Seperti yang anda ketahui bahwa Google merupakan salah satu mesinpencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Jutaan website dengan berbagai konten dapat anda temukan melalui mesin pencari ini.

Sehingga website dengan waktu muat laman yang paling cepatlah yang mendapatkan banyak pengunjung. Tak dapat dipungkiri jika jumlah pengunjung menjadi salah satu penentu kesuksesan website yang anda kelola.

Tidak peduli sebagus apa konten pada website anda, jika waktu muat laman yang dibutuhkan lama maka website lain dengan konten menengah dengan waktu muat laman singkatlah yang akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang praktis dan mudah untuk dicoba.

Sistem Google PageSpeed

Hingga saat ini banyak pengguna Google yang belum mengetahui tentang Google PageSpeed Insight. Google PageSpeed Insight sendiri merupakan sebuah alat bawaan yang dimiliki oleh search engine ini yang digunakan untuk mengukur kecepatan website yang anda miliki.

Fitur ini dapat diakses melalui smartphone atau komputer untuk melakukan pengecekan kecepatan website.  Google PageSpeed Insight sebenarnya sangat membantu karena dapat memberi saran untuk anda mengenai hal apa saja yang harus diperbaiki dan cara memperbaikinya untuk meningkatkan kecepatan website anda. S

ehingga sangat tepat dimanfaatkan sebagai salah satu tips meningkatkan Skor Google PageSpeed. Skor sempurna yang disediakan oleh alat ini adalah 100, sehingga semakin tinggi skor yang di dapat semakin baik pula kinerja website anda. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan kecepatan website.

Menggunakan Twenty Fifteen Theme Bawaan dari WordPress

Merupakan salah satu fitur baru yang dimiliki oleh WordPress tanpa memberikan perubahan pada isi laman website anda. Hasil pengukuran pada sebuah laman website tanpa gambar menggunakan fitur ini adalah 70/100.

Di mana fitur ini memberikam beberapa tips meningkatkan Skor Google PageSpeed dari berbagai macam aspek. Beberapa hal yang disarankan adalah mengaktifkan fitur kompresi, mengurangi waktu respons server, meminimalkan penggunaan CSS, JavaScript, dan HTML, serta menghilangkan berbagai file CSS dan Java Script yang memblokir konten.

Menggunakan Theme WordPress Premium 

Saat mengukur menggunakan theme premium maka tidak ada perubahan yang akan terjadi pada laman website. Tips meningkatkan Skor Google PageSpeed untuk mengatasi kecepatan di theme premium adalah dengan menggunakan gambar yang sesuai pada pengaturan blog dan meminimalisir gambar berukuran besar.

1. Mengaktifkan Fitur Compression

Salah satu tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang umum dipergunakan adalah dengan memanfaatkan fitur Gzip Compression. Fitur ini dikenal ampuh untuk memperkecil dan meminimalisir ukuran suatu data dengan mengurangi jumlah byte yang dikirimkan ke jaringan.

Selain bekerja dengan optimal, fitur ini juga sangat mudah digunakan sehingga dapat menjangkau seluruh pengguna website baik pemula maupun profesional. Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan dengan menggunakan tips ini, diantaranya :

  1. Mengaktifkan fitur Gzip Compression. Seperti yang anda ketahui bahwa fitur Gzip Compression ini memungkinkan anda membatasi ukuran data dengan mudah. Selain itu dalam proses instalasi, fitur ini tidak akan memberikan perubahan pada laman anda. Skor yang didapatkan dengan fitur ini adalah 58/100.
  2. Memanfaatkan Speed Booster. Menggunakan Speed Booster sebagai tips meningkatkan skor Google PageSpeed anda nampaknya cukup sulit dilakukan oleh pemula. Sebab tidak ada pengaturan yang bisa anda terapkan secara otomatis sehingga semuanya harus diatur secara manual. Setelah melakukan proses kompresi beberapa gambar, skor yang didapatkan adalah 62/100 dengan perintah untuk tetap melanjutkan proses kompresi ke berbagai data.
  3. Menggunakan WP Booster. Merupakan salah satu fitur yang cocok untuk pemula dalam menerapkan tips meningkatkan skor Google PageSpeed. Sebab fitur ini secara otomatis akan menghapus file yang tidak dibutuhkan dari CSS dan JavaScript, mengaktifkan fitur Gzip Compression, dan lain-lain. Sehingga hasil yang didapatkan setelah tes adalah 87/100. Fitur ini tetap memberikan beberapa masukan seperti menghilangkan CSS dan JavaScript yang tidak digunakan, mengoptimalkan ukuran gambar, dan lain-lain.

2. Menghilangkan Render Blocking dari CSS dan JavaScript

Tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang satu ini nampaknya memang perlu untuk dilakukan. Sebab seringkali terjadi halaman website yang gagal dimuat karena adanya render blocking ini sehingga halaman tidak dapat menampilkan data yang diminta. Biasanya hal ini disebabkan karena terdapat beberapa data serupa yang tertumpuk.

Oleh karena itu penggunaan plugin seperti Speed Booster Pack sangat membantu untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, masih ada beberapa alternatif cara lainnya yang bisa anda coba.

