Safe Deposit Box Bank vs BrankasLM Antam, The Battle?

Menyambung tulisan kemarin yang berjudul Simpan Emas Aman di BrankasLM PT Antam. Hari ini kita akan melakukan sedikit komparasi antara menyimpan emas dan perak pada safe deposit box di bank atau pada BrankasLM PT Antam? Kelebihan dan kekurangan antara keduanya sangat menarik untuk kita bahas. Pada beberapa artikel kebelakang kita telah membahas kekurangan dari SDB Safe Deposit Box pada Perbankan pada tulisan berikut ini.
Nah memangnya pada BrankasLM memiliki kekurangan juga? Tentunya setiap pilihan pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dari kedua produk yang sedang kita bicarakan ini. Tinggal Anda cari saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau profil dari diri Anda. Oh ya,  sebenarnya judul yang tepat adalah Safe Deposit Box SDB Perbankan vs Pool Account BrankasLM PT Antam Tbk. kali ya? Baiklah soal judul ga usah terlalu dipermasalahkan. Hehe. 😀
Berikut ini adalah daftar kelebihan dan kekurangan dari dua produk di atas:

Kelebihan dari Safe Deposit Box Perbankan:

  1. Aman karena dilindungin dengan berbagai sistem keamanan yang canggih, mulai dari satpam bank, lokasi strategis, cctv, strong room, SDB yang tahan api, dan berbagai sistem keamanan lainnya.

  2. Proses pembukaan akun sewa Safe Deposit Box (SDB) yang cukup mudah, biasanya terintegrasi atau orang yang sudah menjadi nasabah dapat mengikuti program SDB tanpa perlu repot-repot mengisi banyak formulir seperti pembukaan akun untuk menjadi nasabah bank, seperti di awal-awal pembukaan rekening pada bank yang bersangkutan.

  3. Nasabah bisa mengambil dan menaruh kapanpun emas dan perak, yang disimpan pada Safe Deposit Box mereka. Dengan cara yang bersangkutan datang langsung ke tempat SDB di bank tempat mereka sewa SDB.

  4. Nasabah bisa mengecek fisik emas dan perak yang mereka simpan pada SDB dalam waktu-waktu tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada jam operasional SDB di bank yang bersangkutan.

  5. Untuk harga tarif sewa Safe Deposit Box, bisa dibilang cukup kompetitif antara bank pemerintah dan swasta. Biasanya kantor bank yang mendukung SDB berada di kota-kota besar. Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Kelebihan dari sitem Pool Account BrankasLM PT Antam Tbk.:

  1. Soal sistem keamanan bisa dibilang sama-sama aman, karena dua tempat penyimapanan emas dan perak ini dilindungi oleh perusahaan besar. Jadi saya tidak bisa berkomentar lebih jauh soal sistem keamanan ya. Mungkin sama poin pertama di sini dengan poin pertama pada poin di atas.

  2. Pada Program BrankasLM Antam emas dan perak dilindungi oleh asuransi. Adapun cover dari asuransi nilainya berbeda-beda. Untuk mengetahui hal tersebut Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul Simpan Emas Aman di BrankasLM PT Antam.

  3. Anda dapat mengecek jumlah emas yang Anda miliki secara realtime, bisa juga mengecek histori transaksi dengan mengunjungi website resmi BrankLM di alamat https://www.brankaslm.com/.

  4. Anda bisa menjual dan membeli emas secara online.

  5. Harga emas yang ditawarkan adalah harga terkini.

Kekurangan Safe Deposit Box Perbankan:

  1. Anda perlu mendatangi bank untuk menaruh emas dan perak atau mengambil emas setiap kali Anda ingin menjualnya kembali. Itu berarti terkadang Anda perlu mengantri.

  2. Tidak ada jaminan atau asuransi terhadap barang yang disimpan pada Safe Deposit Box di perbankan. Karena bank sama sekali tidak memperdulikan isi yang Anda taruh di SDB tersebut. Kecuali memang barang-barang yang dilarang disimpan pada SDB, ini tidak diperbolehkan.

  3. Apabila terjadi kehilangan barang pada SDB, maka bank tidak akan bertanggung jawab mengenai hal tersebut. Terutama akibat berpindah tangannya kunci SDB ke orang yang tidak bertanggung jawab.

  4.  Bank juga tidak akan bertanggung jawab terhadap isi dari SDB, apabila terjadi menurunnya kualitas dan kuantitas barang yang disimpan pada SDB.

5. Pada kondisi force majure, bank tidak akan mau bertanggung jawab terkait hal ini. Apabila barang di SDB hilang, rusak, atau menurunnya kualitas.

Kekurangan sistem Pool Account pada BrankasLM :

  1. Anda harus memiliki minimal deposit emas sebesar 5 gram untuk pembukaan akun Brankas LM. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan username dan password. Apabila password Anda tercuri atau berhasil dicuri oleh orang lain. Maka penyalahgunaan dari akun BrankasLM menjadi tanggung jawab Anda.

  2. Anda tidak dapat menarik semua emas yang Anda miliki apabila belum jatuh tempo dan penarikan hanya dapat dilakukan dalam bentuk buy back. Jika Anda tetap melakukan penarikan dalam bentuk fisik. Maka Anda terkena penalty sebesar 2.5%. Dan diharuskan menyisakan minimal saldo 5 gram atau sesuai jenis keanggotaan.

  3. Apabila saldo Anda tidak mencukupi, maka akun Anda akan disarankan untuk ditutup atau sisa saldo tersedia di buyback atau dicetak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  4. Apabila bisa emas yang Anda miliki telah melebihi cover asuransi. Maka Anda diharuskan untuk meng-upgrade akun Brankas LM Anda ketingkat yang lebih tinggi untuk cover asuransinya.

  5. Layanan pengiriman emas masih perlu diperlus lagi, karena saat ini baru mencapai kota-kota besar saja seperti : Jakarta, Makassar, Bogor, Denpasar, Tangerang, Balikpapan, Bekasi, Palembang, Serang, Medan, Bandung/ Lembang/ Cimahi/ Sukabumi, Pekanbaru, Semarang, Banjarmasin, Jogjakarta, Padang, Surabaya/ Gresik/ Sidoarjo/ Pasuruan.

Kira-kira hal di atas adalah kekurangan dan kelebihan dari SDB dan Brankas LM. ( Safe Deposit Box Bank vs BrankasLM Antam ). Terkait dengan peredaran emas palsu menjelang lebaran. Pembaca dapat membaca tulisan saya di artikel berikut ini Waspadai Emas Palsu Menjelang Lebaran Tiba.

Iklan