Di tahun yang modern sekarang ini, banyak terciptanya teknologi yang lebih canggih. Khususnya elektronik seperti telepon genggam mengalami kemajuan dalam sistem dan kegunaan yang memudahkan orang-orang untuk menjalani keseharian.

Tidak hanya berguna untuk menelpon atau memberi pesan, handphone pada masa modern sekarang bisa digunakan untuk berbagai hal seperti merekam, membuat video, ataupun menulis dan sebagainya. Tidak hanya itu handphone juga terdapat adanya sistem operasi bernama Android.

Handphone canggih seperti inilah yang dinamakan smartphone atau telepon pintar. Bertambah canggihnya android yang berada di smartphone, makin lama makin memudahkan banyak orang. Dengan adanya kemajuan smartphone ini, banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk mempunyai smartphone yang canggih dan terkini.

Namun, kecelakaan bisa saja terjadi pada smartphone antaranya sengaja dan tidak sengaja. Di era yang sekarang, sudah banyak smartphone yang memiliki kemampuan tahan pada kecelakaan yang memungkinkan bisa terjadi.

Kecelakaan terhadap smartphone tidak hanya jatuh pada bidang yang datar, kecelakaan bisa juga terjadi dengan terkenanya smartphone pada air. Yup, sudah banyak smartphone canggih yang bisa ditemui karena banyak yang sudah menciptakan kelebihan salah satunya tahan pada air, namun biasanya smartphone yang memiliki kemampuan “anti air”, masih terbilang menguras kantong.

Masih banyak merek smartphone dengan harga terjangkau yang masih belum bisa menahan air. Maka dari itu, artikel pada kali ini akan membahas bagaimana saja cara yang bisa digunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada smartphone yang basah.

Berikut adalah cara menyelamatkan smartphone anda yang terlanjur terkena air. Hal yang tidak boleh kamu lakukan yang perlu kamu ketahui!

Berikut adalah 5 hal yang perlu kamu ketahui untuk tidak dilakukan saat smartphone dalam keadaan basah.

  • Jangan nyalakan smartphone
  • Jangan mencoba untuk charge terlebih dahulu saat keadaan basah
  • Jangan pencet bagian tombol apapun
  • Jangan kocok smartphone anda ataupun mencoba mengeluarkan air dengan tangan kosong
  • Jangan di tiup, ini bisa memicu air untuk masuk lebih ke dalam mesin smartphone

5 langkah menyelamatkan yang harus kamu lakukan saat smartphone kamu basah

Jangan panik dahulu, dibawah ini adalah 5 langkah cara menyelamatkan smartphone kamu saat basah. Ikuti setiap langkahnya agar smartphone kesayangan anda masih bisa di selamatkan.

Maka dari itu, artikel pada kali ini akan membahas bagaimana saja cara yang bisa digunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada smartphone yang basah. Berikut adalah cara menyelamatkan smartphone anda yang terlanjur terkena air.