  1. Menggunakan WP Super Minify. Merupakan salah satu cara praktis yang dapat anda terapkan dengan menggunakan plugin yang banyak digemari oleh pengguna website. WP Super Minify memiliki kemampuan untuk memadatkan beberapa data CSS dan JavaScript sehingga menciptakan ruang kosong pada penyimpanan website anda. Selain itu, anda juga dapat memilih beberapa data yang harus melalui proses kompresi dengan plugin ini. Skor yang didapatkan menggunakan cara ini cukup baik yakni 85/100.
  2. Menggunakan Better WP Minify. Better WP Minify merupakan salah satu tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang bisa diterapkan dengan mudah oleh pemula. Sebab plugin ini mampu untuk mengecilkan file CSS dan JavaScript yang ada di website anda. Selain itu plugin ini juga akan mengecilkan file HTML sehingga mempercepat waktu muat laman anda. Skor yang didapatkan menggunakan cara ini lebih baik daripada plugin sebelumnya, yakni sebesar 86/100.
  3. Menggunakan Autoptimize. Tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang satu ini cukup unik dimana plugin ini akan mengecilkan dan memindahkan file seperti pemindahan dari header ke footer. Sehingga ukuran file HTML yang digunakan akan dibuat seringan mungkin untuk website anda. Skor yang didapatkan jika melakukan pengukuran menggunakan Autoptimize adalah 87/100. Ketika anda memadukannya dengan Speed Booster Pack maka skor akan naik menjadi 90/100.

3. Memperbaiki Waktu Respons Server

Tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang satu ini akan sangat dibutuhkan bagi anda pemilik website yang menggunakan server bersama atau layanan hosting plan bersama. Sebab seringkali server akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat menemukan data laman anda dan menampilkan di halaman website anda.

Tentunya hal tersebut dikarenakan penggunaan server oleh beberapa pemilik website sekaligus dimana jutaan data yang mungkin memiliki kesamaan tersimpan di satu tempat. Sehingga untuk mengatasi hal ini anda bisa mencoba beberapa plugin yang cukup memberikan pengaruh.

  1. Menggunakan WP Super Cache. WP Super Cache merupakan salah satu plugin yang dapat anda pergunakan secara gratis. Selain itu plugin ini juga dapat bekerja secara otomatis dalam memberikan saran kepada anda untuk melakukan pengaturan pada beberapa hal yang memperlambat laman website anda. Setelah melakukan pengaturan yang direkomendasikan, maka skor yang didapatkan cukup tinggi yakni 90/100. Sehingga plugin ini sangat cocok digunakan jika website anda memiliki beragam masalah yang harus diperbaiki di satu waktu yang sama.
  2. Menggunakan W3 Total Cache. W3 Total Cache merupakan salah satu plugin yang nampaknya lebih cocok digunakan oleh pemilik website yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia digital. Meskipun dapat dipergunakan dengan gratis, plugin ini tetap memiliki beragam pengaturan yang harus anda selesaikan secara manual. Dalam hal ini beberapa konfigurasi harus dilakukan seperti memperkecil basis data, menghilangkan cache, meminimalkan HTML, XML, JS, dan CSS. Hasil skor yang di dapat setelah pengaturan adalah 90/100.
  3. Menggunakan WP Fastest Cache. Perlu anda ketahui bahwa layanan premium yang disediakan oleh WP Fastest Cache plugin ini mampu untuk melakukan optimalisasi gambar pada website anda secara otomatis. Meskipun begitu, anda masih tetap bisa melakukan pengaturan seperti menggabungkan CSS, mengecilkan ukuran HTML, mengaktifkan Gzip, dan menggabungkan JavaScript dengan layanan gratis dari plugin ini. Skor yang didapatkan menggunakan plugin ini adalah 90/100.

4. Memprioritaskan Beberapa Konten

Tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang satu ini akan memberikan saran kepada pemilik website untuk mengecilkan ukuran HTML. Pada umumnya, hanya 19% konten dari keseluruhan konten pada website yang dapat dimuat dengan baik.

Oleh karena itu anda bisa menggunakan plugin WP Minify Fix yang merupakan plugin gratis. Plugin ini mampu untuk mengecilkan ukuran berbagai jenis file seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Hasil skor yang didapatkan dengan menggunakan plugin ini adalah 90/100.

5. Mengoptimalkan Ukuran Gambar

Seperti yang anda ketahui bahwa gambar merupakan salah satu konten pada website yang memiliki ukuran yang cukup besar dan menyita peyimpanan di website anda. Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan optimalisasi ukuran gambar sebelum mengunggahnya ke laman website anda.

Untuk melakukan tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang satu ini anda bisa menggunakan beragam plugin seperti EWWW Image Optimizer, WP Smush It, dan Resize Image After Upload.

Ketiga plugin tersebut memiliki kinerja yang kurang lebih sama seperti mengecilkan ukuran foto sebelum diunggah ke halaman website dan melakukan optimalisasi gambar ketika website anda mengalami beberapa perubahan.

Dari beberapa plugin tersebut skor yang didapatkan berkisar antara 90/100 sampai 93/100. Oleh karena itu gambar merupakan salah satu jenis konten yang menentukan kecepatan memuat laman anda.

Sehingga semakin banyak gambar yang anda gunakan maka anda akan semakin memerlukan plugin tambahan untuk mengatasi hal ini.  Dari beragam kesimpulan yang telah dijabarkan maka didapatkan tiga tips meningkatkan skor Google PageSpeed yang bisa anda coba.

Berikut langkah-langkah mudah untuk mempercepat kinerja website anda, yakni :

  1. Menggunakan plugin tambahan yang sesuai dengan masalah pada website.
  2. Menggunakan aplikasi Compression dan Minifying.
  3. Selalu lakukan optimasi gambar.

Demikian artikel yang membahas mengenai langkah mudah meningkatkan skor Google PageSpeed yang bisa anda terapkan, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.