Munculnya Laptop Pengganti Komputer 

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini dunia telah memasuki era perkembangan di dalam bidang teknologi yang sangat pesat.

Bahkan saking tidak dapat dikontrol banyak pakar telah mengatakan bahwa manusia saat ini hidup di era digital.

Dimana semua kegiatan manusia dapat dilakukan dengan praktis sehingga meninggalkan cara-cara konvensional yang cenderung lebih tradisional.

Hal tersebut dibuktikan dengan sistem digital pada bidang komputerisasi yang saat ini semakin merajalela.

Mungkin sudah banyak yang memahami bahwa dahulu komputer merupakan salah satu perangkat teknologi yang sangat eksklusif.

Sebab harganya yang mahal dan hanya dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar pada zamannya.

Namun saat ini zaman telah mengalami perubahan yang sangat pesat sehingga komputer menjadi salah satu perangkat teknologi yang dimiliki oleh banyak orang tidak lagi dianggap sebagai salah satu barang yang elit.

Mengikuti perkembangan komputer yang pesat tentunya perangkat digital di dalamnya atau yang biasa kita sebut sebagai software atau perangkat lunak tentunya juga akan mengalami perkembangan yang pesat.

Oleh karena itu beragam aktivitas manusia dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan media komputer dan perangkat lunak di dalamnya.

Salah satu fitur yang sangat memudahkan kegiatan manusia adalah fitur screenshot untuk mengabadikan sebuah data dalam bentuk gambar sehingga kita tak perlu lagi untuk menyalin data secara manual.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara screenshot di laptop serta melakukan perekaman.

Namun sebelum sampai pada pembahasan penting tersebut ada baiknya jika anda memahami bagaimana laptop dapat menggantikan peran sebuah komputer.

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa komputer generasi pertama telah ada dan dipergunakan sejak tahun 1946.

Pada masa itu rangka komputer dibentuk dari tabung vakum yang tentunya sangat tidak efisien.

Sebab tabung vakum tersebut secara cepat akan menghasilkan panas serta membutuhkan pemakaian daya listrik yang besar.

Komputer generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin sebegai perangkat lunaknya untuk menjalankan berbagai fungsi komputer pada masa itu.

Kala itu komputer digunakan sebagai salah satu sarana pencatatan dan pemrosesan data.

Dimana untuk memasukkan data ke dalam sistem dibutuhkan bantuan perangkat lain yang berupa kartu berlubang serta pita kertas.

Sehingga dapat dipastikan software atau perangkat lunak komputer generasi pertama masih jauh dari kata canggih dan tentunya cara screenshot di laptop pun belum ditemukan saat itu.

Karena ketidakefektifan komputer generasi pertama maka pada tahun 1959 diciptakan komputer dari transistor yang menggantikan tabung vakum.

Penggunaan transistor pada masa itu dianggap lebih efektif karena menghasilkan panas yang lebih sedikit dibandingkan dengan tabung vakum.

Pada masa itu bahasa mesin pada komputer juga telah mengalami perkembangan menjadi bahasa simbolik yang dapat memberikan perintah pada komputer dalam bentuk kata-kata.

Kemudian pada tahun 1965, penggunaan transistor diminiaturkan ke dalam bentuk integrated circuit  atau IC.

Sehingga rangka komputer pada saat itu sudah jauh lebih sederhana dan kecil. Pada IC sebuah perangkat komputer sudah terdiri dari transistor, resistor, dan kapasitor.

Sehingga pada saat itu sistem operasi atau software komputer mulai mengalami perkembangan.

Komputer generasi ketiga ini juga menjadi desain komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor.

Seiring berkembangnya zaman pada tahun 1971 penggunaan komputer semakin menjangkau masyarakat luas sehingga perusahaan teknologi pada masa itu mengembangkan komputer “rumahan” yang disebut dengan Microprosesor yang dianggap sebagai komputer generasi keempat.

