plugin untuk meningkatkan SEO blog WordPress Anda. Ada dua plugin yang populer di situs wordpress.org yang memberikan dukungan agar blog WordPress Anda makin dicintai oleh search engine, yaitu All in SEO Pack dan WordPress SEO by Yoast.

Anda sendiri pilih All in One SEO Pack atau WordPress SEO by Yoast? Saya minta Anda juga berbagi pengalaman ya di kotak komentar di bawah artikel ini tentang pengalaman Anda ketika ingin mengoptimalkan SEO On Page blog WordPress Anda. Sebelumnya bagi yang penasaran dengan kedua plugin tersebut. Anda dapat men-download-nya melalui link berikut ini dan halaman ini.

Sebelumnya saya pernah menggunakan dua plugin tersebut pada blog WordPress ini. Saya tidak akan terlalu membahas secara komprehensif pada ulasan kali ini. Rekomendasi yang saya tuliskan pada artikel ini lebih kepada pengalaman yang saya rasakan sendiri secara pribadi. Jika Anda punya pengalaman yang berbeda, mohon kirimkan cerita pengalaman menarik Anda melalui kotak komentar ya.

Menurut saya apabila Anda menggunakan All in One SEO Pack. Anda tidak akan diribetkan dengan indikator-indikator seperti yang ada di Yoast SEO. Sebenarnya indikator tersebut menurut saya cukup membantu sekali. Yoast SEO memiliki indikator tertentu yang akan menyatakan bahwa tulisan artikel Anda pada blog sudah memenuhi kaidah SEO atau belum. Sedangkan di All in One SEO Pack indikator tersebut belum ada.

Maka saran saya yaitu seperti ini kurang lebih. Apabila Anda sebelumnya sudah pernah belajar tentang kaidah artikel atau tulisan SEO sebelumnya maka Anda dapat menggunakan plugin All in One SEO Pack. Tetapi apabila Anda belum terlalu paham tentang optimasi SEO melalui tulisan atau artikel, Anda dapat mempergunakan Yoast SEO. Karena di Yoast SEO memiliki indikator yang akan membantu Anda dalam menilai artikel yang Anda buat apakah sudah sesuai dengan kaidah SEO atau belum.