  1. Langkah pertama: Matikan Smartphone Segera Mungkin
    Kalau smartphone sudah tercebur dalam air dan basah, hal yang dilakukan pertama kali adalah mematikannya atau “shut down”. Yang perlu diketahui, jangan menghabiskan waktu untuk memeriksa keadaan smartphone anda. Ini akan membuat keadaan smartphone yang basah menjadi lebih buruk. Hal ini dilakukan karena sebagian smartphone yang ada, tidak bisa di lepas pada bagian baterainya atau terhubung menjadi satu dengan badan smartphone. Jika smartphone anda bisa dilepas baterainya, lakukan itu terlebih dahulu. Satu lagi, jangan lupa lepas juga kartu microSD yang tertancap pada slot smartphone. Bila masih ada aksesoris yang menancap di smartphone, segera lepaskan semua. Lalu cari tempat yang kering dan datar untuk mengurangi pertambahan air pada tempat yang lembab.
  2. Langkah kedua: Segera Keringkan Smartphone Anda
    Setelah mendapatkan tempat yang datar dan jauh lebih kering yang perlu anda lakukan adalah mengambil tissue untuk mengusap air yang berada di badan luar smartphone. Dengan cara yang bisa dilakukan ini, akan mencegah air yang di luar untuk masuk ke dalam badan smartphone. Hal ini benar dilakukan karena dengan hanya mengeluarkan baterai dan microSD saja tidak cukup, untuk melepas aksesoris yang ada ini membantu untuk mengurangi kerusakan yang memungkinkan terjadi pada baterai dan microSD. Jangan lupa untuk mencoba membersihkan dengan tissue pada celah-celah kecil yang ada pada badan smartphone untuk pencegahan adanya air yang bisa masuk ke dalam badan smarphone.
    Catatan: Jangan langsung mencoba untuk charge smartphone mu setelah langkah ini selesai dan jangan langsung mencoba untuk menyalakan smartphone kamu.
  3. Langkah ketiga: Keringkan Bagian dalam Smartphone
    Ada beberapa cara yang mudah dan harus di lakukan untuk mengeringkan bagian dalam smartphone setelah langkah pertama dan kedua sudah dilakukan. Jika anda tidak melakukan langkah pertama dan kedua kemungkinan besar menyelamatkan bagian dalam smartphone anda kecil. Tetapi jika anda melakukannya, anda masih punya harapan untuk menolong smartphone anda. Perlu diketahui, lakukan langakah di bawah untuk mengeringkan dengan cepat dan segera.
  4. Langkah keempat: Nyalakan Smartphone
    Setelah beberapa langkah diatas kamu lakukan, di langkah ini anda bisa mencoba untuk menyalakan smartphone anda. Jika masih saja tidak bisa menyala, kemungkinan yang terjadi adalah baterai anda rusak. Dengan menggantinya yang baru bisa di lakukan untuk menyelamatkannya. Tetapi jika masih saja tidak bisa menyala, hal yang mungkin bisa anda lakukan adalah mereparasi kepada orang yang lebih ahli.
  5. Langkah kelima: Periksa Kembali Smartphone
    Jika anda bisa menyalakan smartphone anda yang perlu anda periksa adalah keadaan pengeras suara (speaker) karena setelah terkena air adanya kemungkinan pada kerusakan dalam pengeras suara, anda bisa mencoba dengan memutar lagu pada smartphone anda. Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa pada layar sentuh smartphone anda, pastikan layar sentuh tetap bekerja dengan baik. Lalu anda bisa lihat proses yang telah dilalui ini selama 2 hari, jika adanya kemungkinan smartphone anda akan mati dengan sendirinya. Maka saatnya anda tetap pergi ke orang yang lebih ahli.

Menggunakan Hair Dryer atau Komposer Udara

Cara yang bisa dilakukan untuk mengeringkan bagian dalam smartphone adalah yang pertama bisa menggunakan hair dryer. Perhatikan! Jangan keringkan dengan tingkat yang paling panas, atur hair dryer dengan tingkat yang paling rendah.

Karena jika anda memilih tingkat panas pada hair dryer yang tinggi, ini bisa menyebabkan kerusakan yang berlebih pada smartphone anda. Atau kalau anda ragu-ragu dan takut jika hair dryer bisa merusak bagian dalam smartphone, cara lain untuk mengeringkan adalah dengan kompresor udara. Karena cara yang lebih aman di lakukan untuk menyelamatkan smartphone yaitu dengan komposer udara.

Menggunakan Oven

Cara ini mungkin terlihat buruk dan menakutkan, tetapi jika anda bisa mengaturnya dengan benar kemungkinan untuk menyelamatkan smartphone bisa terjadi. Caranya, anda bisa mengatur pada pengaturan di oven yang dengan yang paling kecil, sebisa mungkin tepat pada 110 sampai 120 Fahrenheit atau sekitar 43 celsius sampai 44 celsius.

Tingkat panas yang paling kecil ini tidak akan membahayakan smartphone anda dan pastinya aman. Untuk bisa mendapatkan bagian dalam smartphone hingga benar-benar kering, anda harus meninggalkan smartphone dalam oven sekitar beberapa menit.

