Di Google Playstore ada banyak aplikasi yang memberikan informasi mengenai prakiraan cuaca berdasarkan daerah, kondisi cuaca terkini di lokasi kamu, dan ada juga yang memberikan peringatan manakala terjadi perubahan cuaca ekstrem.

Tentu prakiraan cuaca yang bisa dijadikan rujukan pertama kali yaitu dari website pemerintah di situs BMKG. Kerennya lagi juga ada versi Android dan iOS untuk prakiraan cuaca dari BMKG ini.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi prakiraan cuaca alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Misalnya mau pulang kantor nih jam 18.00 WIB, kamu bisa cek dahulu bakal hujan ngga kira-kira saat itu.

Di Jakarta khususnya saat hujan, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan ojek online. Beberapa driver ada yang tidak mau ambil order saat hujan. Tarif saat hujan juga bisa terbilang lebih mahal dibandingkan biasanya.

Wajar aja tarif mahal, ada permintaan banyak tapi penawarannya sedikit. Ya mau ngga maukan harga dinaikin. Nah untuk menghindari hal-hal yang seperti itu kamu wajib menggunakan aplikasi prakiraan cuaca berikut:

1. The Weather Channel

Aplikasi Prakiraan Cuaca The Weather Channel

Aplikasi pertama yang keren yaitu The Weather Channel, aplikasi ini secara grafik sangat bagus, data yang disajikan mudah dibaca. Ada informasi pemberitahuan saat cuaca mendadak berubah menjadi ekstrem dan terdapat radar juga.

Aplikasi prakiraan cuaca dari The Weather Channel bisa dipasang pada smartphone Android dan iOS, serta support juga untuk smartwatch. Aplikasi ini menawarkan fitur berbayar untuk menghilangkan iklan yang terdapat didalamnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengetahui kondisi terkini, prakiraan cuaca, radar cuaca dalam bentuk maps, kondisi jalan berserta kemacetannya, pemberitahuan aktivitas, dan video.

Kamu juga bisa mengatur alerts saat terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, intensitas curah hujan di daerah tertentu, dan peringatan saat akan terjadi potensi bencana alam yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

2. Aplikasi Prakiraan Cuaca AccuWeather

Mengetahui prediksi cuaca melalui aplikasi hp AccuWeather

Aplikasi berikutnya yang tidak kalah keren dari yang pertama yaitu AccuWeather. Aplikasi ini memberikan informasi yang cukup akurat terkait prakiraan cuaca, peringatan secara real time, dan kamu juga bisa mengatur peringatan perubahan cuaca secara custom.

Aplikasi ini bisa digunakan pada device iPhone, Android, Tablet, Smart TV, dan dekstop. Pada fitur yang berbayar, kamu bisa menghilangkan iklan yang ada pada aplikasi. Terdapat visualisasi pada peta cuaca saat ini, sebelumnya, dan yang akan datang.

Terdapat juga video cuaca dari berbagai kota di penjuru dunia, serta prakiraan dari pakar mengenai cuaca dan dampaknya. Jangan lupa menyalakan GPS di smartphone untuk mendapatkan informasi cuaca di lokasi kamu saat ini.

3. Weather Underground

Cari Tahu Cuaca Hari Ini Menggunakan Aplikasi Berikut Weather Underground

Aplikasi Weather Underground tidak hanya memberikan informasi cuaca saat ini dan yang akan datang, tetapi juga memberikan informasi terkait kelembapan udara, kualitas udara, dan indeks paparan sinar UV.

Dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui forecast cuaca, baik yang harian maupun hitungan jam. Kamu juga bisa mengetahui cuaca melalui peta interaktif, peta satelit, dan informasi cuaca terkini di lingkungan sekitar kamu berada.

Jika kamu suka dengan aplikasi ini, bisa berlangganan ke versi premium. Keuntungannya yaitu tidak ada iklan, ada fitur Access Smart Forecasts yang digunakan untuk menetapkan kondisi cuaca ideal untuk aktivitas di luar ruangan.

Serta, ada prakiraan cuaca per jam di lokasi tertentu sampai 15 hari kedepan. Aplikasi ini mendukung smartphone Android dan iOS.

