Streaming Atau Download Baiknya Ya?

Ketika Anda mendengarkan audio maupun pada saat menonton film di Youtube secara online misalnya. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih, yaitu streaming atau download. Sebenarnya perbedaannya apa si?

Apa itu streaming dan apa itu download? Kalau kita flash back ke beberapa tahun belakang. Anda pasti ingat dengan yang namanya radio. Streaming itu ibarat kita mendengarkan suara di radio.

Sedangkan download kita memiliki file-nya dan disimpan pada ruang penyimpanan data yang Anda miliki, bisa harddiskmicro SDflashdisk, dst. Anda bisa putar file audio maupun video kapanpun Anda membutuhkannya.

Tanpa memerlukan koneksi internet. Ternyata ada kelebihan dan kekurangan dari streaming maupun download, yang di mana keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti apa contohnya?

Baca juga: Cara Memindahkan Media WhatsApp Ke SDCard

Misalnya Anda sering mendengarkan musik atau muratal al-Quran, yang di mana file tersebut sering Anda dengarkan. Maka lebih baik jika file tersebut Anda download dibandingkan streaming.

Beberapa pengguna smartphone terkadang suka penuh memori internalnya jika melakukan proses download. Anda bisa menggunakan streaming sebagai solusinya.

Khusus untuk file audio atau video yang sekiranya kurang penting dan tidak Anda tonton/dengar secara berulang-ulang. Lebih baik Anda streaming dibandingkan men-download file tersebut.

File yang hendak Anda download juga ada baiknya untuk Anda lihat atau dengar pada bagian-bagian tertentu untuk memastikan bahwa file yang hendak di download itu adalah file yang memang Anda butuhkan.

Baca juga: Tidak Ingin Akun Instagram Di hack? Lakukan Cara Proteksi Berikut Ini

Beberapa teknik streaming yang perlu Anda ketahui untuk hasil yang maksimal yaitu:

  1. Sebaiknya untuk internet kecepatan 3,0 Megabits per second (3.000 kbps) direkomendasikan untuk menyetel file video untuk kualitas Standard Definition (480p).
  2. Internet kecepatan 5,0 Megabits per second (5.000 kbps) direkomendasikan untuk menyetel file video untuk kualitas HD (1080p).
  3. Apabila konteksi kecepatan internet Anda 25 Megabits per second (25.000 kbps) direkomendasikan untuk menyetel file video untuk kualitas Ultra HD (2160p).

Bagaimana cara mengetahui kecepatan internet yang saat ini sedang dipakai, Anda bisa melakukan uji coba kecepatan internet yang Anda pergunakan sekarang di situs speedtest.att.com.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah Anda lebih menyukai streaming dibandingkan download? Atau sebaliknya? Kira-kira streaming atau download mana pilihan terbaik Anda?