7 Situs Ini Menyediakan Layanan Kursus Online Gratis, Anda Bisa Belajar Online Baik Secara Individu Maupun Bersama-sama

Saat ini untuk mendapatkan ilmu tidak perlu datang ke orang pintar, yang mungkin dahulu sangat langka menemukan orang yang benar-benar pintar dalam bidangnya. Di era saat ini, kita bisa berinteraksi langsung bahkan dengan yang bersangkutan.

Kita bisa belajar dari video yang ia diunggah di Youtube, tulisan artikel di blognya, bahkan jurnal penelitian orang-orang pintar saat ini pun sudah banyak yang dibuka untuk publik (kalau dulu yang boleh akses hanya kalangan tertentu saja).

Baca juga : 7 Cara Mendinginkan Laptop yang Selalu Panas

Sekarang saya akan membahas 7 situs yang menyediakan layanan kursus online gratis, di mana anda bisa belajar online secara mandiri ataupun bersama dengan teman virtual anda di situs-situs berikut ini.

Tidak hanya soal pelajaran di perkualiahan atau sekolah saja materi yang dibahas. Ada juga beberapa materi yang mungkin ada hubungannya dengan hobi anda. Jika bermanfaat, mohon di share ya artikel ini. 😉

7 Situs Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa dan Pelajar

1. IndonesiaX

Situs ini menyajikan kursus online gratis untuk semua orang, dengan pembicara yang memang benar-benar expert dalam bidangnya. Bahasa utamanya tentu bahasa Indonesia ada video, subtitle, materi pdf, dan ruang diskusi sesama member.

Anda tidak dipungut sepeserpun untuk belajar di situs ini. Kecuali jika anda menginginkan sertifikat, anda akan dibebankan biaya untuk hal tersebut. Biaya yang dikenakan itu sebesar Rp. 250.000,- per sertifikat.

2. Chordify

Situs ini menyediakan jasa kursus online bagi anda yang hobi dengan alat musik, terutama gitar. Pemula di awal belajar mungkin akan kesulitan menemukan chord lagu hits atau yang sedang populer saat ini.

Baca juga  : Cara Mengatasi Peringatan Deteksi Virus Palsu

Melalui situs ini anda bisa belajar kursus gitar online gratis, lagu yang ingin anda pelajari bisa dari Youtube, SoundCloud, atau Deezer. Selain itu juga Anda bisa mengunggah file MP3, M4A, atau OGG untuk mencari tahu sebuah chord lagu.

3. Patrickjmt

Bagi anda yang mungkin kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal matematika anda mungkin butuh situs PJMT ini. Pada saat anda membuka situs ini untuk pertama kali, anda akan melihat banyak sekali video mengenai pembahasan soal matematika.

4. Noexcuselist

Situs ini memberikan daftar alamat untuk kursus online mulai dari yang gratis, hingga berbayar. Anda bisa memilih apakah anda ingin mengasah kemampuan dalam hal akademik, seni, programming, memasak, dan seterusnya.

Saya menyarankan sebelum belajar kursus online pastikan kuota internet anda memadai. Paling enak memang menggunakan jaringan internet yang tanpa kuota. Jadi mau buka video tutorial apapun tidak jadi masalah.

5. Musclewiki

Punya hobi fitness? Atau apakah anda termasuk orang yang lagi ingin mengecilkan perut atau membentuk otot? Situs ini pas banget untuk anda. Di sini anda bisa tahu bagaimana cara yang tepat menggapai impian anda.

Baca juga : Tips Aplikasi WhatsApp agar Aplikasi Tidak Membengkak

Perut one pack bisa jadi six pack bukan lagi sesuatu hal yang mustahil. Jika berlatih dengan cara yang tepat dan presisten mungkin dalam hitungan bulan saja impian tersebut bisa terwujud.

6. Khanacademy

Situs ini bisa dibilang sarangnya anak IPA, anda bisa mempelajari ilmu seperti Biologi, Geometri, Fisika, Kimia, Statistik, Aritmatika, Aljabar dan lain-lain.

7. Udemy

Situs yang menyediakan kursus online terpopuler salah satunya adalah situs ini. Anda bisa mendapatkan kursus yang berbayar dengan materi premium tanpa membayar sepeserpun. Caranya?

Anda tinggal googling saja materi premium yang oleh si pembuatnya diberikan kupon belajar gratis. Materi yang dibahas mulai dari bisnis, IT, pengembangan diri, design, materketing, dan masih banyak materi menarik lainnya.

Dari ketujuh situs kursus online gratis di atas, kira-kira apakah anda masih punya rekomendasi situs yang lebih baik? Bagikan ide, saran, dan komentar anda di grup situstarget.com ya. 🙂