Dalam dunia industri ada sebuah seni yang terus dirancang dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun sehingga menjadi seni yang tak terlihat namun indah. Bagaimana mungkin sesuatu yang tidak tampak tapi bisa indah?
Seni tersebut disebut dengan seni memindahkan uang orang lain. Bagaimana uang yang tadinya berada di kantong orang lain bisa berpindah ke kantor si “pelaku seni” tanpa ada unsur paksaan, bahkan dengan kerelaan.
Klo nyopet atau nyurikan pastinya resiko ditangkep polisikan? Apa jangan-jangan menggunakan ilmu gaib? Tenang bukan! Artikel ini bukan mengajarkan hal yang aneh-aneh. Saya ingin sharing sesuatu kepada Anda tentang cara mengatur pengeluaran rutin Anda.
Sehingga uang yang Anda miliki tetap aman di kantong Anda dan tidak lari ke perusahaan-perusahaan besar. Maksudnya begini, seni memindahkan uang yang saya maksud. Pernahkah Anda mengalami ketika paket internet habis, lalu koneksi internet di ponsel pintar Anda tetap berjalan dengan menggunakan pulsa reguler yang tarifnya lebih mahal?
Lalu Anda tidak menyadari bahwa selama Anda menggunakan pulsa reguler tadi. Uang Anda yang berupa pulsa sudah berpindah tangan secara cepat ke perusahaan telekomunikasi dengan atau tanpa Anda sadari?! Nah itu salah satu contohnya.
Banyak di antara kita yang tidak sadar bahwa pulsa itu adalah uang kita dalam bentuk yang lain. Namun karena keasikan untuk sms atau telpon-telponan yang sifatnya tidak penting. Alhasil, pulsa jadi cepat habis dan tanpa sadar. Ia sudah berada di tangan perusahaan telekomukasi.
Rata-rata kegiatan sms dan telpon yang kurang produktif ini, seringkali menimpa anak-anak muda di Indonesia. Entah untuk pacaran, cuma isengin temen, atau bahkan ada istilah buang-buang pulsa. Come on, anak muda. Klo uang yang Anda pakai itu berasal dari orangtua. Stop, untuk “main-main”. Mulailah untuk belajar mengatur keuangan Anda.
Pun dari uang pulsa yang bisa dihemat setiap bulannya. Anda sudah bisa menabung emas meskipun Anda adalah seorang pelajar. Semoga penyakit “buang-buang pulsa” ini tidak menjangkiti para mahasiswa juga.
Karena dalam dunia industri banyak sekali karya seni yang indah, yang siap memindahkan uang dari kantong Anda ke kantong mereka. Tanpa Anda sadari, salah satunya melalui pulsa telpon pintar yang Anda miliki.
Belum lagi, promo-promo yang ada di restoran, distro baju, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai wahana permainanan. Mulai dari diskon yang menggiurkan, sistem voucher, midnight sale, dan masih banyak cara lainnya. Mulai hari ini dan kedepan, setelah Anda membaca artikel ini.
Cobalah untuk mengontrol dengan ketat setiap pengeluaran Anda. Pastikan yang Anda belanjakan adalah sesuatu hal yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orangtua tentang barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan, untuk mendapatkan masukan/saran dari mereka. Jika Anda sudah belanja dengan tepat maka tahap selanjutnya, yaitu adalah berpikir untuk masa depan. Anda dapat mulai menabung atau berinvestasi. Siap?