WhatsApp adalah salah satu alat komunikasi yang penting saat ini. Disamping meningkatkan fitur, perusahaan juga berusaha meningkatkan privasi pengguna WhatsApp karena hal tersebut merupakan prioritas bagi sebagian besar pemakainya.

Memang benar bahwa aplikasi chat sejenis WhatsApp berguna untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Selain itu, WhatsApp juga berfungsi untuk mengekspresikan gagasan dan pemikiran kita.

Namun, tahukah Anda bahwa versi terbaru dari WhatsApp memungkinkan Anda memperbaiki privasi Anda? Dengan pengaturan yang sederhana, Anda dapat mencegah orang lain melihat kapan terakhir kali Anda online, menyembunyikan gambar profil maupun status.

Jika Anda masih tidak menguasai cara pengaturan privasi, kami akan menjelaskannya melalui beberapa tips di bawah ini.

1. Cara menonaktifkan waktu terakhir Anda online di aplikasi WhatsApp

Beberapa pengguna tidak ingin orang lain mengetahui waktu terakhir mereka online, karena hal ini bisa menjadi masalah perselisihan. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi bumerang dalam percakapan pada saat yang tidak tepat ketika berdebat.

Oleh karena itu, menonaktifkan bagian ini adalah hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan. Satu-satunya kekurangan dari fitur ini adalah Anda juga tidak dapat melihat waktu terakhir orang-orang dalam kontak Anda online. Jadi sama-sama impas.

Untuk menonaktifkan bagian ini cukup mudah. Buka Pengaturan>Akun> Privasi. Anda akan melihatpilihan “Terakhir kali” muncul di bagian atas. Jika Anda mengkliknya, maka Anda akan melihat beberapa pilihan seperti “Semua”, “Kontak saya” atau “Tidak ada.” Pilihlah satu opsi yang menurut Anda paling pas.

2. Cara menyembunyikan foto profil WhatsAp

Secara default, siapapun bisa melihat foto profil WhatsApp Anda jika mereka memiliki nomor telepon Anda. Anda dapat menghindari hal ini dengan menyembunyikan foto profil Anda dan memilihnya hanya dapat dilihat oleh kontak Anda.

Baca juga : Ini Dia Cara Memasang Dua WhatsApp di Satu Smartphone Android

Untuk mengaktifkan hal ini, Anda dapat masuk ke Pengaturan>Akun> Privasi. Klik pada bagian foto profil, lalu pilihlah opsi yang sesuai dengan Anda di antara ketiga pilihan, “Semua orang”, “Kontak saya”, atau “Tidak ada.”

3. Cara menyembunyikan negara

Hal yang sama juga berlaku untuk menyembunyikan negara. Anda dapat mengaturnya dengan cara yang sama yaitu dariPengaturan>Akun> Privasi. Pada bagian negara, Anda dapat memilih “Semua”, “Kontak saya” atau “Tidak ada”.

4. Cara menonaktifkan centang biru ganda tanda “read”

Salah satu hal terakhir yang masuk ke WhatsApp adalah centang biru ganda. Hal itu menimbulkan banyak kontroversi karena mengindikasikan apakah si penerima sudah membaca pesannya atau tidak.

Meski pada awalnya tidak bisa dihilangkan, namun saat ini Anda sudah dapat menhilangkannya. Di bagian Privasi Anda dapat menghapus centang pada kotak yang bertuliskan “membaca konfirmasi”.

5. Cara mematikan notifikasi serta memblokir kontak dan grup

Kita semua tahu bahwa salah satu gangguan terbesar dari WhatsApp berasal dari notifikasi grup atau beberapa orang tertentu yang menyalahgunakan WhatsApp. Jika Anda ingin mematikan notifikasi dari mereka, Anda dapat melakukannya dengan membuka obrolan dan klik pada nama mereka.

Kemudian, Anda akan melihat bahwa opsi “mute” muncul. Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat memilih berapa lama Anda ingin mematikannotifikasi dari kontak tersebut.

Dengan cara yang sama, Anda juga bisa memblokir kontak tertentu. Caranya adalah dengan menambahkan nomor mereka satu per satu sehingga mereka tidak dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp (tidak melalui SMS maupun dengan panggilan).

Hal ini tentunya sangat ideal untuk dilakukan jika ada seseorang yang mengganggu privasi Anda. Dengan melakukan hal ini, tampilan nomor telepon Anda akan terlihat seolah-olah Anda tidak menginstal WhatsApp dan tidak memiliki WhatsApp saat dilihat dari nomor orang yang Anda blokir.

Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu. Caranya adalah dengan membuka pengaturan aplikasi pada ponsel Anda. Carilah WhatsApp dalam daftar.

Setelah Anda menemukan dan membukanya, klik “force stop”. Anda tidak akan menerima notifikasi sampai Anda membuka WhatsApp kembali.

6. Aktifkan pemberitahuan keamanan

Hal ini adalah salah satu hal yang perlu juga untuk Anda perhatikan. Tahukah Anda bahwa layanan WhatsApp saat ini memiliki sistem enkripsi end-to-end?

Layanan ini menjamin bahwa komunikasi Anda tidak akan dicegat, karena pesan yang dikirim, dikodekan, dan didekripsi begitu diterima.

Untuk melakukan ini, setiap kontak memiliki kode keamanan yang biasanya tidak dapat dipindahtangankan. Kode keamanan ini akan digunakan untuk membangun sistem keamanan.

Namun, saat seseorang dalam kontak Anda membersihkan aplikasi WhatsApp mereka dengan sengaja, maka kode keamanan tersebut juga akan berubah.

Baca juga : 7 Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan Hacker

Kode tersebut akan berbeda dari sebelumnya dan menyebabkan penerima menemukan data yang berbeda, yang mungkin akan mengganggu percakapan.

Selain itu, WhatsApp memiliki fungsi untuk menerima pemberitahuan keamanan dan sangat direkomendasikan untuk diaktifkan. Anda dapat mengaktifkannya melalui “Pengaturan>Akun>Keamanan.”

Mengaktifkan pengaturan ini akan memungkinkan pengguna menerima peringatan pada saat kontak telah mengubah kata sandinya. Selain itu, panggilan dan pesan juga akan dienkripsi secara independen.

7. Periksa apakah percakapan dienkripsi

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka informasi kontak (baik dalam obrolan individu maupun dalam kelompok) dan klik “Enkripsi” untuk mengonfirmasi bahwa pesan dan panggilan dienkripsi dari end-to-end.

Untuk melakukan ini, Anda harus memindai kode yang muncul pada kontak di telepon Anda maupun sebaliknya. Seperti yang bisa Anda lihat, pengaturan privasi WhatsApp dapat diterapkan dengan sangat mudah.

Baca juga : Tips Aplikasi WhatsApp agar Aplikasi Tidak Membengkak

Selain itu, Anda juga dapat memutuskan informasi apa yang akan Anda bagikan dengan orang lain. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi tentang privasi Anda saat menggunakan WhatsApp karena perusahaan tersebut telah memperbaiki pengaturan privasi pengguna WhatsApp.

Setelah menginstal pembaruan, pengguna dapat melakukan semua tips-tips diatas untuk meningkatkan privasi. Sangat menarik sekali, bukan?