Sebutan khusus bagi komputer generasi kelima ini didasari dengan penggunaan sebuah chip yang mampu menyimpan ribuan transistor sehingga satu perangkat komputer sudah mampu mengerjakan berbagai macam perintah atau fungsi dalam waktu yang sangat singkat.

Dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat maka perusahaan teknologi kala itu sangat terinspirasi untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah teknologi jaringan komputer yang memungkinkan komputer di seluruh dunia dapat terhubung.

Hal tersebutlah yang mendorong adanya penciptakan jaringan internet yang saat ini sudah merajalela dimana-mana.

Komputer generasi keempat ini juga sudah menggunakan perangkat lainnya seperti keyboard, mouse, speaker, dan monitor.

Sehingga keseluruhan perangkat pelengkap komputer dikenal dengan sebutan hardware atau perangkat keras.

Pada saat itu software atau perangkat lunak komputer juga telah berkembang dengan baik sehingga cara screenshot di laptop atau personal computer sudah dapat dilakukan.

Perkembangan komputer generasi keempat inilah yang semakin memotivasi perusahaan teknologi untuk mengembangkan perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

Sehingga terciptalah laptop pada awal tahu 1990an yang pada saat itu banyak dipergunakan oleh para eksekutif perusahaan.

Aplikasi Screenshot Di Laptop

Dengan berkembangnya era teknologi yang sangat pesat maka tidak dapat dipungkiri jika semakin hari akan semakin banyak dijumpai berbagai macam aplikasi atau software yang terdapat pada sebuah komputer atau laptop.

Oleh karena itu saat ini terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah carascreenshot di laptop.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat anda manfaatkan, diantaranya:

  1. Aplikasi pertama yang dapat anda gunakan adalah Lightshot yang menjadi salah satu aplikasi untuk screenshot yang paling populer serta paling banyak digunakan. Sebab aplikasi ini dapat secara gratis anda download dan instal pada laptop anda melalui website resmi aplikasi ini. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini banyak digemari karena penggunaannya yang sangat mudah dan cepat. Cara screenshot di laptop menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah anda perlu untuk membuka halaman yang akan anda screenshot sebagai halaman utama pada layar laptop anda. Kemudian anda hanya perlu memilih menu atau icon lightshot pada menu yang tersedia di taksbar aplikasi ini. Selanjutnya anda hanya perlu menentukan area gambar yang akan anda screenshot dengan bantuan Selain menyediakan kemudahan di dalam menggunakan fitur screenshot, aplikasi ini juga memberikan fitur tambahan lainnya yang sangat menarik. Ketika anda menggunakan aplikasi ini maka anda dapat dengan mudah mengedit gambar yang telah ada screenshot sebelumnya dengan menambahkan tulisan, warna, dan simbol. Selain itu hasil gambar dengan menggunakan aplikasi ini juga tersedia di dalam berbagai format seperti JPG, PNG, dan BMP. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah dimana ukurannya yang sangat kecil hanya sekitar 4 MB sehingga proses download dan instalnya sangatlah cepat. Berbagai keunggulan tersebutlah yang membuat aplikasi ini semakin banyak digemari.
  2. Aplikasi kedua yang dapat anda gunakan adalah Schrimfotoyang juga banyak digemari oleh para profesional serta sangat mudah untuk digunakan. Untuk dapat mempergunakan fasilitas screenshot menggunakan aplikasi ini sebelumnya terlebih dahulu anda diwajibkan untuk melakukan registrasi pada website resmi aplikasi ini. Setelah membuat akun pribadi pada website resmi yang tersedia, maka selanjutnya anda akan mendapatkan nomor seri atau serial number yang wajib dimasukkan pada saat proses instal aplikasi pada komputer atau laptop anda. Setelah pemasangan aplikasi sukses pada komputer anda maka selanjutnya anda dapat memanfaatkan fasilitas screenshot menggunakan aplikasi ini. Cara screenshot di laptop menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dan cepat dimana anda hanya perlu mengklik ikon kamera. Maka aplikasi ini akan secara otomatis mengambil gambar atau tampilan keseluruhan pada layar utama laptop anda. Apabila anda hanya menginginkan sebagian gambar maka anda bisa untuk memotong gambar yang di Selain mampu untuk menjalankan perintah screenshot aplikasi ini juga dapat menambahkan berbagai fitur lainnya pada gambar yang telah diambil seperti menambahkan watermark dan marker. Berbagai gambar yang dihasilkan juga memilki variasi format yang cukup fleksibel yakni dalam format JPG, PNG, dan PDF. Dengan kemudahannya tersebut maka aplikasi ini telah banyak digunakan sebagai salah satu software pada komputer atau laptop yang wajib ada.
  3. Aplikasi ketiga yang dapat anda pergunakan untuk menjalankan perintah screenshot  di komputer atau di laptop anda adalah Screenshot Captor. Aplikasi yang berukuran 8 MB ini juga memiliki banyak penggemar dan hampir dipergunakan oleh seluruh pengguna teknologi komputer. Karena aplikasi screenshot  ini memiliki satu keunggulan yang tidak banyak dimiliki aplikasi lainnya yakni aplikasi ini mampu untuk melakukan pengambilan gambar pada saat layar atau homepage laptop anda bergulir. Sehingga tentunya aplikasi ini akan sangat membantu anda apabila anda membutuhkan gambar screenshot sebuah dokumen yang cukup banyak. Selain cara screenshot di laptop yang sangat mudah dengan menggunakan aplikasi ini, anda tetap bisa melakukan pengeditan gambar apakah anda menginginkan hasil yang full desk  atau hanya beberapa bagian penting saja. Selain mampu melakukan perintah screenshot pada komputer atau laptop, gambar yang dihasilkan juga bisa ditambahkan dengan beberapa fitur lainnya yang tersedia. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah frame, watermark, borders, shadow effects, blurning, dan lain-lain. Oleh karena itu tidak ada lagi hambatan bagi anda untuk mengambil gambar screenshot  dengan mudah dan cepat.

