Inovasi terbaru kembali dilakukan oleh Facebook. Kini, pengguna aplikasi pesan instan milik Facebook, dapat puas bermain game dengan mudah. Platform yang kemudian diberi nama instant games tersebut sebenarnya sudah dirilis sejak November tahun 2016 secara terbatas.

Setelah sukses lewat versi beta-nya, pada bulan Mei 2017 Facebook baru secara resmi meluncurkan instant games secara global ke lebih dari 1,2 miliar pengguna pesan instan Facebook di seluruh dunia.

Permainan yang ada di dalam instan games tersebut berbasis HTML5 yang membuat penggunanya tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu di perangkat ponsel pintar yang dimiliki.

Meskipun telah dirilis secara global, di Indonesia sendiri platform instant games pada awalnya hanya dapat dinikmati oleh pengguna IOS saja. Namun, saat ini layanan permainan tersebut juga sudah bisa dinikmati oleh para pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Game yang dapat dimainkan juga semakin bertambah dan berasal dari berbagai pengembang ternama, seperti Konami, Bandi Namco Entertainment, Taito, dan lainnya.

Fitur permainan yang dimiliki sekarang juga sudah cukup banyak. Masing-masing game sekarang telah dilengkapi dengan fitur turned-based game dan game bots yang akan membawa penggunanya untuk dapat bermain di level selanjutnya.

Beberapa judul permainan yang telah menggunakan fitur tersebut di antarnya EverWing yang menggunakan game bots dan Words with Friends yang menggunakan turned-based game.

Karena tergolong sebagai mini games, permainan yang ada juga memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi. Cocok dimainkan bersama dengan teman-teman yang ada di dalam Facebook Messenger. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, permainan ini tentunya juga tidak akan memakan banyak memori.

Cara Bermain Games Facebook Messenger

Facebook Messenger – XDA Developers

Facebook Messenger – XDA Developers

Pihak Facebook sendiri mengatakan, jika instant game merupakan sebuah gaming tab baru di dalam aplikasi. Platform ini memungkinkan pengguna Messenger untuk bermain bersama dengan teman-teman lainnya dan bersaing memperebutkan nilai tertinggi di dalam games.

Hal terpenting dalam instant gaming adalah seberapa cepat kita memulai permainan. Untuk mulai bermain, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Tekan ikon game controller yang tertera pada aplikasi Messenger
  • Pilih game yang akan dimainkan dan tunggu beberapa detik hingga game terbuka
  • Mainkan hingga mencapai nilai tertinggi. Nilai yang didapat nantinya juga bisa dibagikan dalam obroloan privat atau grup.

Sama seperti social gaming lainnya, ada beberapa permainan yang membutuhkan interaksi sosial para pemainnya. Contohnya saja game EverWing yang mengharuskan kita untuk mengajak teman lainnya saat memulai permainan. Di beberapa tantangan, pemain juga diwajibkan untuk mengundang teman untuk menjadi pemain baru sebagai misi yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu, agar tidak mengganggu teman yang lain, sebaiknya buatlah grup obrolan khusus di Messenger yang berisi para pemain instant games. Beberapa orang tentunya ada yang merasa kesal dan menganggap undangan bermain game yang dikirimkan adalah spaming. Dengan adanya grup khusus tersebut, kita juga dapat bertukar informasi seputar game yang sedang dimainkan.

Perlu diingat, permainan yang ada di dalam Facebook Messenger memerlukan akses internet untuk memainkannya. Jadi, pastikan perangkat yang digunakan tersambung dengan koneksi internet. Jika perangkat menggunakan mobile acces, cek terlebih dahulu ketersediaan paket data yang dimiliki.

Paket data atau paket internet bisa dibeli di konter seluler terdekat, minimarket, atau Traveloka. Selain paket data, tempat-tempat tersebut juga melayani pembelian pulsa seluler dari berbagai operator, seperti Telkomsel.

Selain membeli pulsa Telkomsel untuk diri sendiri, kita juga dapat melakukan transfer pulsa Telkomsel bagi pengguna lainnya. Cek info transfer pulsa Telkomsel di halaman Traveloka.com untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang benar dan detail ketika akan melakukan transfer pulsa.

Pembayarannya juga gampang karena Traveloka punya berbagai opsi pembayaran dengan transaksi yang aman dan nyaman.

Game-Game Pilihan Terbaik

Di bawah ini merupakan beberapa instant game terbaik yang dapat dimainkan bersama dengan teman di Facebook Messenger.

1. EverWing

Dalam game ini, kita berperan sebagai seorang peri dengan kekuatan dan karakteristik yang berbeda-beda. Tugas utama dalam permainan ini adalah menembak semua monster yang menghadang dan mendapatkan nilai tertinggi.

Monster yang ada terdiri dari beberapa tipe, dari monster berwarna jingga yang mudah dikalahkan hingga tipe bos yang cukup kuat. Ketika bermain, setiap karakter nantinya akan ditemani oleh 2 sidekicks atau dragon dengan elemen dan tipe yang berbeda-beda.

Permainan ini menampilkan grafik yang cukup apik dan potensial dari HTML5. Ditambah, kita juga dapat memainkan jenis permainan lainnya di dalam game, selain bermain permainan utamanya.

2. Endless Lake

Permainan yang satu ini juga cukup menghibur dan sangat ringan dimainkan. Merupakan perpaduan dari Temple Run dan Monument Valley. Kita hanya perlu tap untuk dapat membuat karakter melompati celah agar tidak tercebur ke dalam danau.

Grafik dengan warna dan gambar soft membuat permainan semakin menyenangkan. Kita juga dapat menggunakan karakter lain dengan membelinya menggunakan koin yang telah dikumpulkan.

3. Zookeper

Menurut beberapa pengguna, game ini merupakan salah satu permainan yang cukup menghibur. Game berbentuk puzzle ini mengharuskan pemainnya untuk mencocokan gambar-gambar binatang yang ada.

Permainan semakin menarik dengan adanya interupsi dari sang bos kebun binatang yang mengomentari permainan. Ditambah, grafik game yang bergaya funky art semakin membuat pemain bisa betah berlama-lama memainkan game satu ini.

Selain 3 permainan di atas, masih banyak lagi game yang bisa dimainkan, baik sendiri ataupun bersama-sama dengan teman yang lainnya. Game menarik lainnya, seperti Pac Man, Word With Friends, Arknoid, Galaga, dan lain-lainnya.

Jika kebetulan teman kehabisan paket data dan tidak bisa bermain, jangan sungkan untuk melakukan transfer pulsa Telkomsel. Dengan pulsa yang cukup, dia bisa menggunakannya untuk membeli paket data agar bisa kembali bermain instant games bersama-sama.