Apakah Anda termasuk pengguna dari aplikasi chat yang paling populer saat ini, yaitu WhatsApp? Jika Anda adalah pengguna lama dari aplikasi tersebut. Coba cek deh internal storage pada smartphone Anda saat ini.

Apalagi kalau sebelumnya settingan pada aplikasi tersebut auto-download. Sehingga file gambar maupun video langsung ter-download otomatis dan disimpan pada internal storage. 

Apa dampaknya? Ya, ruang penyimpanan pada internal storage akan cepat penuh.

Ketika Anda ingin install aplikasi atau update aplikasi terkadang menjadi tidak bisa Anda lakukan karena ruang penyimpanan pada internal storage penuh dengan file media dari aplikasi WhatsApp.

Cara Memindahkan Media WhatsApp Menggunakan Aplikasi My Files

Solusinya bagaimana agar bisa menghemat ruang penyimpanan pada internal storage pada smartphone terkait dengan media aplikasi WhatsApp? Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan dari sistem Android pada smartphone Anda, seperti program My Files.

Cara memindahkan media whatsapp ke memori eksternal di android

Selanjutnya dengan aplikasi tersebut Anda dapat membuka file yang terdapat di SDCard maupun di Internal Storage. Pada folder-folder di internal storage Anda akan melihat folder bernama WhatsApp.

Selanjutnya, buka folder tersebut, dan Anda akan melihat folder Media. Anda bisa cut folder Media tersebut. Lalu, Anda buat folder baru pada SDCard dengan nama WhatsApp.

Lalu paste / move here folder Media sebelumnya kesana. Yup, dengan cara ini setidaknya Anda bisa menghemat internal storage. Apakah dengan cara ini benar-benar menyelesaikan masalah? Jawabannya tidak.

Karena memang aplikasi WhatsApp sendiri belum didesain untuk bisa melakukan penyimpanan Media pada SDCard. Informasi tersebut saya ambil dari halaman resmi website WhatsApp: http://www.whatsapp.com/faq/id/android/21068307.

Tetapi setidaknya dengan cara di atas, meskipun file media pada chat akan hilang, namun ruang penyimpanan internal storage bisa kembali longgar.

Kamu juga bisa memindahkan media WhatsApp ke memori eksternal tanpa perlu rooting melalui OS Windows. 

Cara Memindahkan Media WhatsApp di OS Windows

 

Cara lain untuk memindahkan media whatsapp ke SD Card tanpa perlu rooting, bisa menggunakan komputer Windows, MacOS, atau Linux.

Untuk melakukan hal ini kamu membutuhkan kabel USB yang kompetibel dengan android, karena beberapa kabel ada yang hanya untuk cas HP tidak bisa digunakan untuk transfer data atau menghubungkan android dengan komputer.

Umumnya kabel seperti itu adalah kabel yang murahan dan tidak ori. Berikut ini adalah cara memindahkan penyimpanan whatsapp dari memori internal ke SD Card di HP Samsung:

  1. Hubungkan android dengan komputer melalui kabel USB. Pastikan device terhubung dengan baik, serta dapat terditeksi oleh komputer.
  2. Di komputer, klik smartphone android kamu, lalu pilih memori internal dan cari folder WhatsApp > Media, lalu copy folder media. Sekarang paste folder media tersebut pada SD Card, create folder baru WhatsApp di sana dan paste di dalamnya.
  3. Setelah proses copy paste berjalan dengan baik, di folder internal kamu bisa hapus folder media di sana.

Bagi perangkat MacOS dan Linux yang tidak bisa melakukan transfer file, berikut ini solusinya. Setelah step kelima dari poin di bawah ini selesai kamu lakukan, lanjutkan dengan copy-paste folder media WhatsApp ke memory eksternal.

Delete folder media yang ada di memory internal. Tahapan ini berlaku bagi pengguna MacOS dan Ubuntu ya.

Mengapa saya tidak bisa melakukan transfer file Android di macOS?

Bagi pengguna MacOS yang tidak bisa melakukan transfer file dengan smartphone android, kamu bisa instal aplikasi android file transfer untuk MacOS dengan cara berikut ini:

  1. Buka halaman berikut android.com/filetransfer.
  2. Download aplikasi android file transfer https://dl.google.com/dl/androidjumper/mtp/current/AndroidFileTransfer.dmg
  3. Buka AndroidFileTransfer.dmg.
  4. Drag aplikasi android file transfer ke Applications.
  5. Hubungkan smartphone android kamu ke MacBook.

Mengapa saya tidak bisa edit dan transfer File dari android di Linux? 

Jika kamu tidak bisa melakukan transfer file di Ubuntu, maka kamu harus terlebih dahulu untuk menginstal aplikasi android file transfer dengan cara berikut ini:

  1. Buka terminal.
  2. Jalankan perintah berikut : sudo add-apt-repository ppa:samoilov-lex/aftl-stable
  3. Selanjutnya masukkan perintah berikut : sudo apt-get update && sudo apt install android-file-transfer
  4. Saat instalasi pastikan android tidak dihubungkan dengan komputer.
  5. Setelah proses diatas selesai, kamu baru bisa melakukan transfer file di Linux (Ubuntu).

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memindahkan Media WhatsApp ke SD Card

Kamu bisa menggunakan fasilitas backup berkala di WhatsApp yang dihubungkan ke Google Drive, sebelum memutuskan untuk memindahkan media whatsapp ke SD card.

Backup rutin bisa kamu lakukan seminggu atau sebulan sekali, tujuannya agar saat kamu butuh media gambar atau video yang sifatnya urgent, bisa terkait pekerjaan atau bisnis kamu, bisa lebih mudah dicarinya.

Cara membackup whatsApp bisa dengan cara berikut ini:

  1. Pilih menu settings pada WA.
  2. Pilih Chats > Chat Backup.
  3. Hubungkan dengan akun Google Drive.
  4. Pilih backup Weekly.
  5. Lakukan backup hanya menggunakan jaringan Wi-Fi.
  6. Tambahkan include video, jika dirasa penting.