4. Dark Sky – Hyperlocal Weather

Kamu bisa mengetahui cuaca besok pagi menggunakan aplikasi ini Dark Sky - Hyperlocal Weather

Jika aplikasi sebelumnya hanya membuat forecast per jam, aplikasi yang bernama Dark Sky ini mampu berikan informasi hingga hitungan per menit, bukan main yak!

Pada versi yang gratis, kamu bisa mengetahui prakiraan hingga 24 jam, ditambah dengan 7 hari yang akan datang, dan kondisi cuaca terkini. Pada versi berbayar seperti yang sebelumnya saya infokan forecast hingga per menit.

Ditambah ada notifikasi peringatan saat terjadi hujan, info temperatur terkini, adanya widget, dan dapat digunakan pada device smartwatch. Tampilannya sih cukup simpel, informasi yang disediakan juga mudah dibaca dan dimengerti.

Aplikasi ini mendukung smartphone iOS, Android, dan smartwatch berbasis keduanya.

5. CARROT Weather

CARROT Weather

Aplikasi ramalan cuaca berikutnya yaitu Carrot Weather, menyediakan informasi cuaca dengan grafik unik dan mudah untuk dibaca.

Pada versi premium kamu bisa mengetahui berbagai lokasi hingga 70 tahun terakhir, atau 10 tahun yang akan datang kondisi cuaca di suatu tempat, dan juga terdapat widget.

Aplikasi ini dapat berjalan baik di Android, iOS, dan Apple Watch. Kamu bisa melakukan kustomisasi pada tampilan ramalan cuaca, kira-kira data apa saja yang kamu butuhkan dan mana yang tidak.

6. Yahoo Weather

Yahoo Weather

Aplikasi untuk ramalan cuaca berikutnya yaitu Yahoo Weather. Aplikasi ini bisa menampilkan ramalan cuaca per jam, prediksi cuaca lima hingga sepuluh hari kedepan, dengan menampilkan background gambar sesuai dengan lokasi, kondisi cuaca terkini, dan kondisi sesuai waktu seperti pagi, siang, sore, atau malam hari.

Kamu juga bisa menampilkan animasi saat matahari terbit dan terbenam, ada informasi mengenai kecepatan angin, dan prediksi turunnya hujan. Kamu juga bisa menampilkan peta interaktif seperti maps dalam bentuk radar, satelit, panas, dan salju.

Tempat-tempat yang kamu akan kunjungi atau tempat favorit, bisa kamu tandai dan cari tahu mengenai kondisi cuaca terkini di sana itu seperti apa, dan kamu bisa geser layar dari kiri ke kanan untuk berpindah lokasi.

7. Weather by WeatherBug

Weather by WeatherBug

Saat kondisi berbahaya seperti banyak petir atau perubahan cuaca yang begitu cepat. Aplikasi Weatherbug akan memberi peringatan kepada kamu, termasuk kondisi ekstrim lainnya seperti hujan badai, angin topan, kebakaran, kondisi udara yang tercemar, dan temperatur suhu udara yang sangat tinggi atau sangat dingin. Aplikasi WeatherBug dapat berjalan pada smartphone Android dan iOS, MacOS, dan OS Windows.

Kesimpulan

Terkadang data yang ditampilkan dengan fakta di lapangan terkait cuaca memang sesuatu hal yang tidak pasti. Aplikasi di atas bisa menjadi sangat akurat jika kamu melakukan real time pertukaran data dan menggunakan GPS.

Jika data terus di update per menit misalnya, kemungkinan daya baterai smartphone akan cepat habis. Jika di update per hari, data cuaca yang ditampilkan tidak terlalu akurat. Lalu sebaiknya bagaimana?

Request data saat diperlukan saja. Itu berarti, kamu buka aplikasi di atas saat hendak pulang kantor, berpergian, atau saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain ketiga aktivitas tersebut, kamu bisa tutup aplikasi prakiraan cuaca tersebut.

Jangan biarkan menyala di background process saat tidak digunakan. Tidak hanya membuat baterai cepat habis, pertukaran data yang dilakukan secara terus menerus juga memakan kuota internet kamu.