Cara Screenshot Mudah Di Laptop

Sebenarnya ada berbagai macam cara screenshot di laptop. Ada yang menggunakan software bawaan dari komputernya.

Ada pula yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa cara melakukan screenshot di laptop kesayangan anda :

1. Dengan menggunakan tombol ‘Prt Scr’ atau ‘Alt+Prt Scr’ di keyboard laptop anda

Ini merupakan cara screenshot  di laptop yang paling mendasar dan paling banyak digunakan sebagai cara screenshot pada laptop anda.

Hanya dengan menekan tombol pada keyboard, terambilah sebuah screenshot di layar anda. Hanya saja ketika anda ingin menyimpan hasil tersebut, anda perlu membuka program editing, seperti misalnya Ms Paint, untuk dapat menyimpannya ke dalam harddisk ataupun flashdisk anda.

Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard laptop anda. Disana tertulis ‘Prt Scr’ yang merupakan sebuah singkatan dari Print Screen yang biasanya memang digunakan untuk mengambil screenshot dari tampilan layar anda ke dalam clipboard.

Langkah untuk cara penggunaannya cukup mudah, cukup tekan tombol ‘Prt scr’ pada keyboard laptop anda pada tampilan            yang ingin anda ambil screenshotnya, lalu screenshot tersebut akan tersimpan di clipboard, hasilnya masih belum bisa dilihat sampai anda mem-paste-nya ke dalam program editing seperti Ms Paint.

Setelah anda mem-paste-nya ke dalam Ms Paint, anda dapat menyimpannya ke dalam harddisk dengan mengklik tombol Save dan selesai sudah.

