Situs Dailymotion Diretas, Pengguna Harap Ganti Password Sekarang Juga!

Ada sekitar 18juta akun yang berhasil diretas dari situs Dailymotion. Situs yang menyediakan jasa berbagi video seperti situs Youtube ini berhasil diretas pada tanggal 20 Oktober 2016.

Peretas berhasil mendapatkan username, alamat email, dan hash-password dari pengguna situs Dailymotion. Situs Dailymotion menggunakan algoritma bcrypt untuk melindungi password pengguna situs mereka.

Bcrypt adalah salah satu teknik enkripsi password alternatif selain SHA1 dan MD5, yang cukup baik dan dibutuhkan waktu berabad-abad untuk menebak kata sandi dengan menggunakan serangan brute force.

Baca juga: Tips Mengamankan Akun Facebook dari Peretasan

Meskipun penyerang tidak dapat mengetahui “password asli” dari database yang berhasil dicuri. Namun tidak menutup kemungkinan serangan yang ke arah individu dan bersifat masal bisa saja terjadi.

Tujuannya yaitu sebagai serangan lanjutan untuk menguasai setiap email. Peretas bisa saja menggunakan teknik phising/spamming untuk mendapatkan password atau menyebarkan malware sebagai serangan lanjutan.

Dari berbagai kasus peretasan situs-situs besar seperti Yahoo, LinkedIn, Dailmotion, dan masih banyak kasus serupa lainnya. Kami merekomendasikan Anda untuk tidak menggunakan password yang sama di setiap akun.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Gmail Anda Sekarang Juga

Anda bisa memanfaatkan password manager, seperti Lastpass atau Google Password Manager untuk menyimpan banyak password yang berbeda-beda, unik, dan kuat untuk setiap akun online Anda.

Manfaatkan juga proteksi tambahan seperti multi-factor authentication. Salah satu kelebihannya meskipun kata sandi berhasil ditebak. Sang peretas tidak bisa mengakses akun Anda karena ada proteksi tambahan ini.

Terakhir, yaitu jika Anda memiliki akun di situs Dailymotion, kami menyarankan agar Anda segera mengganti password e-mail dan akun yang terdaftar di situs Dailymotion demi keamanan.

Baca juga: Tips Memperbaiki Website yang Diretas

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah alamat email yang terdaftar di situs Dailymotion termasuk dari 85 juta akun yang berhasil dicuri? Anda bisa melihat informasinya melalui indeks pencarian dari situs LeakedSource.

Bagikan informasi penting di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path karena masih banyak orang yang belum mengetahui informasi bahwa situs Dailymotion diretas. Informasi ini masih tergolong baru di Indonesia.

Bagi pembaca yang tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di form subscribe di bawah tulisan ini. Setiap ada artikel terbaru akan kami kirimkan notifikasi ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya.

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pendaftaran, dengan cara mengklik alamat link yang kami kirimkan ke email Anda. Jika setelah proses pendaftaran tidak kunjung mendapatkan link konfirmasi pendaftaran. Mohon cek kotak atau folder spam dari email Anda atau hubungi tim kami untuk mendapatkan bantuan.