Menggunakan Gel Silika

Untuk anda yang suka koleksi gel silika, ini sangat berguna sekali. Jika anda mempunyai banyak gel silika, anda bisa menggunakannya untuk mengeringkan smartphone yang basah.

Gunakan gel silika sebanyak-banyaknya dan tuang pada mangkok, lalu taruh smartphone anda yang basah kedalam mangkok tersebut selama satu malam.

Menggunakan Beras

Cara ini sudah sangat terkenal untuk mengeringkan smartphone anda yang basah dan memang cara ini adalah yang paling direkomendasikan karena semua orang di Indonesia pasti mempunyai persediaan beras di rumahnya. Cara ini sangat efektif digunakan untuk anda yang sedang khawatir untuk menyelamatkan smartphone kamu.

Caranya kubur smartphone anda kedalam beras yang dalam. Lakukan ini dengan segera sehingga kamu masih bisa menyelamatkan smartphone kamu, biarkan smartphone kamu kering dalam waktu satu hari hingga dua hari.

Alternatif Agar Kejadian Smartphone yang Basah Tidak Terulang Lagi

Nah, kalau sudah terlanjur basah dan rusak, pasti anda akan sedih dan tidak ingin ini terulang lagi. Maka dari itu, di bagian ini adalah cara alternatif yang bisa di lakukan untuk mengurangi adanya kejadian tersebut.

Jangan bawa smartphone anda ke kamar mandi ataupun toilet

Beberapa orang suka membawa smartphone untuk menemani mereka saat buang air besar atau bahkan menemani disaat mandi. Sebagian orang suka mendengarkan musik lewat smartphone mereka. Tetapi yang perlu anda ketahui, keadaan yang tidak sengaja bisa saja terjadi. Untuk mencegahnya mungkin anda bisa pakai cara lain atau mengubah kebiasaan anda.

Jangan tinggalkan smartphone anda di tempat basah seperti shower panas

Nah kalau anda punya shower panas di rumah, di sarankan untuk tidak meninggalkan smartphone saat mandi air panas. Tidak hanya panas yang bisa membahayakan smartphone jika ketidaksengajaan terjadi tetapi kondensasi yang terjadi dari air panas akan membuat smartphone anda rusak, ini dikarenakan adanya kondensasi air.

Menggunakan case anti air

Sudah banyak di jual pasaran case anti air ini atau disebut juga case water ressistant. Kalian bisa membeli case anti air ini jika kalian suka membawa smartphone anda pada tempat yang basah dan lembab untuk mencegah adanya ketidaksengajaan diantaranya, bisa saja tercebur ke dalam air.

Membeli smartphone dengan kemampuan tahan air

Jika anda sudah mulai lelah dan bosan karena adanya ketidaksengajaan yang terjadi berulang-ulang. Mungkin ini saatnya untuk beralih kepada smartphone yang sudah memiliki kemampuan tahan dalam air. Sudah banyak di jual di pasaran dengan berbagai merek.

Walaupun smartphone dengan ketahanan air terbilang mahal, tetapi anda bisa beralih untuk mengubah lifestyle anda menjadi lebih mudah. Pastiya lebih dan sangat bermanfaat tentu saja akan berharga.

Tetap waspada pada keadaan agar tidak terulang lagi adalah hal yang bisa dipertimbangkan. Walaupun banyak sekali cara yang bisa di lakukan untuk menyelamatkan smartphone anda secara mudah dan bisa dipraktekan oleh siapa saja yang bahkan bukan orang yang profesional bukanlah suatu opsi untuk tidak lebih berjaga-jaga.

Mungkin anda bisa menyelamatkan smartphone anda berkali-kali, tapi untuk sengaja membasahkan smartphone anda itu bukan hal yang bisa dilakukan setiap saat, walau sekalipun langkah diatas terlihat mudah.

Jadi yang bisa anda lakukan agar tidak mengocek uang berlebih hanya untuk memperbaiki smartphone anda, bisa dengan menjaganya dengan baik. Bagaimanapun harga yang akan anda bayar untuk menyelamatkan smartphone anda nantinya akan tetap mengeluarkan uang lebih banyak, maka berhati-hati bisa di lakukan dari sekarang.