Linux adalah nama untuk sistem operasi komputer tipe Unix dan merupakan hasil  pengembangan dari perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.

Nama Linux diperkenalkan pada tahun 1991 yang berasal dari nama pembuatnya, yaitu Linus Torvalds. Pada tahun 1983, Richard Stallman mengumumkan Linux memiliki sistem, peralatan sistem dan pustaka berasal dari sistem operasi GNU yang kemudian dikenal  dengan nama alternatif GNU/ Linux.

Linux saat ini sukses dan telah didukung oleh berbagai perusahaan ternama, seperti Intel, Oracle Corporation, Red Hat, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, dan Sun Microsystems.

Linux banyak digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras ( hardware ) komputer, telepon genggam, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan Xbox ), dan router.

Alasan penggunaan Linux sebagai sistem operasi adalah karena Linux memiliki beberapa kelebihan seperti tidak bergantung dengan vendor (vendor independence ).

Serta memiliki biaya operasional yang rendah. Selain itu Linux juga memiliki kompatibilitas, keamanan, dan kestabilannya yang lebih tinggi dibanding dengan versi UNIX tak bebas dan Microsoft Windows.

Pada kesempata kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai 7 sistem operasi Linux yang terkenal di dunia. Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Sistem Operasi Linux Debian

Debian Linux merupakan sebuah sistem operasi Linux yang terkenal dan saat ini sudah memasuki versi 8.1.

Debian Linux  diperkenalkan pertama kali  sekitar tahun 1999. Sistem operasi ini sangat cocok untuk digunakan sebagai komputer server atau admin.

Lebih jelasnya mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux yang satu ini, silahkan perhatikan tabel berikut ini :

Kelebihan Kekurangan
–          Memiliki paket yang super stabil –          Siklus pengembangan distro masih sangat konservatif atau lambat.
–          Memiliki Kestabilan program yang telah teruji, tidak mudah hang. –          Jangka waktu untuk  rilis versi selanjutnya dapat bertahun-tahun.
–          Memiliki sistem pemeliharaan paket berbasis program APT canggih –          Versi software yang dipakai oleh sistem operasi ini biasanya lebih tua dari yang sudah rilis saat ini.
–          Sistem hanya di reboot setelah mengganti kernel, mati listrik, atau mengganti perangkat keras. –          Sangat sulit untuk memasukkan software versi terbaru kedalam distronya, karena harus benar-benar teruji keamanan dan kestabilannya.
–          Non komersial dan free software, softwere ini dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang bekerjasama  melalui Internet, sehingga memungkinkan dapat mengambil atau menyalin source program Linux tanpa dikenai biaya, memodifikasi serta menyebarluaskan secara bebas dan gratis. –          Sulit dikonfigurasikan saat instalisasi pertama kali.
–          Open Source, yang berarti semua listing program dari source code sistem operasi ini bisa dilihat dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. –          Perlu repositori besar dari 40 hingga 60 GB.
–          Merupakan sistem operasi cross platform, yang berarti bisa dijalankan di hampir semua jenis atau tipe komputer.
–          Pemeliharaan sistem (update) sangat mudah.

2. Sistem Operasi Linux SuSE

Sistem operasi SuSE Linux merupakan sistem operasi Linux yang paling banyak digunakan di negara-negara Eropa.

Tampilan dari sistem operasi ini terlihat lebih fresh dibandingkan dengan dengan sistem operasi Linux yang lain.

Berikut adalah kelebihan dan kelemahan dari SuSE Linux :

Kelebihan Kekurangan
–          kelengkapan pustaka dan software. –          Tidak bisa memutar file mp3 melalui aplikasi xmms
–          Stabil serta mudah dalam pendeteksian perangkat keras –          Proses penginstallan yang cukup rumit
–          Open source, yang berarti semua listing program dari source code sistem operasi ini bisa dilihat dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. –          Beberapa hardware tidak mendukung.
–          Free software
–          Bebas virus
–          Kemudahan dalam proses update

 

3. Sistem Operasi Linux RedHat

Redhat adalah sistem operasi Linux yang paling populer dan paling banyak dipakai.

RedHat merupakan salah satu sistem operasi workstation yang bisa dijalankan dengan mode dhcp server.

