Apakah Anda termasuk pengguna dari aplikasi chat yang paling populer saat ini, yaitu WhatsApp? Jika Anda adalah pengguna lama dari aplikasi tersebut. Coba cek deh internal storage pada smartphone Anda saat ini.

Apalagi klo sebelumnya settingan pada aplikasi tersebut auto-download. Sehingga file gambar maupun video langsung ter-download otomatis dan disimpan pada internal storage. Apa dampaknya? Ya, ruang penyimpanan pada internal storage akan cepat penuh.

Ketika Anda ingin install aplikasi atau update aplikasi terkadang menjadi tidak bisa Anda lakukan karena ruang penyimpanan pada internal storage penuh dengan file media dari aplikasi WhatsApp. Solusinya bagaimana agar bisa menghemat ruang penyimpanan pada internal storage pada smartphone terkait dengan media aplikasi WhatsApp?

Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan dari sistem Android pada smartphone Anda, seperti program My Files. Selanjutnya dengan aplikasi tersebut Anda dapat membuka file yang terdapat di SDCard maupun di Internal Storage. Pada folder-folder di internal storage Anda akan melihat folder bernama WhatsApp.

Selanjutnya, buka folder tersebut, dan Anda akan melihat folder Media. Anda bisa cut folder Media tersebut. Lalu, Anda buat folder baru pada SDCard dengan nama WhatsApp. Lalu paste folder Media sebelumnya kesana. Yup, dengan cara ini setidaknya Anda bisa menghemat internal storage. Apakah dengan cara ini benar-benar menyelesaikan masalah? Jawabannya tidak.

Karena memang aplikasi WhatsApp sendiri belum didesain untuk bisa melakukan penyimpanan Media pada SDCard. Informasi tersebut saya ambil dari halaman resmi website WhatsApp: http://www.whatsapp.com/faq/id/android/21068307. Tetapi setidaknya dengan cara di atas, meskipun file media pada chat akan hilang, namun ruang penyimpanan internal storage bisa kembali longgar.