2. Dengan menggunakan tombol Windows+PrtScn

Cara screenshot di laptop yang satu ini mungkin kelihatannya hampir sama, namun yang membedakannya adalah apabila anda menggunakan kombinasi tombol diatas.

Anda dapat langsung menyimpan screenshot anda tanpa harus melalui program editing yang lain.

Dengan menggunakan tombol Windows+PrtScn, screenshot anda akan langsung tersimpan di folder Screenshots di dalam Pictures Library. Mudah bukan cara screenshotnya?

Namun sayangnya cara ini hanya berlaku apabila anda menggunakan sistem Windows 8.1 dan Windows 10 saja.

3. Cara Screenshot Dengan menggunakan Snipping Tool

Nah, apabila dengan menggunakan cara-cara sebelumnya anda tidak dapat leluasa mengambil screenshot pada gambar atau area tertentu pada layar anda, maka dengan snipping tool hal ini dapat dilakukan.

Anda tidak perlu khawatir, ini bukanlah program tambahan, snipping tool adalah program bawaan dari Windows sehingga anda tidak perlu menginstallnya secara terpisah.

Cara screenshot di laptop dengan menggunakan snipping tool pun cukup mudah.

Cara Merekam Screen Di Personal Computer Dengan Mudah

Mungkin pada masa permulaan teknologi komputer atau laptop hadir, melakukan perekaman layar yang sedang ditampilkan pada komputer atau laptop anda tidak banyak digunakan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya era digital dengan pesat, maka merekam screen  atau layar komputer menjadi salah satu kegiatan yang saat ini banyak dilakukan.

Sebab salah satu pekerjaan misalnya sebagai content creator  di aplikasi Youtube dalam bidang game, maka pemain harus bisa merekam tampilan layar pada saat bermain tersebut.

Oleh karena itu selanjutnya artikel ini akan membahas mengenai beberapa cara dan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan perekaman screen komputer, diantaranya :

1. Menggunakan aplikasi Game DVR pada Windows 10

Untuk menggunakan aplikasi ini anda harus memastikan bahwa software yang anda gunakan adalah Windows 10 Creators Update.

Langkah pertama untuk memulai perekaman maka anda harus memastikan bahwa anda telah memberikan ijin agar fitur game DVR dapat berjalan.

Caranya sangat mudah yakni anda tinggal memilih menu Settingkemudian klik menu Gaming dan Game Bar.

Kemudian pastikan bahwa keterangan “ Record game clips, screenshot and broadcasting using Game Bar “ telah anda aktifkan. Selanjutnya tekan tombol kombinasi Windows + G.

Kemudian halaman game bar akan muncul dan pilih keterangan “ Yes, this is a game “ meskipun hal yang ingin anda rekam bukanlah sebuah game.

Kemudian secara otomatis akan muncul tab kecil pada sisi kanan atas layar komputer anda yang berisi timer yang menandakan proses perekaman video telah berjalan.

Hasil rekaman video yang anda kerjakan akan tersimpan ke dalam format MP4.

2. Menggunakan aplikasi Open Broadcaster Software

Aplikasi yang lebih dikenal dengan nama OBS ini menjadi salah satu aplikasi perekam video terbaik pada komputer anda.

Sebab aplikasi ini dirancang sedemikian rupa agar mudah digunakan meskipun fitur yang tersedia cukup lengkap dan yang pastinya adalah aplikasi ini dapat anda download dan instal secara gratis.

Selain dapat digunakan untuk merekam screen komputer anda, aplikasi ini juga dapat merekam video secara langsung sehingga anda dapat melakukan kegiatan live streaming misalnya saja bermain game.

Aplikasi ini juga dapat merekam suara baik yang berasal dari internal microphone maupun eksternal microphone.

Dengan berbagai macam aplikasi dan software yang tersedia di atas maka berbagai macam kegiatan dapat dengan mudah anda lakukan di komputer atau laptop anda.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan era digital yang saat ini sedang berkembang dengan pesat.

Dengan demikian artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.