Redhat juga adalah merupakan basis pengembangan dari berbagai distribusi lain, seperti Mandrake Linux, ASPLinux dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari RedHat Linux :

Kelebihan Kekurangan
–          Dapat mengubah alamat IP menjadi domain pada web. –          Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasinya.
–          Domain juga digunakan sebagai virtual host dalam dunia maya. –          Jika kita koneksi terputus domain tidak dapat di akses lagi.
–          Domain Lebih mudah di ingat dibandingkan dengan no IP Address.

4. Sistem Operasi Linux CentOS

CentOS atau singkatan dari Community ENTerprise Operating System adalah sistem operasi Linux bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Arsip dari software ini menyediakan tambahan versi terbaru yang berbasis paket RPM.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari CentOS :

Kelebihan Kekurangan
–          CentOS sangat kompatibel dengan Red Hat dan RHEL. –          Masih bergantung pada distro Red Hat
–          Sistem operasi Freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise. –          Adanya Enterprise membuat pemula takut dan memilih Fedora.
–          Satu-satunya sistem operasi Freeware yang didukung resmi oleh CPanel. –          Tampilan website CentOS yang kurang menarik
–          Kurangnya dokumentasi mengenai software ini secara khusus.

 

5. Sistem Operasi Linux Fedora

Fedora yang sebelumnya bernama Fedora Core atau juga disebut dengan Fedora Linux merupakan sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum.

Fedore dikembangkan oleh Fedora Project dan didukung oleh komunitas pemrograman, serta disponsori oleh RedHat.

Sistem operasi Linux yang satu ini sangatlah populer di Amerika, dengan sekitar 50% digunakan oleh para pencinta linux. Berikut di bawah ini adalah keebihan dan kekurangan dari Fedora :

Kelebihan Kekurangan
–          Memiliki banyak fiture, mapan dan aman –          Tidak cukup stabil
–          Tampilan desktop yang menarik. –          Tidak cukup mudah dan mutakhir  saat penggunaan desktop.
–          Memiliki fitur keamanan yang didukung dengan SElinux ( Scurity Enchanced Linux) –          Merupakan distribusi untuk keperluan umum.
–          Tidak mudah terkena virus seperti saat menggunakan windows –          Fitur multimedia yang kurang (secara default) dengan tidak dapat memutar format Windows Media, MP3, atau DVD.
–          Sudah dilengkapi denga libreoffice untuk kegiatan perkantoran

 

6. Sistem Operasi Linux Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis pada Debian. Nama Ubuntu diambil dari bahasa kuno Afrika, yang memiliki arti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004 dan disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

Berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Ubuntu Linux :

Kelebihan Kekurangan
–          Tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi –          Kurang user friendly
–          Open source, yang berarti semua listing program dari source code sistem operasi ini bisa dilihat dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. –          Beberapa aplikasi yang berjalan di Windows sebagian tidak bisa berjalan di Ubuntu Linux
–          Free software –          Terbatasnya aplikasi atau game yang dapat di download pada OS Ubuntu Linux
–          Kemudahan dalam modifikasi dan distribusi sesuka hati

 

7. Sistem Operasi Linux Slackware

Slackware adalah termasuk sistem operasi Linux yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc.

Slackware adalah salah satu distro awal dan tertua yang masih dikelola sebagai sistem operasi.

Sebagai distribusi Linux Slackware menjadi yang paling mirip dengan Unix, yang memiliki stabilitas dan kemudahan desain.

Kelebihan dan kelemahan dari Slaxkware lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Kekurangan
–          Pembuatan paket sangat sederhana dibandingkan paket-paket seperti RPM dan Debian. –          Minimnya aplikasi-aplikasi grafis untuk mengkonfigurasi distro ini
–          Merupakan  distro yang cryptic dan manual yang cocok untuk mengetahui banyak cara kerja dari sistem dan distro tersebut. –          Pengguna harus memastikan secara manual terkait dengan semua perpustakaan sistem dan program-program yang dibutuhkan paket baru atau yang akan diinstal.
–          Sederhana, stabil, dan mudah dikustom –          Tidak mempunyai alat otomatis untuk menata dependensi bagi pengguna.

 

Demikian, itu di atas adalah 7 sistem operasi Linux yang populer di dunia. Dalam memlih sistem operasi Linux di atas.

Alangkah baiknya selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem operasi yang pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.